Dragon Ball Z: Cooler's Revenge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dragon Ball Z: Cooler's Revenge (ドラゴンボールZ とびっきりの最強対最強, Doragon Bōru Zetto: Tobikkiri no Saikyō tai Saikyō; lit."Dragon Ball Z: Yang Tidak Dapat Dipercaya Kuat VS Yang Paling Kuat) adalah Film ke-5 Dragon Ball Z, pertama kali dirilis di Jepang pada 20 Juli 1991 antara episode 99 dan 100. Film ini diterjemahkan di Amerika oleh FUNimation Entertainment pada 2002 dan dirilis dalam bentuk VHS dan DVD pada 22 Januari. Film ini dirilis ulang dengan sekuelnya, [[Dragon Ball Z: The Return of Cooler]] pada November 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latar Belakang Cerita[sunting | sunting sumber]

Di Film ini, kakak Frieza, Cooler diperkenalkan. Filmnya dimulai dengan kilas balik ketika Frieza menghancurkan Planet Vegeta dan kapal Cooler menangkap gambar kapsul luar angkasa Goku. Cooler melarang prajuritnya untuk menghancurkan kapsul tersebut supaya Frieza bisa menerima hasil kesalahannya sendiri.

Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Lebih dari 25 tahun kemudian, Goku melatih Kamehameha di Kame House, dengan Master Roshi yang memperhatikan bahwa Goku telah jadi lebih kuat setelah mengalahkan Frieza di Namek. Kembali ke Gunung Paozu, Goku mencoba menyuruh Gohan menyelesaikan PR-nya, menyebabkan Chi-chi menjadi khawatir karena Goku tidak biasanya peduli jika Gohan menyelesaikan PR-nya. Akan tetapi, segera, dia mengetahui kalau Goku ingin dia menyelesaikan PR-nya supaya dia dan Gohan (termasuk Krillin, Oolong, dan Haiya Dragon) bisa pergi berkemah. Chi-chi kemudian meminta penjelasan yang mana di antara keduanya (belajar atau berkemah) yang ia rasa paling penting. Goku dengan lucunya menjawab kalau berkemah lebih penting ke Chi-chi.

Kedatangan Cooler[sunting | sunting sumber]

Pada kedatangannya, prajurit Cooler menyergap Goku dan teman-temannya pada acara kemah mereka dan setelah bertarung dengan Salza, Neiz, dan Dore, Goku terluka oleh sebuah energy blast yang diluncurkan Cooler yang bermaksud membunuh Gohan.

Haiya Dragon membangunkan Krillin yang pingsan karena sergapan prajurit Cooler dan Krillin kemudian mengira-ngira di mana Goku. Sementara itu, Goku dan Gohan muncul di tepi sungai dan Goku kehilangan kesadaran oleh karena luka yang diterimanya dari serangan Cooler. Gohan pun membawa ayahnya berlindung dalam sebuah gua, tetapi mereka terperangkap di dalamnya karena Dore, Neiz dan Salsa menyerang hutannya secara membabi buta dengan tujuan membunuh mereka. Mereka menduga usaha mereka (yang tanpa persetujuan Cooler) cukup untuk membunuh keduanya. Cooler marah lalu mengatakan bahwa ketika dia hanya bisa menghancurkan bumi, rasa bangganya tidak akan mengizinkan itu. Dia ingin secara pribadi memastikan kematian Goku karena Goku telah mencoreng nama keluarganya (Cooler juga membuat catatan kalau ia di sini bukan untuk membalaskan dendam Frieza). Sementara itu, Krillin, Oolong, dan Haiya Dragon sambil bersembunyi, mereka mencari Goku sampai mereka menemukannya sedang terperangkap. Ketika Krillin menggunakan Ki Blast untuk menghancurkan batu dan batu ini mengenai wajah Oolong, hal ini tertangkap oleh scouter Neiz, tetapi mereka beruntung, sebuah Pterodactyl lewat di depan Neiz dan dia mengira kalau itu yang menyebabkan scouternya bereaksi.

Setelah Krillin menyembunyikan Goku di sebuah gua kecil, Gohan terbang untuk mendapat kacang Senzu dari Dewa Karin di menaranya. Setelah menerima kacangnya, dia disergap oleh prajurit Cooler, tetapi tepat saat ia akan dibunuh oleh Dore, Piccolo tiba dan menyelamatkannya. Piccolo melanjutkan pertarungan dengan mereka dan membunuh Dore dengan homing energy blast] Dia lalu bertarung dengan Salza dan Neiz, tetapi ia terperangkap untuk sementara dalam Bind Wave Neiz, membuat Salza bisa mengejar Gohan yang melarikan diri. Bagaimanapun, Piccolo membuktikan ia jauh lebih kuat terhadap serangan yang ia terima dan ia membalikannya ke Neiz. Piccolo kemudian menyergap Salza di hutan, tetapi Cooler tiba dan menyerang Piccolo. Dia memerintahkan Salza untuk lanjut memburu Gohan.

Gohan tiba di gua sambil membawa kacang Senzu sesaat kemudian, tetapi Salza tiba dan menghancurkan kantongnya tepat saat Gohan akan memberikannya ke Krillin. Krillin marah dan menyerang Salza tetapi terbukti bukan tandingan untuknya. Gohan datang untuk membantu setelah memberi Goku kacang tambahan yang Yajirobe lempar padanya. Gohan dihajar dan Salza berjalan ka arah gua untuk menghabisi Goku. Akan tetapi, scouter Salza menangkap energi Ki yang meningkat dan Goku keluar dari gua. Cooler tiba sesaat kemudian dan selama percakapan, Salza menyerang Goku yang sayangnya tidak berarti.

Goku lanjut memukuli Cooler, walaupun Cooler tampaknya tidak terlihat terpengaruh oleh serangannya. Pertarungan pada mulanya dimulai di udara lalu masuk ke dalam air. Setelah mereka muncul dari air, Cooler memutuskan untuk melakukannya lebih serius dan mengungkap kemampuannya untuk berubah satu kali lebih jauh dari Frieza pada Goku. Ia kemudian berubah ke bentuk akhirnya dan Goku menyadari kalau Cooler lebih kuat dari Frieza. Bahkan dengan menggunakan Kaio-ken dan Kamehameha, Goku terbukti bukan tandingan untuk Cooler yang telah berubah.

Akan tetapi, saat Cooler mengancam akan menghancurkan bumi, Goku sekali lagi ia menyalurkan kemarahannya untuk jadi Super Saiya. Cooler menyadari dirinya sendiri seperti Frieza, kalah unggul, tetapi ia mengeluarkan kartu AS-nya yaitu Supernova untuk menghancurkan Goku dan bumi. Akan tetapi, setelah berjuang cukup lama, Goku akhirnya berhasil membalikannya dengan sebuah Super Kamehameha, yang mengirim Cooler ke matahari. Saat [[Cooler]] memaki-maki Goku, dia sadar kalau Goku adalah orang Saiya yang ia loloskan 25 tahun lalu dan kalau dia bisa mencegah takdir ini dengan membunuh anak Saiya ketika ia berkesempatan. Cooler kemudian hancur dan tampak mati di matahari.

Goku yang kelelahan setelah pertarungannya ditemukan Krillin dan Gohan. Salza muncul kembali dan mencoba menyerang mereka. Akan tetapi, ia dibunuh oleh Special Beam Cannon dari kejauhan. Gohan melihat ke sekeliling dan meneriakan nama Piccolo. Film berakhir dengan Piccolo yang memandang matahari dan minum air.

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Di Dragon Ball Z III: Ressen Jinzonigen, Cooler dan anak buahnya tiba di bumi saat para Z Fighter sedang berlatih untuk menghadapi kedatangan para Android.

Di Dragon Ball Z: The Legacy of Goku II, pemain memiliki kesempatan melawan Cooler dengan semua karakter yang bisa dimainkan: Goku, Gohan, Piccolo, Future Trunks, atau Vegeta. Di permainan ini, Cooler sadar akan kematian ayahnya, tetapi dia tidak tahu kalau Trunks yang bertanggung jawab kecuali kalau Trunks memberi tahunya. Kejadian Film ini juga ditampilkan di seri game Budokai Tenkaichi dan Raging Blast.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Anime News Network menilai DVD-nya dengan B baik untuk Dub maupun Sub. Filmnya dirilis di bioskop Jepang pada 20 Juli 1991 dan meraih keuntungan total ¥1.4 miliar (US $10.1 juta) dan menjadi peringkat ke-9 Film dengan keuntungan tertinggi di negara itu[1].

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Gohan punya ekor di Film ini, ini mungkin saja terjadi untuk ekornya tumbuh kembali dan dihilangkan lagi antara ketika Frieza datang ke bumi dan kedatangan para Android.
  • Haiya Dragon yang pertama kali muncul di Film The Tree of Might, Lord Slug dan Garlic Jr. Saga terlihat berulang kali ada di Film. Film ini menandai penampilan terakhirnya di seri Dragon Ball Z.
  • Semua prajurit Cooler dibunuh oleh Piccolo. Ini merupakan sebuah paralel di mana semua pasukan Ginyu (kecuali Kapten Ginyu) yang mana bentuk pasukan Cooler didasarkan pada mereka semuanya dibunuh oleh Vegeta.
  • Ketika Goku berubah jadi Super Saiya, seekor Robin yang mati karena serangan Cooler dibangkitkan lagi ketika Goku mengangkatnya dan memegangnya di tangannya ketika dia berubah dan burung itu terbang menjauh. Ini berarti kalau Super Saiya punya kemampuan menyembuhkan. Atau mungkin juga Goku hanya mentransferkan energinya seperti yang ia lakukan pada Frieza.
  • Goku ditunjukkan dengan mudahnya berubah jadi Super Saiya pada saat kembali ke bumi, tetapi di Film ini dia hanya berubah tepat pada akhir pertarungan. Bagaimanapun, itu menunjukkan kalau Goku tidak benar-benar membutuhkannya pada keseluruhan pertarungan dan pada poin ini saat dia hanya menggunakan bentuk Super Saiya-nya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Cooler's_Revenge Dragonball.wikia.com