Pretty Cure Miracle Universe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pretty Cure Miracle Universe
Poster resmi
Nama lain
Jepang映画 プリキュアミラクルユニバース
HepburnEiga Purikyua Mirakuru Yunibāsu
SutradaraYukio Kaizawa
SkenarioIsao Murayama
Berdasarkan
Pretty Cure
oleh Izumi Todo
Pemeran
Penata musikYuki Hayashi
Asami Tachibana
Perusahaan
produksi
DistributorToei Company
Tanggal rilis
  • 16 Maret 2019 (2019-03-16)
Durasi71 minutes
NegaraJepang Jepang
BahasaBahasa Jepang

Pretty Cure Miracle Universe (映画 プリキュアミラクルユニバース, Eiga Purikyua Mirakuru Yunibāsu) adalah film animasi Jepang tahun 2019 yang diproduksi oleh Toei Animation dan distribusikan oleh Toei. Ini adalah film ke-26 dalam franchise Pretty Cure, awalnya dibuat oleh Toei Company Limited dengan nama samaran Izumi Todo. Hal ini dijadwalkan akan dirilis pada Bioskop Jepang pada 16 Maret 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sementara Hikaru mengamati sebuah bintang, alam semesta tiba-tiba rusak dan menemukan planet yang tidak diketahui tempat Miracle Light dibuat. Cahaya akan segera menghilang, sama seperti bintang-bintang mulai dikelilingi oleh kegelapan, tetapi Pretty Cure mengintervensi untuk mencegahnya sebelum terlambat.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan tim Star Twinkle melihat bintang, dengan Hikaru dan Elena menatap teleskop. Mengagumi betapa indahnya bintang-bintang itu, keempat gadis itu berbicara tentang seberapa jauh bintang-bintang itu, sangat kecewa Hikaru bahwa ia ingin pergi dan melihat seperti apa rasanya "di sisi lain". Ryotarou, yang duduk di meja di sebelah para gadis, pergi untuk membuat teh herbal. Hikaru memperhatikan bahwa sekelompok bintang tiba-tiba bersinar terang.

Kemudian memotong adegan ke pabrik Miracle Light, di mana makhluk seperti burung menempatkan tetes cairan pada Miracle Light. Di sinilah kita pertama kali melihat Piton, karakter utama film saja. Dia berseru bahwa dia telah memiliki cukup pelatihan dan ingin menjadi pembuat Miracle Light yang luar biasa. Sambil menjatuhkan cairan pada satu Miracle Light, tiba-tiba menghasilkan awan gelap yang memancarkan petir buluh. Peri burung lainnya juga memiliki masalah yang sama, dan awan gelap menyelimuti Miracle Light yang mereka produksi, membuat mereka menghilang. Awan gelap mengirim pekerja pabrik menjadi panik. Piton didorong ke dinding yang berisi semua Miracle Light sebelumnya oleh awan gelap. Presiden terkejut melihat ini, dan Yango menuduh Piton menyebabkan kekacauan ini. Awan gelap menyelimuti Piton serta Miracle Light sebelumnya, membuat mereka menghilang. Piton, melihat kekacauan itu, meraih Miracle Light yang ia kenakan sebagai kalung dan meletakkannya di paruhnya, menutup helmnya untuk melindunginya. Awan gelap menyelimuti para pekerja pabrik lainnya, dan itu membentuk makhluk seperti hantu, menakuti Piton, yang memanggil Cures. Awan gelap juga meledak keluar dari pabrik.

Bintang-bintang dalam penglihatan Hikaru bersinar lebih terang. Dia mengatakan kepada gadis-gadis lain bahwa dia menemukan bintang yang menakjubkan. Sebuah portal terbuka di atas kepala mereka dan mereka jatuh di samping Prunce dan Fuwa. Mereka diangkut ke alam semesta lain. Madoka bertanya apakah ruang tidak memiliki oksigen, menyebabkan Elena sedikit ketakutan. Setelah menghabiskan mereka bisa bernafas dengan baik, mereka menyadari bahwa mereka jatuh ke salah satu planet. Pada saat ini, Piton terbang keluar dari planet pabrik menggunakan roket. Hikaru meminta bantuan, tetapi mereka segera menyadari bahwa itu adalah roket kecil dan sedang menuju ke arah mereka. Mereka bertabrakan, mengakibatkan Hikaru berpegangan pada dasar roket, dengan Lala memegang ke Hikaru, Elena memegang ke Lala dan Madoka memegang ke Elena. Miracle Light Piton bersinar lebih terang, memanggil tim Hugtto, yang juga membentuk rantai manusia. Segera setelah itu, tim Kira Kira bergabung, menyebabkan roket Piton menjadi terlalu panas karena penambahan berat. Gadis-gadis berseru bahwa Piton adalah cewek imut, dengan Piton menyangkal bahwa dia bukan cewek. Setelah Hikaru memperkenalkan dirinya, awan gelap menangkap mereka, menyerang semua Pretty Cure yang tidak ditransformasi. Melihat ini, tim Hugtto dan tim Kira Kira bertransformasi untuk melawan awan, mengangkat perisai melawannya. Piton terkejut melihat Precure, tetapi Hikaru memberitahunya bahwa masih ada lagi yang akan terjadi, ketika tim Star Twinkle bertransformasi. Mereka melanjutkan untuk melawan awan, menciptakan kembali pemandangan yang terbuat dari kaca berwarna di dalam pabrik. Piton kagum pada bagaimana Miracle Light-nya disebut Pretty Cure, menyebabkan semua maskot kagum karenanya. Piton mengungkapkan bahwa pabrik adalah tempat Miracle Light dibuat, dan Pretty Cure kagum. Namun, perisai yang dimiliki kedua tim mulai pecah. Melihat ini, Chourou menyuruh Piton memanggil lebih banyak Pretty Cure untuk membantu mereka. Mereka berhasil memanggil tim-tim sebelumnya, tetapi tidak sepenuhnya, karena mereka masih berlari dari portal mereka. Tim Star Twinkle ingin membantu, menciptakan serangan kelompok baru, Star Twinkle PreCure, dengan memasukkan Star Color Pen mereka ke dalam liontin dan menggambar beberapa bintang yang melesat ke arah perisai. Namun, serangan itu tidak terlalu berhasil, karena mereka harus menyatukan hati mereka sebagai satu dan tidak hanya menerapkan kekerasan. Awan gelap memotong perisai, mengembalikan semua Cures ke bentuk sipil mereka dan menutup portal ke semua dunia tim sebelumnya. Dalam prosesnya, Piton kehilangan pegangan dari Miracle Light, yang kehilangan sinarnya. Piton kemudian menganggap tiga tim Pretty Cure, serta Miracle Light-nya, tidak berguna.

Kemudian mendapatkan kilas balik dari Piton yang menunjukkan kepada Presiden Miracle Light-nya di lehernya. Piton mengklaim itu sempurna, tetapi setelah mematuknya dengan punggungnya, Presiden mengatakan itu masih jauh dari sempurna. Presiden juga mengklaim bahwa Miracle Light seperti Piton tidak akan dapat bersinar menuju Pretty Cure yang legendaris. Dia menceritakan legenda Pretty Cure: Ketika dunia diselimuti kegelapan, Pretty Cure akan tiba berdampingan dengan harapan dan cahaya dari Miracle Light.

Kembali ke masa kini, Piton mengklaim bahwa legenda Pretty Cure adalah sebuah kebohongan, membuang Miracle Light-nya. Awan gelap, seperti cairan, mulai menuangkan planet lain di Miracle. Presiden, mengamati ini melalui bola kristal, memerintahkan pasukan seperti polisi untuk menangkap Piton dan tiga tim Pretty Cure.

Hikaru, Hana, Saaya dan Homare berakhir di sebuah planet yang penuh awan. Hikaru, pertemuan pertama Hana, menyalahkan kekalahan Pretty Cure pada dirinya sendiri. Hana membantahnya, membuat pom-pom keluar dari awan dan bersorak untuk Hikaru. Fuwa dan Prunce muncul, dengan Fuwa terbang langsung ke pelukan Hikaru. Saaya dan Homare juga muncul, dengan Hikaru berpikir ke mana yang lain pergi. Hana khawatir tentang yang lain, terutama Hugtan.

Di planet panas terik lainnya, Emiru mengipasi gaunnya karena panas, mencoba mendinginkan dirinya. Melihat Elena dan Madoka di latar belakang, serta Yukari dan Akira, semua duduk karena suhu yang ekstrem. Emiru berbalik, dan ternyata Ruru dan Harry juga mendarat di planet yang sama. Namun, Ruru tidak berkeringat sama sekali. Ternyata, sistem pendingin di tubuh android-nya berfungsi. Emiru melompat ke Ruru, segera mendingin, dengan Yukari dan Akira segera menyusul. Harry juga mencoba untuk melompat, tetapi Ruru menendang satu kaki ke wajahnya, tidak membiarkan dia memeluknya karena dia adalah android wanita. Elena dan Madoka kagum pada Ruru menjadi android, tetapi tidak menyangkal undangannya untuk memeluknya juga. Adegan berakhir dengan Ruru tidak dapat menganalisis kegelapan yang menyelimuti planet-planet.

Melihat salah satu planet yang diselimuti kegelapan sebagian. Planet ini penuh dengan warga burung yang mirip dengan Piton, yang panik karena roketnya yang terlalu panas. Ichika, Himari dan Aoi menghibur warga yang ketakutan dengan berbicara dengan mereka. Lala muncul di sisi Piton, kagum pada bagaimana ketiga gadis itu melakukan yang terbaik untuk menghibur orang lain sementara mereka sendiri berada dalam krisis besar. Ciel, bersama Hugtan, Chourou dan Pekorin, muncul memegang sekeranjang besar buah-buahan. Ichika, sebagai Ichika, memutuskan untuk membuat permen untuk menghibur burung-burung. Mereka akhirnya membuat Es Krim Buah berbentuk seperti burung. Salah satu warga berjalan mendekat, dan Ichika menyambutnya dengan memberinya salah satu permen. Burung itu dengan senang menikmatinya, menyebabkan warga lain keluar dari rumah mereka dan bergabung dengan kesenangan itu. Lala menyerahkan satu kepada Piton, yang menikmatinya juga, menyebabkan Miracle Light-nya bersinar. Hikaru mengatakan bahwa cahaya dari cahaya itu hangat. Piton juga mengatakan bahwa hatinya terasa hangat, dengan Chourou muncul untuk mengatakan bahwa itu karena pengabdian Lala pada yang manis.

Tiba-tiba, pasukan polisi ruang angkasa Presiden tiba, dan Cures mengetahui bahwa mereka sekarang dicari sebagai tersangka atas kejahatan yang membuat bumi semakin gelap. Polisi luar angkasa menangkap Ichika, Himari, Lala, Aoi dan Ciel, serta Chourou, Pekorin, dan Hugtan. Piton melarikan diri menggunakan roketnya, melayang di atas planet yang terik. Polisi antariksa juga telah tiba di sana juga, melemparkan jaring di sekitar tiga pasang Cures. Transformasi, mereka mencoba mencari jalan keluar, hanya untuk terjebak dalam jaring sebagai pasangan. Awan gelap mencoba menyelimuti mereka, tetapi setelah mengajar Soleil dan Selene untuk menyatukan hati mereka sebagai satu, mereka melarikan diri.

Sementara itu, di planet awan, Cahaya Keajaiban di tangan Hikaru menyala. Kegelapan mulai menyebar ke arah Cures, tetapi seruan Piton untuk Pretty Cure membuat Miracle Light-nya bersinar begitu terang sehingga menghentikan kegelapan dari bergerak. Namun, itu juga memanggil portal menuju planet cloud ke Piton, yang melarikan diri dari polisi ruang angkasa. Secara tidak sengaja, dia membawa Yango bersamanya. Cures merasa lega bahwa Piton aman, dan mereka mengetahui bahwa Miracle Light menghentikan kegelapan dari merangkum mereka. Setelah Hikaru membuat rencana, mereka berusaha melarikan diri dari kegelapan dengan membiarkan cahaya Piton membersihkan kegelapan. Fuwa dan Prunce memberi tahu hadirin agar bersorak untuk mereka, dan mereka akhirnya berhasil. Piton menyadari bahwa dia harus menyelesaikan Miracle Light-nya, dan karenanya mereka kembali ke planet pabrik dengan memegang roketnya. Mereka tiba di pangkalan pabrik, di mana sisa Cures berada.

Namun, mereka segera menyadari bahwa mereka terjebak dalam sangkar. Piton memohon presiden untuk mengeluarkannya, mengatakan bahwa dia perlu menyelesaikan cahaya sesegera mungkin. Presiden menjawab bahwa tidak mungkin untuk menyampaikan perasaan Piton terhadap Cures, karena mereka adalah satu-satunya alam semesta yang membuat Miracle Light. Meski begitu, dia melanjutkan, Piton masih memiliki Miracle Light-nya, yang merupakan satu-satunya harapan mereka yang tersisa. Presiden memberi tahu Piton untuk meminjamkan kekuatannya kepadanya. Yango tidak setuju dan mengeluarkan cairan untuk menambahkan sentuhan akhir. Piton mematuhi dan menambahkan setetes cairan ke cahayanya.

Lampu bersinar terang tetapi segera memancarkan kilat merah. Yango tiba-tiba berbicara kepada Piton, mengungkapkan bahwa itu semua adalah perbuatannya, dan dia telah menciptakan kegelapan. Dia juga berseru betapa anehnya kekuatan Cahaya Keajaibannya yang belum selesai, dan menunjukkan bentuk aslinya - dia tidak memiliki tubuh, melainkan hanya inti dan kegelapan. Melebur ke dalam kegelapan di sekitarnya, Yango memahkotai dirinya sebagai Raja baru alam semesta, mengatakan bahwa Planet Miracle sekarang akan jatuh ke dalam kegelapan. Dia merangkum kekuatan luar angkasa dan presiden, tetapi Cures masih terjebak di dalam kandang. Mereka mendengar teriakan dan menyadari itu adalah Harry, yang telah mencuri salah satu sepeda motor terbang milik polisi. Harry menabrak kandang, membebaskan Yell dan yang lainnya.

Tim Kira Kira dan Hugtto melanjutkan untuk melawan kegelapan, meninggalkan tim Star Twinkle untuk menemani Piton ke puncak menara. Satu demi satu, Star Twinkle Cures jatuh dari sepeda motor, melawan kegelapan di bawah mereka. Akhirnya, hanya Star dan Piton yang tersisa di sepeda motor. Melihat ikatan di antara mereka, Yango membuat dua tangan keluar dari kegelapan untuk menghancurkan mereka, tetapi Star menahannya, meninggalkan Piton untuk memanjat menara sendiri. Yango mendorongnya menggunakan suara dan angin, tetapi Presiden datang tepat waktu untuk menyelamatkannya dan menjatuhkannya ke puncak. Tim Kira Kira dan Hugtto membentuk penghalang di sekitar kegelapan untuk menghindarinya mencapai Piton. Tim Star Twinkle menggunakan serangan solo masing-masing untuk lebih memperkuatnya.

Cemburu pada sorak-sorai, Yango memanipulasi warga planet dengan kegelapan, menciptakan cahaya gelap dan membuat mereka bersorak untuknya. Ini menambah kekuatannya, memecahkan penghalang dan mengembalikan Cures ke bentuk sipil mereka. Dia juga menumbuhkan tentakel seperti ular, dan itu bahkan menyebar ke dunia Pretty Cure lainnya, karena orang-orang mereka juga menatap melantunkan mantra untuk Yango. Tiga tim Cures sekarang perlahan terkubur dalam kegelapan.

Presiden ditunjukkan untuk berjalan ke atas, mengatakan bahwa Piton meninggalkannya. Dia menemukan burung di ruang pabrik bersama banyak botol cairan untuk sentuhan akhir. Piton menyalahkan semua yang terjadi pada dirinya sendiri, mengatakan bahwa itu semua karena dia tidak bekerja keras. Presiden menghiburnya, tetapi dia mengatakan bahwa mereka telah mencoba yang terbaik. Hikaru, perlahan-lahan dimakamkan, memberi tahu Piton bahwa itu bukan kesalahannya, tetapi itu tidak bisa lagi disampaikan kepadanya, karena cahaya yang tersisa dari Miracle Light telah menghilang.

Piton mengenang ingatannya dengan Pretty Cure, mengatakan bahwa dia ingin menghibur mereka dengan cahaya yang semakin banyak. Dia menangis, air mata membanjiri matanya. Presiden mengambil air mata dari matanya dan mematuknya dan menyadari masih ada harapan yang tersisa. Dia memberi tahu Piton bahwa air matanya mungkin bisa menghidupkan kembali cahaya. Piton terhubung dengan perasaan Hikaru ingin menyelamatkan alam semesta saat air matanya jatuh pada Miracle Light. Air mata membuat cahaya bercahaya cerah, menambahkan sentuhan akhir untuknya.

Miracle Light melelehkan kegelapan di Pretty Cure, membuat mereka bisa bergerak dan berbicara lagi. Itu juga membalikkan pencucian otak warga, yang menyebabkan lampu-lampu gelap menghilang. Maskot memberitahu penonton untuk melambaikan Miracle Light dan bersorak untuk Cures. Pada saat yang sama, warga dalam film juga melakukannya. Hikaru merasakan hubungan antara penonton dan perasaan mereka, berterima kasih kepada mereka.

Ceria dimulai, dengan Pretty Cure mentransformasikannya dalam urutan singkat. Pretty Cure dari musim sebelumnya juga ditampilkan di sini sambil melambaikan Miracle Light. Setelah bertransformasi, Cures berdiri dalam posisi piramida: Star di atas, Milky, Soleil dan Selene di baris kedua, tim Hugtto di posisi ketiga dan tim Kira Kira di posisi keempat. Hikaru menyatakan bahwa perasaan sejati semua orang lebih kuat daripada yang dimanipulasi. Yango kemudian mencoba untuk mengurangi cahaya Miracle Light Piton tetapi gagal ketika Pretty Cure menghentikannya tepat waktu.

Prunce memberitahu penonton untuk mulai menggambar bintang dengan lampu mereka untuk menerangi alam semesta. Mendapatkan dalam formasi piramida, Cures menerima kekuatan dari penonton, membentuk gaun panjang yang panjang pada Star dan juga sayap. Dengan ucapan terima kasih terakhir dari Star, mereka meluncurkan serangan baru mereka: Pretty Cure Miracle Universe Twinkle. Cures sebelumnya ditampilkan di sini berteriak untuk ketiga tim saat mereka meledakkan cahaya menuju Yango. Mereka menyucikannya, dan kegelapan menghilang.

Pretty Cure berdiri di bawah lukisan kaca patri mereka sendiri, bersama Presiden dan Piton. Piton mengaku bahwa dia pikir mereka hanya Pretty Cure palsu, tetapi dia salah. Star menariknya ke pelukan, mengucapkan terima kasih padanya. Piton mengatakan semua perasaan mereka yang mencapai dia untuk membuat ini mungkin.

Sulih suara dari Presiden memberi tahu hadirin bahwa legenda baru Miracle Light telah dibuat, dan kita melihat Piton berpakaian formal, menempatkan Miracle Star Light di dinding Miracle Light yang bersejarah. Semua Pretty Cures juga mendapatkan jubah pink muda. Presiden mengumumkan bahwa Piton sekarang secara resmi pembuat Miracle Light yang luar biasa. Dia juga memberitahu warga untuk melambaikan Miracle Light mereka untuk berterima kasih pada Pretty Cure. Dia memulai nyanyian, menyuruh hadirin agar selalu ada untuk Pretty Cure. Piton, warga dan Yango mengikuti. Gelombang Pretty Cure ketika warga burung bersorak untuk mereka sekali lagi. Planet Miracle dikembalikan ke keadaan semula, dengan cahaya di planet pabrik bersinar terang.

Sekelompok bintang di teleskop ditunjukkan, dengan Hikaru menatap ke teleskop, mengatakan itu mungkin Keajaiban. Hana dan Ichika juga memberitahu Hikaru untuk membiarkan mereka melihatnya. Tiga tim Cures sekarang melihat bintang bersama. Ryoutarou kembali dengan teh, dan bertanya-tanya kapan kedua tim lainnya datang. Dia mengangkat bahu, mengatakan bahwa baik memiliki lebih banyak orang. Film berakhir dengan tiga tim bintang Pretty Cure bersama-sama.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Star☆Twinkle![sunting | sunting sumber]

  • Hikaru Hoshina / Cure Star
Pengisi Suara: Eimi Naruse
  • Lala Hagoromo / Cure Milky
Pengisi Suara: Konomi Kohara
  • Elena Amamiya / Cure Soleil
Pengisi Suara: Kiyono Yasuno
  • Madoka Kaguya / Cure Selene
Pengisi Suara: Mikako Komatsu
  • Fuwa
Pengisi Suara: Hina Kino
  • Prunce
Pengisi Suara: Hiroyuki Yoshino

Karakter HUGtto![sunting | sunting sumber]

  • Hana Nono / Cure Yell
Pengisi Suara: Rie Hikisaka
  • Saaya Yakushiji / Cure Ange
Pengisi Suara: Rina Honnizumi
  • Homare Kagayaki / Cure Étoile
Pengisi Suara: Yui Ogura
  • Emiru Aisaki / Cure Machérie
Pengisi Suara: Nao Tamura
  • Ruru Amour / Cure Amour
Pengisi Suara: Yukari Tamura
  • Hugtan
Pengisi Suara: Konomi Tada
  • Harriham Harry
Pengisi Suara: Junko Noda (Bentuk Peri)
Jun Fukushima (Bentuk Manusia)

Karakter KiraKira☆ À La Mode[sunting | sunting sumber]

  • Ichika Usami / Cure Whip
Pengisi Suara: Karen Miyama
  • Himari Arisugawa / Cure Custard
Pengisi Suara: Haruka Fukuhara
  • Aoi Tategami / Cure Gelato
Pengisi Suara: Tomo Muranaka
  • Yukari Kotozume / Cure Macaron
Pengisi Suara: Saki Fujita
  • Akira Kenjō / Cure Chocolat
Pengisi Suara: Nanako Mori
  • Kirarin / Ciel Kirahoshi / Cure Parfait
Pengisi Suara: Inori Minase
  • Pekorin
Pengisi Suara: Mika Kanai
  • Chourou
Pengisi Suara: Yu Mizushima

Karakter Miracle Universe[sunting | sunting sumber]

  • Presiden (大統領, Daitōryō)
Pengisi suara: Yūji Tanaka (Bakushō Mondai)
Presiden Planet Miracle.
  • Yango (ヤンゴ, Yango)
Pengisi suara: Yūki Kaji[1]
Pabrik Miracle Light memiliki pembantu planet dan penjaga ruang angkasa Miracle.
  • Piton (ピトン, Piton)
Pengisi suara: Etsuko Kozakura
Dia adalah murid yang membuat Miracle Light.
  • Anggota Space Guard (宇宙警備隊隊員, Uchū Keibitai Taiin)
Pengisi suara: Gorgeous, Misoo Nō
  • Space Great Demon King (宇宙大魔王, Uchū dai Maō)
Pengisi suara: Yūki Kaji
Master insiden dalam karya ini, juga tokoh asli dari nama Yango. Ini ditandai dengan mata merah berkilau pada raksasa hitam legam seperti gagak. Orang pertama adalah "Ore".
Bertatap muka bertindak sebagai "Yango" yang bertindak sebagai anggota Penjaga Luar Angkasa dan berfungsi sebagai ajudan untuk melayani presiden planet Miracle, dan planet Miracle dalam rangka memenuhi ambisi untuk "menjadi sisi yang bersorak dari sisi yang bersorak" yang selalu dia miliki Dalam kegelapan.
Dari awal cerita hingga tengah cerita, di bawah komando presiden planet Miracle, dia dituduh mengambil Piton dan mendakwa dicurigai digeram sebagai sebuah PreCure, dan dia berhasil menangkap PreCure tidak termasuk beberapa oleh penjaga ruang angkasa lainnya.
Di akhir cerita, ia mulai bertindak sebagai Raja Iblis Agung Semesta, mengambil orang-orang dari seluruh alam semesta dalam kegelapan, menempatkan mereka di bawah kendali, dan memberi mereka "Cahaya Gelap", yang mencelupkan Cahaya Keajaiban ke dalam kegelapan, untuk mendukung mereka memaksa untuk patuh. Namun, situasinya terbalik oleh perjuangan Piton yang menyelesaikan Miracle Light, dan dia dikuasai oleh bintang penyembuhan yang mendapatkan kekuatan dengan dukungan Miracle Light oleh orang-orang di alam semesta termasuk Pretty Cure All Stars, dan akhirnya Pretty Cures Ini dikembalikan ke bentuk Yango sebagai tanggapan terhadap "Miracle Universe" yang merupakan teknik pemurnian.

Generasi sebelumnya dari karya sebelumnya sebagai tamu/cameo[sunting | sunting sumber]

  • Nagisa Misumi / Cure Black
Pengisi Suara: Yoko Honna
  • Honoka Yukishiro / Cure White
Pengisi Suara: Yukana
  • Haruka Haruno / Cure Flora
Pengisi Suara: Yu Shimamura
  • Mirai Asahina / Cure Miracle
Pengisi Suara: Rie Takahashi

Item[sunting | sunting sumber]

Miracle ☆ Universe Light (ミラクル☆ユニバースライト, Mirakuru ☆ Yunibāsu Raito)
Ini adalah lampu merah muda kecil dengan bintang dan komet kecil di satu ujung. Ubah keberanian Anda menjadi kekuatan baru untuk Pretty Cure.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka dari movie ini adalah "Pretty Cure! Make A Yell☆Miracle" (プリキュア!カナYell☆ミラクル, Purikyua! Kana Ēru☆Mirakuru) yang dinyanyikan oleh Kanako Miyamoto dan lagu penutup dari movie ini adalah "Winkle! Pretty Cure Miracle Universe☆" (WINくる!プリキュアミラクルユニバース☆, U~inkuru! Purikyua Mirakuru Yunibāsu☆) yang dinyanyikan oleh Rie Kitagawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yuuki Kaji Guest Stars in Precure Miracle Universe Anime Film". Anime News Network. 19 Januari 2019. Diakses tanggal 19 Januari 2019. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]