Yamcha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Yamcha adalah salah seorang tokoh fiksi dalam anime dan manga Dragon Ball. Tokoh ini awalnya adalah musuh Goku dan Bulma yang pada saat itu mereka sedang mencari Dragon Ball. Yamcha awalnya hanya ingin merampok koleksi kapsul yang dimiliki Bulma. Namun niatnya berubah setelah mengetahui kegunaan Dragon Ball.

Yamcha ( ヤムチャ Yamucha?) adalah protagonis pendukung di manga Dragon Ball dan di anime Dragon Ball, Dragon Ball Z dan Dragon Ball Super dengan sedikit penampilan di Dragon Ball GT. Dia adalah mantan pacar Bulma dan teman baik seumur hidupnya Puar.

Yamcha adalah mantan bandit padang pasir sehingga pernah menjadi musuh Goku tetapi dengan cepat berubah dan menjadi teman seumur hidup dan sekutu. Yamcha adalah ahli seni bela diri yang sangat berbakat dan salah satu manusia Bumi terkuat. Ia memiliki kemampuan dan sifat yang membuatnya bisa ikut bertarung saat ada ancaman. Akan tetapi, dalam setengah cerita Dragon Ball Z berikutnya dia mulai tidak ikut bertarung karena telah terlampaui sangat jauh oleh teman-temannya yang lain. Golongan darahnya adalah O[1].

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Kreasi dan konsep[sunting | sunting sumber]

Ketika Akira Toriyama memutuskan untuk menciptakan Dragon Ball, ia menggunakan kisah Perjalanan ke Barat karya Wu Cheng'en sebagai prototipe untuk serinya.[2] Yamcha kemungkinan besar didasarkan pada Sha Wujing yang dikenal juga sebagai Sha Seng dari novel ini.[3] Keduanya adalah bandit yang kuat (Yamcha dari gurun berpasir dan Sha dari sungai berpasir) yang pada akhirnya merubah jalan mereka dan menolong tokoh utama dalam pencarian mereka.

Desain prototipe untuk Yamcha kemungkinan adalah judul karakter one-shot Akira Toriyama yaitu Pink. Walaupun Pink adalah wanita, dia juga adalah seorang bandit yang hidup di padang pasir yang memiliki sahabat binatang dan mengendarai kendaraan terbang yang serupa dengan Jet Squirrel milik Yamcha. Setelah memotong rambut panjangnya pertama kali di serinya, Yamcha tampak sangat mirip dengan karakter Dr. Slump yaitu Tsukutsun Tsun dalam hal penampilan dan karakteristik.

Karakter utama dari manga Akira Toriyama tahun 1986, Mister Ho, tampak mirip sekali dengan Yamcha. Keduanya memiliki kepribadian yang sama yaitu sangat canggung saat melihat wanita cantik.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Penampilan Yamcha selalu berubah-ubah, utamanya adalah pakaian dan gaya pakaiannya. Yamcha awalnya memiliki rambut panjang. Setelah menetap di kota, dia memotong rambutnya agar pas. Kemudian, dia memanjangkan rambutnya lagi. Beberapa gaya rambut Yamcha juga digunakan oleh Gohan dalam beberapa kesempatan. Perubahan paling jelas lain yang ia miliki adalah bekas luka misterius yang ia dapat selama berlatih untuk Turnamen Tenkaichi Budokai ke-23. Menurut pemindaian Android 19, Yamcha tingginya 183 cm dan bertanya 68 kg. Kanji pertama baju Yamcha adalah 楽 (raku) artinya berjuang untuk kenyamanan atau kemudahan. Tidak ada arti sesungguhnya di balik ini selain daripada ia hanya menyukai kenyamanan. Setelah berlatih dengan Master Roshi, dia memiliki kanji kura-kura "亀" sebagai tanda hormatnya. Kemudian, setelah berlatih dengan Raja Kaio, ia menggunakan kanji kura-kura dan kai. Dia menggunakannya dengan cara yang terbalik dari Goku (kura-kura di bagian punggung dan kai di dada), kecuali di Dragon Ball Z: The Tree of Might saat ia mengenakan kanji kai di punggung dan kura-kura di dada. Yamcha kadang memakai pakaian bela diri warna putih dengan celana panjang hitam yang membuatnya mirip dengan pakaian yang dipakai Bruce Lee selama pertarungannya dengan O'Hara di film Enter the Dragon seperti yang ditunjukkan selama salah satu penampilan singkatnya di Red Ribbon Army Saga dan di film Dragon Ball Z: Battle of Gods.

Nama[sunting | sunting sumber]

Namanya adalah permainan dari kata Yum dan Cha yang artinya adalah minum teh.[4]

Kepribadian dan hobi[sunting | sunting sumber]

Yamcha pada awalnya dikarakterkan sebagai petarung mematikan yang tidak takut apapun kecuali wanita. Setelah berteman dengan Goku dan yang lainnya, kepribadiannya sebagian besar tetap sama tetapi menjadi sangat peduli dan peka pada orang yang ia lindungi. Dia digambarkan sebagai petarung pemberani yang berupaya untuk jadi yang terbaik tetapi tidak pernah berhasil. Dia punya jaringan informasi yang besar karena mengenali tongkat ajaib Goku sebagai milik kakek Gohan selama pertarungan pertama mereka.

Yamcha adalah peminat besar dari Turnamen Tenkaichi Budokai dan selalu ingin berkompetisi dan menang suatu hari nanti. Tampaknya inilah kenapa dia punya pengetahuan tentang petarung terkenal seperti kakek Gohan, Raja Chappa dan yang lainnya. Kapanpun turnamen akan segera diselenggarakan, Yamcha akan selalu pergi berlatih dengan teguh dan menciptakan teknik baru. Dia adalah petarung kedua yang mempelajari Kamehameha pada awal Dragon Ball (setelah Goku).

Di permulaan Dragon Ball Z , dia menunjukkan kebanggaan yang besar dalam melindungi bumi dari para Saiya, ia rela mengorbankan nyawanya untuk menghentikan mereka dan tampaknya ia melakukannya. Setelah dihidupkan lagi, ia bersiap-siap melawan para Android. Selama waktu ini dia dan Bulma telah putus secara baik-baik (karena mereka masih berteman) dan Bulma pun akhirnya bersama Vegeta yang membuat Yamcha jengkel. Setelah melihat reaksi emosi Vegeta pada kematian Future Trunks, Yamcha memaafkannya dan kemudian berteman dengan Vegeta. Yamcha juga baik pada Trunks dan memberi tahu Future Trunks kalau ayahnya sangat menyayanginya. Setelah hampir terbunuh oleh Dr. Gero, dia mulai mengalami kekurangan minat pada pertarungan karena kekuatan yang selalu bertambah besar untuk setiap musuh yang muncul. Tampaknya semua keinginan bertarung yang ia miliki hilang saat kemunculan Super Saiya yang secara drastis membuatnya tampak tak berarti. Setelah menyadari kalau musuhnya jauh lebih kuat darinya, Yamcha menerimanya dan sehingga kontribusinya tak akan berarti dan sebagai gantinya ia memilih untuk diam dan tetap melihat saja. Walaupun seperti ini, dia tetap teman yang bisa dipercaya dan bertarung pada saat dibutuhkan. Di setengah akhir Dragon Ball Z , dia mengundurkan diri dari pertarungan tetapi tetap berlatih sendiri.

Yamcha mengatakan keinginan kuatnya untuk menikah yang menjadi alasan kenapa ia ingin menyembuhkan ketakutannya pada wanita. The Dragon Ball: Bouken Special Book yang dirilis selama King Piccolo Saga mengatakan dia canggung pada wanita kecuali Bulma. Future Trunks mengatakan saat di Trunks Saga kalau Yamcha nantinya akan tidak lagi takut canggung pada semua wanita dan kalau pergaulan bebasnya menyebabkan Bulma putus dengannya di garis waktu Future Trunks.

Future Trunks mengatakan kalau setelah Bulma dan Yamcha putus, Yamcha menemukan pacar baru. Walaupun ia tak pernah ditampilkan di media Dragon Ball manapun, pacar baru Yamcha disebutkan di akhir Cell Saga ketika Shenlong meminta permohonan dan Yamcha sambil bercanda mengusulkan keinginannya untuk meminta kalung untuk pacarnya. Walaupun Trunks bilang kalau mimpinya untuk menikah akan terwujud dan ia akan menemukan cinta lagi, Yamcha masih saja single di Dragon Ball GT.

Hobinya adalah bergulat baseball. Sang pengarang seri, Akira Toriyama menyarankan Yamcha untuk jadi pemain baseball di anime filler untuk Dragon Ball Z . Yamcha suka makan Soba. Dalam sebuah wawancara, Toriyama mengatakan koki terbaik di Dragon Ball adalah Raja Sapi dan Yamcha.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Di polling Dragon Ball Forever terhadap 20 karakter terbaik, Yamcha ada di nomor 15 oleh fans Jepang. Ini ada di atas Tien Shinhan, Bulma dan Yajirobe.
  • Dalam setiap Turnamen Tenkaichi Budokai yang selalu Yamcha ikuti, dia selalu kalah di perempat final (ke-21 oleh kalah Jackie Chun, ke-22 oleh Tien dan ke-23 oleh Hero yang sebenarnya adalah dewa bumi).
  • Di anime, Yamcha adalah petarung pertama yang terlihat punya pekerjaan tetap. Yamcha terlihat bermain untuk tim baseball yang bernama "Taitans".
  • Pada saat kemunculan pertama android, pemindai Yamcha membaca kalau alamat Yamcha adalah NB; 8250012B, tingginya 183 cm, beratnya 68 kg, kemampuan spesialnya Rouga Whowhoken dan dia adalah petarung kelas B. Data ini juga digunakan di Dragon Ball: Bokuken Special.
  • Di penampilannya di Dragon Ball GT, Yamcha berumur sekitar 57 tahun. Walaupun seperti itu, ia tampak tak menunjukkan perubahan berarti kecuali dari gaya rambutnya.
  • Yamcha adalah satu-satunya karakter yang disuarakan oleh pengisi suara versi FUNimation Entertainment Christopher Sabat di empat film Dragon Ball.
  • Yamcha memiliki lagu temanya sendiri yang dinyanyikan oleh pengisi suaranya Toru Furuya. Lagunya dijuduli Wolf Hurricane dan bertema tentang kehidupannya di gurun pasir dan kesepiannya.
  • Saat Saiyan Saga, Yamcha menyebutkan punya teman bandit di tempat persembunyian mereka di Diablo Desert.
  • Abel, protagonis dari OVA Dragon Quest tahun 1989 Dragon Warrior: Legend of the Hero Abel yang juga didesain oleh Akira Toriyama, juga tampak mirip Yamcha dan bahkan pengisi suara jepangnya pun sama.
  • Yamcha disebutkan sebagai koki yang hebat oleh Akira Toriyama.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]