Dragon Ball Z: The Return of Cooler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dragon Ball Z: The Return of Cooler (ドラゴンボールZ 激突!!100億パワーの戦士たち, Doragon Boru Zetto: Gekitotsu!! Hyaku-Oku Pawa no Senshi-tachi; lit. "Dragon Ball Z: Bentrok!! Prajurit Berkekuatan 10.000.000.000") adalah film Dragon Ball Z ke-6, pertama kali dirilis di Jepang pada 7 Maret 1992 antara episode 192 dan 130. Film ini dirilis dalam bentuk VHS dan DVD di United States pada Agustus 2002.

Film ini adalah sebuah sekuel dari film ke-5nya, Dragon Ball Z: Cooler's Revenge dan pertama kalinya Vegeta muncul dalam film. Dalam film ini, Cooler yang telah dikalahkan di film sebelumnya kembali. Sisa tubuh Cooler yang tersisa menyatu dengan Big Gete Star yang membuatnya bangkit kembali. Setelah kebangkitannya, Cooler mengambil kendali atas Big Gete Star dan meneruskan niatnya menghisap sumber daya alam semesta.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan Big Gete Star. Bintang logam cair luar angkasa menempelkan dirinya sendiri di sekitar New Namek lalu menyerap energinya. Dende yang sekarang adalah Dewa Bumi merasakan keadaan gawat dari kaumnya dan memanggil Goku untuk meminta pertolongan.

Goku, Gohan, Oolong, Krillin, Yajirobe, Master Roshi, dan Piccolo tiba dan berjumpa dengan prajurit robot menyebar di New Namek untuk memperbudak Bangsa Namek. Mereka berencana menggunakannya sebagai sumber energi biologis untuk Big Gete Star. Goku dan kawan-kawan kemudian melawan robot-robot itu. Goku pun akhirnya bertemu Cooler yang mengaku kalau ia memang terbakar habis di matahari, tetapi ia bertahan hidup dan sekarang kembali untuk membalas dendam. Saat yang lain melawan para robot, Goku bersiap untuk melawan Meta-Cooler sendiri.

Pada awalnya para Z Fighter memiliki masalah menembus lapisan baja dari robot-robot itu, tetapi Piccolo memerintahkan mereka untuk mengonsentrasikan energi mereka di satu titik dan dengan itu mereka bisa menghancurkan beberapa robot. Akan tetapi, mereka terlalu banyak untuk ditangani dan para Z Fighter kecuali Piccolo tertangkap bersama Bangsa Namek. Bagaimanapun, Piccolo yang tersisa di medan perang itu sudah cukup untuk melakukan serangan penghancur yang membinasakan seluruh robot. Dia terbang ke Big Gete Star untuk membebaskan teman-temannya.

Goku bertarung dengan Meta-Cooler, tetapi sangat tampak kalau Goku, bahkan dalam bentuk Super Saiya, bukanlah tandingan untuk bentuk metal baru Cooler, yang memberinya kemampuan untuk meregenerasi dirinya sendiri. Meta-Cooler mengungkap kalau Big Gete Star secara terus-menerus memantau tubuhnya dan mengatasi setiap masalah atau salah fungsi yang mungkin terjadi (seperti lengan Cooler yang terputus contohnya) dan juga memperkuat dia dalam cara yang demikian kalau itu tidak bisa terjadi dua kali. Goku melakukan serangan terakhir, tetapi Meta-Cooler menangkapnya dan mulai mencekikinya. Vegeta tiba-tiba muncul dan menyelamatkan Goku, dirinya sendiri pun berubah jadi Super Saiya. Akan tetapi, mereka berdua masih bukan tandingan Meta-Cooler dan hanya mampu menang dengan menggabungkan kekuatan mereka dan melancarkan sebuah serangan penghancur yang menghancurkan Meta-Cooler.

Sayangnya, seluruh prajurit Meta-Cooler segera muncul (FUNimation's dub memiliki sebuah penjelasan untuk ini: untuk jaga-jaga kalau salah satu Meta-Cooler kalah, Big Gete Star telah membuat seribu Meta-Cooler). Kalah jumlah dan kehabisan energi, Goku dan Vegeta ditangkap dan diangkut untuk membuat Metal Super Saiya untuk dijadikan prajurit Cooler (di FUNimation dub, energi mereka dimaksudkan untuk dijadikan tenaga). Disinilah Goku dan Vegeta akhirnya mengetahui kebenaran mengenai kenapa Cooler bertahan hidup: setelah kekalahannya melawan Goku, dia tidak hancur sepenuhnya, tetapi bagian tubuhnya yang tersisa mengapung di luar angkasa, termasuk bagian dari otaknya. Bagian itu menyatu dengan Big Gete Star, membuatnya bisa mengambil alih kendali si planet mekanik. Cooler mulai menguras energi Goku dan Vegeta, tetapi mereka membanjiri sirkuitnya dan membuatnya kelebihan muatan, menyebabkannya runtuh. Semua Meta-Cooler hancur dan para tahanan dibebaskan.

Saat yang lain dievakuasi, Goku dan Vegeta menghadapi Cooler sendiri. Cooler membentuk sebuah raksasa kawat dan mencengkram Goku, meremasnya sampai Vegeta memotong lengan Cooler. Goku menembakkan bola energi ke Cooler dan menghancurkan tubuhnya. Big Gete Star pun lepas dari New Namek dan meledak.

Goku dan Vegeta jatuh dari langit dekat tempat istirahat para Z Fighter dan semua orang bergembira. Mereka kemudian menyadari kalau Vegeta tidak ada dimana pun dan Goku melihat ke langit, mencatat kalau tanpa Vegeta, mereka tidak akan menang. Sebenarnya, Vegeta terbang ke luar angkasa menggunakan Kapsul Luar Angkasanya (yang ia gunakan untuk mengikuti Goku ke New Namek) dengan chip komputer dari Big Gete Star di tangannya. Dia menghancurkannya dan pergi kembali ke bumi.

Musik[sunting | sunting sumber]

  • Tema Pembuka (OP):"Cha-La Head-Cha-La"
  • Tema Penutup (ED):"HERO (Kimi ga Hiro)"

Perilisan[sunting | sunting sumber]

The Return of Cooler pertama kali dirilis pada VHS dan Laserdisc di Jepang. Pada 2006, Toei Animation merilis The Return of Cooler sebagai bagian dari kumpulan Dragon Box DVD terakhir, yang termasuk seluruh 4 film Dragon Ball dan 13 Dragon Ball Z.

FUNimation merilis The Return of Cooler dalam VHS dan DVD pada 13 Agustus 2002 pada dua bentuk; edited dan uncut. Di 2002, FUNimation membundel Lord Slug dengan Cooler's Revenge dan The Return of Cooler dalam DVD box set baru. DVD ini dirilis 15 Oktober 2002 dan tersedia dalam bentuk edited maupun uncut.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop Jepang pada 7 Maret 1992 dan meraup total keuntungan ¥1.6 miliar (US $12.3 juta) dan menjadi peringkat 8 film terlaris tahun itu[1].

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Bisa diasumsikan kalau film ini secara garis besarnya mirip dengan Trunks dan Android Saga:
    • Kembalinya Cooler dalam bentuk mekanik mirip bentuk Mecha Frieza.
    • Cooler menyatakan telah berjalan di luar angkasa sampai potongan tubuhnya disatukan dengan komputer utama Big Gete Star, yang membangkitkannya. Hal ini serupa dengan Frieza yang berjalan di luar angkasa sampai ditemukan oleh King Cold.
    • Goku melawan Meta-Cooler sebagai Super Saiya dan nampaknya seimbang dengan dia sampai Meta-Cooler mulai mencekiknya sebelum Vegeta datang dan menendang Meta-Cooler dari samping lalu menunjukkan bentuk Super Saiya-nya, ini sangat mirip dengan pertarungan Goku dengan Android 19.
    • Goku dan Vegeta mengalahkan Meta-Cooler pertama dengan menghancurkannya menjadi beberapa bagian dan menembakkannya, seperti Future Trunks yang mencincang Frieza dan menembakkannya.
    • Inti dari Big Gete Star yang membentuk Meta-Cooler itu mirip dengan super komputer Dr. Gero yang membuat Cell.
  • Ini adalah film tuturan pertama yang memunculkan Vegeta.
  • Ini adalah pertama kalinya Goku tidak berubah jadi Super Saiya secara spontan oleh karena marah.
  • Ini adalah salah satu dari beberapa film yang tidak menjadikan bumi sebagai latar utamanya. Ini juga satu-satunya film yang berlatar di New Namek dan film pertama di mana para Z Fighter bertarung melawan musuh di planet yang bukan bumi.
  • Adegan Piccolo masuk ke Big Gete Star mirip dengan urutan gerbang bintang dari film 2011: A Space Odyssey.
  • Robot yang mencoba memotong Bangsa Namek yang tertangkap dan para Z Fighter di dalam Big Gete Star agak sedikit mirip dengan Medical Droid dari film Star Wars.
  • Salah satu ketidak sesuaian adalah Dende yang telah jadi Dewa Bumi di awal film harusnya bersamaan waktunya dengan Gohan yang mampu berubah jadi Super Saiya, tetapi di film ini Gohan tidak bisa berubah dan secara jelas kalau dia lebih muda dari seharusnya seperti saat di Cell Game. Rambutnya masih panjang dan ia belum lebih tinggi dari Krillin.
  • Ini film terakhir di mana Goku menggunakan teknik Kaio-ken-nya.
  • Sebuah poster untuk film ini menggambarkan Cooler dalam bentuk ke-5nya, walaupun bentuk ini tidak muncul di filmnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • [www.dragonball.wikia.com Dragonball Wikia]]