Dragon Ball: Mystical Adventure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dragon Ball: Mystical Adventure (ドラゴンボール 魔訶不思議大冒険, Doragon Bōru: Makafushigi Dai-Bōken; lit. "Dragon Ball: Mystical Great Adventure") adalah film Dragon Ball ketiga. Petama kali dirilis di Jepang pada 9 Juli 1988, antara 119 dan 120 dengan pertama tayangnya pada Toei Cartoon Festival 1988 (Bersamaan dengan film-film seperti Tatakae!! Ramenman, Bikkuriman, dan serial Kamen Rider Black).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Goku dan Krillin sedang berlatih untuk sebuah Turnamen Seni Bela Diri Sedunia yang akan diselenggarakan di Kekaisaran Mifan. Kaisar Mifan, Chiaotzu, sedang berusaha mencari "Ran Ran" miliknya yang hilang. Mentrinya, Master Shen, telah memperkerjakan Pilaf dan komplotannya untuk mengerjakan sebuah Dragon Radar Global yang lalu ia rebut dan gunakan untuk menemukan Dragon Ball. Mentri Master Shen dan Tao Pai Pai mengatakan kalau mereka akan menggunakan permohonan dari Shenlong untuk menemukan Ran Ran, tetapi sebenarnya merencanakan pembunuhan pada Chiaotzu dan mengambil alih kekaisaran itu dengan bantuan Tien Shinhan. Blue mengatakan kalau Ran Ran sedang disembunyikan di ruangan Master Shen dan ia dibunuh karenanya. Bora dan Upa telah menyembunyikan Dragon Ball terakhir dan mereka membawanya ke Mifan untuk menggunakannya untuk meminta para prajurit Mifan dipaksa meninggalkan Tanah Suci Korin.

Bora diperdaya untuk mengikuti turnamen itu (pemenang turnamen itu akan dikabulkan satu keinginannya oleh Chiaotzu) dan dia kemudian dibunuh oleh Tao Pai Pai. Cerita tentang Blue dan Goku yang sedang memasuki Desa Penguin juga dimasukkan, tetapi kali ini Tao Pai Pai dan Goku lah yang bertemu Arale Norimaki dan Goku mengalahkan Tao Pai Pai dengan bantuan Arale.

Bulma, Oolong, Launch dan Puar sedang mencari 6 bola naga yang lain, agar Bulma bisa membuat sebuah permintaan. Akan tetapi, ketika Dragon Ball diletakkan di istana, mereka disergap oleh Shen dan pengawalnya. Bulma pun kabur dengan bantuan Yamcha dan mereka melompat ke dalam parit yang mengelilingi istana Chiaotzu, tetapi secara tak sengaja menjatuhkan Dragon Ball mereka ke dalam retakan yang dalam di dasar danau.

Tien Shinhan menyadari kalau dia terlalu menyayangi Chiaotzu dan tidak akan membunuh temannya itu. Sebagai gantinya, dia melemparkan Master Shen jauh-jauh. Goku melempar bola terakhir ke dalam retakan tadi dan meminta Shenlong untuk menghidupkan kembali Bora yang bersatu kembali dengan anaknya.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Film ini terjadi selama latihan Goku dan Krillin di bawah bimbingan Master Roshi. Kejadian di film ini terjadi di sebuah dunia alternatif menurut Daizenshuu 6.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada 2006, Toei Animation merilis Mystical Adventure sebagai bagian dari Dragon Box DVD set terakhir yang mencakup semua film Dragon Ball dan Dragon Ball Z.

Pada 2000, FUNimation merilis film dengan sebuah sulih suara yang baru pada VHS dan DVD bilingual. Akan tetapi, urutan pembuka dan penutupnya diganti dengan opening dan ending seri TV-nya. FUNimation diam-diam mengeluarkan kembali sebuah versi terbaru dari film ini dengan opening dan ending Jepang originalnya, tetapi kali ini beberapa frame-nya dibekukan pada saat text Jepangnya pertama kali ditampilkan.

Pada 2005, film ini dirilis ulang pada DVD-nya masing-masing dan dalam sebuah box set bersama Sleeping Princess in Devil's Castle dan The Path to Power. 3-disc box set in dirilis ulang dalam sebuah thinpak variety pada 2008. Pada 2011, FUNimation merilis ulang keseluruhan 4 film Dragon Ball dalam sebuah thinpak DVD collection terbaru dengan urutan opening dan ending-nya dikembalikan ke Japanese footage aslinya.

Musik[sunting | sunting sumber]

  • OP (Opening Theme): "Makafushigi Adventure!"
  • ED (Ending Theme): "Dragon Ball Densetsu"

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]