Bulma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bulma
Karakter Dragon Ball
Bulma Lithograph.PNG
Bulma oleh Akira Toriyama
Penampilan pertama Jilid 1 (Bab 1) (manga)
Episode 1 Dragon Ball (anime)
Pembuat Akira Toriyama
Pengisi suara Hiromi Tsuru (Jepang)
Tiffany Vollmer (Inggris)
Profil
Nama lain Bulma Briefs
Bloomers
Lena
Jenis kelamin Perempuan
Spesies Manusia
Keluarga Dr. Briefs (ayah)
Mrs. Briefs (ibu)
Vegeta (suami)
King Vegeta (ayah mertua)
Trunks (putra)
Bra (putri)
Vegeta Jr. (keturunan)

Bulma (ブルマ, Buruma; lit. "Bloomers") atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan Burma adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga populer Dragon Ball yang diciptakan oleh Akira Toriyama. Bulma adalah putri dari ilmuwan yang menciptakan Capsule Corp. Dia adalah protagonis pendukung di manga Dragon Ball dan di anime Dragon Ball, Dragon Ball Z, Dragon Ball Kai, Dragon Ball GT dan Dragon Ball Super. Dia adalah ilmuwan dan anak ke-2 dari pendiri Capsule Corporation, Dr. Brief dan istrinya Mrs. Brief. Dia adalah teman pertama Goku. Dia pernah berpacaran dengan Yamcha, tetapi kemudian putus dan menjadi istri Vegeta. Bersamanya ia memiliki anak bernama Trunks dan Bulla. Dia tinggal di West City dan alamatnya yang tercatat adalah WST 3338926. Nomor penduduknya adalah SSC 41453.

Bulma adalah karakter wanita terpenting di seri ini. Selain dari Goku, Bulma adalah karakter yang paling lama ada dikeseluruhan serinya sejak diperkenalkan di bab pertama Dragon Ball dan terus memainkan peranan penting sampai akhir bab manganya dan akhir episode Dragon Ball GT. Golongan darahnya adalah B.

Bulma adalah penemu Radar Dragon yang berfungsi untuk mendeteksi sinyal yang dipancarkan oleh Dragon Ball. Dengan bantuan radar ini lah, Bulma bertualang untuk mencari Dragon Ball agar impiannya menemukan pacar yang sempurna dapat diwujudkan. Dalam petualangan mencari Dragon Ball tersebut, Bulma bertemu dengan Goku yang saat itu masih kecil.

Setelah Bulma menjadi dewasa, dia menjadi istri Vegeta, seorang petarung dari planet Vegeta yang pada awalnya bertujuan untuk menghancurkan bumi. Sebelumnya, dia menjadi kekasih Yamucha.

Dalam film Dragonball Evolution, Bulma diperankan oleh Emmy Rossum.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Kreasi dan Konsep[sunting | sunting sumber]

Seperti keluarganya yang lain (kecuali suaminya, Vegeta), nama Bulma adalah sebuah plesetan untuk celana dalam, lebih tepatnya celana olahraga wanita di Jepang yang dalam logat Jepang diucap Burumers.[1]

Bulma awalnya adalah parodi dari karakter di Perjalanan ke Barat (seperti Goku juga). Dia diadaptasi dari Xuanzang (disebut juga Tripitaka), biarawan dan protagonis utama di novel tersebut. Seperti di novel aslinya, dia memimpin kelompok yang terdiri dari 5 orang yaitu dirinya, Goku, Oolong, Yamcha dan Puar (mereka semua adalah adaptasi dari karakter Perjalanan ke Barat) dalam pencarian Dragon Ball[2]. Walaupun Xuanzang adalah laki-laki, Bulma adalah seorang wanita. Hal ini mengikuti dari tradisi Opera Cina dimana perannya dilakukan oleh karakter wanita.

Kepribadiannya didasarkan pada putri dari one-shot Akira Toriyama, Dragon Boy dan penampilannya berasal dari Plamo yaitu salah satu karakter one-shot Toriyama yang lain yang berjudul The Adventures of Tongpoo.

Dalam rancangan pertama dari Dragon Ball, desain Bulma secara jelas mengikuti gaya gadis barat. Selama rancangan kedua Bulma punya gaya rambut ponytail yang dikepang seperti yang ia miliki di penampilan pertama tetapi lebih tua terlihat dengan style baju yang berbeda. Rancangan ke-3 ia diberi nama Pinchi dan desainnya persis sama dengan rancangan terakhir tetapi ia mengenakan celana ketat hitam dengan sebuah baku yang membuat pundaknya terbuka.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Di seluruh seri, Bulma telah berganti-ganti penampilan lebih dari karakter manapun yang mencapai total 18 gaya rambut yang berbeda. Di manga rambutnya berwarna ungu dan di anime berwarna batu firus. Gaya rambutnya adalah panjang sampai ke pundak saat remaja. Banyak pakaian yang terlihat ia pakai, sering kali bertuliskan namanya atau logo Capsule Corporation.[3]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Bulma memiliki kepribadian yang temperamental. Ia bisa menjadi sangat tomboy dan feminim di saat bersamaan. Ia juga memiliki kecerdasan yang luar biasa, kadang ia juga bisa menjadi manja dan terlalu memikirkan penampilan. Bulma biasanya ditampilkan dengan kepercayaan kalau dia adalah salah satu dari wanita tercantik yang pernah ada dan menggunakannya sebagai alasan untuk kelakuan egoisnya. Keegoisan Bulma menghalanginya untuk bisa mengendarai Awan Kinton. Walaupun ia tempramen, dia kadang ditunjukkan sang setia kawan dan suka menolong yang lainnya. Saat ia menjadi lebih dewasa dia berfokus untuk menjadi ilmuwan yang hebat dan menolong yang lain dengan membuat dan membetulkan alat-alat yang dapat menolong para Z Fighter.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

  • Dub Jepang : Hiromi Tsuru
  • Dub Inggris :
    • Harmony Gold : Wendee Lee (DB Eps. 1-5, DB Movie 1 dan 3)
    • Ocean Group : Lalainia Lindbjerg (DB 1995 (ep. 1-13), DBZ musim 1-2, DBZ Movie 1-3); Maggie Blue O'Hara (DB Movie 1, DBZ Musim 4-8); France Perras (DBZ Musim 8-9)
    • FUNimation : Leslie Alexander (hanya DB Movie 2); Tiffany Vollmer (sebagian besar media); Monica Rial (DB Movie 1, DBZ Kai, DBZ: Battle of Gods dan DBZ: Resurrection 'F')
    • Blue Water : Leda Davies (DB); Kristin Nowosad (DBGT)
  • Dub Amerika Latin : Roci Garcel (Sampai DBZ Cell Saga, DBZ Kai); Mónica Manjarrez (Buu Saga dan seterusnya); Laura Ayala (Buu Saga beberapa episode); Isabel Martiñón (DBZ satu episode dan The Path to Power)
  • Dub Spanyol : Nonia de la Gala
  • Dub Jerman : Katja Liebing (DB); Claudia Urbschat (DBZ & DBGT)
  • Dub Portugal : Cristina Cavalinhos
  • Dub Brazil Portugis : Tânia Gaidarji
  • Dub Italia : Emanuela Pacotto
  • Dub Kroasia : Zrinka Kuševic

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Bulma adalah karakter wanita paling terkenal di seri Dragon Ball.
  • Bulma menyukai pria yang punya rambut pendek. Ia mengatakannya di episode 19.
  • Rambut Bulma selalu berganti-ganti antara hijau, biru dan bahkan ungu dikeseluruhan seri. Ini adalah catatan penting karena Dragon Ball adalah animasi tahun 80 dan 90-an, lama sekali sebelum warna digital disajikan ke proses produksinya.
  • Dia suka strawberry dan keinginan pertamanya pada Dragon Ball adalah memiliki persediaan strawberry seumur hidup.
  • Di satu sisi, Bulma adalah perokok. Dia terlihat merokok di Dragon Ball yang belum diedit dan di manga. Dia bisa terlihat merokok lagi di satu waktu selama Dragon Ball Z, seperti saat Great Saiyaman Saga ketika Gohan memintanya membuatkannya baju. Kemungkinan dia membawa kebiasaan itu dari ayahnya yang diketahui sebagai pecandu rokok di serinya.
  • Di akhir seri Dragon Ball Z, Bulma terlihat lebih tua daripada versinya di Dragon Ball Z: The History of Trunks. Ini aneh, karena secara teknis versi alternatif dari Bulma yang terlihat di film Trunks sebenarnya 3 tahun lebih tua daripada garis waktu Bulma yang seharusnya. Bagaimanapun juga, ini bisa jadi karena kenyataan kalau di garis waktu utama, Bulma punya anak yang lain yaitu Bulla yang mungkin membuatnya tampak lebih tua.
  • Di jajak pendapat Dragon Ball Forever terhadap 20 karakter terbaik, Bulma ada pada nomor 17. Ini lebih tinggi dari Yajirobe dan Videl.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Patten, Trish Ledoux, Doug Ranney ; edited by Fred (1997). The Complete Anime Guide : Japanese Animation Film Directory & Resource Guide (2nd ed.). Tiger Mountain Press. p. 37. ISBN 9780964954250. 
  2. ^ http://dragonball.wikia.com/wiki/Daizenshuu_2
  3. ^ "ドラゴンボール 冒険SPECIAL". Weekly Shōnen Jump (dalam Japanese) (Shueisha): 138–140. 1987-12-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]