Dragon Ball Z: Super Android 13!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Dragon Ball Z: Super Android 13! (ドラゴンボールZ 極限バトル!!三大超サイヤ人, Doragon Boru Zetto: Kyokugen Battle!! San Dai Super Saiya-jin; lit. "Dragon Ball Z: Pertarungan Extreme!! 3 Manusia Super Saiya yang Hebat") adalah film ke tujuh Dragon Ball Z. Pertama kali dirilis di Jepang pada 11 Juli 1992 antara episode 147 dan 148, sementara itu FUNimation Entertainment menyulih suarakannya ke bahasa Inggris pada 2003.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Filmnya dibuka dengan pendahuluan yang menunjukkan kematian Dr. Gero di tangan Android 17. Darah Dr. Gero yang merembes menunjukkan kalau Super Komputer Dr. Gero masih mengerjakan Android baru (Android 13, Android 14 dan Android 15).

Di Kota Barat[1], Chi-chi sedang berbelanja dengan Goku dan Gohan. Oolong, Roshi, Krillin dan Future Trunks sedang berbaris untuk melihat sebuah kontes kecantikan. Kedua kelompok ini kemudian bertemu dan mulai makan bersama. Sementara itu, 14 dan 15 muncul di kota dan mulai menyebabkan kekacauan sambil mencoba menemukan Goku. Mereka kemudian menemukan dia sedang makan dan melemparkan tembakan Ki gabungan ke arahnya. Goku dan yang lainnya menyelamatkan orang-orang dari sana.

Segera, Goku memberi tahu Gohan untuk membawa Chi-chi ke tempat aman dan Krillin melakukan hal yang sama pada orang lain. Goku membawa mereka menjauh dari kota, setelah memperhatikan kalau mereka hanya mengejarnya. Goku kemudian bertanya siapa mereka, karena merasa tidak bisa merasakan pancaran energi mereka ia menduga mereka sebagai 2 Android-nya Dr. Gero. Kedua Android itu memperkenalkan diri mereka sendiri dan mulai menyerang Goku. Trunks pun muncul untuk menolong Goku dan memberi tahunya untuk meninggalkan kota untuk menghindari korban lagi. Goku dan Future Trunks pergi menuju daerah Arktik yang tak berpenghuni dengan 14 dan 15 mengikutinya dari belakang. Di tempat lain, Gohan meninggalkan Chi-chi di area aman lalu terbang kembali untuk menolong ayahnya. Krillin juga dipaksa Chi-chi melakukan hal yang sama secara lucu.

Goku dan Trunks bertarung melawan 2 Android. Android 13 kemudian muncul dan menjelaskan kalau mereka bertiga telah dibuat untuk membunuh Goku, mereka pun akan melakukan hal yang sama pada siapapun yang menghalangi mereka. 13 mulai melawan Goku, meninggalkan Future Trunks bersama 2 Android sendirian. Goku dan 13 saling bertukar pukulan dengan 13 secara perlahan mulai ada di atas angin. Future Trunks juga dihajar habis-habisan oleh 14 dan 15. Vegeta tiba di kekacauan itu untuk bertarung (dia membuat catatan kalau dia melakukan ini supaya dia bisa membunuh Goku sendiri suatu hari nanti). 15 mulai bertarung melawan Vegeta sementara 14 melawan Future Trunks, membiarkan 13 melawan Goku.

Gohan dan Krillin pun tiba dan berlindung di sebuah rut. Sambil menonton pertarungan, Gohan ingin membantu, tetapi Krillin menariknya kembali dan memberi tahunya kalau mereka berdua tidak bisa memenangkan jalan ini. Goku, Vegeta, dan Future Trunks, ketiganya berubah jadi Super Saiya. Future Trunks berlari cepat ke 14 dengan membawa pedang di tangannya, saat Piccolo tiba untuk membantu Goku dalam pertarungannya. 14 pun berlari ke arah Future Trunks, tetapi berakhir dengan dipotong oleh pedang Future Trunks.

Pada saat, yang sama Vegeta memukul 15 dan memenggalnya. Android 13 yang telah bertarung dengan Goku secara seimbang melihat temannya dikalahkan. Bagian 14 dab 15 muncul dari tanah dan terbang ke arah 13. Dia menyerap komponen itu dan menghasilkan perubahan menjadi Super Android 13.

Dengan perubahan barunya, kekuatan 13 bertambah dengan luar biasa mengubah hasil pertarungan lagi. Para Z Fighter menyerang, tetapi dengan mudah dikalahkan. Mengetahui tidak ada cara mereka bisa mengalahkannya sendirian, Goku menyiapkan sebuah Genkidama. Sementara itu, Vegeta mencoba menghentikan Android itu, tetapi dia diledakkan oleh sebuah gelombang energi. Menggunakan sisa tenaganya, Future Trunks menyerang Super Android 13, tetapi pedangnya patah dan dia juga diledakkan oleh sebuah gelombang energi. Super Android 13 hendak menggunakan sebuah S.S. Deadly Bomber dan Piccolo mencoba menghentikannya, tetapi dia kalah seperti yang lainnya.

Goku berubah jadi Super Saiya dan menyerap Genkidama yang sudah selesai ke dalam dirinya. Es yang tersisa hancur dan hanya menyisakan bagian yang diinjak oleh Super Android 13 yang terlihat kalau es itu membentuk sebuah tiang. Goku lalu menghancurkan 13 dengan sebuah pukulan yang melewati dadanya.

Saat Android 13, 14, dan 15 akhirnya dikalahkan, Super Komputer Dr. Gero pun mati sambil menyebutkan kalimat "Goku harus mati!". Pada akhirnya, Goku dan teman-temannya sedang disembuhkan di rumah sakit, tetapi Piccolo dan Vegeta terlihat sedang duduk saling membelakangi di sebuah bagian kecil es di laut.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Super Android 13! mengambil latar setelah Android 17 dan Android 18 diaktifkan dan membunuh Dr. Gero dan setelah Goku sepenuhnya sembuh dari sakit jantung. Daizenshuu 6 mengatakan kalau film ini berlatar setelah kematian Dr. Gero (seperti yang ditampilkan dalam pembukaan film) tetapi sebelum Cell mendapatkan bentuk sempurnanya, yang mana akan menempatkan film ini sebelum Goku membawa para Saiya ke Kamar Ruang Roh dan Waktu. Daizenshuu juga mengatakan kalau kejadian yang ada di Super Android 13! berlatar di dunia parallel.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Super Android 13! pertama kali dirilis pada VHS dan Laserdisc di Jepang. Di 2006, Toei Animation merilis Super Android 13! sebagai bagian dari Dragon Box DVD set terakhir, yang mencakup semua 4 film Dragon Ball dan 13 film Dragon Ball Z. Ini semua dipersembahkan dalam sebuah new widescreen transfer dari negatif aslinya dengan aspect ratio 16:9 yang sudah ditingkatkan dari aspect ratio 4:3 asli. FUNimation merilis Super Android 13! untuk VHS dan DVD pada 4 Februari 2003 dalam dua bentuk; edited dan uncut[2].

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop di jepang pada 11 Juli 1992 dan meraih total keuntungan ¥1.5 miliar (US $12.0 juta) dan menjadi peringkat 11 film dengan pendapatan tertinggi[3].

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah film Dragon Ball Z pertama yang memunculkan Future Trunks.
  • Ini adalah pertama kalinya di mana ketiga Super Saiya (Goku, Vegeta, dan Future Trunks) bekerja sama melawan seorang musuh, walaupun ini adalah kedua kalinya untuk Goku dan Vegeta bekerja sama. Yang pertama adalah melawan Meta-Cooler.
  • Ini adalah film kedua di mana pertarungan terakhirnya berlatar di Arktik.
  • Di serinya, secara singkat sebelum Android 17 membunuh Dr. Gero, Android 18 mengatakan padanya "Kau telah menghancurkan semua Android sampai no.15". Mungkin saja kalau Dr. Gero berbohong ke Android 17 dan 18 ketika dia mengatakan telah menghancurkan semua Android, sebab Android 8 saja masih hidup.
  • Super Komputer Dr. Gero masih utuh di film in, padahal, ia sudah dihancurkan oleh Future Trunks dan Krillin dalam manga/anime, kecuali kalau Dr. Gero membuat 2 komputer: satu untuk Android dan satu untuk Cell.
  • Ini adalah film Dragon Ball Z pertama yang tidak memunculkan Gohan di cover filmnya.
  • Walaupun tidak ada negara di dunia nyata dalam dunia Dragon Ball, Master Roshi mengatakan tentang Miss Spanyol, Miss Russia, dan Miss Prancis dan Oolong juga menyebutkan Miss Australia, menandakan adanya model dari dunia nyata.
  • Keduanya; film ini dan Bojack Unbound berakhir dengan Piccolo dan Vegeta yang terisolasi.
  • Walaupun pedangnya dipatahkan oleh Android 18 di serinya, pedang Trunks dipatahkan oleh Android 13 di film ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Dragonball Wikia