Pretty Cure All Stars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pretty Cure All Stars (プリキュアオールスターズ PuriKyua Oru Sutāzu?) atau singkatnya Precure All Stars adalah serangkaian film anime Jepang yang diproduksi oleh Toei Animation berdasarkan dari produksi Izumi Todo anime televisi waralaba Pretty Cure. Setiap film memiliki alur cerita yang menyilang karakter dari semua seri anime Pretty Cure sampai saat ini. Pada Maret 2016, saat ini sudah ada delapan film utama dalam seri.

Konten penting dalam film[sunting | sunting sumber]

Tampilan visual dari poster Pretty Cure All Stars: Semuannya Bernyanyi♪ Sihir Keajaiban. Menampilkan protagonis utama Mahou Tsukai PreCure, Go! Princess PreCure, dan 40 Pretty Cure lainnya
  • Dalam setiap film, pada umumnya dirilis tak lama setelah serial televisi Pretty Cure baru tayang perdana. Kelompok Pretty Cure baru akan sering bertindak sebagai protagonis utama di crossover. Dalam adegan pembuka dari setiap film, sering terjadi, di mana bahwa semua kelompok Pretty Cure seri terbaru akan bertemu langsung dengan Pretty Cure seri sebelumnya satu sama lain secara tidak sengaja. Selain itu, semua peri dari semua tim Pretty Cure juga saling mengenal satu sama lain dan menggangap sebagai teman.
  • Di setiap film (kecuali Haru no Carnival, digantikan dengan Dress Up Key), sering ada penggunaan "Miracle Light" (Cahaya Keajaibanan), yaitu sebuah benda seperti senter kecil yang diberikan kepada semua penonton selama pemutaran film, bertujuan demi mendorong pemirsa untuk memberi dukungan kepada Pretty Cure dalam mengalahkan antagonis utama dengan menyoroti lampu tersebut. Lampu ini juga telah tersedia untuk film tertentu berdasarkan film seri individu di setiap Seri Pretty Cure.

Film[sunting | sunting sumber]

Pretty Cure All Stars DX: Semuanya Teman - Kumpulkanlah Keajaibanan![sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover pertama di seri Pretty Cure dan sebagai pembuka awalan dari Pretty Cure All Stars. Diliris pada tanggal 20 Maret 2009. Menampilkan Pretty Cure seri pertama (Futari wa Pretty Cure) sampai seri Pretty Cure terbaru pada tahun itu (Fresh Pretty Cure).

Love, Miki dan Inori sedang menuju ke kontes tari yang dilaksanakan di Minato Mirai 21, Yokohama bersama Tart dan Chiffon. Dalam perjalanan mereka, mereka diserang oleh makhluk aneh yang dikenal sebagai Fusion, meskipun hanya muncul sesaat dan menghilang setelah itu. Setelah kejadian itu, mereka menyadari bahwa sepertinya Chiffon menghilang dan Tart pun pergi ke pertemuan para peri, yang kemudian kacau balau karena diserang oleh Fusion. Para peri pun pergi untuk memperingatkan dan mencari Pretty Cure yang lain. Para Pretty Cure lainnya pun terlibat dalam pertempuran melawan Fusion, yang setelah itu pergi menyerap serangan mereka yang paling terkuat. Setelah menjadi lebih kuat, Fusion menyerang Fresh Pretty Cure lagi dan mencoba untuk menyerap kekuatan mereka, akan tetapi mereka diselamatkan oleh kedatangan Pretty Cure yang lain yang saling bertemu untuk pertama kalinya.

Pretty Cure All Stars DX2: Cahaya Harapan - Lindungi Permata Pelangi![sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover kedua yang diliris pada tanggal 20 Maret 2010. Menampilkan Pretty Cure seri pertama sampai di seri Pretty Cure baru pada tahun tersebut (HeartCacth! PreCure).

Setiap seribu tahun sekali, sebuah permata yang dikenal sebagai Rainbow Jewel (Permata Pelangi) muncul, membawa bersamanya suatu taman hiburan yang dikenal sebagai Fairy Park. Tsubomi dan Erika menerima undangan ke taman itu, dimana mereka akan bertemu dengan para Precure lainnya. Namun, Permata Pelangi menjadi target oleh makhluk kegelapan yang dikenal sebagai Bottom, yang telah menghidupkan kembali beberapa musuh lama Precure yang dulu pernah dikalahkan. Setelah terpisahkan di kedalaman taman, Tsubomi dan Erika harus berusaha keras untuk menyatukan para Precure dan menghentikan Bottom sebelum Rainbow Jewel (Pemata Pelangi) muncul dan Bottom dapat memperoleh kekuatannya.

Pretty Cure All Stars DX3: Kiriman Masa Depan! Warna Pelangi Bunga Yang Menghubungkan Dunia[sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover ketiga dan sebagai akhir penutup untuk seri All Stars DX. Diliris pada tanggal 19 Maret 2011. Menampilkan seri Pretty Cure terdahulu sampai seri Pretty Cure terbaru pada tahun tersebut (Suite PreCure).

Hibiki dan Kanade datang ke sebuah mall tanpa mengetahui kejadian apa yang menanti mereka kedepan. Mereka menemukan bahwa dunia mereka dan berbagai dunia peri telah bergabung karena ada gangguan terhadap Prism Flower, yang menghubungkan dunia manusia dan dunia para peri. Pelakunya segera menurunkan sekelompok penjahat yang dihidupkan kembali oleh kekuatan jahat yang dikenal sebagai Black Hole, yang juga bertanggungjawab atas penciptaan Fusion dan Bottom. Sementara para penjahat ingin menargetkan Prism Flower, para Precure pun dipisahkan oleh para penjahat kedalam 3 medan tempur, dan digabungkan menjadi 3 kelompok berbeda yang terpisah. Pada awalnya, mereka berjuang untuk membiasakan diri mereka, tetapi akhirnya, mereka berhasil mengatasi semua cobaan mereka, karena mereka menggunakan kerja sama tim dan strategi mereka untuk mengalahkan musuh-musuh mereka. Setelah mereka mengalahkan para penjahat yang dihidupkan kembali, para Precure yang dikuasai oleh Black Hole, kehilangan kekuatan transformasi mereka. Mereka hanya punya satu kesempatan untuk berubah lagi, dengan mengorbankan Prism Flower, yang artinya Precure dan para peri harus berpisah. Dengan enggan, para Precure berpamitan dan menggunakan kekuatan Prism Flower terakhir untuk mengalahkan Black Hole. Untungnya, sebuah Prism Flower baru segera mekar, dan para peri pun dapat bertemu kembali dengan teman-teman mereka, dan para Pretty Cure di bumi.

Pretty Cure All Stars New Stage: Teman Masa Depan[sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover keempat juga sebagai awal dari seri baru All Stars movie, New Stage. Dirilis pada tanggal 17 Maret 2012 di bioskop Jepang. Menampilkan semua Pretty Cure sampai kepada perkenalan Pretty Cure terbaru, Smile Pretty Cure!.

Di Yokohama, Fusion muncul kembali, mengancam kota dengan bencana besar dan kekacauan, akan tetapi Precure sekali lagi berkumpul untuk mengalahkannya. Sementara itu, seorang gadis bernama Ayumi Sakagami, yang mengagumi Precure, juga mengalami masalah dalam bersosialisasi di sekolah barunya tersebut. Di dalam perjalanannya kembali dari sekolah, Ayumi bertemu dengan makhluk kecil, yang tanpa sepengetahuan dirinya sebenarnya merupakan sebuah fragmen dari Fusion, dan memutuskan untuk menamain dia "Fu-chan" dan berteman dengannya. Sementara itu, para peri menemukan bahwa fragmen Fusion mencari fragmen lain untuk bergabung kembali, para Precure ditugaskan untuk menemukan fragmen lain dan menghentikan bergabungan Fusion. Disana Miyuki (pemimpin dari Smile PreCure) bertemu dengan Suite Precure dan membantu mereka mengalahkan salah satu fragmen. Fu-chan mulai tumbuh besar dan sadar akan masalah Ayumi, ia bersumpah untuk membalas dendam pada siapapun yang akan membuat Ayumi menderita. Di akhir cerita, sisa fragmen Fusion bersiap untuk menyerang Ayumi, akan tetapi Fu- chan mencoba menghadangnya dan mengorbankan dirinya demi memberikan Smile Precure kekuatan untuk mengalahkan sisi jahatnya. Setelah kejadian itu, Ayumi dapat tumbuh lebih percaya diri dan mulai berani berteman, terutama dengan sesama Precure.

Pretty Cure All Stars New Stage 2: Teman di Hati[sunting | sunting sumber]

Merupakan film atau movie crossover kelima dan sekuel lanjutan dari seri All Stars New Stage. Dirilis pada tanggal 16 Maret 2013 di bioskop dan teater Jepang. Menampilkan semua para Pretty Cure dari seri sebelumnya sampai kepada perkenalan Pretty Cure baru, DokiDoki! PreCure

Di sebuah sekolah yang disebut Akademi Peri, dimana Tarte memberikan pengajaran tentang Pretty Cure kepada peri-peri amatir. Peri gaduh yang bernama Gureru selalu mengacau dan membuat keributan di kelas karena dia tidak suka dan sangat iri dengan Pretty Cure. Pada suatu hari, dia dan juga peri pemalu bernama En-En tanpa sengaja masuk menuju pohon terlarang, dimana ada makhluk yang mengambil bentuk bayangan Gureru. Setelah kejadian itu, Precure di bumi pun menerima undangan pesta untuk datang ke Akademi Peri. Sementara itu, Mana, Rikka, Alice dan Makoto pun menerima panggilan dari Miyuki (Cure Happy) dan Candy yang menginformasikan mereka tentang adanya pesta di Akademi Peri dan mengundang mereka untuk ikut juga. Sementara itu di Akademi Peri, Shadow membujuk Gureru menjadi mitranya untuk menangkap para peri Precure dan item transformasi mereka. Setelah sebagian besar Precure dikalahkan dengan cara ini, Shadow ternyata menargetkan Smile Precure, menggunakan buku pelajaran Precure untuk melawan setiap gerakan mereka dan mencuri item transformasi mereka, sebelum memenjarakan mereka menjadi patung seperti yang lainnya. Setelah kejadian itu, Enen menyesal membantu Shadow karena dia sebetulnya sangat menyukai Pretty Cure. Miyuki sebelum menjadi patung sempat mengatakan padanya agar tidak cemas dan memintanya untuk mencari bantuan dari Dokidoki Precure. Guleru pada akhirnya menyesal dan En-En pun berhasil menemukan Dokidoki Precure dan meminta bantuan mereka untuk menghentikan Shadow. Sementara Dokidoki Precure melawan anak buahnya Shadow, Guleru dan Enen, dibantu oleh Candy dan Pop, berhasil menemukan peri yang tertangkap, dan dengan sorakan dari para peri di Akademi Peri, membantu mereka mengembalikan item-item transformasi yang dicuri itu dikembalikan kepada Precure lainnya, yang memungkinkan mereka untuk berubah lagi dan mengembalikan cahaya ke dunia peri. Sebagai usaha terakhir, Shadow menggabungkan semua kekuatannya untuk menjadi laba-laba raksasa, tapi dia akhirnya dikalahkan oleh kekuatan gabungan dari semua Precure. Menyadari kesalahannya, Gureru berusaha menghentikan bayangannya, yang akhirnya bayangannya kembali ketempat yang seharusnya. Dan kemudian Gureru dan En-En bertekad untuk menjadi peri Precure suatu saat nanti dan para Precure pun membantu memperbaiki akademi dan mengadakan pesta yang sesungguhnya.

Pretty Cure All Stars New Stage 3: Teman Selamanya[sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover keenam dan juga merupakan seri terakhir Pretty Cure All Stars New Stage. Film atau movie ini juga menjadikan peringatan 10 tahun Serial Pretty Cure yang dimulai sejak tahun 2004. Dirilis di bioskop Jepang pada tanggal 15 Maret 2014. Menampilkan semua Pretty Cure dari seri sebelumnya sampai kepada perkenalan Pretty Cure seri terbaru, HappinessCharge PreCure!

Diceritakan di sebuah tempat yang disebut Dunia Mimpi, hiduplah 2 peri mimpi yang bertugas untuk menghisap dan menghapus mimpi buruk dari setiap orang. Peri itu adalah Yumeta dan Mammu, Ibunya. Mereka diberi amanah untuk menghapus setiap mimpi buruk yang pada malam hari sering menghantui mimpi anak-anak. Melihat Yumeta sangat sendirian karena waktu bermain dengan para anak terbatas karena anak-anak harus bangun pada pagi hari, Mammu ingin membuat semua anak-anak tertidur selamanya dan menciptakan taman dunia mimpi bagi Yumeta dan anak-anak. Di lain tempat di Akademi Peri, Gureru dan En-En disuruh oleh guru mereka untuk mencari informasi terbaru seputar kemunculan Pretty Cure baru (Happiness Charge Precure) yang muncul pada akhir-akhir ini. Mereka pun dikirim ke bumi dan bertemu dengan Dokidoki! Precure dan Happiness Charge Precure!. Namun yang terjadi di bumi, semua anak di kota pada tertidur semua tanpa sadar diri atau tidak terbangun sama sekali. Ini membuat semua orang tua anak merasa panik dan khawatir pada kondisi anaknya. Akhirnya mereka tanpa sengaja pergi ke dunia mimpi dan bertemu Yumeta disana. Gureru dan En-En menjelaskan bahwa Yumeta juga merupakan salah satu murid di Akademi Peri namun dia berhenti sekolah tanpa sebab. Setelah bertemu Yumeta, mereka diusir oleh Mammu secara paksa karena takut akan menkacaukan segala rencananya. Mulai curiga akan itu, Megumi dan Hime pergi untuk menyelidikinya namun yang terjadi mereka ditangkap dan dipenjara oleh Mammu dan pasukan mimpi buruk. Mammu pun menjelaskan bahwa dia akan membuat sebuah dunia dimana anak-anak hidup senang dan bergembira di dunia mimpi tanpa memikirkan rasa sedih dan suram di dunia nyata. Mammu pun juga menjebak para Pretty Cure di dalam mimpi mereka dengan buku pelajaran yang dibawa Gureru dan En-En supaya Pretty Cure tidak mengagalkan rencananya. Merasa ini tidak benar, Yumeta pun membantu membebaskan Gureru, En-En, Megumi, dan Hime lalu menegor ibunya bahwa semua tindakannya itu salah. Memang ada waktunya dia bersama dengan anak-anak tetapi sekarang dia juga tidak sendirian lagi, karena ada teman-temannya juga dari Akademi Peri yang ikut mendukungnya. Setelah menyadari kesalahannya, Mammu pun bermaksud untuk menghisap kembali Pasukan Mimpi Buruk yang dia keluarkan kembali ke dalam tubuhnya namun sayang kondisi ibunya sudah mulai tidak kuat lagi seperti dulu sehingga Pasukan Mimpi Buruk memberontak dan akan menghancurkan dunia mimpi. Karena melihat ibunya sudah dirasa tidak kuat lagi, Yumeta ingin menolong ibunya dengan membantu menghisap kembali mimpi buruk tersebut ke dalam tubuhnya. Dia pun didukung ibunya dan diberitahu untuk berhati-hati. Cerita selanjutnya, para Pretty Cure terbebas dari jebakan mimpi dengan bantuan Micrale Light (Cahaya Keajaiban) dan ikut membantu melawan Pasukan Mimpi Buruk yang sudah menguasai seperempat dari dunia mimpi. Bukan hanya itu, Ayumi yang kembali lagi menjadi Cure Echo ikut membantu juga bersama Cure Honey yang tampil sebagai karakter cameo di sini. Akhirnya dunia mimpi terselamatan, Pasukan Mimpi Buruk dapat dihisap kembali dan dunia mimpi menjadi damai. Anak-anak diseluruh kota mulai sadar dan terbangun dari tidurnya. Dan juga, Gureru dan En-En telah membuat sejarah baru di buku pelajaran Pretty Cure selain adanya Happiness Charge Precure! juga ada mereka di dalam buku dengan catatan sebagai patner peri dari Cure Echo (Ayumi Sakagami).

Pretty Cure All Stars: Spring Carnival♪ (Karnaval Musim Semi♪)[sunting | sunting sumber]

Merupakan movie crossover yang ketujuh dan juga merupakan lanjutan dari sekuel movie All Stars. Movie ini direncanakan akan dirilis di Jepang pada tanggal 14 Maret 2015. Menampilkan semua Pretty Cure yang terdahulu sampai kepada perkenalan Pretty Cure terbaru pada tahun 2015, Go! Princess PreCure. Movie ini juga akan menggunakan teknologi 3D dan juga beberapa adegan dansa yang akan muncul di dalam movie tersebut.

Diceritakan para Pretty Cure semuanya diundang untuk datang ke negeri Harmonia, yaitu negeri yang penuh dengan musik dan dansa. Akan tetapi, tanpa diketahui oleh Cure, musuh misterius pun muncul bernama Odoren dan pasangannya Utaen yang membuat negeri tersebut menjadi kacau dan dalam keadaan buruk. Go! Princess PreCure bersama dengan Pretty Cure lainnya harus bersatu dan melindungi negeri tersebut dari kehancuran.

Pretty Cure All Stars: Semuanya Bernyanyi♪ Sihir Keajaiban![sunting | sunting sumber]

Merupakan film kedelapan dari seri film crossover Pretty Cure All Stars. Seri film ini akan menampilkan semua karakter Pretty Cure dan juga sekaligus sebagai peringatan film yang ke-20 secara keseluruhan dalam film Serial Pretty Cure (dihitung dari 12 film individu di seri dan 8 film di All Stars). Film ini akan dirilis di bioskop di Jepang pada tanggal 19 Maret 2016. Karakter di Mahou Tsukai PreCure! akan memulai debut mereka di film ini.

Mirai dan Riko sangat antusias untuk datang mengunjungi dunia manusia! Namun ... mereka dipisahkan oleh penyihir jahat bernama Solcière, dan pasangannya Trauuma. Dan mereka memiliki satu tujuan yaitu dalam hal ini untuk melengkapi sihir bencana dengan menggunakan air mata Pretty Cure sebagai sumber kekuatannya. Satu-satunya hal yang bisa dapat dilakukan untuk melindungi dunia adalah dengan persahabatan dari 44 Pretty Cure!

Pretty Cure Dream Stars![sunting | sunting sumber]

Pretty Cure Dream Stars! (映画プリキュアドリームスターズ!, Eiga Purikyua Dorīmu Sutāzu!) adalah film crossover yang kesembilan waralaba dan yang pertama untuk menggantikan film Pretty Cure All Stars menampilkan setiap Pretty Cure saat ini. Film, yang akan menampilkan KiraKira☆PreCure À La Mode. Film yang akan menampilkan karakter asli bersama Cures baru-baru ini, akan dirilis di Jepang pada 18 Maret 2017. Tim unggulan akan menjadi orang-orang dari Go! Princess PreCure, Mahou Tsukai PreCure!, dan KiraKira☆PreCure À La Mode.

Pretty Cure Super Stars![sunting | sunting sumber]

Pretty Cure Super Stars! (映画 プリキュアスーパースターズ!, Eiga Purikyua Sūpā Sutāzu!) adalah film crossover kesepuluh dalam seri. Seperti film-film sebelumnya, serial ini juga tidak menampilkan setiap Pretty Cure saat ini dan berfokus pada karakter dari Mahou Tsukai PreCure!, KiraKira☆PreCure À La Mode dan Hugtto! PreCure. Film yang akan menampilkan karakter asli bersama Cures baru-baru ini, dirilis di Jepang pada 17 Maret 2018.

Film pendek[sunting | sunting sumber]

  • Berhimpunan luar biasa - Pretty Cure All Stars GoGo Dreams Live

Merupakan film crossover pendek yang hanya berdurasi 5 menit. Menampilkan para Pretty Cure dari seri Pretty Cure Max Heart, Pretty Cure Splash Star, dan sampai Yes! PreCure 5 GoGo. Dalam movie tersebut, mereka tidak sengaja bertemu karena adanya musuh misterius yang muncul di depan mata mereka. Mereka harus berkerja sama satu sama lain demi mengalahkan musuh misterius tersebut.

  • Pretty Cure All Stars DX: 3D Theatre

Merupakan film crossover yang hanya berdurasi 14 menit. Film ini hanya khusus menampilkan dance-dance, dansa dan musik saja di dalam film ini. Di rilis di Jepang pada tanggal 5 Agustus 2011. Menampilkan para Pretty Cure, dimulai dari Cure Black (Futari wa Pretty Cure) sampai kepada Cure Beat (Suite Precure).

  • Semua orang Kumpulkan! Pretty Cure festival: Pretty Cure ON Miracle ♡ Magical ☆ stage (みんなあつまれ!プリキュアフェスティバ ルプリキュアONミラクル ♡ マジカル☆ステージ Minna Atsumare Purikyua Fesutibaru Purikyua pada Mirakuru♡Majikaru ☆ Sutēji)

Tokoh khusus di film[sunting | sunting sumber]

  • Fusion

Dia muncul sebagai musuh dan antagonis utama di Pretty Cure All Stars DX dan muncul lagi di New Stage sebagai Fu-chan. Di DX dia merupakan lawan utama Pretty Cure dan menjadi dalang kekacauan di film ini. Dia kembali muncul dan membuat ulah lagi pada awal pembuka New Stage. Setelah dikalahkan oleh para PreCure, fragmennya pun tersebar di seluruh kota Yokohama. Tanpa sengaja Ayumi menemukan salah satu fragmen kecil dari Fusion dan dia pun memberi namanya Fu-chan karena dia selalu berkata "Fu". Dia bisa menjadi replika benda apa saja seperti contohnya gelang yang dipakai Ayumi. Ayumi menganggap Fu-chan sebagai teman dan suka bermain dengannya. Setelah terjadi kesalahpahaman oleh Fu-chan, Ayumi datang untuk menolongnya dan menyadarkannya bahwa tindakannya itu salah. Fu-chan pun berkorban demi menolong Smile PreCure dan melindungi Ayumi dari bagian fragmennya yang jahat pada akhir film.

  • Bottom

Kelompok penjahat yang dipimpin oleh Bottom yang ingin mencoba mencuri dan merebut Jewel Rainbow (Permata Pelangi) di Pretty Cure All Stars DX 2. Dia terbangun selama 1000 tahun dan ingin membalas dendamkan pada Jewel Rainbow dengan mencurinya kekuatannya dan menguasai dunia

  • Black Hole

Musuh utama dalam Pretty Cure All Stars DX 3 dan juga merupakan dalang dari penciptaan Fusion dan Bottom. Dia tercipta dari beberapa musuh yang pernah dikalahkan oleh Pretty Cure dalam setiap seri. Dia mencoba untuk membalaskan dendam pada Pretty Cure dan bumi dengan mengumpulkan energi negatif dari setiap musuh Pretty Cure yang pernah dikalahkan. Dia pada akhirnya dihancurkan dengan kekuatan gabungan terakhir dari para Pretty Cure.

  • Ayumi Sakagami/Cure Echo

Ayumi merupakan salah satu siswi di sekolah menengah di Kota Yokohama. Dia merupakan murid baru di sekolahan. Dia sangat pemalu dalam mencari teman, sehingga dia lebih baik menjadi seorang pendiam. Dibalik sikapnya yang diam, dia sangat mengagumi Pretty Cure dan menggangap mereka keren. Di suatu hari, dalam perjalanan pulangnya dia menemukan sebuah makhluk kecil yang terjebak di dedaunan. Dia pun mengambilnya, memeliharanya dan memberi nama padanya "Fu-chan" karena dia selalu berkata "Fu-Fu". Mereka berteman baik dan menjadi sahabat. Fu-chan sering menjadi bagian gelang dari Ayumi. Sampai suatu hari, dia bertemu Pretty Cure, Fu-chan memulai rencana balas dendamnya pada Pretty Cure. Ayumi merasa sedih karenanya. Untuk menyadarkan kesalahannya, Ayumi pun ikut bergabung membantu Pretty Cure dan menyelamatan Fu-chan dari pengaruh jahat. Karena kekuatannya yang kuat untuk melindungi Fu-chan, dia pun dapat berubah menjadi Pretty Cure dengan nama Cure Echo. Pada akhirnya dia pun dapat menyelamatkan Fu-chan dari sisi jahatnya meskipun Fu-chan pada akhirnya berkorban demi memberi kekuatan terakhir pada Smile Precure! dalam mengalahkan fragmen jahatnya itu. Setelah kepergian Fu-chan, Ayumi pun mulai berubah yang tadinya dia pendiam sekarang menjadi terbuka kepada semua teman-temannya dan bergaul dengan baik. Sebagai Cure Echo, rambutnya yang tadinya berwarna cokelat kehitaman menjadi kuning blonde dan tema warnanya adalah putih. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Menyampaikan perasaan, Cure Echo".

  • Gureru

Gureru adalah salah satu peri yang bersekolah di sekolah Akademi Peri. Dia merupakan peri yang sangat nakal disekolah. Pada suatu hari, ketika Tart (peri dari Fresh Pretty Cure) datang ke sekolahnya dan memberi pelajaran tentang Pretty Cure, dia sangat iri melihat semua peri memuji dan memuja kekuatan para Pretty Cure. Sehingga dia membuat keonaran di kelas dan menyatakan dirinya jauh lebih kuat daripada Pretty Cure. Setelah kejadian itu, Dia dan En-En pergi ke suatu tempat yang dilarang dan tanpa sengaja melepaskan segel makhluk kegelapan yang disebut Shadow. Shadow itu mengambil bentuk bayangan Gureru dan menyatakan diri bahwa dia adalah Gureru dan Gureru adalah dia. Akhirnya mereka bersengkokol untuk menjebak para Pretty Cure dengan sebuah pesta palsu. Dan saat itulah, dia baru menyadari apa yang menjadi kesalahannya ketika Shadow bertindak untuk membuat kacau Akademi Peri dan dunia peri. Membuat dia tidak berdaya menghadapi Shadow. Ketika dia dan En-En dan bertemu dengan Dokidoki! PreCure, dia pun menyadari kesalahannya dan akhirnya ikut membantu untuk membebaskan semua peri Pretty Cure yang ditangkapnya bersama Shadow. Di akhir film New Stage 2, setelah kekalahan Shadow, dia meminta Shadow untuk berhenti dan menyatakan dirinya tidak mau seperti ini lagi. Kebenciaan Gureru itu cuma hanya iri pada Pretty Cure dan tidak ada maksud untuk mengalahkan Pretty Cure dan menghancurkan sekolah. Akhirnya Shadow kembali menjadi bayangan Gureru. Setelah kejadian itu, dia meminta maaf pada semua Pretty Cure dan pada akhirnya para Pretty Cure memaafkannya dan memulai pesta yang sesungguhnya. Di dalam New Stage 3, dia dan En-En diminta guru mereka untuk mencari info seputar Pretty Cure baru (Happiness Charge) supaya dapat mencatatnya di buku pelajaran. Yang terjadi malahan mereka masuk ke dunia mimpi dan ikut membantu Pretty Cure dalam menghadapi mimpi buruk. Dia dan En-En terpilih menjadi patner perinya Cure Echo (Ayumi Sakagami) yang juga ingin ikut membantu Pretty Cure.

  • En-En

En-En adalah juga merupakan salah satu murid peri di Akademi Peri. Dia mempunyai sifat pemalu, cengeng, dan pendiam. Dia merahasiakan dirinya bahwa dia sangat menyukai dan terkesan pada Pretty Cure. Sampai pada suatu hari, Gureru mengagetannya dan semenjak itu dia dan Gureru menjadi akrab meskipun belum menjadi teman. Suatu ketika, dia dan Gureru pergi ke tempat terlarang dan tanpa sengaja melepaskan segel makhluk kegelapan yang bernama Shadow. Dia pun diajak untuk ikut membantu menjebak para Pretty Cure oleh Shadow dan Gureru meskipun dia tidak mau melakukannya tapi terpaksa dia lakukan karena takut. Setelah Smile PreCure telah terperangkap, Miyuki meminta dia untuk mencari Dokidoki! Precure yang dapat memecahkan masalah ini. Setelah bertemu dengan mereka, dia meminta maaf dengan sangat dan dia juga akan ikut membantu semampu mungkin meskipun dia penakut. Setelah Shadow kalah, dia pun mulai berubah menjadi lebih terbuka dan menjadi peri pemberani bersama dengan Gureru. Dia dan Gureru pun dapat akrab sekarang menjadi seorang teman. Di dalam New Stage 3, Dia dan Gureru diminta oleh guru mereka untuk mencari info seputar Pretty Cure baru yang akan dicatatkan pada buku pelajaran peri. Namun malahan mereka pergi ke dunia mimpi dan ikut membantu juga para Pretty Cure dalam melawan pasukan Mimpi Buruk. Dia dan Gureru terpilih menjadi peri patnernya Cure Echo yang juga akan ikut membantu para Pretty Cure.

  • Shadow

Merupakan sebuah makhluk kegelapan yang di segel disalah satu tempat terlarang dari Akademi Peri. Dia dikurung dalam sebuah bola kristal sampai pada akhirnya Gureru tanpa sengaja menyentuhnya dan jatuh tepat dibayangannya. Lalu, Shadow pun tercipta dari bayangannya Gureru dan menyatakan dirinya bahwa mereka itu adalah sama. Dia mempunyai perasaan yang sama dengan Gureru yaitu iri pada Pretty Cure. Sampai pada akhirnya, Gureru bekerja sama dengan Shadow untuk mengambil dan mencuri alat transformasi semua Pretty Cure. Setelah selesai dengan itu, dia mulai tidak terkontrol lalu menyerang seluruh sekolah Akedemi Peri dan membuat semua kegelapan di dunia peri. Dia pun dapat dikalahkan oleh semua Pretty Cure, setelah Pretty Cure terbebas dari penjara batu dan melakukan serangan gabungan dari semua Pretty Cure. Dia pada akhirnya kembali menjadi bayangan asli Gureru dan lalu disegel kembali oleh bola kristal.

  • Yumeta

Merupakan peri mimpi seperti Baku, dia merupakan peri penunggu di dunia mimpi bersama Ibunya, Mammu dan juga mantan murid di sekolah Akademi Peri. Dia masih sangat muda dan belum mempunyai keahlian khusus sebagai seorang peri mimpi. Dia sangat suka sekali berteman, apalagi dengan teman terbaik manusianya, Nami. Namun dia juga merasa sendirian dan kesepian, setelah mengetahui bahwa pertemuannya dengan anak-anak di dunia mimpi hanya berlangsung sebentar saja karena anak-anak harus bangun pagi. Karena itulah, Mammu Ibunya Yumeta bermaksud membuat semua anak-anak tertidur selamanya dan membuat taman bermain bagi anak-anak di dunia mimpi. Karena merasa ini tidak benar, dia menegor Ibunya bahwa dia tidak lagi sendirian karena ada teman-teman yang lain dari Akademi Peri. Mammu pun berusaha memperbaiki keadaan dengan menyedot kembali pasukan Mimpi Buruk yang dia keluarkan itu. Namun, karena melihat Ibunya sudah tidak kuat lagi menyedot semua Mimpi Buruk itu, Yumeta pun ikut membantu Ibunya dengan menyedot semua mimpi buruk itu. Pada akhirnya, Pasukan Mimpi Buruk dapat dikalahkan oleh kekuatan gabungan semua Pretty Cure dan berhasil dihisap dan disedot kembali kedalam tubuhnya Yumeta. Setelah kejadian itu, dunia mimpi kembali menjadi damai, anak-anak mulai terbangun kembali dari tidur panjang mereka, dan akhirnya Yumeta dan Ibunya Mammu bersama-sama menghisap mimpi buruk setiap mimpi anak-anak dan menjaga kedamaian di dunia mimpi.

Pendapatan[sunting | sunting sumber]

Pretty Cure All Stars New Stage 2: Teman di Hati telah meraup pendapatan sebesar US$10.1 juta pada penayangannya di teater Jepang beberapa waktu lalu.[1] Sedangkan pada 20 April 2014 Pretty Cure All Stars New Stage 3: Teman Selamanya juga telah meraup pendapatan sebesar US$8,526,335 pada penayangannya di bioskop-bioskop Jepang.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staff Reporter (16 May 2104). "The Asian films driving global box office". Film Business Asia. Diakses tanggal 17 May 2014. 
  2. ^ "Japan Box Office April 19–20, 2014". Box Office Mojo. Diakses tanggal 30 April 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]