Trunks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Trunks
Karakter Dragon Ball
Trunks Variant.PNG
Penampilan pertama Manga:
Dragon Ball chapter 331
Anime:
Dragon Ball Z episode 118
Pembuat Akira Toriyama
Pengisi suara Lihat Pengisi suara aktor
Profil
Lahir 766 A.D.[1]
Nama lain Future Trunks
Chibi Trunks
Kid Trunks
Present Trunks
Time Patrol Trunks
Jenis kelamin Laki-laki
Keluarga Vegeta (father)
Bulma (mother)
Bra (sister)
Dr. Briefs (maternal grandfather)
Mrs. Briefs (maternal grandmother)
Raja Vegeta (paternal grandfather)
Tarble (paternal uncle)

Trunks (トランクス Torankusu?) adalah putra Vegeta (Bejita) yang pertama. Ia memiliki rambut Berwarna abu-abu. Trunks seumuran dengan Goten adik Gohan. Trunks adalah Super Saiyan sama seperti ayahnya, dalam beberapa tahun saja Trunks dapat berubah menjadi Super Saiyan tidak seperti ayahnya. Konon jika orang Super Saiyan menikah dengan manusia akan melahirkan anak super saiyan yang melebihi ayahnya Sekalipun.

Biodata[sunting | sunting sumber]

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini kemampuan-kemampuan Trunks:

  • Double Buster
  • Fusion Gotenks
  • Buster Cannon
  • Super Saiyan
  • Super Saiyan Second Grade
  • Super Saiyan Third Grade
  • Super Saiyan 2


Double Buster[sunting | sunting sumber]

Kemampuan ini dikeluarkan dengan Chi dengan mengeluarkannya lewat tangan. Lulu tangannya ia tarik ke belakang dan setelah persiapan selesai jurusnya ia lepaskan pada lawan.

Fusion Gotenks[sunting | sunting sumber]

Kemampuan pergabungan (Fusion) ini dilakukan dengan temannya Goten. awalnya ia melakukan ini hasilnya menjadi terlalu gemuk, lalu ia mencoba lagi hasilnya terlalu kurus dan saat ia mencoba yang kedua kalinya akhirnya bisa normal. Namun, Gotenks terlalu percaya diri dan sombong karena mampu berubah menjadi Super Saiyan 3, dan akhirnya dihisab Super Buu. Gotenks muncul lagi di dalam tubuh Super Buu sebagai, Versi buatan jahat.

Buster Cannon[sunting | sunting sumber]

Kemampuan in mirip seperti Double Buster hanya memerlukan Chi lebih Banyak. Tetapi damage yang diberikan pada lawan lebih banyak.

Super Saiyan[sunting | sunting sumber]

Kemampuan ini hanya bisa digunakan oleh orang Saiyan atau 1/2. dengan menggunakan kemampuan ini, si pengguna akan menjadi lebih kuat. Trunks (Versi Sekarang), berubah menjadi super saiyan di umur 8

Super Saiyan Second Grade[sunting | sunting sumber]

Super Saiyan ini membuat si pengguna lebih berotot dan kuat.

Super Saiyan Third Grade[sunting | sunting sumber]

Super Saiyan ini jauh lebih berotot. Terbukti, Trunks sulit bergerak dan langsung dikalahkan Cell.

Super Saiyan 2[sunting | sunting sumber]

Di game Dragon Ball Z: Budokai 3, Trunks mampu berubah menjadi Super Saiyan 2.

Kamehameha[sunting | sunting sumber]

  • Versi masa depan

Trunks diajarkan gurunya, Gohan jurus Kamehameha.

  • Versi sekarang

Trunks diajarkan temannya, Goten jurus kamehameha. Dan pernah dipakai.

Desain[sunting | sunting sumber]

Penampilan fisik Trunks yang paling menonjol berasal dari ibunya, karena dia mewarisi mata biru Bulma dan rambut berwarna lavender yang sering ditunjukkan dengan gaya merongrong.[2] Karena dia bukanlah Saiya berdarah murni, maka rambutnya bisa tumbuh dan pernah sampai menyentug pundaknya beberapa kali. Dia mewarisi bentuk wajah dan warna kulit ayahnya. Bulma, Krillin dan Goku pun pernah menyebutkan kemiripan Trunks dengan Vegeta pada beberapa kesempatan.[3] Trunks bisa berubah menjadi Super Saiya yang menyebabkan rambutnya meruncing di ujung dan menjadi berwarna emas dan matanya tentu saja berwarna hijau.

Saat karakter ini pertama kali diperkenalkan, dia memakai sebuah jaket biru yang terpotong sebagian dan berlogo Capsule Corporation yang merupakan perusahaan kakeknya yang terdapat di sebelah kiri atas lengan bajunya. Di dalamnya ia memakai tank top hitam dan celana abu-abu gelap yang kebesaran dan memakai sepatu bot tanker kuning. Selama Permainan Cell dia memakai pakaian tempur orang Saiya yang mirip dengan ayahnya yang dibuat oleh ibunya. Saat anak-anak, dia memakai sebuah gi hijau gelap dengan sabuk oranye dan ban lengan dan memakai bot kuning yang sama. Trunks yang pertama kali diperkenalkan dikenal sebagai "Future Trunks" (未来のトランクス Mirai no Torankusu?, "Trunks of the Future") dengan tujuan membedakannya dari karakter inkranasi garis waktu masa kini dimana ia masih kecil.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Future Trunks[sunting | sunting sumber]

Kemunculan pertama Trunks adalah pada bab 331 The Young Boy of Mystery (謎の少年 Nazo no Shōnen?) yang dipublikasikan di majalah Weekly Shonen Jump pada 15 Juli 1991. Di sini ia adalah seorang pemuda tujuh belas tahun misterius yang tiba-tiba muncul dan sendirian membunuh Frieza dan ayahnya, King Cold (en).[4] Pada saat kembalinya Goku dari planet Namek, Trunks berkisah pada Goku mengenai kisah tragis dirinya.[5]

Saat diceritakan dalam manga stand-alone cerita sampingan ''Trunks the Story: The Lone Warrior'' (en) (トランクスザストーリー -たったひとりの戦士- Trunks za Sutōrī -Tatta Hitori no Senshi-?) dan bab 419 dan 420.[6][7] Trunks telah bepergian dari dua puluh tahun di masa depan dimana dunia ada dalam kebinasaan oleh karena teror dari dua android yang diciptakan oleh Doktor Gero, mantan kepala ilmuwan Tentara Pita Merah. Pada masa ini Goku telah meninggal dunia karena sebuah virus jantung tak dikenal dan semua orang (kecuali Gohan) telah tewas di tangan manusia buatan tersebut.[8] Trunks tinggal bersama Bulma dan secara rahasia berlatih dengan Gohan. Setalah kematian Gohan yang tak terelakkan, Trunks mengambil alih tugas menjadi pelindung satu-satunya bumi melawan para manusia buatan untuk tiga tahun selanjutnya sampai Bulma menyelesakan mesin waktunya. Setelah dia memberi tahu Goku kejadian yang akan datang, Trunks memberi Goku vaksin khusus[8] dan kembali ke masanya.[9]

Trunks kembali untuk membantu di hari kemunculan pertama para manusia buatan. Dengan kemunculan Cell, Trunks berlatih dengan Vegeta di Ruangan Roh dan Waktu. Setelah kekalahan Vegeta, Trunks melawan Cell dalam bentuk sempurna yang baru ia dapat. Akan tetapi, tingkat Super Saiya baru Trunks terbukti tidak efektif, jadi dia dengan sengaja mengakuinya. Dia kemudian berpartisipasi dalam turnamen bela diri Cell, dimana ia terbunuh oleh Cell. Setelah kematian Cell, Trunks dihidupkan kembali dengan Dragon Ball. Dia pun kembali ke masanya di masa depan dan mengalahkan para manusia buatan dan Cell dalam garis waktunya.

Present Trunks[sunting | sunting sumber]

Inkarnasi kedua Trunks pertama kali muncul sebagai bayi dalam bab 337 Super Warriors Assemble (集う超戦士たち Tsudō Super Senshi-tachi?) yang dipublikasikan pada 26 Agustus 1991.[10] Saat berumur delapan tahun, Trunks berpartisipasi dalam Tenkaichi Budokai ke-25 dan mengalahkan Son Goten di divisi junior, walaupun mereka berdua sama-sama tertipu. Goten adalah teman terbaik dan saingan masa kecilnya, walaupun Trunks lebih kuat daripada Goten sebagaimana yang disebutkan oleh Goku.[11] Trunks dan Goten bersama-sama mengajukan diri sebagai petarung dengan nama Mighty Mask (マイティマスク Maiti Masuku?) karena ingin sekali berkompetisi di divisi dewasa dan bertanding melawan Android 18 dan yang lainnya dalam Battle Royal. Tapi mereka didiskualifikasi saat #18 menembus pakaian mereka yang mengungkapkan kalau mereka sebenarnya adalah dua orang.

Pada saat kelahiran Majin Buu, Trunks terpaksa berlatih dengan Goten di Ruangan Roh dan Waktu untuk menjadi petarung gabungan Gotenks. Gotenks (en) melawan Buu di dimensi waktu tapi kemudian di dunia nyata sampai batas waktu tiga puluh menit mereka bergabung habis. Buu menipu dan menghisap Gotenks bersama dengan Piccolo untuk meningkatkan kekuatannya. Setelah bebas, Trunks bersama dengan Goten, Gohan dan Piccolo terbunuh saat Buu meledakkan bumi. Setelah dihidupkan kembali, Trunks membantu meminta orang-orang bumi untuk mendukung Genkidama Goku saat akan mengalahkan Majin Buu. Pada akhir seri ini, Trunks telah tumbuh dan berpartisipasi di Tenkaichi Budokai ke-28 melawan petarung Otokosuki.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Trunks memiliki beberapa kemampuan yang mencakup kekuatan, kecepatan, refleks manusia super dan energi blast yang bisa digunakan dengan pemakaian ki. Beberapa dari serangan utamanya adalah Burning Attack (バーニングアタック Bāningu Atakku?) dan Super Buster Cannon (スーパーバスターキャノン Sūpā Basutā Kyanon?). Trunks juga dikenal karena ia menggunakan pedang panjang yang dia simpan di sarung yang ada di punggungnya.

Metode utamanya untuk bertransportasi adalah teknik yang disebut Bukū-jutsu (舞空術?, "Air Dance Technique") yang memberinya kemampuan terbang.[12] Akan tetapi, Trunks tidak bertumpu pada teknik ini saja karena dia juga terlihat bisa memiloti berbagai macam kapal yang diproduksi oleh perusahaan keluarganya, termasuk mesin waktu yang membuatnya bisa mengunjungi Goku di masa lalu.[13]

Kedua Trunks bisa berubah jadi Super Saiya, walaupun cara mereka memperoleh bentuk ini berbeda antarinkarnasi. Future Trunks meraih bentuk ini saat remaja,[14] sementara Present Trunks ditunjukkan memiliki kemampuan ini di usia delapan tahun.[15] Tidak seperti dirinya yang masa kini, Future Trunks memperoleh dua bentuk tambahan Super Saiya selama latihannya dengan Vegeta di dalam Ruangan Roh dan Waktu.[16] Sayangnya, bentuk ini akan meningkatkan pemakaian ki-nya secara drastis dan menurunkan kecepatannya secara drastis pula sebagai bayaran untuk kekuatan tambahan, hal inilah yang menyebabkan Future Trunks sengaja meninggalkan bentuk ini setelah pertarungan pertamanya dengan Cell.[17]

Trunks mampu bergabung secara temporer dengan Goten untuk menjadi wujud yang penuh tenaga bernama Gotenks (ゴテンクス Gotenkusu?) lewat sebuah teknik yang disebut Fusion yang sudah pernah diajarkan Goku.[18][19] Gotenks mampu menggunakan beraneka maca serangan yang ia beri nama-nama yang lucu, seperti Galactic Donut (ギャラクティカドーナツ Gyarakutuka Dōnatsu?) dan jurus pamungkasnya Super Ghost Kamikaze Attack (スーパーゴーストカミカゼアタック Sūpā Gōsuto Kamikaze Atakku?). Mereka juga bisa mencapai Super Saiya 3 dengan mudah, sebuah pencapaian yang sangat sulit untuk Goku raih dan pertahankan.[20]

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Di versi jepang dari semua seri anime Dragon Ball Z dan juga media lainnya, Trunks disuarakan oleh Takeshi Kusao. Akira Toriyama mengatakan kalau adalah hal yang sulit untuk memutuskan suara Trunks muda. Produser Toei Animation telah berkonsultasi dengan departemen editorial dan berpikir kalau (mungkin) akan lebih baik jika mereka menggantinya dengan pengisi suara yang berbeda untuk versi kecil Trunks. Pada saat itu, serialisasinya masih berjalan dan Toriyama belum memastikan bagaimana kisah manganya akan berakhir; Trunks muda mungkin akhirnya tumbuh dan ceritanya mungkin melanjutkan periode waktu yang sama saat Trunks remaja kembali ke masa depan. Dalam masalah seperti ini, jika pengisi suaranya akan diganti, suaranya akan terdengar aneh. Pada akhirnya, Kusao menyuarakan Trunks saat ia kecil dan remaja. Setelah mendengarkan Kusao beberapa kali, Toriyama dan Toei Animation merasa kalau ini adalah pilihan yang tepat.[21] Dalam sulih suara bahasa Inggris Funimation, Eric Vale (en) menyuarakan Trunks saat ia remaja dan dewasa di Dragon Ball GT,[22] sementara Laura Bailey (en) menyuarakan dia saat kecil.[23] Saat ini mereka telah menyuarakan karakter ini dalam banyak permainan video kecuali ''Dragon Ball GT: Final Bout'' (en) dimana dia disuarakan oleh Skip Stellrecht (en).[22] Dalam sulih suara bahasa Inggris Ocean Productions (en), Trunks disuarakan oleh Alistair Abell (en) saat ia remaja dan oleh Cathy Weseluck (en) saat ia kecil.[23] Dia disuarakan oleh Doug Rand (en) saat remaja dan dewasa dan oleh Jodi Forrest (en) saat bayi dalam sulih suara bahasa Inggris yang dirilis oleh AB Groupe.[24]

Penampilan di media lain[sunting | sunting sumber]

Dalam Dragon Ball GT, Trunks telah menjadi CEO Capsule Corporation, tapi tidak bekerja dengan serius.[25] Dia menemani Goku dan Pan ke luar angkasa untuk mengumpulkan kembali Dragon Ball Bintang Hitam.[26] Mereka mengalami banyak perjumpaan yang aneh dan bertemu banyak karakter yang tidak biasa termasuk robot bernama Giru yang akan bertindak sebagai Dragon Radar. Pada saat sampai di planet rumah Giru, ketiganya dibajak oleh robot Dr. Myu dan Trunks dipadatkan dalam bentuk metal untuk dipelajari. Walaupun, isi dari plat tersebut sebenarnya bukan Trunks, tapi umpan yang dibuat secara cerdik oleh Trunks dan Giru. Trunks menggunakan kesempatan ini untuk menguak rencana Dr. Myu yang mana adalah untuk membangunkan Baby dan menyabotase usaha ini. Rencana Trunks gagal karena Baby telah berhasil melarikan diri ke bumi. Saat mereka kembali pulang, Baby telah berhasil mengendalikan Vegeta dan mencuci otak semua orang untuk menjadi pengikutnya. Singkatnya setelah tiba, Trunks juga jadi korban pengendalian pikiran Baby dan melawan Goku. Kemudian, dia bersama dengan Goten menjelajahi dunia untuk melawan musuh-musuh yang kabur dari neraka.

Trunks telah tampil di banyak permainan video Dragon Ball. Dia juga muncul di permainan lain yang berkaitan seperti Jump Super Stars, sekuelnya Jump Ultimate Stars dan Battle Stadium D.O.N. Permainan Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road (en) berpusat di sekitar pertarungan Trunks dengan Majin Buu di garis waktu masa depannya. Di tahun 1992, Trunks akan bertindak sebagai pengantar melewati waktu dalam permainan interaktif Videkko, Dragon Ball Z: Get Together! Goku World (en).[27] Trunks juga tampil dalam MMORPG Dragon Ball Online dimana dia disebut sebagai Time Patrol Trunks. Trunks memainkan peran yang besar dalam alur Dragon Ball: Xenoverse (en), dia membantu pemain memperbaiki perubahan dalam garis waktu Dragon Ball yang disebabkan manipulasi Towa dan Mira dan bertarung melawan pemain saat puncak permainan bersama dengan antagonis utama permainan ini yakni Demigra setelah menjadi kalap olehnya. Setelah keduanya dikalahkan dan Trunks kembali normal, dia menyela saat Demigra mencoba mengambil kontrol pemain.

Dalam manga crossover Dragon Ball dan One Piece yaitu Cross Epoch (en), Trunks adalah anggota kru bajak laut udara Kapten Vegeta. Trunks juga muncul di Fuji TV pada 2004 dalam acara interaktif Kyutai Panic Adventure Returns!, di sana dia dan enam karakter Dragon Ball lainnya mengantarkan Dragon Ball untuk memulihkan aqua city Odaiba.[28]

Dalam musik, lagu "Chisa na Senshi~Goten to Trunks no Theme~" dari Shin Oya (en) memfokuskan Trunks dan Goten.[29]

Trunks telah tampil dalam merk minuman ringannya sendiri yang disebut Trunks Cola.[30]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Future Trunks menerima pujian kritis. Present Trunks menerima lebih banyak ulasan campuran. Sementara ulasan TV spesial The History of Trunks yang diadaptasi dari manga stand-alone Trunks the Story: The Lone Warrior, Bobby Cooper (en) dari DVD Talk memuji kisah latar belakang Trunks, ia mengatakan kalau itu adalah sebuah "cerita asal mula yang bagus yang menjelaskan motivasi Trunks untuk menjadi seorang petarung."[31] Serupa dengan ini, Chris Shepar (en) dari Anime News Network juga menikmati kisah latar belakang tersebut dan merasa kalau Trunks adalah karakter yang dapat dipahami yang "saya benar-benar bisa resapi dan simpati selama pertarungannya".[32] Dalam sebuah artikel IGN di Dragon Ball GT, desain karakter Trunks di GT dikritik karena terlihat "bodoh".[33]

Trunks adalah karakter yang sangat populer dalam seri ini, dia ditempatkan di posisi ke-3 dalam angket popularitas karakter Dragon Ball tahun 1993 dan 1995 yang divote oleh pembaca Weekly Shonen Jump.[34] Tahun 2004, penggemar seri ini memilihnya sebagai karakter terpopuler ke-4 untuk sebuah angket dalam buku ''Dragon Ball Forever'' (en).[35] Trunks telah muncul dalam berbagai macam angket Anime Grand Priz, ia muncul sebagai ke-5 dalam kategori "karakter pria terbaik" dalam angket tahun 1992[36] dan ke-5 lagi dalam angket 1993[37] dan ke-19 dalam angket 1994.[38] Jian DeLeon dari majalah ''Complex'' (en) menyalonkannya pada nomor 13 dalam sebuah daftar dari 25 Karakter Anime Paling Trendi.[39]

Pengisi suara Jepang Trunks, Takeshi Kusao, telah menyebut Trunks sebagai karakter Dragon Ball favoritnya. Dia lebih lanjut mengatakan dalam sebuah wawancara kalau dia senang sekali saat dia dikasting untuk menyuarakannya. Kusao mencatat kalau penampilan pertama Trunks telah memberi dampak yang luar biasa dan meninggalkan kesan yang luar biasa baginya, ia menyebut pertarungannya dengan Frieza yang mana dia dengan mudahnya mengalahkan makhluk terkuat di dunia.[40] Begitupun, pengisi suara Funimation Christopher Sabat (en) mengatakan bahwa terpisah dari Vegeta, Trunks adalah karakter favoritnya dari seri ini. Dia suka bagaimana karakternya adalah seorang "survivor kesepian yang bertahan dari malapetaka, anak dari karakter paling pemarah dan paling keras kepala." Dia juga suka pertarungan Trunks seperti salah satunya dimana dia dengan mudahnya membunuh Frieza.[41]

Dalam sebuah wawancara, aktor Masi Oka membandingkan karakternya di Heroes yakni Hiro Nakamura dengan Trunks karena keduanya adalah penjelajah waktu yang membawa pedang.[42] Pengarang manga, Tite Kubo mengatakan bahwa sampai hari ini tidak ada adegan pertarungan yang membuatnya lebih terkejut daripada kemunculan pertama Trunks.[43]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Toriyama, Akira (February 25, 1996). Dragon Ball Daizenshu 7: Dragon Ball Encyclopedia. Dragon Ball (dalam Jepang). Shueisha. ISBN 4-08-782756-9. 
  2. ^ "フリーザを一刃両断!!もう一人の超サイヤ人". Dragon Ball Z. Fuji TV. December 11, 1991. No. 120.
  3. ^ "オッス!!ひさしぶり…帰って来た孫悟空". Dragon Ball Z. Fuji TV. December 18, 1991. No. 121.
  4. ^ "Trunks (Character)". Comic Vine. Diakses tanggal April 23, 2013. 
  5. ^ Ikeda, Satoshi (2004). The Dragon Ball Z Legend : The Quest Continues. Cocoro Books. p. 10. ISBN 9780972312493. 
  6. ^ Toriyama, Akira (Dec 31, 1992). "Extra: Trunks the Story -たったひとりの戦士-". セルゲーム始まる. Dragon Ball (dalam Japanese) 33. Shueisha. pp. 181–192. ISBN 4-08-851688-5. 
  7. ^ Toriyama, Akira (January 1993). "孤独の未来戦士!! トランクス". たったひとりの最終決戦~フリーザに挑んだZ戦士孫悟空の父~. Dragon Ball (dalam Japanese). Shueisha. ISBN 4-83421-183-5. 
  8. ^ a b Camp, Brian; Davis, Julie (2007). Anime Classics Zettai! : 100 Must-see Japanese Animation Masterpieces. Stone Bridge Press. pp. 110, 114. ISBN 9781933330228. 
  9. ^ Ashby, Alicia (2005). Dragonball Z : Supersonic Warriors 2: Prima official game guide. Prima Games. p. 31. ISBN 9780761552505. 
  10. ^ Toriyama, Akira (w, a). "集う超戦士たち" Weekly Shōnen Jump v24, 36/37: 2 (August 26, 1991), Japan: Shueisha
  11. ^ Triumph Books (2000). Everything dragonball z. Triumph Books. p. 125. ISBN 9781572434165. 
  12. ^ Toriyama, Akira (Nov 15, 1991). "332 帰って来た孫悟空". 未来から来た少年. Dragon Ball (dalam Japanese) 28. Shueisha. ISBN 4-08-851418-1. 
  13. ^ Toriyama, Akira (Nov 15, 1991). "335 恐怖のメッセージ". 未来から来た少年. Dragon Ball 28. Shueisha. ISBN 4-08-851418-1. 
  14. ^ Templat:Cite DVD notes
  15. ^ Toriyama, Akira (November 9, 1993). "429 迫る天下一武道会". ニューヒーロー誕生!!. Dragon Ball (dalam Japanese) 36. Shueisha. ISBN 4-08-851495-5. 
  16. ^ Toriyama, Akira (December 31, 1991). "386 父を超えた超トランクス!". セルゲーム始まる. Dragon Ball 33. Shueisha. ISBN 4-08-851688-5. 
  17. ^ Toriyama, Akira (December 31, 1991). "388 セルの思いつき". セルゲーム始まる. Dragon Ball (dalam Japanese) 33. Shueisha. ISBN 4-08-851688-5. 
  18. ^ Toriyama, Akira (December 7, 1994). "469 かすかな希望". さらば誇り高き戦士. Dragon Ball (dalam Japanese) 39. Shueisha. ISBN 4-08-851498-X. 
  19. ^ Toriyama, Akira (June 7, 1995). "488 トランクスと悟天精神と時の部屋に入る". がんばれ 超ゴテンクスくん. Dragon Ball (dalam Japanese) 41. Shueisha. ISBN 4-08-851500-5. 
  20. ^ Toriyama, Akira (June 7, 1995). "493 異次元からの脱出". がんばれ 超ゴテンクスくん. Dragon Ball (dalam Japanese) 41. Shueisha. ISBN 4-08-851500-5. 
  21. ^ Daizenshuu: TV Animation Part 2. "Toriyama Akira Super Interview". tsoj.manga.org. Diakses tanggal 5 May 2013. 
  22. ^ a b "Voice Compare » Dragon Ball » Trunks". behindthevoiceactors.com. August 7, 2009. Diakses tanggal 17 April 2013. 
  23. ^ a b "Voice Compare » Dragon Ball » Kid Trunks". www.behindthevoiceactors.com. September 9, 2009. Diakses tanggal 17 April 2013. 
  24. ^ http://www.behindthevoiceactors.com/forums/showthread.php?t=15614
  25. ^ Peckham, Eric Mylonas (2005). "T". Dragonball GT : Transformation. Prima Games. ISBN 9780761546788. 
  26. ^ Roach, Gina Misiroglu with David A. (2004). The Superhero Book : The Ultimate Encyclopedia of Comic-Book Icons and Hollywood Heroes (1. ed.). Visible Ink Press. p. 191. ISBN 9781578591541. 
  27. ^ Toei Animation. Dragon Ball Z: あつまれ!! 悟空ワールド. (Bandai). Videkko. (in Japanese). (1992)
  28. ^ "Star*Tech event listings". Star*Tech. Diakses tanggal September 25, 2008. 
  29. ^ Oya, Shin (1994). Dragon Power ∞ (CD case) (dalam Japanese). Hironobu Kageyama. Japan: Forte Music Entertainment. FMDC-514. 
  30. ^ "Trunks Cola". Col@WP.com. Diakses tanggal July 2, 2011. 
  31. ^ Cooper, Bobby (March 16, 2010). "Dragon Ball Z: The History of Trunks". DVD Talk. Diakses tanggal May 9, 2013. 
  32. ^ Shepard, Chris. "DBZ History of Trunks DVD". Anime News Network. Diakses tanggal 9 May 2013. 
  33. ^ Harris, Jeffrey (November 12, 2007). "Dragon Ball GT - The Lost Episodes DVD Box Set Review". IGN. Diakses tanggal January 9, 2009. 
  34. ^ Dragon Ball The Complete Illustrations. Viz Media. October 2008. pp. 215, 217. ISBN 1-4215-2566-6. 
  35. ^ Dragon Ball Forever (dalam Japanese). Shueisha. 2004. ISBN 4-08-873702-4. 
  36. ^ 第14回アニメグランプリ1992年5月号 (dalam Japanese). Animage. Diakses tanggal April 11, 2011. 
  37. ^ 第15回アニメグランプリ1994年5月号 (dalam Japanese). Animage. Diakses tanggal April 11, 2011. 
  38. ^ 第16回アニメグランプリ1994年5月号 (dalam Japanese). Animage. Diakses tanggal April 11, 2011. 
  39. ^ DeLeon, Jian. "The 25 Most Stylish Anime Characters". Complex. Diakses tanggal 2014-11-02. 
  40. ^ DRAGON BALL 天下一伝説 (dalam Japanese). Shueisha. 2004. pp. 154–157. ISBN 4-08-873705-9. 
  41. ^ "DBZ Voice Actor/Director Chris Sabat Interview". Anime News Network. February 8, 2001. Diakses tanggal June 21, 2009. 
  42. ^ Davila, Florangela (May 14, 2007). ""Heroes’" Masi Oka is super-geeky". Seattle Times. Diakses tanggal February 14, 2009. 
  43. ^ Suzuki, Haruhiko, ed. (2003-12-19). "5: Dragon Ball Children". Dragon Ball Landmark (dalam Japanese). Shueisha. p. 172. ISBN 4-08-873478-5. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Templat:Dragon Ball characters