Frieza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Frieza
Karakter Dragon Ball
Freeza Mugshot.jpg
Frieza karya Akira Toriyama
Penampilan pertama Dragon Ball Z chapter 53
Dragon Ball Z episode 44
Pembuat Akira Toriyama
Profil
Meninggal 764 Masehi
Jenis kelamin Laki-laki
Keluarga King Cold (ayah)
Cooler
(saudara laki-laki)
Kuriza
(anak, Neko Majin Z)

Frieza (フリーザ Furīza?, atau Freeza[1]) adalah tokoh fiksi antagonis ciptaan Akira Toriyama dalam manga dan anime Dragon Ball. Pemunculan pertamanya di manga Dragon Ball, kemudian di serial anime Dragon Ball Z. Frieza juga muncul di serial anime spesial yang berjudul Bardock: The Father of Goku. Ia juga muncul di serial anime Dragon Ball Z versi layar lebar, salah satunya yang berjudul Plan to Destroy the Saiyans. Selain itu ia juga muncul di serial anime Dragon Ball GT. Awal dari kemunculannya, Frieza bahkan ditakuti oleh North Kai.[2]

Bentuk dan transformasi[sunting | sunting sumber]

Frieza adalah salah satu musuh di Dragon Ball yang dapat mengubah dirinya dari satu bentuk ke bentuk lain untuk menambahkan tenaganya. Tercatat selam pertarungannya dengan Goku, Frieza mengubah dirinya sebanyak 5 kali.

Bentuk Pertama[sunting | sunting sumber]

Dalam bentuk pertamanya, Frieza berbentuk humanoid pendek yang proporsional, biarpun dengan sebuah batok kelapa besar bertanduk. Dia juga memiliki sebuah ekor dan juga jari kaki yang berjumlah tiga buah. Dia memakai pakaian yang sama dengan para bawahannya (termasuk para Saiyan), sering kali dia duduk menggunakan kursi terbangnya yang bisa juga digunakan untuk berpergian.

Bentuk Kedua[sunting | sunting sumber]

Bentuk keduanya hampir sama dengan yang pertama namun yang ini lebih besar ditambah dengan tanduknya yang juga semakin mencuat di kedua sisi kepalanya. Pakaiannya terlepas dan sebagai gantinya munculah pakaian alami untuk menutup tubuhnya. Bentuk ini agak mirip dengan bentuk ayahnya King Cold.

Bentuk Ketiga[sunting | sunting sumber]

Bentuk ketiganya lebih menyeramkan, dengan tengkorak yang diperpanjang dengan hidungnya yang menyatu dengan mulutnya. Untuk tanduknya sekarang lebih memendek dan menjadi 2 pasang. Bentuk ini secara samar-samar mirip dengan Xenomorph dari film Alien.

Bentuk keempat[sunting | sunting sumber]

Bentuk yang ini berbeda jauh dengan yang sebelumnya. Dalam bentuk ini Frieza menjadi lebih kecil berwarna putih solid dengan kombinasi warna ungu dibagian kepala, bahu, dada, bawah lutut dan lengannya. Tanduknya menghilang dan bentuk tubuhnya jadi lebih aerodinamis.

Bentuk 100%[sunting | sunting sumber]

Bentuk yang ini tidak berubah sama sekali dengan bentuk keempatnya, hanya saja ototnya membesar dan ia mampu mengeluarkan kekuatan maksimalnya.

Mecha Frieza[sunting | sunting sumber]

Bentuk yang ini bukanlah bentuk resminya melainkan hanya bentuk yang ia dapat setelah tubuhnya diperbaiki kembali menjadi setengah mesin oleh ayahnya setelah kekalahannya melawan Goku di planet Namek. Secara kasar bentuk ini sama dengan bentuk akhirnya tetapi dengan beberapa bagian tubuh yang digantikan oleh mesin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dragon Ball Z manga, volume 12, chapter 136, page 66. ISBN 1-56931-985-5.
  2. ^ North Kaio: "Goku... your greatest strength has been that you can handle anything... but not this time son! NO ONE can handle this one! Just stay away!" (Dragon Ball Z manga, volume 6, chapter 67)

Bacaaan lanjutan[sunting | sunting sumber]