DokiDoki! PreCure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
DokiDoki! PreCure
Glitter Force Doki Doki
ドキドキ!プリキュア
(Dokidoki! PuriKyua)
GenreMagical girl
Seri anime
SutradaraGō Koga
ProduserHiroaki Shibata
SkenarioRyōta Yamaguchi
MusikHiroshi Takaki
StudioToei Animation
Lisensor
Toei Animation/Hasbro Studios(lisensi)
Netflix (Hak streaming)
Saluran
asli
ANN (ABC)
Tayang 3 Februari 2013 26 Januari 2014
Episode49 (Daftar episode)
Manga
PengarangIzumi Todo
IlustratorFutago Kamikita
PenerbitKodansha
DemografiShōjo
MajalahNakayoshi
TerbitMaret 2013Februari 2014
Permainan
DokiDoki! PreCure: Narikiri Life!
PengembangNamco Bandai Games
PenerbitNamco Bandai Games
GenreMinigame
PlatformNintendo 3DS
Rilis1 Agustus 2013
Film anime
Film DokiDoki! PreCure: Mana akan Menikah!!? Gaun Harapan yang Menghubungkan ke Masa Depan!
SutradaraNaoyuki Itō
SkenarioRyōta Yamaguchi
StudioToei Animation
Rilis26 Oktober 2013
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

DokiDoki! PreCure (ドキドキ!プリキュア, DokiDoki! PuriKyua, secara harafiah "Jantung Berdebar! Pretty Cure") adalah sebuah serial anime Jepang yang diproduksi oleh Toei Animation dan seri ke-10 dalam Serial Pretty Cure. Seri ini diproduksi oleh Hiroaki Shibata, yang memroduksi Digimon Data Squad dan ditulis oleh Ryōta Yamaguchi, yang menulis naskah untuk The Vision of Escaflowne. Desain karakter ditangani oleh Akira Takahashi, yang sebelumnya juga membuat desain untuk Suite PreCure. Seri ini ditayangkan di jaringan ANN antara 3 Februari 2013 dan 26 Januari 2014, menggantikan Smile PreCure! dalam timeslot awal, dan digantikan oleh HappinessCharge PreCure! pada 2 Februari 2014. Sebuah film animasi yang didasarkan pada seri ini telah dirilis pada 26 Oktober 2013. Tema seri ini berkisah tentang Kartu remi dan emosi manusia.

Toei memproduksi versi internasional dari seri ini dengan judul Glitter Force Doki Doki. Ini adalah seri Pretty Cure ketiga versi Bahasa Inggris Amerika, dan seri kedua Glitter Force yang pada awalnya merupakan bagian dari Saban Brands, namun pindah ke Toei. Pada bulan Juni 2017. Batch pertama episode disiarkan di Netflix pada tanggal 18 Agustus 2017.[1][2]

Konfirmasi dan Pengembangan[sunting | sunting sumber]

DokiDoki! PreCure pertama kali terungkap pada tanggal 25 Oktober 2012 setelah Toei mengajukan merek dagangnya pada Kantor Paten Jepang untuk berbagai barang pada 2 Oktober 2012 dan logo resminya baru terungkap dalam edisi Januari majalah Kodansha Nakayoshi. Serial ini juga merupakan seri yang kesepuluh dari Serial Pretty Cure pada tahun 2013 nantinya, menggantikan Smile PreCure! pada timeslot-nya. Visual pertama mengungkapkan tampilan dari Pretty Cure dalam poster resmi yang dirilis oleh TV Asahi pada 8 Desember 2012. Poster resmi tersebut mengkonfirmasikan akan adanya 5 maskot, salah satunya bernama Sharuru (dan 3 peri lainnya yang dapat berubah menjadi Lovely Commune dan 1 peri lagi seperti bayi). Di dalam poster tersebut juga diungkapkan bahwa tokoh utamanya adalah Mana Aida dan 3 Cure lainnya yang juga akan ikut bergabung dengannya. Musuh utama di seri ini adalah Jikochū (monster keegoisan). Pada tanggal 26 Januari 2013, DokiDoki! PreCure telah menyelesaikan serinya pada episode ke-49, dan digantikan oleh HappinessCharge PreCure! di timeslot-nya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Trump adalah dunia ajaib di mana hati semua orang hidup bahagia dengan bimbingan penguasa mereka, Putri Marie Ange. Namun suatu hari, kekuatan jahat yang dikenal sebagai Jikochū telah menyerang kerajaan. Tapi, prajurit yang bertugas untuk melindungi Marie Ange dan Kerajaan Trump, yang dikenal sebagai Cure Sword, dikalahkan Jikochū sendirian sebelum dikirim ke dunia manusia dengan pasangan perinya untuk mencari sang putri yang hilang. Cure Sword juga dibawa bersama dengan 3 peri yang lain untuk menemukan 3 gadis terpilih untuk menjadi sekutu mereka.

Salah satu dari peri tersebut, Sharuru, menemukan seorang gadis bernama Mana Aida yang merupakan Ketua Dewan Perwakilan Siswa di sekolahnya. Saat sedang mengunjungi observatorium Clover Tower selama hari orientasi sekolahnya, Mana bertemu dengan Jikochū yang mencoba untuk memanipulasi hatinya, tetapi Sharuru menemukannya lalu memberinya kekuatan untuk menjadi Cure Heart. Bergabung dengan Cure Diamond, Cure Rosetta, dan Cure Sword, DokiDoki! Pretty Cure harus berjuang untuk melindungi hati setiap orang dari Jikochū.

Karakter[sunting | sunting sumber]

DokiDoki! Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

Dari kiri ke kanan; Cure Heart (merah muda), Cure Rosetta (kuning), Cure Sword (ungu), Cure Diamond (biru), dan Cure Ace (merah).

Para Pretty Cure adalah prajurit cahaya legendaris yang dipilih oleh Kerajaan Trump (トランプ王国, Toranpu Ōkoku) untuk melindungi dunia dari keinginan jahat Jikochu. Mereka berpasangan dengan peri dari Kerajaan Trump yang dapat berubah menjadi perangkat transformasi para Cure, yaitu Lovely Commune (ラブリーコミューン, Raburī Komyūn). Para Cure bertransformasi dengan cara memasukkan liontin kecil yang disebut Cure Lovead (キュアラビーズ, Kyua Rabīzu) ke Lovely Commune, meneriakkan "Pretty Cure, Love Link! (Tautan Cinta!)" (プリキュア ラブリンク!, PuriKyua Rabu Rinku!) lalu mengucapkan dan membentuk L-O-V-E di Commune itu dengan jari. Cure Lovead tambahan digunakan untuk melakukan serangan, serta untuk mengurus Ai. Dalam episode kemudian, para Cure menggunakan senjata baru, yaitu Love Heart Arrow (Panah Cinta Hati) dan Magical Lovely Pad (Bantalan Indah Ajaib) untuk mengeksekusi serangan pemurnian yang lebih kuat. Saat ini, ada 5 Cure yang dipilih oleh Kerajaan Trump. Mereka memperkenalkan diri mereka sebagai "Dengarkanlah Debaran Cinta! DokiDoki! Pretty Cure (響け愛の鼓動!ドキドキ!プリキュア, Hibike Ai no Kodō! DokiDoki! PuriKyua).

Maya Aida / Mana Aida (相田 マナ, Aida Mana) a.k.a. Glitter Heart / Cure Heart (キュアハート, Kyua Hāto)
Pengisi suara: Hitomi Nabatame (Jepang); Debi Derryberry[3] (Inggris)
Mana (Maya) adalah seorang gadis berkepribadian cerah dan energik yang merupakan Ketua Dewan Perwakilan Siswa di SMP Ōgai pada tahun keduanya. Dia percaya bahwa tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Mana sering melompat turun untuk membantu orang lain tanpa berpikir tentang konsekuensi. Kedua orang tua dan anak-anak di sekelilingnya percaya pada kemampuan kepemimpinannya. Namun, Mana adalah seorang penyanyi yang buruk. Keluarganya memiliki sebuah restoran yōshoku lokal yang disebut "Ekor Babi" (ぶたのしっぽ, Buta no Shippo).
Potensi dirinya untuk menjadi seorang Pretty Cure terbangun selama perjalanannya berlangsung di Clover Tower. Ketika kelompok Jikochū menyerang, dia dipilih oleh Sharuru dan berubah untuk pertama kalinya sebagai Cure Heart. Sebagai Cure Heart, rambut pendeknya yang berwarna magenta memanjang, berubah warna menjadi kuning-pirang cerah dan diikat dengan gaya ekor kuda dengan sanggul berbentuk hati yang menyerupai telinga kelinci. Pasangannya adalah Sharuru dan motif kartunya adalah Heart/Hati. Serangannya difokuskan untuk memurnikan musuh. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Penuh dengan Cinta, Cure Heart!" (みなぎる愛!キュアハート!!, Minagiru Ai, Kyua Hāto!) dan slogannya adalah "Tuan [Jikochū] malang yang telah kehilangan cintanya, Cure Heart ini akan mengembalikan debaranmu jantungmu kembali!" (愛を失くした悲しい◯◯さん, このキュアハートがあなたのドキドキ取り戻してみせる!, Ai o nakushita kanashī [Jikochū]-san, kono Kyua Hāto ga anata no dokidoki torimodoshite miseru!)
Rachel Hishikawa / Rikka Hishikawa (菱川 六花, Hishikawa Rikka) a.k.a. Glitter Diamond / Cure Diamond (キュアダイヤモンド, Kyua Daiyamondo)
Pengisi suara: Minako Kotobuki (Jepang); Cassandra Lee Morris[4] (Inggris)
Rikka (Rachel) adalah sekretaris Dewan Perwakilan Siswa di SMP Ōgai, dia adalah salah satu dari 10 siswa terbaik dalam tes ujian nasional. Dia telah menjadi sahabat Mana sejak keuarganya pindah ke lingkungan Mana 10 tahun yang lalu, dan dia sering tinggal di Ekor Babi karena orangtuanya menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja. Dia sangat peduli terhadap Mana, sering berusaha untuk menjaga Mana dari melakukan sesuatu yang gila dan terus-menerus khawatir tentang dia, dan sering membandingkan Mana dengan Pangeran yang Bahagia.
Potensi dirinya untuk menjadi seorang Pretty Cure terbangun setelah ia menemukan rahasia Pretty Cure dari Mana. Ketika Cure Heart tak berdaya melawan Jikochū yang baru, Rikka memutuskan untuk mengikuti jejak Mana, dan Raquel memilih dia untuk menjadi pasangannya, mengubah dirinya menjadi Cure Diamond. Sebagai Cure Diamond, rambut biru tuanya berubah warna menjadi biru muda dan diikat menyerupai ekor kuda dengan sedikit bagian keriting di kedua bagian samping yang menyerupai telinga anjing. Pasangannya adalah Raquel dan motif kartunya adalah Diamond/Berlian. Dia menyerang menggunakan ledakan es yang dapat membekukan lawannya. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Cahaya Kebijaksanaan, Cure Diamond!" (英知の光!キュアダイヤモンド!, Eichi no Hikari, Kyua Daiyamondo!) dan slogannya adalah "Cure Diamond ini akan mendinginkan kepalamu! (このキュアダイヤモンドがあなたの頭を冷やしてあげる!, Kono Kyua Daiyamondo ga anata no atama o hiyashite ageru!)
Clara Yotsuba / Alice Yotsuba (四葉 ありす, Yotsuba Arisu) a.k.a. Glitter Clover / Cure Rosetta (キュアロゼッタ, Kyua Rozetta)
Pengisi suara: Mai Fuchigami (Jepang); Melissa Fahn[butuh rujukan][5] (Inggris)
Alice (Clara) adalah pewaris Yotsuba Zaibatsu dan seorang siswi di Akademi Swasta Nanatsubashi yang bergengsi. Alice adalah teman sekelas Mana dan Rikka di SD, dan sejak saat itu, mereka tetap menjadi teman baik. Dia adalah orang yang sopan dan peduli, tetapi sering memamerkan kekayaannya tanpa berpikir. Setelah belajar berbagai ilmu bela diri dari kakeknya saat masih kecil, Alice kemudian merasa takut akan kekuatannya sendiri, karena saat dia marah, dia bisa kehilangan kontrol dan menghajar orang-orang yang berani menindas teman-temannya, karena itulah, dia bersumpah untuk tidak bertarung lagi.
Alice mempelajari rahasia Pretty Cure melalui sistem monitor miliknya yang telah merekam transformasi mereka. Dia menunjukkan kesediaan untuk memberikan bantuan keuangan, tetapi tidak benar-benar bergabung dengan mereka, karena takut akan kekuatan yang datang kepadanya karena menjadi seorang Pretty Cure. Tapi setelah menyadari bahwa kekuatannya dapat digunakan untuk melindungi orang-orang yang sangat ia sayangi, ia menjadi pasangan Lance dan mampu berubah menjadi Cure Rosetta. Sebagai Cure Rosetta, rambut coklat panjangnya bertambah panjang dan berubah warna menjadi jingga diikat twintails yang masing-masing dibentuk dengan 2 sanggul yang menyerupai telinga beruang. Pasangan perinya adalah Lance dan motif kartunya adalah Club/Klub. Pergi dengan keinginannya untuk melindungi, sebagian besar kekuatannya berkisar untuk memproduksi pelindung pembatas. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Kehangatan yang Cerah, Cure Rosetta!" (陽だまりポカポカ!キュアロゼッタ!, Hidamari Pokapoka, Kyua Rozetta!!) dan slogannya adalah "Hanya cintalah yang dapat memenangkan dunia. Sekarang, kau dan aku akan menjaga cinta itu." (世界を制するのは愛だけです。さあ、あなたも私と愛を育んでくださいな。, Sekai o seisuru no wa ai dakedesu. Sā, anata mo watashi to ai o ikunde kudasai na.)
Mackenzie Mack / Makoto Kenzaki (剣崎 真琴, Kenzaki Makoto) a.k.a. Glitter Spade / Cure Sword (キュアソード, Kyua Sōdo)
Pengisi suara: Kanako Miyamoto (Jepang); Stephanie Sheh[butuh rujukan][5] (Inggris)
Cure Sword adalah penjaga kerajaan dan penyanyi dari Kerajaan Trump yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap sang putri, Marie Ange. Ketika Kerajaan Trump diserang oleh Jikochū, hanya dialah prajurit yang tersisa, ia dan Marie Ange menjadi terpisah selama pelarian mereka. Sesampainya di dunia manusia, dia bertekad untuk menemukan Marie Ange, dia mengambil nama Makoto Kenzaki (Mackenzie Mack) dan menjadi seorang idola dengan harapan bahwa suatu hari suaranya akan dapat menghubungkannya dengan Marie Ange. Dia sering disebut "Mako-P" (まこピー, Makopī) oleh para penggemarnya, termasuk Mana.
Pada awalnya, dia enggan untuk bekerja dengan Cure lainnya, tetapi, Makoto (Mackenzie) kemudian membuka dirinya dan mengungkapkan identitasnya kepada mereka, menerima tawaran mereka untuk membantunya menemukan putri yang hilang dan kemudian mendaftar di sekolah Mana dan Rikka. Karena datang dari dunia lain, dia tidak terbiasa dengan adat istiadat umum di Jepang. Sebagai Cure Sword, rambut ungu tuanya berubah menjadi ungu muda dan diikat menjadi ekor kuda dengan bagian atas yang lebih besar yang menyerupai ekor kucing. Pasangan peri nya adalah Dabyi dan motif kartunya adalah Spade/Sekop. Serangan utamanya adalah serangan pisau pemotong. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Pisau Keberanian, Cure Sword!" (勇気の刃!キュアソード!, Yūki no Yaiba, Kyua Sōdo!) dan slogannya adalah "Cure Sword ini akan memotong ambisimu dengan pedang cintaku!" (このキュアソードが、愛の剣で、あなたの野望を断ち切ってみせる!, Kono Kyua Sōdo ga, ai no tsurugi de, anata no yabō wo tachikitte miseru!)
Natalie Miller / Aguri Madoka (円 亜久里, Madoka Aguri) a.k.a. Glitter Ace / Cure Ace (キュアエース, Kyua Ēsu)
Pengisi suara: Rie Kugimiya (Jepang); Erica Lindbeck[6] (Inggris)
Seorang anak misterius yang duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar yang pertama kali muncul di episode 22 saat dia melindungi Cure lainnya dari Regina. Dia umumnya sangat tenang dan bijaksana, sering mengajarkan gadis-gadis lainnya dan mendorong mereka untuk menjadi lebih kuat lagi. Meskipun dia selalu menjaga agar sikapnya tetap tegas dalam sebagian besar waktu, ia juga memiliki kelemahan, yaitu pada makanan manis. Aguri (Natalie) juga sangat menyukai Ai dan memperlakukannya seperti seorang adik perempuan.
Untuk alasan yang tidak diketahui, ia sudah menjadi seorang Cure sebelum seri dimulai, terpisah dari Ai setelah dikalahkan oleh Jikochū, dan dia tidak bisa mengingat apapun sampai akhirnya ia bertemu dengan nenek angkatnya, Mari. Ketika Royal Crystal (Kristal Kerajaan) berhasil dikumpulkan, Aguri pun kembali dengan Ai dan melanutkan tugasnya sebagai seorang Cure. Di episode 45, Aguri mengungkapkan bahwa dia sebenarnya adalah sisi kebaikan dari Marie Ange dan percaya bahwa dia ditakdirkan untuk melawan Regina, saudari kandungnya.
Sebagai Cure Ace, transformasinya hanya bertahan sampai 5 menit saja, tubuhnya berubah menjadi dewasa dan rambutnya berubah menjadi panjang dengan warna merah menyala. Tak seperti Cure yang lainnya, Cure Ace bertransformasi menggunakan Love Eyes Palette (Palet Mata Cinta) (ラブアイズパレット, Rabu Aizu Paretto) disediakan oleh Ai, menggunakan frasa transformasi "Pretty Cure, Dress Up!" (プリキュア・ドレスアップ!, PuriKyua, Doresu Appu!). Dia menggunakan senjata unik berbentuk seperti lipstik yang disebut Love Kiss Rouge (Merahnya Ciuman Cinta) (ラブキッスルージュ, Rabu Kisu Rūju), yang memungkinkan dia untuk menggunakan berbagai kekuatan berdasarkan warna lipstik yang dia pakai, dan serangan utamanya adalah untuk pemurnian. Pasangan perinya adalah Ai dan motif kartunya adalah kartu As. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Kartu Truf Cinta, Cure Ace!" (愛の切り札キュアエース!, Ai no Kirifuda, Kyua Ēsu!) dan slogannya adalah "Kecantikan adalah bukti keadilan. Dengan 1 kedipan mata, aku akan menghapuskan kekacauan dalam hatimu!" (美しさは正義の証。ウインク1つで、あなたのハートを射抜いてさしあげますわ!, Utsukushi-sa wa seigi no akashi. Uinku hitotsu de, anata no hāto o inuite sashiagemasu wa!)

Maskot[sunting | sunting sumber]

  • Sharuru

Maskot peri seperti kelinci dan juga patnernya Cure Heart. Dia bisa selalu diandalkan ketika Mana dalam kesulitan.

  • Raquel

Maskot peri seperti anak anjing dan juga patnernya Cure Diamond. Dia sangat menyukai Rikka dan ingin selalu membantu.

  • Lance

Maskot peri seperti beruang dan juga patnernya Cure Rosseta. Dia yang paling kekanakan di antara semua peri. Dia selalu diperhatikan oleh Alice.

  • Dabyi

Maskot peri seperti kucing dan patnernya Cure Sword. Dia bisa berubah menjadi manusia dengan nama DB sebagai manajernya Makoto. Dia yang paling tua di antara semua peri. Dia selalu mengkhawatirkan perasaan Makoto yang meninggalkan trauma saat kerajaannya diserang.

  • Ai-chan

Maskot peri yang muncul pertama kali di episode 8 berbentuk seperti bayi dan juga merupakan patner dari Cure Ace. Dia selalu dijaga dan diperhatikan oleh Mana dan kawan-kawannya. Sikapnya masih seperti bayi pada umumnya tetapi setelah beberapa episode Ai-chan terus bertumbuh menjadi lebih dewasa. Dia juga mempunyai kekuatan dan dapat menciptakan Cure Lovead yang dapat digunakan untuk membantu para Cure. Diceritakan, bahwa dia juga merupakan bagian fragmen dari Marie Ange yaitu tubuh tanpa jiwa yang mengubahnya menjadi telur, dan telur itu adalah Ai-chan.

Jikochu[sunting | sunting sumber]

Mercenares (ジコチュー, Jikochū) merupakan pasukan kelompok jahat yang dipimpin oleh King Jikochu yang ingin membuat manusia jatuh ke dalam keegoisan. Merupakan musuh utama di seri ini.

Monster Jikochu
Monster of the week yang disummon oleh Trio Jikochu, Jikochu Deputies, dan Regina. Mengambil dari perasaan manusia yang bersikap egoisme.
Trio Jikochu
Ira (イーラ, Īra)
Pengisi suara: Mayumi Tanaka (Jepang); Ben Diskin[7] (Inggris)
Seorang anak muda yang masuk kelompok Jikochu. Dia paling muda di antara Trio Jikochu. Sikapnya suka bermain-main dan selalu emosian. Mempunyai perasaan rahasia kepada Rikka/Cure Diamond
Bel (ベール, Bēru)
Pengisi suara: Kazuhiro Yamaji (Jepang); Ray Chase[8] (Inggris)
Seorang pria tua dengan kacamata yang masuk kelompok Jikochu. Dia yang paling tua di antara Trio Jikochu. Mempunyai sikap paling egois di antara yang lain dan paling sadis. Sering memproklamirkan dirinya sebagai "Nomor Satu"
Marmo (マーモ, Māmo)
Pengisi suara: Atsuko Tanaka (Jepang); Carrie Keranen[7] (Inggris)
Seorang wanita yang masuk kelompok Jikochu. Dia mempunyai sikap yang dermawan dan ingin selalu tampil cantik.
Jikochu Deputies
Leva (リーヴァ, Rīva)
Pengisi suara: Nobuo Tobita
Seorang pria dengan memakai topi dan berbaju warna hijau seperti badut. Dia merupakan pimpinan utama Jikochu Deputies. Nantinya, dia dibunuh oleh Bel dan diubah olehnya menjadi "Blood Ring".
Gula (グーラ, Gūra)
Pengisi suara: Masuo Amada
Seorang pria gemuk yang suka makan. Orang kedua di Jikochu Deputies. Sama seperti Leva, nantinya dia juga dibunuh oleh Bel dan diubah menjadi "Blood Ring".
Regina (レジーナ, Rejīna)
Pengisi suara: Kumiko Watanabe (Jepang); Cherami Leigh (Inggris)
Anak dari King Jikochu. Merupakan orang yang paling berkuasa kedua setelah ayahnya. Mempunyai sikap yang kekanak-kanakan. Juga mempunyai perasaan khusus terhadap Mana dan ingin selalu berteman dengannya. Nantinya, dia akan dicuci otak oleh ayahnya untuk melawan Mana dan kawan-kawannya. Pada akhirnya terungkap, bahwa dia adalah bagian fragmen gelap dari Marie Ange dan King Jikochu adalah Raja Trump (Ayahnya).
King Mercenare (キングジコチュー, Kingu Jikochū, King Jikochu)
Pengisi suara: Hōchū Ōtsuka
Merupakan raja yang paling berkuasa di pasukan Jikochu. Dia sangat pemarah dan berpikir bahwa dunia ini tidak memerlukan cinta. Pada akhirnya, terungkap sudah bahwa dia sebenarnya adalah Raja Trump yang merupakan raja di kerajaan Trump dan Cure Ace (Aguri), Regina, dan Ai-chan adalah anaknya (Marie Ange). Dia dikuasai oleh Proto-Jikochu sehingga dia berubah menjadi King Jikochu.
Proto Jikochu (プロトジコチュー, Proto Jikochū)
Pengisi suara: Masami Iwasaki
8Musuh sebenarnya dan dalang dari segala permasalahan. Dialah yang membuat Raja Trump menjadi King Jikochu dan karena dia jugalah Kerajaan Trump menjadi hancur. Dia pada akhirnya dibunuh dan diakhiri oleh kekuatan dari Cure Heart.

Karakter Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Joe Okada (Jonathan Klondike)

Seorang salesman yang memberikan Cure Lovead kepada Mana di episode pertama dan juga lainnya. Beberapa episode berikutnya, terungkap bahwa dia sebenarnya adalah pangeran Royal Knight yang ditugaskan untuk melindungi tuan putri (Marie Ange). Dia sangat mencintai Marie Ange dan mempunyai perasaan khusus padanya. Di episode terakhir, dia menjadi pemimpin baru di Kerajaan Trump dengan menjadi seorang presiden dan mengubah Kerajaan Trump menjadi negara republik.

  • Tuan Putri (Marie Ange)

Marie Ange adalah tuan putri di Kerajaan Trump dan Raja Trump adalah ayahnya. Dia mempunyai sikap yang ramah dan lembut juga mempunyai sikap pemberani. Dia juga mempunyai perasaan khusus pada Jonathan. Dia sangat perhatian juga pada Cure Sword (Makoto) dan menganggap dia seperti adiknya sendiri. Saat Kerajaan Trump diserang, dia pun berusaha melindungi kerajaannya dari King Jikochu yang merupakan ayahnya sendiri yang telah dikuasai Jikochu. Dia pun menyegel ayahnya untuk sementara dan mengirimkan peri-peri lainnya (Sharuru, Raquel, Lance) ke dunia manusia untuk mencari Pretty Cure baru. Di dalam perjalanan menuju dunia manusia, dia dan Cure Sword dihadang oleh Bel. Dia meminta Cure Sword untuk melarikan diri lebih dulu dan pada akhirnya dia mengorbankan separuh jiwanya dan terbagi menjadi tiga fragmen; yaitu Aguri (bagian cahaya), Regina (bagian kegelapan), dan Ai-chan (tubuhnya tanpa jiwa). Di akhir episode, dia tidak bisa kembali kebentuk semulanya karena fragmen dirinya telah penuh dengan cinta. Pada akhirnya, dia beristirahat dengan tenang dan mengucapkan salam perpisahan pada Cure Sword dan lainnya.

  • Sebastian

Pelayan setianya Alice. Dia selalu melindungi Alice dan juga suka membantu kawan-kawannya.

  • Kentaro Aida

Ayahnya Mana. Dia juga merupakan seorang koki di restoran The Pig's Tail (rumahnya Mana). Dia terlihat selalu bertengkar dengan mertuanya (Kakeknya Mana).

  • Ayumi Aida

Ibunya Mana. Dia juga merupakan pelayan di restoran The Pig's Tail. Dia sangat perhatian sama Mana.

  • Sokichi Bando

Kakeknya Mana. Dia orang yang suka pemarah tetapi mempunyai hati yang bijaksana. Sering terlihat bertengkar dengan Ayahnya Mana dan sering beragumentasi tentang masakan.

  • Isuzu Bando

Neneknya Mana. Dia hanya muncul di movie. Dia meninggal sebelum seri dimulai.

  • Maro

Seekor anjing peliharaan Mana dan keluarganya. Sama seperti neneknya Mana, dia hanya muncul di movie. Dia mati tertabrak mobil saat Mana masih kelas 4 SD.

  • Yuzo Hishikawa

Ayahnya Rikka. Dia merupakan seorang fotografer yang suka berkeliling dunia. Sering megirimkan surat-surat dan sovenir kepada Rikka.

  • Ryoko Hishikawa

Ibunya Rikka. Dia merupakan seorang dokter dan perawat di rumah sakit. Dia selalu pulang larut malam karena perkerjaannya itu.

  • Ichiro Yotsuba

Kakeknya Alice. Dia merupakan guru seni bela diri. Dia jugalah yang mengajarkan Alice seni bela diri

  • Seiji Yotsuba

Ayahnya Alice. Merupakan orang terkaya dan terkenal. Sebagai pewaris kekayaan dan presiden dari perusahaan Yotsuba Zaibatsu. Dia sering berpergian ke seluruh dunia.

  • Shouko Yotsuba

Ibunya Alice. Dia merupakan seorang penyanyi opera yang terkenal.

  • Mari Madoka

Nenek angkatnya Aguri. Seorang yang selalu menjaga Aguri dan menganggap dia seperti cucu-nya sendiri. Dia mengasuh Aguri sejak satu tahun yang lalu setelah dia menemukan Aguri saat Perayaan Festival Teh di tengah hutan.

  • Pak Guru Kido

Gurunya Mana, Rikka, dan Makoto di Sekolah Menengah Pertama Oogai. Sering bertindak tegas dan bijaksana

  • Eru Morimoto

Teman sekelasnya Aguri. Dia sangat menyukai Aguri dan ingin selalu menjadi temannya Aguri.

Karakter khusus di movie
  • Marsh

Seorang pria yang misterius yang muncul sebagai main antagonis. Dia memproklamirkan dirinya sebagai "Raja dari dunia kenangan". Dia sangat tertarik pada Mana dan pada akhirnya dia menjebak Mana dan kawan-kawannya dalam kenangan mereka. Pada akhirnya, terungkap bahwa dia sebenarnya adalah inkarnasi dari anjing peliharaannya Mana, Maro yang mati akibat kecelakaan mobil saat Mana masih kecil.

  • Mannequin Carmine

Kaki tangannya Marsh dengan mengambil bentuk seperti boneka wanita.

  • Silver Clock

Kaki tangannya Marsh yang mengambil bentuk seperti jam.

  • Purple Buggy

Kaki tangannya Marsh yang mengambil bentuk seperti sepeda motor dan tenggorak.

  • Bebel

Maskot peri misterius yang menbantu Sharuru dan peri lainnya disaat Mana serta lainnya terperangkap di dalam kenangan mereka. Dialah yang membantu Sharuru dan peri lainnya untuk pergi ke kenangan para Cure. Pada akhirnya, terungkap bahwa dia juga adalah inkarnasi dari neneknya Mana, Isuzu Bando yang telah lama meninggal.

  • Clarinet

Musuh sebenarnya dan dalang dari segala permasalahan di movie. Dialah yang mempengaruhi pikiran Marsh sehingga dia melawan Mana dan kawan-kawannya. Pada awalnya dia hanya klarinet biasa yang sering digunakan Marsh untuk mengeluarkan kekuatannya. Setelah dia merasa dikhianati oleh Marsh dia pun pergi ke masa depan untuk menghancurkannya. Dia pun diakhiri oleh kekuatan Cure Heart dalam bentuk Engage Mode.

Movie[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

  • 1. Bumi dalam bahaya besar! Pretty Cure terakhir muncul
  • 2. Yipes! Indentitas rahasia Cure Heart terungkap sudah
  • 3. Patner yang luar biasa! Kemunculan Cure Diamond
  • 4. Aku harus tolak ini! Aku tidak mau menjadi Pretty Cure
  • 5. Tidak mungkin! Gadis ini Cure Sword?!
  • 6. Betapa terkejut! MakoPi datang kerumah ku!?
  • 7. Pertarungan yang mendekat! Selamat tinggal Pretty Cure
  • 8. Kyupirappa~! Bayi misterius lahir!!
  • 9. Omong kosong! Ai-chan pergi ke sekolah!!!
  • 10. Murid baru itu adalah seorang super idola yang terkenal
  • 11. Bangkit! Kekuatan baru Pretty Cure
  • 12. Ketetapan hati Mana! Aku harus mengambil pelajaran
  • 13. Pencariaan terakhir!? Sebuah petunjuk dari tuan putri!
  • 14. Mimpi atau janji! Rikka selalu khawatir!
  • 15. Sangat sibuk! Hari-hari idola Makoto
  • 16. Serangan dahsyat dari Regina! Mana adalah milik ku!
  • 17. Terkejut! Kristal itu dicuri!!
  • 18. Muncul! Royal kristal terakhir
  • 19. Perebutan kristal! Permainan Jikochu!
  • 20. kristal penuntun! Menuju ke lokasi tuan putri
  • 21. Ke Kerajaan Trump! Selamatkan tuan putri!
  • 22. Penampilan yang mencubit! Prajurit baru, Cure Ace!?
  • 23. Kembalikan cinta! Lima Pretty Cure bergabung
  • 24. Kaget! MakoPi ingin mengakhiri karier idolanya!
  • 25. Perubahan yang cermelang! Munculnya seorang pahlawan baru?!
  • 26. Perasaan sesungguhnya! Rikka khawatir lagi!
  • 27. Ketemu?! Kelemahan Cure Ace!
  • 28. Hatiku berdetak! Liburan musim panas Aguri!
  • 29. Demi kesulitan Mana! Sharuru pun berubah!
  • 30. Latihan terakhir! Pretty Cure legendaris!
  • 31. Kota Oogai dalam bahaya besar! Lahirnya Lovely Pad
  • 32. Mana sakit! Keributan di festival kebudayaan
  • 33. Ayahnya Alice datang! Pertemuan Keluarga Yotsuba
  • 34. Mama dalam masalah besar! Ai-chan pun bersedih!
  • 35. Tidak tidak Ai-chan! Rencana besar menggosok gigi
  • 36. Cinta pertama Raquel! Kekuatan cinta yang terbuka penuh
  • 37. Perbaikan hubungan cinta benci! Wortel vs. Aguri
  • 38. Rencana Bel! Ai-chan jadi Jikochu!?
  • 39. Aku datang melihat mu! Regina kembali
  • 40. Meyampaikan perasaan! Pengumuman lagu baru MakoPi
  • 41. Mimpi Alice! Bunga sebagai meterai pertemanan
  • 42. Mari rayakan! Ulang tahun yang pertama!
  • 43. Untuk orang yang paling penting! Kunjungan kelas Aguri
  • 44. Jebakan Jikochu! Hari Natal tanpa Mana
  • 45. Mengakhiri takdir! Ace vs. Regina
  • 46. Ace dan Regina! Kebenaran dibalik kelahiran mereka
  • 47. Kebulatan hati Cure Heart! Janji untuk melindungi
  • 48. Hati yang berdetak kencang! Pretty Cure vs. King Jikochu
  • 49. Terimalah ini dariku! My sweet Heart

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Smile PreCure!
Serial Pretty Cure
2013-2014
Diteruskan oleh:
HappinessCharge PreCure!