Digimon Adventure tri.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Digimon Adventure tri.
デジモンアドベンチャー tri.
(Dejimon Adobenchā tri.)
GenreAksi, Petualangan, Fiksi ilmiah
Film anime
Reunion
SutradaraKeitaro Motonaga
ProduserTakagi Katsuhiro
SkenarioYuuko Kakihara
MusikSakabe Tsuyoshi
StudioToei Animation
PelisensiRai Trade
Tayang21 November 2015
Durasi96 menit
Film anime
Determination
SutradaraKeitaro Motonaga
ProduserTakagi katsuhiro
SkenarioYuuko Kakihara
MusikSakabe Tsuyoshi
StudioToei Animation
Tayang12 Maret 2016
Durasi88 menit
 Portal anime dan manga

Digimon Adventure tri. (Jepang: デジモンアドベンチャーtri., Hepburn: Dejimon Adobenchā Torai) adalah sebuah serial film anime yang diproduksi oleh Toei Animation. Serial ini dibagi dalam enam bagian film sekaligus menjadi sekuel langsung dari dua serial televisi, Digimon Adventure dan Digimon Adventure 02, dan untuk memperingati ulang tahun ke-15 serial Digimon Adventure.[1] Film pertama, Saikai (再会, Reunion), dirilis pada 21 November 2015 dan akan dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray di Jepang pada 18 Desember 2015.[2] Pada penayangan film Reunion, film kedua yang berjudul Ketsui (決意, Determination) diumumkan akan dirilis pada 12 Maret 2016.

Plot[sunting | sunting sumber]

Saikai ("Reunion")[sunting | sunting sumber]

Tiga tahun setelah peristiwa di Digimon Adventure 02, Taichi Yagami kecewa karena tidak ada teman-temannya yang bisa datang ke pertandingan sepak bolanya. Pada hari pertandingan Taichi, Kuwagamon tiba-tiba muncul dan mengganggu perangkat elektronik di seluruh kota. Taichi mengejar Kuwagamon, yang mengambil bentuk fisik dan mulai menyerang Taichi, menyebabkan kerusakan pada kota. Saat Taichi terpojok, Digivice miliknya bersinar dan Agumon muncul, lalu berevolusi menjadi Greymon untuk menghadapi Kuwagamon. Guna menghadapi Kuwagamon yang semakin banyak muncul, Taichi bergabung dengan Anak-Anak Terpilih yang lain bersama pasangan Digimon mereka, kecuali Joe.Setelah DigiDestined mengumpulkan informasi terkait kejadian-kejadian aneh menjelang penampakan Kuwagamon, yang diyakini disebabkan oleh distorsi ruang, Taichi dan Yamato mengunjungi Nishijima, yang mengungkapkan dirinya sabagai agen dari organisasi pemantauan aktivitas Digimon, terutama Digimon Terinfeksi seperti Kuwagamon yang muncul. Taichi mulai takut bahwa orang-orang bisa terluka akibat tindakannya. Keesokan harinya, Digimon hitam misterius yang dikenal sebagai Alphamon muncul, mengincar Digimon milik Meiko Mochizuki, seorang gadis yang baru saja pindah ke kelas Taichi. Alphamon terlalu kuat untuk dihadapi Digimon lainnya. Yamato kemudian mendesak Taichi untuk menghentikan ketakutannya dan bersama-sama mereka menggabungkan Agumon dan Gabumon menjadi Omegamon, memaksa Alphamon untuk mundur. Setelah itu, Meiko mengungkapkan bahwa dia juga merupakan Anak Terpilih dan pasangannya Meicoomon menjadi terget dari Alphamon.

Ketsui ("Determination")[sunting | sunting sumber]

Sementara Joe tinggal di rumah sedang belajar untuk ujiannya, Digidestined dan Digimon mereka pergi ke pemandian air panas, dimana mereka bertemu dengan Nishijima dan Himekawa. Selama di pemandian air panas, gadis gadis mempunyai sedikit masalah ketika Biyomon dan Meicoomon berpisah dengan mereka dan berakhir di pemandian laki laki. Di beberapa kejadian, Himekawa dan Nishijima menguji senjata khusus terhadap Ogremon terinfeksi yang muncul, yang di bawa kembali ke dunia digital oleh Leomon. Kemudian, Mimi mempersiapkan sebagai seorang pemandu gadis cafe untuk kelasnya di festival mendatang, dia mencoba untuk melawan Ogremon terinfeksi yang muncul dengan harapan untuk meningkatkan reputasi Digimon, tapi beberapa serangan togemon mengenai helikopter berita yang dekat dengan pertarungan itu sehingga terjadi kecelakaan, menghasilkan efek sebaliknya dari reputasi digimon. Sementara Leomon datang pada DigiDestined, dia menjelaskan apa yang terjadi pada Ogremon ketika menjadi terinfeksi, Mimi selanjutnya di marahi oleh teman teman sekelasnya tentang ide ide yang tampak egoisnya. Mimi menyesal betapa egois dirinya, Dia mendengar perasaan joe yang telah menghindar pertarungan dengan digimon untuk mencoba dan berusaha menjadi dewasa, dan meratapi betapa pengecut dirinya.

Gomamon memutuskan untuk lari dari rumah, Koshiro mendapat pesan dalam kode digital (Digi Code). Pada hari festival sekolah, Meiko menunjukkan dukungannya pada mimi dengan memakai pakaian pemandu gadis cafe, sedangkan para digimon menyelinap ke festival untuk mencoba dan memenangkan kontes kostum untuk makanan gratis. Setelah itu, Gomamon mengatakan pada joe bahwa dia melarikan diri karena dia tidak merasa ingin berjuang bersama sama lagi, Joe terkemuka marah karena harus melawan dan menjawab pernyataan itu. Saat itu, Meicoomon di tangkap oleh Ken Ichijouji, yang ternyata sekali lagi menjadi kaisar digimon. Palmon dan Gomamon, bersama dengan Leomon yang sebagian terinfeksi, mengejar mereka ke dalam distorsi digital, dan melawan Imperialdramon yang terinfeksi, Hikari mendesak joe untuk berjuang di sisi partnernya. Mengatasi kekhawatirannya sendiri demi partnernya, Joe berhasil Digivolve Gomamon ke bentuk tingkat mega nya, Vikemon, sementara Mimi juga berhasil Digivolve Palmon ke bentuk tingkat Mega nya, Rosemon. Meskipun Digimon berhasil mengalahkan Imperialdramon dan kembali dengan selamat, Meicoomon tiba tiba menjadi seperti musuh, membunuh Leomon dan melarikan diri ke Dunia Digital.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Anak-Anak Terpilih[sunting | sunting sumber]

Serial ini menampilkan Anak-Anak Terpilih asli,[3] beserta pasangan Digimon mereka dari serial televisi sebelumnya.[4]

Karakter Pengisi suara
Taichi Yagami Natsuki Hanae
Yamato Ishida Yoshimasa Hosoya
Sora Takenouchi Suzuko Mimori
Koushiro Izumi Mutsumi Tamura
Mimi Tachikawa Hitomi Yoshida
Joe Kido Junya Ikeda
Takeru Takaishi Junya Enoki
Hikari Yagami Mao Ichimichi
Meiko Mochizuki Miho Arakawa
Agumon Chika Sakamoto
Gabumon Mayumi Yamaguchi
Biyomon Katori Shigematsu
Tentomon Takahiro Sakurai
Palmon Kinoko Yamada
Gomamon Junko Takeuchi
Patamon Miwa Matsumoto
Gatomon Yuka Tokimitsu
Meicoomon Yukiko Morishita

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Karakter Pengisi suara
Maki Himekawa Yuko Kaida
Daigo Nishijima Daisuke Namikawa
Narator Hiroaki Hirata
Announcer Chiaki Matsuzawa

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Serial baru pertama kali diumumkan pada sebuah acara peringatan ulang tahun ke-15 Digimon Adventure pada 1 Agustus 2014.[5] Rincian cerita diumumkan pada 7 September 2014, setelah jumlah penggemar yang mengikuti permainan di situs web resmi dianggap cukup.[6] Pada 13 Desember 2014, Toei mengumumkan judul dan staf untuk serial ini. Serial ini didireksi oleh Keitaro Motonaga dengan naskah oleh Yuuko Kakihara dan desain karakter oleh Atsuya Uki.[7] Kouji Wada dan Ayumi Miyazaki kembali membawakan lagu tema, sama seperti Digimon Adventure yaitu "Butter-Fly" dan "Brave Heart".[8] Penayangan episode-episode lama Digimon Adventure dilakukan di situs web Niconico sejak 4 Mei 2015, diikuti dengan pengumuman terkait pengisi suara Anak-Anak Terpilih serta rincian penayangan pada tanggal 6 Mei 2015.[9] Pada tanggal yang sama, diumumkan juga bahwa Digimon Adventure tri. tidak berbentuk serial televisi, melainkan dalam bentuk 6 bagian film, dengan film pertama berjudul Saikai (Reunion) yang dirilis pada 21 November 2015.[3] Pada 18 September 2015, diumumkan bahwa Yuko Kaida dan Daisuke Namikawa akan menjadi pengisi suara Maki Himekawa dan Daigo Nishijima.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Digimon Adventure tri's New Visual Profiles Yamato, Gabumon". Anime News Network. 19 Februari 2015. Diakses tanggal 22 Maret 2015. 
  2. ^ ""Digimon Adventure tri." 1st Chapter DVD/Blu-ray to be Released on December 18". Crunchyroll. 31 Juli 2015. Diakses tanggal 1 Agustus 2015. 
  3. ^ a b "Digimon Adventures tri. is 6-Part Theatrical Anime with New Cast". Anime News Network. 6 Mei 2015. Diakses tanggal 6 Mei 2015. 
  4. ^ "Digimon Monster Cast, Theme Singers Return for tri. Sequel". Anime News Network. 10 Maret 2015. Diakses tanggal 10 Mei 2015. 
  5. ^ "Digimon Adventure Anime Returns Next Spring in High School Sequel". Anime News Network. 1 Agustus 2014. Diakses tanggal 13 Desember 2014. 
  6. ^ "1st Story Information for New Digimon Series Unveiled". Anime News Network. 7 September 2014. Diakses tanggal 13 Desember 2014. 
  7. ^ "New Digimon Anime's Staff, Key Visual, Title Unveiled". Anime News Network. 13 Desember 2014. Diakses tanggal 13 Desember 2014. 
  8. ^ "Digimon Monster Cast, Theme Singers Return for tri. Sequel". Anime News Network. 10 Maret 2015. Diakses tanggal 10 Maret 2015. 
  9. ^ "Digimon tri. Anime's Human Cast, Promo, Broadcast Details Unveiling on May 6". Anime News Network. 15 April 2015. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  10. ^ "Digimon Adventure tri. Anime Casts Daisuke Namikawa, Yuko Kaida". Anime News Network. 18 September 2015. Diakses tanggal 18 September 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]