Dragon Ball Z: Bio-Broly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dragon Ball Z: Bio-Broly (ドラゴンボールZ 超戦士撃破!!勝つのはオレだ, Doragon Bōru Zetto: Sūpā Senshi Gekiha!! Katsu No wa Ore da; lit. "Dragon Ball Z: Super Warrior Defeat!! I'm The One Who'll Win") adalah film Dragon Ball Z ke sebelas. Pertama kali dirilis di Jepang pada 9 Juli 1994 antara episode 232 dan 233. Ini adalah sekuel untuk Dragon Ball Z: Broly - Second Coming, dan film Broly yang terakhir. FUNimation Entertainment mulai menyulih suarakannya ke bahasa Inggris pada tahun 2005.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan sekelompok humanoid berwarna aneh yang muncul dari tangki di sebuah laboratorium. Ilmuwan yang bertanggung jawab untuk hal itu ialah Dr. Collie, dan Nain di antara yang lainnya, diberi ucapan selamat oleh pemimpin mereka, Lord Jaguar yang berencana membuat "Bio-Humans" ini menjadi petarung terkuat di Bumi. Walaupun diperingati oleh sepupunya, Men-men, Jaguar malah tertawa seperti orang gila.

Bio-Mutant[sunting | sunting sumber]

Saat Mr. Satan belum mampu memenuhi permintaan Android 18 yaitu uang hadiah yang ia minta untuk membiarkannya memukulnya di Turnamen Tenkaichi Budokai ke-25, dia mulai menghancurkan rumahnya Mr. Satan, terutama hadiahnya yang tidak pantas dari turnamen. Mr. Satan sambil mundur karena takut, mencoba menjelaskan pada 18 kalau dia belum mendapatkan uangnya, tetapi dia tidak mempercayainya, dan lanjut menggeledah rumahnya. Berteriak karena ketakutan didengar oleh Krillin, Marron, Trunks, dan Goten yang sedang menunggu di luar.

Mr. Satan dikunjungi oleh Men-men yang mengaku sebagai sepupu dari saingan sang juara dunia itu, Jaguar. Kelihatannya Jaguar sedang menantang Mr. Satan berkunjung ke pulau laboratoriumnya untuk bertarung dengan Bio-Warrior-nya, karena Jaguar adalah satu-satunya orang lain yang tahu kalau Mr. Satan sering mengompol waktu masih muda. Mr. Satan setuju dan berangkat ke Mei Queen Castle dengan Men-men diikuti oleh 18, Trunks, dan Goten.

Pada kedatangannya, Mr. Satan dengan dinginnya disambut oleh Jaguar yang telah mengatur perlombaan untuknya untuk melawan Bio-Warrior, tetapi ketika mereka menunjukkan kemampuan bertarung mereka yang tidak bisa dipercaya, (mereka lebih dari apa yang bisa ditangani Mr. Satan) Goten, Trunks, dan 18 pun ikut campur tangan. Goten dan Trunks kemudian dihadapkan oleh sebuah wajah yang tidak asing lagi yaitu Maloja (Dukun dari Desa Natade yang mereka temui di film sebelumnya, Broly - Second Coming).

Marah Sekali, Jaguar menunjukkan prajurit terkuatnya: seorang Super Bio-Warrior. Tapi ketika Trunks dan Goten melihat sang Super Bio-Warrior, mereka mengenalinya sebagai yang tidak lain adalah sang Legendary Super Saiyan, Broly. Mereka menemukan si dukun yang kemudian memberitahu mereka kalau dia menjual darah beku Broly ke Jaguar dan kalau sang Super Bio-Warrior adalah kloning Broly. Trunks dan Goten bersiap menghancurkan Bio-Broly sebelum dia bisa dibangkitkan, tetapi dia merasakan serangannya yang membangunkan insting Saiya Broly. Dia memecahkan penghalang, yang kemudian menyebabkan banyak cairan berbahaya keluar dan meluap tak terkendali, sedangkan broly dilumuri oleh bio-liquid dan berubah menjadi bentuk cacat yang mengerikan, Bio-Mutant yang ditutupi lendir, oleh karena itu ia dinamakan Bio-Broly. Sementara itu, Maloja sedang mengambil semua uang di brankas Jaguar. Sayangnya, cairan itu muncul di belakangnya dan membunuhnya saat ia mencoba menghadapinya dengan doa pengusir setan.

Melawan sang Legendary Super Saiyan: Ronde 3[sunting | sunting sumber]

Jaguar memerintahkan Bio-Broly untuk menyerang Mr. Satan, tetapi 18 menghalanginya di menit-menit terakhir, tetapi ia pun dipukuli oleh Bio-Broly tepat sebelum Bio-Broly bisa membunuh Satan. Goten dan Trunks pun ikut campur dan menyelamatkannya tepat waktu. Mereka kemudian menyerang Bio-Broly dan mereka terbukti seimbang, sampai Goten meninggalkan pertarungannya untuk menyelamatkan beberapa ilmuwan yang terperangkap dari Bio-Liquid yang banjir dan berbahaya yang akan menyerap apapun dengan sebuah struktur genetik yang berbeda untuk dirinya dan tumbuh lebih kuat.

Saat Bio-Broly memukuli Trunks, 18 memulihkan dirinya dan mencoba menghentikannya, tetapi ia juga malah dipukuli. Tepat sebelum Bio-Broly bisa membunuhnya, Krillin muncul tepat waktu dan menyelamatkan 18, tetapi Bio-Broly menemukan mereka berdua dan hampir membunuh mereka. Goten dan Trunks kemudian melawan Bio-Broly lagi, tetapi mereka dihajar habis-habisan dan Bio-Broly hampir membunuh Goten sampai Trunks memancingnya menjauh.

Trunks berhasil memancing Bio-Broly menjauh dari temannya dan kemudian menembakkan Finish Buster terbalik ke arahnya, namun sayang meleset. Kelihatannya Trunks sedang ditakdirkan buruk, sampai sebuah tangki yang telah terkena Finish Buster-nya tadi retak. Hal ini menyebabkan Bio-Liquid menyiram Bio-Broly dan sepertinya melelehkannya. Sayangnya, ini hanya membuat Bio-Liquid-nya lebih kuat dan dengan segera mula membanjiri seluruh pulau. Goten, Trunks, Krillin dan 18 berhasil membawa sebanyak mungkin orang yang mereka bisa bawa keluar dari lab, termasuk Jaguar yang gengsi dan Men-men yang ingin mati bersama ciptaan mereka karena malu, tetapi bagaimanapun Trunks menyelamatkan mereka dan Mr. Satan berhasil melarikan diri dengan melompat ke laut.

Yang membuat semua orang terkejut adalah Bio-Liquid tampaknya menjadi padat karena menyentuh air laut, jadi Trunks, Goten, dan Krillin menggunakan sebuah triple Kamehameha untuk menembakkan air ke pulau setinggi mungkin yang membuat seluruh pulau dibanjiri air laut yang memadatkan semua Bio-Liquid. Sayang seribu sayang, perayaan harus terhenti sementara ketika Bio-Broly muncul dari laut dalam bentuk raksasa. Akan tetapi, secepat Bio-Broly muncul, secepat itu juga berubah jadi batu oleh karena telah dibasahi air laut. Melihat kesempatan mereka, Goten dan Trunks menembak patung Bio-Broly raksasa itu.

Mr. Satan muncul dari dalam air laut dan meminta pertolongan. 18 tertawa dan mengatakan kalau dia akan menolongnya jika dia berjanji membayarnya 100.000.000 zeni. Mr. Satan merasa takut dan ia pun memilih berenang saja. Di dunia lain, Goku diberi tahu kalau Broly mengamuk di neraka. Bersama dengan Pikkon/Paikuhan, Goku dikirim untuk menghentikan Broly setelah dia menyelesaikan santapannya.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Film ini mungkin terjadi selama Buu Saga, setelah Turnamen Tenkaichi Budokai ke-25 dan tak lama sebelum Super Buu tiba di istana Dewa Kami.[1] Ini akan mungkin terjadi antara episode "Return to Other World" dan "Gotenks is Born", karena Goren dan Trunks belum menguasai Fusion Dance dan Goku sedang ada di Dunia Lain (sebagaimana yang ditunjukkan pada akhir film). Penempatan ini juga akan menjabarkan tentang Gohan dan Vegeta yang tidak ada di keseluruhan film, Gohan sedang berlatih dengan Z Sword dan Vegeta baru saja mati di masa ini.

Di manga/anime Dragon Ball, setelah turnamen, Android 18 pergi dengan Bulma dan yang lainnya untuk menemukan Dragon Ball[2] dan kemudian Goku membawa mereka ke istana Dewa Kami, dimana dia tinggal dengan Krillin, Marron, dan yang lainnya. Goten dan Trunks juga dibawa ke istana itu setelah Majin Buu dibebaskan dan berlatih untuk melakukan Fusion Dance. Mereka, Krillin, dan Marron bisa jadi bergabung dengan #18 menemui Mr. Satan untuk mendapatkan 20 juta zeni yang ia hutangkan pada #18 sebelum Super Buu datang ke istana (dan sebelum Goten dan Trunks memasuki Kamar Ruang Roh dan Waktu).

Android 18 bisa juga meminta uangnya pad Mr. Satan setelah Kid Buu Saga, tetapi Goku diperlihatkan mati di planetnya Grand Kaio di akhir film.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop Jepang pada 9 Juli 1994 dan meraup total keuntungan ¥1.12 miliar (US $11.5 juta) dan menjadi peringkat ke-17 film dengan pendapatan domestik tertinggi.[3]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Bio-Broly pertama kali dirilis dalam VHS dan Laserdisc di Jepang. Pada 2006, Toei Animation merilis Bio-Broly sebagai bagian dari Dragon Box DVD set terakhir yang mencakup semua 4 film Dragon Ball dan 13 film Dragon Ball Z.

FUNimation merilis Bio-Broly dalam DVD pada 13 September 2005 dalam bentuk uncut.[4] DVD-nya menampilkan sebuah dub bahasa Inggris dengan sebuah soundtrack yang berisi komposisi musik asli dari Mark Menza. Pada 2006, FUNimation membundel Broly - The Legendary Super Saiyan dengan Broly - Second Coming dan Bio-Broly dalam sebuah DVD box set baru yang berjudul "Broly Triple Threat".[5] DVD ini dirilis pada 12 September 2006 hanya dalam bentuk uncut.

FUNimation merilis ulang Broly - The Legendary Super Saiyan, Broly - Second Coming, dan Bio-Broly pada DVD dan Blu-ray pada 31 Maret 2009 sebagai satu-satunya "Triple Feature"[6] dalam proyek "Double Feature" mereka.

FUNimation mengemas ulang Double Feature DVD-nya menjadi 3 new thinpak sets, ketiganya dirilis pada 3 Januari 2012 dan mencakup Broly - Second Coming, Bio-Broly, Fusion Reborn, dan Wrath of the Dragon. 3 set ini juga dirilis bersamaan di Kanada.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah film pertama di mana Android 18 memainkan sebuah peran aktif (dia secara singkat muncul bersama adiknya di Dragon Ball Z: Super Android 13!, tetapi tidak memainkan sebuah peran yang besar). Ini juga satu-satunya film di mana dia bertarung bersama suaminya, Krillin.
  • Ini adalah film pertama di mana Marron muncul.
  • Krillin, Trunks, dan Goku adalah karakter yang muncul di semua film Broly. Trunks muncul sebagai bayi di film pertama Broly.
  • Ini adalah satu-satunya film Broly di mana Krillin benar-benar bertarung melawan Broly.
  • Ini pertama kalinya Trunks menggunakan Kamehameha.
  • Dari film ini sampai Dragon Ball: Yo! Son Goku and His Friends Return!!, musuh utama tidak berbicara (atau paling tidak hanya mengatakan satu kata).
  • Walaupun filmnya mengatakan kalau Broly telah terbunuh saat ditembak ke matahari dari Second Coming, video game Dragon Ball: Raging Blast 2 tidak menyetujuinya dengan mengatakan kalau Broly tidak hanya bertahan hidup, tetapi juga menjadi semakin kuat dan meraih bentuk Super Saiya 3 sebagai hasilnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]