Kura-kura Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kura-kura Hitam
Penyu Hitam

Kura-kura Hitam dilukis di atas ubin Tiongkok
Nama Tionghoa
Hanzi: 玄武
Makna harfiah: Pejuang Hitam
Pejuang Misterius
Nama Jepang
Kanji: 玄武
Hiragana: げんぶ
Nama Korea
Hangul: 현무
Hanja: 玄武
Nama Vietnam
Quốc ngữ: Huyền Vũ
Pejuang Hitam dari Utara

Sebuah Kura-kura Hitam tembaga dari Era Yongle Dinasti Ming (awal abad ke-15)
Hanzi: 北方玄武

Kura-kura Hitam atau Penyu Hitam adalah salah satu dari Empat Simbol dari rasi bintang Tiongkok. Terlepas dari nama Inggrisnya, ia biasanya digambarkan sebagai penyu terbelit bersama dengan ular. Selanjutnya, di Asia Timur, ia tidak dinamakan sesuai nama salah satu hewan, alih-alih dikenal sebagai "Pejuang Hitam" dengan berbagai pengucapan lokal. Ia dikenal sebagai Xuánwǔ dalam bahasa Tionghoa, Hyeonmu dalam bahasa Korea, Genbu dalam bahasa Jepang, dan Huyền Vũ dalam bahasa Vietnam. Ia mewakili utara dan musim dingin.

Di Jepang, ia merupakan salah satu dari empat roh penjaga yang melindungi Kyoto dan dikatakan bahwa ia melindungi kota tersebut di utara. Diwakili oleh Kuil Genbu,[1] yang terletak di sebalah utara dari Istana Kekaisaran Kyoto.

Nama makhluk itu identik dengan Xuanwu, dewa Taoisme penting, yang kadang-kadang (seperti dalam Perjalanan ke Barat) digambarkan didampingi kura-kura dan ular.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Kura-kura Hitam dengan Ulare. Relief Bata Dinasti Selatan 11.

Pada zaman Tiongkok kuno, kura-kura dan ular besar dianggap makhluk spiritual yang melambangkan umur panjang. Kebiasaan orang Fujian membangun makam berbentuk kura-kura mungkin ada kaitannya dengan keinginan untuk menempatkan kuburan di bawah pengaruh Kura-kura Hitam.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-06. Diakses tanggal 2014-09-29. 
  2. ^ de Groot, Jan Jakob Maria (1892), The Religious System of China, III, Brill Archive, hlm. 1082–1083 
  3. ^ 李永球 (Li Yongqiu) (2010-03-07), "各籍貫墳墓造型 (In every land, its own kind of graves)", Sin Chew Daily, diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-31, diakses tanggal 2017-10-22 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]