Dragon Ball Z: Dead Zone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dragon Ball Z: Dead Zone (ドラゴンボールZ オラの悟飯を返せッ!!, Doragon Bōru Zetto: Ora no Gohan o Kaese!!; lit. "Dragon Ball Z: Kembalikan Gohanku!!") adalah film tuturan Dragon Ball ke-4 dan yang pertama dalam seri Dragon Ball Z. Dirilis antara episode 11 dan 12 dengan tayang perdananya pada Toei Cartoon Festival 1989 (bersama dengan 3 film lainnya mulai dari Akuma-kun, Himitsu no Akko-chan dan seri Mobile Cop Jiban). Dirilis pada 1989 oleh Toei Animation, judul aslinya adalah Dragon Ball Z: The Movie selama perilisan teaterikalnya. Kemudian disulih suarakan ke dalam bahasa Inggris oleh perusahaan Kanada Ocean Group pada 1997 untuk perusahaan Amerika FUNimation Entertainment, judulnya diganti jadi "Dead Zone". Lalu disulih suarakan ulang oleh FUNimation sendiri di 2005.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini bercerita tentang Garlic Jr, yang ingin membalaskan dendam ayahnya yang ingin menjadi penjaga bumi namun gagal karena dewa terdahulu lebih memilih dewa Kami sebagai penerusnya dan dirinya sendiri yang ingin menjadi penguasa dunia. Dengan tujuan memenuhi seluruh keinginannya, anak buahnya menculik anak Goku (Gohan) untuk mendapatkan Dragon Ball yang ia bawa. Garlic Jr kemudian memanggil Shenron/Shen Long menggunakan Dragon Ball dan meminta kehidupan yang abadi. Goku harus bergabung (dengan terpaksa) dengan rivalnya Piccolo Jr dengan tujuan menyelamatkan dunia. Dengan bantuan Piccolo lalu kemudian Krillin, Goku sanggup mengalahkan anak buah Garlic Jr dan menyelamatkan Gohan. Dewa Kami tiba dan menghadapi Garlic Jr. Bagaimanapun juga, dia tidak sanggup mengalahkannya dan dalam sebuah usaha terakhirnya dewa Kami memutuskan untuk mengorbankan dirinya sendiri untuk membunuh Garlic Jr. Untungnya, Goku dan Piccolo tiba tepat waktu untuk mengatasi Garlic Jr. Ketika mereka (kelihatannya) mengalahkan Garlic Jr, Piccolo ingin bertanding ulang dengan Goku. Bagaimanapun juga, Garlic Jr yang abadi muncul lagi dan membuka sebuah portal Dead Zone dengan tujuan memerangkap setiap orang didalamnya. Dengan waktu yang semakin habis dan mereka hampir terhisap kedalamnya, kekuatan tersembunyi Gohan muncul dan ia mengirim Garlic Jr ke dalam portal membuatnya terperangkap di dalam dan menyelamatkan semua orang.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Dead Zone adalah satu-satunya film yang mengambil latar setelah akhir kisah Dragon Ball dan sebelum awal kisah Dragon Ball Z. Kejadian difilm ini mungkin mengambil tempat antara episode "The End, The Beginning" dari Piccolo Jr Saga dan "The New Threat" dari Vegeta/Saiyan Saga. Daizenshuu 6 juga mengatakan film ini mengambil latar sebelum kemunculan Raditz[1].

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Dead Zone secara resmi dirilis pada VHS dan Laserdisc di Jepang. Pada 2006, Toei Animation merilis Dead Zone sebagai bagian dari Dragon Box DVD set terakhir, yang mencakup semua film Dragon Ball dan 13 film Dragon Ball Z. Ini semua ditampilkan dalam sebuah widescreen transfer' terbaru dari film negatif aslinya dengan sebuah aspect ratio 16:9 yang sudah dimatted dari aspect ratio 4:3 aslinya.

Musik[sunting | sunting sumber]

  • Lagu Pembuka (OP)
  1. "Cha-La Head-Cha-La" (Chara Hetchara)
    • Lirik: Yukinojo Mori, Musik: Chiho Kiyooka, Aransemen: Kenji Yamamoto, Vokal: Hironobu Kageyama
  • Lagu Sisipan (IN)
  1. "Tenka-ichi Gohan"
    • Lirik: Sakiko Iwamuro, Musik: Takeshi Ike, Aransemen: Kenji Yamamoto, Vokal: Masako Nozawa (Son Gohan)
  • Ending Theme (ED)
  1. "Detekoi Tobikiri Zenkai Power!"
    • Lirik: Toshihisa Arakawa, Musik: Takeshi Ike, Aransemen: Kenji Yamamoto, Vokal: MANNA

Musik orkestra tambahan dikomposisikan oleh Shunsuke Kikuchi.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  1. Ini satu-satunya film yang menggunakan lagu penutup sama dengan seri TVnya (Detekoi Tobikiri Zenkai Power!). Semua film yang lain menggunakan lagu orisinil untuk lagu penutupnya.
  2. Ini satu-satunya film dimana Goku bertarung dengan tongkat ajaibnya selain The World's Strongest.
  3. Garlic Jr dan anak buahnya mencoba membunuh Piccolo dan tahu bahwa dengan melakukannya akan membunuh dewa Kami juga, tapi dia sepertinya tidak mengetahui bahwa dengan membunuh mereka akan menyebabkan 7 Dragon Ball (yang mana Garlic Jr membutuhkannya untuk jadi abadi) menghilang.
  4. Ada beberapa ketidaksesuaian. Contohnya, Krillin sudah mengenal Gohan difilm, tapi dia tidak tahu siapa Gohan diawal Dragon Ball Z. Lainnya adalah dalam persekutuan antara Goku dan Piccolo saat melawan Raditz, Goku mengomentari temuannya bahwa Piccolo berlatih menggunakan baju pemberat. Bagaimanapun juga dia mengatakan hal yang sama di Dead Zone.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Dragonball.wikia.com