Wanita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perempuan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Woman Montage (1).jpg
Dari atas kiri ke kanan:

Wanita adalah sebutan yang digunakan untuk manusia yang berjenis kelamin atau berjenis kelamin perempuan, sedangkan Perempuan adalah manusia berjenis kelamin betina. Berbeda dari wanita, istilah "perempuan" dapat merujuk kepada orang yang telah dewasa maupun yang masih anak-anak. Lawan jenis dari wanita adalah pria atau laki-laki. Wanita adalah panggilan umum yang digunakan untuk menggambarkan perempuan dewasa. Sapaan yang lebih sopan ataupun panggilan untuk wanita yang dihormati adalah "ibu". Anak-anak kecil berjenis kelamin atau bergender perempuan biasanya disebut dengan "anak perempuan". Perempuan yang memiliki organ reproduksi yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengandung, melahirkan dan menyusui.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Diduga bahwa kata "Wanita" berasal dari kata Sansekerta, sama seperti kata "perempuan" yang memiliki makna relatif sama, dengan uraian: van yakni berarti ingin dan ita yang memiliki arti yang di (pasif). Sehingga bisa disimpulkan secara umum bahwa arti dari asal kata "wanita" adalah yang diinginkan.[butuh rujukan]

Dalam penggunaan sehari-hari, kata 'perempuan' dan ' wanita' sering digunakan dan saling menggantikan satu sama lain, didasari dengan pemahaman umum bahwa dua kata tersebut memiliki makna yang sama.

Dalam Islam[sunting | sunting sumber]

Dalam sejarah penciptaan manusia secara Islam di dalam al-Quran, Allah sengaja menciptakan manusia untuk menjadikan mereka pemimpin di dunia. Mereka yang akan menciptakan ketenteraman dan kesejahteraan di dunia. Itulah sebabnya manusia muncul dengan dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. Perempuan diciptakan untuk menjadi pasangan atau teman laki-laki. Pada dasarnya saat menciptakan manusia, Allah telah menciptakan dalam bentuk jiwa dan raga, beserta sifat-sifat dasar manusia seperti ingin dicintai dan mencintai, kebutuhan seksual, dan sebagainya. Maka dari kedua jenis manusia itu diciptakan berbeda untuk saling mengisi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Wanita di Wikimedia Commons