Hugtto! PreCure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hugtto! PreCure
HugguPuri01.jpg
Sampul volume Tankōbon pertama dari adaptasi manga, menunjukkan lima Cures utama. Dari kiri ke kanan: Cure Machérie, Cure Ange, Cure Yell, Cure Amour dan Cure Étoile.
HUGっと!プリキュア
(Hagutto! Purikyua)
Genre Magical girl
Seri anime televisi
Sutradara Junichi Sato
Akifumi Zako
Produser Kazusa Umeda
Fumi Yazaki
Keisuke Naito
Penulis Fumi Tsubota
Penggubah Yuki Hayashi
Studio Toei Animation
Jaringan ANN (ABC, TV Asahi)
Tayang perdana 4 Februari 2018 – sekarang
Episode 39 (Daftar episode)
Manga
Pengarang Izumi Todo
Ilustrator Futago Kamikita
Penerbit Kodansha
Demografi Shōjo
Imprint Wide KC
Majalah Nakayoshi
Tanggal terbit Februari 2018 – sekarang
Film anime
Hugtto! PreCure ♡ Futari wa Pretty Cure: All Stars Memories
Sutradara Hiroshi Miyamoto
Studio Toei Animation
Rilis
  • 27 Oktober 2018 (2018-10-27)
Portal Anime dan Manga

Hugtto! PreCure (HUGっと!プリキュア, Hagutto! Purikyua, artinya "With a Hug! Pretty Cure") adalah serial anime Magical Girl Jepang tahun 2018 yang diproduksi oleh Toei Animation dan seri ke-15 di franchise Serial Pretty Cure, Izumi Todo, dirilis untuk merayakan ulang tahun ke 15.[1] Ini disutradarai oleh Junichi Sato (Sailor Moon, Ojamajo Doremi) dan Akifumi Zako (Fresh Pretty Cure!) dan ditulis oleh Fumi Tsubota (Age 12). Ini dijadwalkan untuk siaran di TV Asahi pada 4 Februari 2018, menggantikan KiraKira☆PreCure À La Mode pada timeslot awalnya.[2] Tema utama seri adalah takdir, pahlawan dan cita-cita.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Hana Nono, seorang gadis 13 tahun yang bercita-cita untuk menjadi kakak perempuan adalah memulai tahun ajaran pertamanya ketika dia buru-buru memotong poni dengan tergesa-gesa. Selama waktunya mencoba untuk pergi ke sekolah, dia bertemu dengan seorang bayi aneh bernama Hug-tan dan peri mirip Hamster bernama Harryham Harry yang muncul dari langit. Tapi di tengah-tengah pertemuan tersebut, Hana belajar dari mereka bahwa mereka dikejar oleh Criasu Corporation, yang menginginkan Mirai Crystal Hug-tan dengan salah satu bawahannya untuk menangkap mereka. Keinginan Hana untuk melindungi Hug-tan membangunkan potensi dirinya saat Mirai Crystal-nya muncul, yang mengubahnya menjadi Pretty Cure of High Spirits, Cure Yell. Bersama Saaya, Homare, Emiru dan Ruru, mereka membentuk tim Hugtto! PreCure dengan harapan dapat melindungi masa depan orang-orang dari Criasu Corporation.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Hana Nono (野乃はな, Nono Hana) / Cure Yell (キュアエール, Kyua Ēru)
Pengisi suara: Rie Hikisaka[3]
Seorang siswi SMP kelas 2 yang baru saja pindah ke semester baru. Hana adalah singkatan dari usianya sampai-sampai dia terlihat seperti anak kecil sehingga bermimpi menjadi sosok kakak perempuan yang bergaya dan dewasa. Meski kikuk, dia selalu menghadapi tantangan. Berkat keinginannya yang kuat untuk melindungi Hug-tan, Hana menjadi Pretty Cure High Spirit, Cure Yell.
Bentuk Cure-nya menggunakan motif cheerleader merah muda.
Sebagai Cure Yell, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bersorak semua orang! PreCure yang energik! Cure Yell!" (みんなを応援!元気のプリキュア!キュアエール!, Minna o Ōen! Genki no Purikyua! Kyua Ēru!).
Saaya Yakushiji (薬師寺さあや, Yakushiji Saaya) / Cure Ange (キュアアンジュ, Kyua Anju)
Pengisi suara: Rina Hon'izumi[3]
Ketua kelas baik dari kelas Hana yang lembut seperti malaikat terhadap siapapun. Ibunya adalah seorang aktor dan Saaya sendiri adalah seorang aktor anak yang terkenal namun sekarang dia tidak tahu harus berbuat apa di masa depan. Karena keinginannya untuk melindungi Cure Yell dan menjadi orang yang lebih kuat, Saaya berubah menjadi Pretty Cure of Wisdom, Cure Ange.
Bentuk Cure-nya menggunakan motif malaikat biru dan perawat.
Sebagai Cure Ange, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Menyembuhkan semua orang! PreCure yang bijak! Cure Ange!" (みんなを癒す!知恵のプリキュア!キュアアンジュ!, Minna o Iyasu! Chie no Purikyua! Kyua Anju!).
Homare Kagayaki (輝木ほまれ, Kagayaki Homare) / Cure Étoile (キュアエトワール, Kyua Etowāru)
Pengisi suara: Yui Ogura[3]
Seorang gadis menawan dan dewasa dari kelas Hana yang menyukai model. Homare baik dalam segala hal; Selanjutnya ia pernah menjadi figure skater. Namun, dia berhenti bermain skating saat dia gagal menyelesaikan lompatan sehingga melihat ke bawah pada olahraga sampai dia bertemu dengan Hana dan Saaya. Ketika pikirannya menyelesaikan lompatan membantunya mengatasi kelemahan tersebut, Homare menjadi Pretty Cure of Strength, Cure Étoile.
Bentuk Cure-nya menggunakan motif pramugari kuning. Dia dikenal sebagai Pretty Cure of strength.
Sebagai Cure Étoile, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bersinar pada semua orang! PreCure yang kuat! Cure Étoile!" (みんな輝け!力のプリキュア!キュアエトワール!, Minna Kagayake! Chikara no Purikyua! Kyua Etowāru!).
Emiru Aisaki (愛崎 えみる, Aisaki Emiru) / Cure Machérie (キュアマシェリ, Kyua Masheri)
Pengisi suara: Nao Tamura[4]
Seorang gadis yang sangat menyukai Hana. Dia mengagumi Cures dan sekali cosplay sebagai satu, itu juga mengungkapkan bahwa dia kadang-kadang adalah pembuat onar. Dia mengakhiri kalimatnya dengan ~nanodesu. Dia kemudian menemukan identitas Cures, dan dia juga berteman dengan Ruru. Dia ingin menjadi PreCure bersama dengan Ruru. Awalnya Ruru menolak, tetapi ketika dia belajar dan mendapatkan perasaan, dia setuju. Meskipun memiliki satu PreHeart tersisa, ia berhasil berubah menjadi Cure Machérie bersama dengan Ruru sebagai Cure Amour. Dia dikenal sebagai Pretty Cure of Love & Singing.
Sebagai Cure Machérie, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Mencintai semua orang! PreCure yang cinta! Cure Machérie!" (みんな大好き!愛のプリキュア!キュアマシェリ!, Min'na Daisuki! Ai no Purikyua! Kyua Masheri!).
Ruru Amour (ルールー・アムール, Rūrū Amūru) / Cure Amour (キュアアムール, Kyua Amūru)
Pengisi suara: Yukari Tamura[5]
Awalnya pekerja paruh waktu di kantor cabang Azababu milik Criasu Corporation yang dibangun oleh Dr. Traum, dia adalah seorang gynoid RUR-9500 yang sangat berbakti kepada Listol saat menggunakan piring terbang sebagai senjata. Ruru menyusup ke rumah Hana sambil mengubah ingatan Sumire untuk memata-matai Cures, kemudian mencuri PreHeart Homare atas perintah Papple untuk mencegah gadis itu membantu timnya. Tapi Ruru mengembalikan barang itu ke Homare setelah perubahan hati, yang mengakibatkan dia dinonaktifkan oleh Papple dan dibawa pergi. Dia diprogram ulang dan ingatannya dihapus. Tapi saat menghadapi Cures, Ruru mendapatkan kembali ingatannya dan berdamai dengan mereka saat berhenti dari Criasu Corporation. Kemudian, setelah bergaul dengan teman-teman barunya, dia menyadari bahwa dia ingin menjadi PreCure bersama dengan Emiru, tetapi hanya ada satu PreHeart yang tersisa. Dia masih berhasil berubah menjadi Cure Amour bersama dengan Emiru sebagai Cure Machérie. Dia dikenal sebagai Pretty Cure of Love & Dance.
Sebagai Cure Amour, dia memperkenalkan dirinya sebagai "Mencintai semua orang! PreCure yang cinta! Cure Amour!" (みんな大好き!愛のプリキュア!キュアアムール!, Min'na Daisuki! Ai no Purikyua! Kyua Amūru!).
Hug-tan (はぐたん, Hagu-tan)
Pengisi suara: Konomi Tada[3]
Seorang bayi misterius yang Mirai Crystal putih, terungkap telah berakhir dalam keadaannya saat ini setelah menggunakan kekuatan kristal untuk melarikan diri dari Criasu Corporation mengambil alih. Menjadi sensitif terhadap energi yang menciptakan besok disebut Tomorrow Powerer, Hugtan dapat menggunakannya memurnikan Oshimaida dengan mengorbankan dirinya sendiri untuk tidur nyenyak. Sementara perlahan-lahan jatuh tempo, Hugtan dikatakan membutuhkan kekuatan dari semua delapan Mirai Crystal untuk sepenuhnya memulihkan dirinya sendiri.
Harryham Harry (ハリルムハリー, Harirumu Harī)
Pengisi suara: Junko Noda (fairy Form) dan Jun Fukushima (human Form)[3][6]
Seekor peri hamster yang menjaga Hug-tan dan membantu menginstruksikan para gadis untuk menjadi Pretty Cure. Dia berbicara dalam dialek Kansai dan dapat berubah menjadi bentuk manusia "tampan" yang memproklamirkan diri. Dia membuka salon yang dikenal sebagai "Beauty Harry" (ビューティーハリー, Byūtī Harī), yang berfungsi sebagai tempat persembunyian Cure. Dia datang dari masa depan dengan Hug-tan. Ketika dihadapkan oleh mantan koleganya, Bishin, dia telah mengubah bentuk monster Harry dengan menghapus kalungnya untuk melawan Cures sampai Cure Étoile membebaskannya dari skema Bishin, bersumpah untuk terus memerangi Criasu dengan Cures.

Criasu Corporation[sunting | sunting sumber]

Criasu Corporation (クライアス社, Kuraiasu Sha) adalah antagonis utama seri ini. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan Mirai Crystal dan memusnahkan Bumi. Mereka datang dari masa depan yang jauh. "Criasu" dapat diterjemahkan sebagai "Dark Tomorrow".

Pemimpin[sunting | sunting sumber]

George Cry (ジョージ・クライ, Jōji Kurai)
Pengisi suara: Junpei Morita[7]
Presiden Criasu Corporation dan antagonis utama dari seri ini. Seorang iblis jahat yang menginginkan Mirai Crystal untuk mengambil masa depan Bumi, dengan asumsi bentuk manusia untuk menyelidiki Pretty Cure di masa kini sebelum mengungkapkan dirinya. Dia ingin membekukan waktu agar kebahagiaan itu bertahan selamanya.
Listol (リストル, Risutoru)
Pengisi suara: Shin-ichiro Miki[8]
Sekretaris Criasu Corporation, dia adalah pria yang ketat mengenakan pakaian biru dan jubah abu-abu gelap.

Kantor Cabang Azababu[sunting | sunting sumber]

Para karyawan ini bekerja untuk Kantor Cabang Azababu (あざばぶ支社, Azababu Shisha). Mereka memiliki kekuatan untuk menarik energi dari orang-orang dengan menggunakan Negative Wave, yang memungkinkan mereka menciptakan Oshimaida (オシマイダー, Oshimaidā) yang bisa ditingkatkan menjadi Mou-Oshimaida (猛オシマイダー, Mōoshimaidā).

Daigan (ダイガン, Daigan)
Pengisi suara: Masanori Machida[9]
Seorang pria berkacamata berkepala dingin yang merupakan kepala kantor cabang Azababu milik Criasu Corporation, dikalahkan oleh Dr. Traum sebelum dia bisa menyerang Cures tetapi diturunkan untuk dimurnikan.
Papple (パップル, Pappuru)
Pengisi suara: Sayaka Ohara[10]
Kepala seksi kantor cabang Azababu Criasu Corporation, dia adalah wanita cantik dan menawan yang mengenakan jaket berbulu dan memegang kipas angin. Ketika dia menyadari bahwa George dengan Gelos, dia jatuh ke dalam keputusasaan dan menyerap energi untuk berubah menjadi Oshimaida untuk menghadapi Cures untuk terakhir kalinya sebelum dimurnikan. Dia sekarang telah membuka agensi bakatnya sendiri dengan Charalit.
Charalit (チャラリート, Chararīto)
Pengisi suara: Fukushi Ochiai[11]
Kepala panitera kantor cabang Azababu milik Criasu Corporation, dia adalah pemuda yang suka memakai kaos tanpa lengan. Mengingat kesempatan terakhir untuk membuktikan dirinya, dia dengan paksa berubah menjadi Oshimaida dan menghadapi Cures sebelum mereka mengalahkannya. Setelah pemurniannya, Charalit meninggalkan Criasu dan menjadi selebritas internet.
Gelos (ジェロス, Jerosu)
Pengisi suara: Yūko Kaida[12]
Eksekutif kemudian dipromosikan menjadi manajer umum kantor cabang Azababu milik Criasu Corporation, seorang wanita yang menyenangkan dalam gaun merah dan hitam dengan jas kuning yang kadang-kadang berbicara bahasa Inggris. Dia juga bisa mengubah penampilan dengan kepribadian yang kasar dan rambutnya menjadi runcing.
Dr. Traum (ドクター・トラウム, Dokutā Toraumu)
Pengisi suara: Takaya Hashi[13]
Konselor kantor cabang Azababu Criasu Corporation, seorang pria tua yang memiliki kemampuan untuk memberdayakan Oshimaida ke Mou-Oshimaida dan mengembangkan penemuan melawan Cures. Dia mendesain mecha yang dapat menghentikan dan membalikkan waktu dengan membekukan waktu di Bumi. Dia mengubah dirinya menjadi Oshimaida untuk menghadapi Pretty Cure All Stars tetapi dia dikalahkan oleh Hugtto! Cures.
Bishin (ビシン, Bishin)
Pengisi suara: Satomi Arai[14]
Karyawan muda yang netral dari kantor cabang Azababu Criasu Corporation yang bekerja sebagai spesialis pelanggan. Meskipun ia ditahan di penjara rahasia untuk waktu yang lama di Criasu karena kekuatannya yang berbahaya, Listol membebaskannya untuk mengalahkan Pretty Cure, Bishin menganggap mereka sebagai hambatan dalam memenangkan kembali Harry. Dia juga memiliki persaingan dengan Cure Étoile karena gadis itu melindungi Harry dari bocah itu dari membawa mantan koleganya kembali ke Criasu.
Jinjin (ジンジン, Jinjin) dan Takumi (タクミ, Takumi)
Pengisi suara: Yoshio Kojima dan Louis Yamada LIII[15]
Pengawal pribadi Gelos yang mencuri alat pembekuan waktu majikannya, yang secara tidak sengaja menyatukan mereka ke dalam Oshimaida yang dikalahkan Cures. Setelah dimurnikan, Jinjin bekerja sebagai kaldu makanan dan Takumi bekerja sebagai pekerja konstruksi.
Oshimaida (オシマイダー, Oshimaidā)
Pengisi suara: Ūronta Yoshida
Monster yang diciptakan oleh karyawan Criasu Corporation saat mereka mengumpulkan energi negatif dari orang-orang di sekitarnya. Nama mereka berarti "itu adalah akhir".

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Shintarou Nono (野乃森太郎, Nono Shintarou)
Pengisi suara: Yasuhiro Mamiya
Ayah Hana, manajer toko Hugman Home Center.
Sumire Nono (野乃すみれ, Nono Sumire)
Pengisi suara: Natsuko Kuwatani
Ibu Hana.
Kotori Nono (野乃ことり, Nono Kotori)
Pengisi suara: Amina Satō
Adik perempuan Hana, yang memiliki kebiasaan menggoda kakaknya karena sikapnya yang ceria dan kekanak-kanakan.
Shuji Yakushiji (薬師寺 修司, Yakushiji Shūji)
Pengisi suara: Hiroki Tasaka
Ayah Saaya.
Reira Yakushiji (薬師寺 れいら, Yakushiji Reira)
Pengisi suara: Maya Okamoto
Ibu Saaya yang merupakan aktris terkenal.
Junna Tokura (十倉じゅんな, Tokura Junna)
Pengisi suara: Maria Naganawa
Teman sekelas Hana dan Saaya.
Aki Momoi (百井あき, Momoi Aki)
Pengisi suara: Afumi Hashi
Teman sekelas Hana dan Saaya.
Hinase Amano (阿万野ひなせ, Amano Hinase)
Pengisi suara: Katsumi Fukuhara
Teman sekelas Hana dan Saaya. Seseorang yang pemimpin klub band.
Fumito Chise (千瀬ふみと, Chise Fumito)
Pengisi suara: Yoshitaka Yamaya
Teman sekelas Hana dan Saaya.
Uchifuji (内富士, Uchifuji)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa
Guru wali kelas Hana dan Saaya.
Umehashi (梅橋, Umehashi)
Pengisi suara: Masashi Tamaki
Guru P.E. Seorang yang pernah melatih Homare saat bergabung dengan skating.
Ranze Ichijou (一条 蘭世, Ichijō Ranze)
Pengisi suara: Aya Suzaki
Seorang gadis yang merupakan aktor dan saingan Saaya.
Henri Wakamiya (若宮 アンリ, Wakamiya Anri)
Pengisi suara: Toshiyuki Someya
Teman masa kecil Homare dan skater dari Rusia dan setengah Perancis.
Mogumogu (もぐもぐ, Mogumogu)
Pengisi suara: Natsumi Kawaida
Anjing angkat Homare, yang dia temukan ketika dia menyelamatkannya dari tertabrak truk.
Rita Yoshimi (吉見 リタ, Yoshimi Rita)
Pengisi suara: Kintalo
Seorang perancang busana jenius.
Haidon Aisaki (愛崎 俳呑, Aisaki Haidon)
Pengisi suara: Toru Nomaguchi
Ayah Emiru.
Miyako Aisaki (愛崎 都, Aisaki Miyako)
Pengisi suara: Nobue Iketani
Ibu Emiru.
Masato Aisaki (愛崎 正人, Aisaki Masato)
Pengisi suara: Yukari Shimotsuki
Kakak Emiru.

Karakter khusus di film[sunting | sunting sumber]

Miden (ミデン, Miden)
Pengisi suara: Mamoru Miyano
Antagonis utama dalam film ini.

Item[sunting | sunting sumber]

PreHeart[sunting | sunting sumber]

PreHeart (プリハート, Purihāto) adalah perangkat transformasi Untuk menggunakannya untuk mengubah, gadis-gadis itu membutuhkan transformasi Mirai Crystal masing-masing dan perlu meneriakkan ungkapan itu, Heart Kiratto! (ハートキラっと!, Hāto Kiratto!).

Mirai Crystals[sunting | sunting sumber]

Mirai Crystals (ミライクリスタル, Mirai Kuristaru) adalah koleksi musim ini dan juga berfungsi sebagai pernak-pernik transformasi. Mereka berisi Tomorrow Powerer dan merupakan bentuk fisik dari kekuatan tersebut.

Melody Sword[sunting | sunting sumber]

Melody Sword (メロディソード, Merodi Sōdo) adalah senjata Cure Yell, Ange dan Étoile di episode 11. Setiap pedang memiliki nama yang berbeda untuk setiap Cure, yaitu Yell Baton untuk Cure Yell dan sebagian besar digunakan oleh tiga Cures untuk memurnikan musuh.

Mirai Pad[sunting | sunting sumber]

Mirai Pad (ミライパッド, Mirai Paddo) adalah perangkat mirip tablet yang digunakan para gadis untuk berbagai hal seperti mencari informasi atau menggunakannya seperti peta. Dengan menggunakan Mirai Crystals khusus, padnya dapat mengubah gadis-gadis menjadi pakaian yang sesuai untuk berbagai pekerjaan. Untuk beralih ke pakaian baru, Mirai Crystals diatur ke dalam Mirai Pad, dan mereka mengatakan "Mirai Pad Open!", lalu "Job switch on!". Di episode 31, ia mendapatkan kemampuan untuk berubah menjadi "Memorial Cure Clock", yang memungkinkan Cures untuk berubah ke dalam bentuk Cheerful Style mereka dan menggunakan "Cheerful Attack".

Twin Love Guitar[sunting | sunting sumber]

Twin Love Guitar (ツインラブギター, Tsuin Rabu Gitā) adalah senjata Cure Machérie dan Cure Amour di episode 22 dan sebagian besar digunakan oleh mereka untuk memurnikan musuh dengan dua Mirai Crystal untuk melakukan serangan individu mereka Machérie Poppin' dan Amour Rock n' Roll dan grup mereka menyerang "Twin Love Rock Beat".

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial ini pertama kali diungkap melalui sebuah merek dagang yang diposkan pada bulan September 2017.[16] Serial ini diumumkan secara resmi pada tanggal 28 November 2017[17] dan akan mulai ditayangkan di saluran All-Nippon News Network di Jepang mulai tanggal 4 Februari 2018, menggantikan KiraKira☆PreCure À La Mode di timeslot-nya.[18] Lagu pembuka berjudul "We can!! Hugtto! Precure" (We can!! HUGっと! プリキュア, Uii kyan!! Hagutto! Purikyua) oleh Kanako Miyamoto. Lagu penutup pertama berjudul "Hugtto! Future✩Dreamer" (HUGっと! 未来☆ドリーマー, Hagutto! Mirai✩Dorīma) dinyanyikan oleh Rie Hikisaka, Rina Hon'izumi, dan Yui Ogura, sedangkan lagu penutup kedua berjudul "Hugtto! YELL FOR YOU" (HUGっと! YELL FOR YOU, Hagutto! Ēru fō Yū) dinyanyikan oleh Rie Hikisaka, Rina Hon'izumi, Yui Ogura, Nao Tamura, dan Yukari Tamura. Latar belakang musik dalam seri ini disusun oleh Yuki Hayashi, yang sebelumnya menggubah musik untuk KiraKira☆PreCure À La Mode. Soundtrack resmi untuk seri ini akan dirilis pada 25 April 2018 dengan judul PreCure Sound For You!!.

Film[sunting | sunting sumber]

Karakter dari serial ini akan muncul di samping karakter dari KiraKira☆PreCure À La Mode dan Mahou Tsukai PreCure! dalam film Crossover, Pretty Cure Super Stars!, yang akan dirilis di Jepang pada 17 Maret 2018. Selain itu, sebuah film untuk menghormati HUT lima belas tahun waralaba, berjudul Hugtto! PreCure ♡ Futari wa Pretty Cure: All Stars Memories dijadwalkan akan dirilis pada 27 Oktober 2018. Film ini akan menampilkan karakter dari Hugtto! PreCure bekerja sama dengan Pretty Cures asli dari Futari wa Pretty Cure, yang muncul di episode 21, 22, 36, dan 37.[19]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Futago Kamikita akan memulai serialisasi di majalah Kodansha Nakayoshi dari tanggal 2 Februari 2018.[20]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "『HUGっと!プリキュア』キャストが決定、プリキュアは引坂理絵さん、本泉莉奈さん、小倉唯さん". Animate. 6 Januari 2018. Diakses tanggal 8 Januari 2018. 
  2. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2017-12-26/hugtto-precure-reveals-characters-visuals-february-4-premiere/.125776
  3. ^ a b c d e Loo, Egan (5 Januari 2018). "Hugtto! Precure Anime Reveals Main Cast, Staff, Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Juni 2018. 
  4. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  5. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  6. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  7. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  8. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  9. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  10. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  11. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  12. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  13. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  14. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  15. ^ "HUGっと!プリキュア-東映アニメーション". toei-anim.co.jp. Diakses tanggal 22 Juli 2018. 
  16. ^ Pineda, Rafael (17 Oktober 2017). "'Hugtto! Precure' Trademark Filed". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 
  17. ^ Ressler, Karen (28 November 2017). "Toei Confirms Hugtto! Precure TV Anime for 2018". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 
  18. ^ Ressler, Karen (26 Desember 2017). "Hugtto! Precure Reveals Characters, Visuals, February 4 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 
  19. ^ Ressler, Karen (16 Maret 2018). "Hugtto! Precure, Futari wa Precure Crossover Film Announced". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 
  20. ^ Mateo, Alex (29 Desember 2017). "Hugtto! Precure Manga Launches on February 2". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
KiraKira☆PreCure À La Mode
Serial Pretty Cure
2018-2019
Diteruskan oleh:
Star☆Twinkle PreCure