Perjalanan ke Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perjalan ke Barat

Xi you ji (Chinese characters).svg

Perjalanan ke Barat dalam aksara Tionghoa Tradisional (atas) dan Sederhana (bawah)
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 西遊記
Hanzi sederhana: 西游记
Nama Jepang
Kanji: 西遊記
Hiragana: さいゆうき
Nama Korea
Hangul: 서유기
Hanja: 西遊記
Nama Vietnam
Vietnam: Tây du ký
Sampul depan novel Xi You Ji

Perjalanan ke Barat (Hanzi: 西遊記; Pinyin: Xi You Ji) adalah sebuah karya sastra terkenal dari zaman Dinasti Ming. Novel ini menceritakan banyak mitologi klasik pertentangan antara baik dan buruk yang bertemakan seorang pendeta dari zaman Dinasti Tang yang mengambil kitab suci ke barat, dalam hal ini ke India. Di kalangan Tionghoa di Indonesia, novel ini dikenal dengan nama See Yu Ki yang merupakan pelafalan bahasa Hokkien.

Walaupun tokoh pendeta yang digambarkan di dalam novel ini merupakan pendeta Xuanzang, tetapi deskripsi pendeta Tong bertolak belakang dengan karakter asli Xuanzang yang hidup pada masa Dinasti Tang itu.

Novel ini selesai ditulis oleh Wu Chengen (吳承恩) sekitar pertengahan abad ke-16 dan kemudian populer sebagai bacaan di seluruh Tiongkok dan juga merupakan salah satu dari 4 karya sastra terbaik dalam sejarah sastra Tionghoa bersama Kisah Tiga Negara, Batas Air dan Impian di Bilik Merah.

Tokoh-tokoh novel[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama yang diceritakan di dalam novel adalah:

Di dalam ekspedisi ke langit barat, empat tokoh ini melewati 14 musim panas dingin, 81 kali bahaya menghadapi gangguan dari siluman dan setan-setan yang ingin menawan Pendeta Tong sebelum akhirnya mencapai tujuan dan membawa kembali kitab suci pulang ke Tiongkok.