Star Twinkle PreCure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Star☆Twinkle PreCure)
Star Twinkle PreCure
Visual key dari seri ini menampilkan lima Cures utama. Dari kiri ke kanan: Cure Cosmo, Cure Milky, Cure Star, Cure Selene dan Cure Soleil. Maskot Fuwa dan Prunce masing-masing terlihat di sudut kanan bawah dan kiri atas.
スター☆トゥインクルプリキュア
(Sutā☆Touinkuru Purikyua)
GenreMahou shōjo
Fiksi ilmiah
Seri anime
SutradaraHiroaki Miyamoto
ProduserAkari Yanagawa
SkenarioIsao Murayama
MusikYuki Hayashi
Asami Tachibana
StudioToei Animation
Saluran
asli
ANN (ABC, TV Asahi)
Tayang 3 Februari 2019 26 Januari 2020
Episode49 (Daftar episode)
Manga
PengarangIzumi Todo
IlustratorFutago Kamikita
PenerbitKodansha
ImprintWide KC
MajalahNakayoshi
DemografiShōjo
TerbitFebruari 2019Desember 2019
Volume2
Film anime
Star☆Twinkle PreCure the Movie: These Feelings Within The Song Of Stars
SutradaraYūta Tanaka
StudioToei Animation
Tayang19 Oktober 2019
 Portal anime dan manga

Star Twinkle PreCure (スター☆トゥインクルプリキュア, Sutā☆Touinkuru Purikyua) adalah serial anime Mahou shōjo Jepang tahun 2019 oleh Toei Animation. Ini adalah seri keenam belas dalam waralaba Pretty Cure Izumi Todo dan seri terakhir yang ditayangkan di era-Heisei Jepang sebelum bertransisi ke era-Reiwa[a]. Disutradarai oleh Hiroaki Miyamoto (One Piece Film: Gold) dan ditulis oleh Isao Murayama. Serial ini akan mulai tayang di semua stasiun ANN di Jepang pada 3 Februari 2019 hingga 26 Januari 2020, menggantikan Hugtto! PreCure dalam timeslot awalnya[1]. Anime ini juga tayang secara bersamaan dengan Kamen Rider Zi-O, kemudian Kamen Rider Zero-One dan Kishiryu Sentai Ryusoulger. Tema utama seri ini adalah imajinasi, dengan luar angkasa dan rasi bintang menjadi motif utama Cures.[2] Serial ini kemudian digantikan oleh Healin' Good PreCure pada 2 Februari 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dunia Langit Berbintang (星空界, Hoshizora-kai), adalah rumah bagi 12 Star Princesses yang didasarkan pada Lambang Zodiak & menjaga ketertiban di alam semesta. Tetapi Not Raiders menyerang Istana Bintang dengan para putri berhamburan melintasi alam semesta sebagai Princess Star Color Pens. Mencari untuk menghidupkan kembali para putri & mencegah alam semesta dikonsumsi dalam kegelapan, para alien Lala & Prunce melakukan perjalanan dengan peri Fuwa ke Kota Mihoshi (観星町, Mihoshi-cho) di Bumi tempat mereka bertemu Hikaru Hoshina yang imajinatif. Menerima Star Color Pendant & Star Color Pens, Hikaru berubah menjadi PreCure legendaris, Cure Star. Bergabung dengan Lala & 2 gadis lainnya, Elena & Madoka, Hikaru memimpin Star Twinkle PreCure ketika mereka berusaha untuk menghidupkan kembali para Star Princesses & berperang melawan Not Raiders.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

Hikaru Hoshina (星奈 ひかる, Hoshina Hikaru) / Cure Star (キュアスター, Kyua Sutā)[1]
Pengisi suara: Eimi Naruse
Gadis SMP kelas 2 yang mencintai bintang & rasi bintang yang penuh imajinasi & sering bertindak berdasarkan intuisi. Motifnya adalah bintang & warna tema adalah merah muda dan sub-warnanya adalah kuning.
Sebagai Cure Star, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bintang yang berkelap-kelip di langit! Cure Star!" (宇宙に輝くキラキラ星!キュアスター!, Sora ni Kagayaku Kirakira Boshi! Kyua Sutā!).
(Lahir: 16 Februari; Golongan Darah: O)
Lala Hagoromo (羽衣 ララ, Hagoromo Rara) / Cure Milky (キュアミルキー, Kyua Mirukī)[1]
Pengisi suara: Konomi Kohara
Seorang alien dari planet Saman (サマーン, Samān) yang datang ke Bumi untuk menemukan PreCure legendaris dengan Prunce & Fuwa, serius & bertanggung jawab sementara terkadang membuat kesalahan. Motifnya adalah Bima Sakti dan hati dan warna temanya hijau muda, dan sub-warna biru.
Sebagai Cure Milky, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bima Sakti yang membentang melintasi langit! Cure Milky!" (天にあまねくミルキーウェイ!キュアミルキー!, Ten ni Amaneku Mirukī Wei! Kyua Mirukī!).
(Lahir: 26 Agustus)
Elena Amamiya (天宮 えれな, Amamiya Erena) / Cure Soleil (キュアソレイユ, Kyua Soreiyu)[1]
Pengisi suara: Kiyono Yasuno
Siswi SMP kelas tiga yang populer dengan senyum cerah dan kecakapan atletik. Dia tinggal di sebuah toko bunga bernama "Sonrisa" (yang berarti "tersenyum" dalam bahasa Spanyol) dan membagi waktu antara bekerja di toko dan merawat lima adiknya. Dia dikenal sebagai "Matahari Kota Mihoshi." Motifnya adalah matahari & warna temanya kuning dan oranye dan sub warnanya adalah ungu.
Sebagai Cure Soleil, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Nyalakan langit! Kilau penuh emosi! Cure Soleil!'" (宇宙を照らす!灼熱のきらめき!キュアソレイユ!, Uchū wo Terasu! Shakunetsu no Kirameki! Kyua Soreiyu!).
(Lahir: 7 September; Golongan Darah: AB)
Madoka Kaguya (香久矢 まどか, Kaguya Madoka) / Cure Selene (キュアセレーネ, Kyua Serēne)[1]
Pengisi suara: Mikako Komatsu
Siswi SMP kelas tiga yang adalah ketua OSIS sekolah Hikaru. Ayahnya bekerja untuk pemerintah, dan ibunya adalah seorang pianis. Dia sering berusaha untuk menjadi seperti wanita terhormat dan cerdas, tetapi kadang-kadang bisa terus terang. Dia sangat berbakat dalam kyūdō, piano, dan merangkai bunga. Ia dikenal sebagai "Bulan Kota Mihoshi". Motifnya adalah bulan & warna temanya ungu.
Sebagai Cure Selene, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Nyalakan langit malam! Misteri di balik sinar bulan! Cure Selene!" (夜空に輝く!神秘の月あかり!キュアセレーネ!, Yozora ni Kagayaku! Shinpi no Tsukiakari! Kyua Serēne!).
(Lahir: 11 November; Golongan Darah: O)
Yuni (ユニ, Yuni) / Cure Cosmo (キュアコスモ, Kyua Kosumo)[4]
Pengisi suara: Sumire Uesaka[5]
Seekor gadis kucing dari Planet Rainbow yang berusaha mengembalikan bangsanya setelah mereka berubah menjadi batu sebagai hasil eksperimen Aiwarn, memiliki parfum pengubah bentuk yang memungkinkannya untuk mengambil identitas sipil dari idola pop intergalaksi pop intergalaksi Mao (マオ, Mao). Blue Cat (ブルーキャット, Burū Kyatto) juga menggunakan parfum untuk menyusup ke Not Raiders sebagai Bakenyan menempatkan dirinya sebagai asisten kepala pelayan Aiwarn sampai membuang samarannya. Sebagai Cure Cosmo yang berwarna biru dan pelangi, motifnya adalah pelangi dan memperkenalkan dirinya sebagai "Spektrum pelangi menerangi galaksi! Cure Cosmo!" (銀河に光る虹色のスペクトル!キュアコスモ!, Ginga ni Hikaru Nijiiro no Supekutoru! Kyua Kosumo!).
(Lahir: 11 Oktober)

Dunia Langit Berbintang[sunting | sunting sumber]

Fuwa (フワ, Fuwa)[1]
Pengisi suara: Hina Kino
Peri bayi dengan kekuatan untuk membuat portal, biasanya berada di Twinkle Book dengan keberadaannya sangat penting dalam kebangkitan Star Princesses.
Prunce (プルンス, Purunsu)[1]
Pengisi suara: Hiroyuki Yoshino
Alien seperti UFO yang bekerja untuk Star Princesses dan datang ke Bumi mencari PreCure.
AI (えーあい)
Pengisi suara: Miki Itō
Kecerdasan buatan untuk roket.
Abraham (アブラハム, Aburahamu)
Pengisi suara: Yutaka Aoyama
Seorang alien dari Planet Minitur yang mengambil bentuk sutradara film sehingga dia bisa menguji tekad PreCure untuk membuat Lala tinggal di Bumi.

Star Princesses[sunting | sunting sumber]

Star Princesses (スタープリンセス, Sutā Purinsesu) adalah dua belas putri yang melindungi seluruh keseimbangan alam semesta. Mereka menggunakan semua kekuatan mereka untuk mengusir Not Raiders dan mereka berubah menjadi Star Color Pens dan mencerai-beraikan di sekitar Bumi. Setiap putri mewakili satu dari 12 tanda zodiak.

Aries (おひつじ座, Ohitsuji-za)
Pengisi suara: Sachiko Kojima
Star Princess berdasarkan Aries, yang Princess Star Color Pen merahnya ditemukan di planet Kumarin.
Taurus (おうし座, Oushi-za)
Pengisi suara: Ayako Kawasumi
Star Princess berdasarkan Taurus. Princess Star Color Pen-nya berwarna merah muda.
Gemini (ふたご座, Futago-za)
Pengisi suara: Natsu Yorita
Star Princess bersaudara berdasarkan Gemini, yang Princess Star Color Pen cyannya ditemukan di planet Rainbow.
Cancer (かに座, Kani-za)
Pengisi suara: Maria Naganawa
Star Princess berdasarkan Cancer, Princess Star Color Pen hijau ditemukan di planet Saman.
Leo (しし座, Shishi-za)
Pengisi suara: Madoka Yonezawa
Star Princess berdasarkan Leo. Princess Star Color Pen-nya adalah aqua.
Virgo (おとめ座, Otome-za)
Pengisi suara: Yui Kondo
Star Princess berdasarkan Virgo, yang Princess Star Color Pen putihnya ditemukan di planet Zeni.
Libra (てんびん座, Tenbin-za)
Pengisi suara: Mako Sakurai
Star Princess berdasarkan Libra. Princess Star Color Pen-nya berwarna kuning.
Scorpio (さそり座, Sasori-za)
Pengisi suara: Aya Endō
Star Princess berdasarkan Scorpio, Princess Star Color Pen oranye-nya berada di tangan Not Raiders sebelum PreCure mengambilnya.
Sagittarius (いて座, Ite-za)
Pengisi suara: Rie Murakawa
Star Princess berdasarkan Sagittarius, yang Princess Star Color Pen yang berwarna ungu ditemukan di planet Zeni.
Capricorn (やぎ座, Yagi-za)
Pengisi suara: Marika Hayashi
Star Princess berdasarkan Capricorn. Princess Star Color Pen-nya adalah magenta.
Aquarius (みずがめ座, Mizugame-za)
Pengisi suara: Hyang-ri Kim
Star Princess berdasarkan Aquarius. Princess Star Color Pen yang berwarna biru ditemukan di planet Icesnow.
Pisces (うお座, Uo-za)
Pengisi suara: Michiko Neya
Star Princess berdasarkan Pisces, Princess Star Color Pen merah muda cerah ditemukan di suatu tempat mengambang di ruang angkasa.

Notraiders[sunting | sunting sumber]

Notraiders (ノットレイダー, Nottoreidā) adalah antagonis utama dari seri ini. Pasukan perampok antariksa antargalaksi yang tujuannya adalah untuk mendapatkan semua Princess Star Color Pen dan Fuwa untuk menghilangkan cahaya dari alam semesta.

Pemimpin[sunting | sunting sumber]

Darknest (ダークネスト, Dākunesuto) / Ophiuchus (へびつかい座, Hebitsukai-za)
Pengisi suara: Mie Sonozaki
Pemimpin Notraiders dan tokoh antagonis utama dari seri ini, sesosok ular lapis baja dengan ular mirip Uwabami melilit tubuhnya yang ingin mengkonsumsi semua cahaya di alam semesta. Identitas aslinya adalah Star Princess Ophiuchus yang diusir.
Garuouga (ガルオウガ, Garuouga)
Pengisi suara: Satoshi Tsuruoka[6]
Komando Notraiders kedua, ia adalah alien seperti oni yang mencari Princess Star Color Pens untuk memberikan kekuatan kepada pemimpin kelompok. Gelangnya juga dapat meningkatkan kekuatan komandan

Komandan[sunting | sunting sumber]

Kappard (カッパード, Kappādo)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya[7]
Komandan pertama yang muncul dan alien seperti kappa dipersenjatai dengan pisau ganda. Dia serius saat melakukan apa pun untuk menangkap Fuwa dan melihat Pretty Cures sebagai tantangan yang berharga.
Tenjo (テンジョウ, Tenjō)
Pengisi suara: Aya Endō[8]
Komandan kedua muncul dan alien seperti tengu dipersenjatai dengan kipas. Dia cenderung bermain-main dan pandai menciptakan strategi melawan Pretty Cures. Dia hanya tertarik pada kekuatan Star Princess daripada menangkap Fuwa.
Aiwarn (アイワーン, Aiwān)
Pengisi suara: Rie Murakawa[9]
Komandan ketiga muncul dan alien seperti Hitotsume-kozo dipersenjatai dengan pena warna gelap.

Anggota lainnya[sunting | sunting sumber]

Bakenyan (バケニャーン, Bakenyān)
Pengisi suara: Yōji Ueda[10]
Kepala pelayan Aiwarn dan alien seperti Nekomata.

Tentara[sunting | sunting sumber]

Notray (ノットレイ, Nottorei)
Pengisi suara: Yoshimitsu Shimoyama, Kenta Tanaka dan Kōsuke Echigoya
Para prajurit dari Notraiders yang dipersenjatai dengan laser blasters.
Not Reiga (ノットリガー, Nottorigā)
Pengisi suara: Yoshimitsu Shimoyama
Monster pribadi Aiwarn yang dia ciptakan dari Princess Star Color Pens yang rusak, setiap bentuk Not Reiga berdasarkan keberatan acak dari imajinasi orang yang ditargetkan.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Hoshina[sunting | sunting sumber]

Harukichi Hoshina (星奈 春吉, Hoshina Harukichi)
Pengisi suara: Mitsuru Ogata
Kakek Hikaru, yang memiliki aturan ketat tentang rumah.
Terumi Hoshina (星奈 輝美, Hoshina Terumi)
Pengisi suara: Sachiko Kojima
Ibu Hikaru.
Yoko Hoshina (星奈 陽子, Hoshina Yōko)
Pengisi suara: Yōko Asagami
Nenek Hikaru.
Yoichi Hoshina (星奈 陽一, Hoshina Yōichi)
Pengisi suara: Akio Ōtsuka[11]
Ayah Hikaru.
Yeti (イエティ, Ieti)
Anjing peliharaan Hikaru.

Keluarga Lala[sunting | sunting sumber]

Toto (トト, Toto)
Pengisi suara: Toshihiko Seki[12]
Ayah Lala, yang adalah Peneliti AI.
Kaka (カカ, Kaka)
Pengisi suara: Fumi Hirano[13]
Ibu Lala, yang adalah Doktor Teknik Roket.
Lolo (ロロ, Roro)
Pengisi suara: Sōma Saitō[14]
Kakak Lala.

Amamiya[sunting | sunting sumber]

Carlos (カルロス, Karurosu)
Pengisi suara: Kentaro Tone
Ayah Elena, yang adalah seorang Meksiko dan pemilik Sonrisa.
Kaede Amamiya (天宮 かえで, Amamiya Kaede)
Pengisi suara: Ayahi Takagaki
Ibu Elena, yang adalah seorang Jepang dan interpretasi.
Touma Amamiya (天宮 とうま, Amamiya Tōma), Reina Amamiya (天宮 れいな, Amamiya Reina), Takuto Amamiya (天宮 たくと, Amamiya Takuto), Ikuto Amamiya (天宮 いくと, Amamiya Ikuto), Anna Amamiya (天宮 あんな, Amamiya Anna)
Pengisi suara: Yui Kondō, Mai Nishikawa, Natsu Yorita, Anzu Haruno
Saudara Elena.

Kaguya[sunting | sunting sumber]

Fuyuki Kaguya (香久矢 冬貴, Kaguya Fuyuki)
Pengisi suara: Ken Narita
Ayah Madoka, yang bekerja di pemerintah. Seorang lelaki keras ketika ia menganggap alien sebagai ancaman dan melarang keluarganya menyimpan rahasia.
Mitsuka Kaguya (香久矢 満佳, Kaguya Mitsuka)
Pengisi suara: Hekiru Shiina
Ibu Madoka, yang adalah seorang pianis terkenal.

Keluarga Yuni[sunting | sunting sumber]

Oliphio (オリーフィオ, Orīfio)
Pengisi suara: Kōki Miyata
Ratu Planet Rainbow.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Dramus (ドラムス, Doramusu)
Pengisi suara: Subaru Kimura[15]
Alien seperti naga dari planet Zeni.
Yanyan (ヤンヤン, Yanyan)
Pengisi suara: Asuka Nishi[16]
Alien kepiting pertapa dengan ember kuning di punggungnya dari planet Pururun.

Item[sunting | sunting sumber]

Star Color Pendant[sunting | sunting sumber]

Star Color Pendant (スターカラーペンダント, Sutā Karā Pendanto) merupakan item transformasi utama yang digunakan oleh para gadis. Untuk mentransformasikannya, mereka harus memiliki Star Color Pen mereka sendiri. Itu juga dapat digunakan untuk melakukan serangan dengan 12 Princess Star Color Pens.

Star Color Pens[sunting | sunting sumber]

Star Color Pens (スターカラーペン, Sutā Karā Pen) merupakan item yang dapat digunakan Cures untuk mentransformasikannya. Sebuah pena muncul di depan orang-orang yang mereka anggap layak dari kekuatan Pretty Cure jika mereka memancarkan emosi yang kuat. Mereka juga dapat berfungsi sebagai barang koleksi, yang dikenal sebagai Princess Star Color Pen (プリンセススターカラーペン, Purinsesu Sutā Karā Pen). Ada 12 dari mereka, masing-masing mewakili Star Princesses dari 12 tanda zodiak, dengan masing-masing pena memegang kekuatan misterius.

Twinkle Book[sunting | sunting sumber]

Twinkle Book (トゥインクルブック, Touinkuru Bukku) adalah buku yang bisa digunakan untuk merawat Fuwa dengan menggunakan Star Color Pens. Menurut ramalan itu, jika Pretty Cure memiliki buku ini, mereka dapat membantu mendapatkan kembali cahaya alam semesta.

Twinkle Stick[sunting | sunting sumber]

Twinkle Stick (トゥインクルステッキ, Touinkuru Sutekki) adalah senjata yang didapat Cures untuk membantu mereka dalam pertempuran.

Rainbow Perfume[sunting | sunting sumber]

Rainbow Perfume (レインボーパフューム, Reinbō Pafuyūmu) adalah senjata yang digunakan Cure Cosmo dalam pertempuran.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Star☆Twinkle PreCure diumumkan pada 28 November 2018,[17] mengikuti pengarsipan merek dagang yang dilaporkan pada 5 Oktober 2018.[18] Serial ini sedang disutradarai oleh Hiroaki Miyamoto dan ditulis oleh Isao Murayama, dengan desain karakter oleh Akira Takahashi (Suite PreCure & DokiDoki! PreCure) dan musik oleh Yuki Hayashi (KiraKira☆PreCure À La Mode & Hugtto! PreCure) dan Asami Tachibana.[3][19] Serial ini akan mulai ditayangkan di Jepang mulai 3 Februari 2019, menggantikan seri sebelumnya Hugtto! PreCure di timeslot awalnya. Lagu pembuka adalah "Kirari Star Twinkle PreCure" (キラリ☆彡スター☆トゥインクルプリキュア, Kirari☆Sutā☆Touinkuru Purikyua) oleh Rie Kitagawa (Go! Princess PreCure & Mahou Tsukai PreCure!) sementara lagu penutup pertama adalah "Papepipu Romantic" (パぺピプ☆ロマンチック, Papepipu☆Romanchikku) oleh Chihaya Yoshitake,[20] sedangkan lagu penutup kedua adalah "Tell me...! Twinkle!☆" (教えて...! トゥインクル☆, Oshiete...! Touinkuru☆) oleh Yoshitake. Sebagai tambahan, PreCure Horoscope (プリキュア星座占い, Purikyua Seiza Uranai) oleh Arisu Yamada ditampilkan di akhir setiap episode yang menampilkan tiga tanda zodiak yang beruntung. Soundtrack resmi pertama, berjudul PreCure Twinkle Sound (プリキュア☆トゥインクル☆サウンド☆彡, Purikyua Touinkuru Saundo), dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 29 Mei 2019 dengan lagu-lagu yang diambil dari anime termasuk tema transformasi "Star Color Pendant! Color Charge!" (スターカラーペンダント! カラーチャージ!, Sutā Karā Pendanto! Karā Chāji!)

Film[sunting | sunting sumber]

Karakter muncul dalam film cross-over Pretty Cure Miracle Universe, dijadwalkan rilis pada 16 Maret 2019, bersama karakter dari Hugtto! PreCure dan KiraKira☆PreCure À La Mode.[21][22]

Film anime berjudul Star☆Twinkle PreCure the Movie: These Feelings Within The Song Of Stars (映画スター☆トゥインクルプリキュア 星の歌に想いをこめて, Eiga Sutā Touinkuru Purikyua Hoshi no Uta ni Omoi wo Komete) akan dirilis pada 19 Oktober 2019. Yūta Tanaka mengarahkan film ini.[23]

Karakter dari serial ini akan muncul di samping karakter dari Hugtto! PreCure dan Healin' Good PreCure dalam film Crossover, Pretty Cure Miracle Leap: A Wonderful Day with Everyone. Film ini awalnya dijadwalkan untuk rilis pada 20 Maret 2020, tetapi sempat ditunda hingga 31 Oktober 2020[24] karena kekhawatiran tentang pandemi COVID-19.[25][26]

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Futago Kamikita akan memulai serialisasi di majalah Nakayoshi shoujo Kodansha mulai 1 Februari 2019.[27]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Serial ini ditayangkan 3 bulan sebelum pengumuman zaman baru Jepang, setelah kenaikan Naruhito ke tahta pada 1 Mei 2019.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g "スター☆トゥインクルプリキュア | 東映アニメーション". www.toei-anim.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  2. ^ "史上初・宇宙人プリキュア登場!でんぱ組.inc成瀬瑛美ら「スター☆トゥインクルプリキュア」声優発表". シネマトゥデイ. Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  3. ^ a b "Star ☆ Twinkle Precure Anime Unveils Cast, Staff, Visuals, Story". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  4. ^ "上坂うえさかすみれ(マオ/ブルーキャット/キュアコスモ役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-30. Diakses tanggal 2019-05-31. 
  5. ^ "上坂すみれ(マオ役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-14. Diakses tanggal 2019-05-31. 
  6. ^ "鶴岡 聡(ガルオウガ 役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-23. Diakses tanggal 2019-02-24. 
  7. ^ "細谷佳正(カッパード 役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-02. Diakses tanggal 2019-02-03. 
  8. ^ "遠藤綾(テンジョウ 役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-09. Diakses tanggal 2019-02-10. 
  9. ^ "村川 梨衣(アイワーン 役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-23. Diakses tanggal 2019-02-24. 
  10. ^ "上田 燿司(バケニャーン 役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-21. Diakses tanggal 2019-03-10. 
  11. ^ "大塚 明夫 (星奈 陽一役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-06. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  12. ^ "関 俊彦(トト役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-24. Diakses tanggal 2019-09-13. 
  13. ^ "平野 文(カカ役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-24. Diakses tanggal 2019-09-13. 
  14. ^ "DanMachi Star Soma Saito Joins Cast of Star Twinkle PreCure". 
  15. ^ "木村 昴(ドラムス役)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-14. Diakses tanggal 2019-05-31. 
  16. ^ "とりまく人々 異星人 | スター☆トゥインクルプリキュア | 東映アニメーション". www.toei-anim.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-05. Diakses tanggal 5 Agustus 2019. 
  17. ^ "Toei Confirms Star Twinkle Precure TV Anime for 2019". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  18. ^ "'Star Twinkle Precure' Trademark Filed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  19. ^ "作品情報(さくひんじょうほう) | スター☆トゥインクルプリキュア | 東映アニメーション". www.toei-anim.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  20. ^ "主題歌(しゅだいか)・ミュージック | スター☆トゥインクルプリキュア | 東映アニメーション". www.toei-anim.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  21. ^ "Toei Outlines March's Precure Miracle Universe Film". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  22. ^ https://www.animenewsnetwork.com/daily-briefs/2018-12-28/precure-miracle-universe-anime-film-reveals-poster-visual/.141399
  23. ^ Hodgkins, Crystalyn (2 Juni 2019). "Star ☆ Twinkle Precure Anime Gets Film on October 19". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 Juni 2019. 
  24. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2020-07-09/precure-miracle-leap-film-opens-on-october-31-after-covid-19-delays/.161657
  25. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2020-03-13/spring-2020-precure-anime-film-delayed-due-to-coronavirus-covid-19-concerns/.157496
  26. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2020-04-26/precure-miracle-leap-anime-film-delayed-again-due-to-covid-19-until-further-notice/.159015
  27. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2018-12-30/hugtto-precure-manga-ends-star-twinkle-precure-manga-begins-in-february/.141395

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hugtto! PreCure
Serial Pretty Cure
2019-2020
Diteruskan oleh:
Healin' Good PreCure