Dragon Ball Z: Bojack Unbound

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dragon Ball Z: Bojack Unbound (ドラゴンボールZ 銀河ギリギリ!!ぶっちぎりの凄い奴 Doragon Bōru Zetto: Ginga Giri-Giri!! Butchigiri no Sugoi Yatsu) adalah film ke sembilan dari Dragon Ball Z. Pertama kali dirilis di Jepang pada 10 Juli 1993, antara episode 196 dan 197. Versi bahasa Inggrisnya dibuat oleh FUNimation Entertainment pada 17 Agustus 2004 dan secara digital diremastered dan dirilis ulang pada 10 Februari 2009.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

"Bertahun-tahun telah berlalu sejak Bojack dikurung di pusat bintang oleh para Kaio sebagai hukuman atas perilaku jahatnya. Tapi sebuah kejadian tak terduga membuat Bojack bebas dari kurungannya. Sekarang dia kembali untuk membalas dendam dan melanjutkan keinginan terbesarnya...menaklukan seluruh jagat raya! Rencana pertamanya? Mengambil alih turnamen seni beladiri antar bintang dan mengalahkan petarung terkuat Bumi."

Bojack adalah antagonis utama di film ini. Sebagaimana yang disebut di atas, tujuannya adalah untuk menaklukan jagat raya dan menghancurkan semua yang menghalanginya. Dia sudah disegel oleh 4 Kaio dalam sebuah bintang. Akan tetapi, menurut Kaio Utara, segelnya hancur ketika Goku menteleportasikan Cell yang siap untuk meledakkan dirinya. Hal itu membunuhnya dan Goku pada saat yang sama dan membuat Bojack bisa terbebas.

Melakukan Turnamen Bela Diri Sedunia yang didanai oleh seorang jutawan untuk hadiah ulang tahun anaknya, Mr. Satan mengundang semua orang di Bumi untuk mengikuti kompetisinya di pulau terpencil. Semua Z Fighter pergi kecuali Vegeta dan Goku (yang masih mati dengan Kaio Utara) berharap bisa bertanding saat mereka menonton kompetisinya dengan sebuah TV. Selama ronde eliminasi, Yamcha jatuh ke dalam air saat dia sedang istirahat, Tien Shinhan kalah oleh Future Trunks, dan Piccolo mengundurkan diri saat hendak melawan Krillin karena muak dengan usaha menyedihkannya saat melawan dia. Gohan, Future Trunks, Krillin, dan seorang petarung bernama Dosukoi masuk ke final di mana murid-murid Mr. Satan yang berpakaian ala alien menanti mereka untuk bertarung.

Akan tetapi, Bojack dan empat anak buahnya telah mengubah hal ini secara rahasia. Pertama adalah Zangya yang melawan Krillin (yang mana ia dengan mudahnya menang karena Krillin telah terhipnotis oleh kecantikannya), kedua adalah Kogu dan Future Trunks (Kogu kemudian berubah), ketiga yaitu Gohan melawan Bujin, dan yang keempat adalah Bido yang membunuh pegulat sumo Dosukoi dengan mencekiknya dengan hanya satu lengan. Karena ini, penonton dibuat berteriak ketakutan dan Tien beserta Yamcha memutuskan untuk menyelidikinya. Mr. Satan mencoba apapun yang ia bisa untuk menghindar agar tidak terlibat. Ia yakin mereka lebih kuat daripada Cell.

Kogu berhasil mengungguli Future Trunks dan mencoba membunuhnya dengan pedangnya, tetapi Future Trunks berubah jadi Super Saiya dan menahan serangan pedang itu. Ia mematahkannya lalu membunuh Kogu dengan melancarkan pukulannya melewati perut Kogu. Saat Future Trunks bertanya-tanya apa yang sedang terjadi, dia diserang oleh Bojack secara telak. Vegeta merasakan sebuah tenaga yang sangat kuat dan memutuskan terbang ke mana Future Trunks berada, ia membawa pedang anaknya bersamanya. Gohan merasakan sebuah energi yang sangat kuat dan terbang ke arena di mana Krillin dan Future Trunks terbaring pingsan. Yamcha dan Tien mencoba menolong mengalahkan kelompok Bojack, tetapi mereka dengan mudah dikalahkan oleh beberapa pukulan. Gohan berubah jadi Super Saiya dan mencoba melawan mereka, tetapi dia tidak berhasil. Dia hampir terkena bola energi berkekuatan penuh Bojack ketika Piccolo menggunakan Special Beam Cannon-nya untuk membelokan arahnya.

Piccolo mencoba melawan Bojack, tetapi ia dibuat kewalahan dengan kekuatannya. Gohan bergegas menolongnya, tetapi sebelum Bojack bisa menghabisi Piccolo, Future Trunks menyela dengan menembakkan banyak Ki Blast, Bojack melindungi dirinya dengan Psycho Barrier. Future Trunks pun memutuskan menyerangnya secara langsung, tetapi ia dicegat oleh benangnya Bujin yang menyerap energinya, menyebabkan ia kembali ke bentuk dasarnya. Saat Bido mengambil kesempatan ini untuk melempar potongan logam tajam ke arah Future Trunks, Vegeta menyelamatkannya (dengan melempar pedang Future Trunks sehingga memutuskan benangnya). Future Trunks dengan cepat menangkap pedang dan sarungnya lalu mempersenjatai dirinya. Dengan hanya Gohan, Future Trunks, dan Vegeta yang tersisa melawan Bojack dan kelompoknya, Vegeta dan Bojack saling menembakkan Ki Blast dan Vegeta kalah. Future Trunks bergegas menyelamatkannya, tetapi dicegat oleh Zangya dan Bujin.

Vegeta kemudian dikalahkan Bojack ketika dia berubah, sementara Future Trunks dipukul oleh Zangya dan dia kemudian dibuat pingsan dengan Galactic Blow Bojack. Pada akhirnya, hanya Gohan yang tersisa tuk bertarung. Dia mencoba melawan Bojack dan kelompoknya, sayangnya Bojack sangat kuat sehingga Gohan hampir terbunuh. Walaupun Mr. Satan mencoba melarikan diri dari pulau, ia dikirim oleh penonton untuk melawan para alien itu dan secara kebetulan menolong Gohan lolos, tetapi Bojack menembakkan sebuah Ki Blast yang menyebabkan Mr. Satan jatuh ke tanah (lucunya, tanah yang ia kenai mencetak tubuhnya sama seperti ketika ia jatuh).

Bojack lanjut menjepit Gohan agar mati. Ia juga mengatakan kalau ia berterima kasih pada Goku karena membebaskan mereka. Goku marah pada apa yang terjadi pada anaknya, bahkan meminta Raja Kaio melakukan sesuatu tetapi Raja Kaio hanya membalas dengan menggelengkan kepalanya. Gohan berteriak kesakitan dan teman-temannya ditunjukkan tak berdaya. Setelah semua kelihatan menderita, Goku melanggar peraturan dan menggunakan teleportasi untuk waktu sesaat untuk membebaskan Gohan dari genggaman Bojack. Setelah itu, dia berbicara dengan anaknya dan kemudian kembali ke dunia lain.

Kata-kata Goku memberi Gohan kekuatan yang ia butuhkan untuk berjuang melawan Bojack dan anak buahnya. Gohan sekali lagi berubah jadi Super Saiya 2 dan melepaskan kekuatannya. Bojack memerintahkan Bujin dan Bido untuk menggunakan benang psychic untuk menahannya. Sayang mereka melakukannya hanya untuk mengetahui kalau Gohan sekarang tak terpengaruh oleh teknik itu. Gohan membunuh Bujin dan Bido masing-masing dengan satu pukulan. Bojack putus asa dan Zangya membeku ketakutan terhadap kekuatan Gohan yang tak terkendali. Saat Gohan menyerang mereka, Bojack membunuh Zangya dengan menembakkan Ki Blast melewati tubuhnya untuk membunuh Gohan. Gohan menghindari serangan itu dan memukul perut Bojack sampai menembusnya. Saat duel terakhir, Bojack meningkatkan kekuatan Galactic Buster-nya dan Gohan menyiapkan Super Kamehameha-nya. Energi itu pun bertabrakan satu sama lain, membuat cahaya yang membutakan mata. Dalam cahaya menyilaukan itu, Gohan dan Bojack menyerang satu sama lain dan Gohan memukul Bojack melewati perutnya dan membuatnya terbunuh.

Gohan, Future Trunks, dan Krillin sedang di rumah sakit, menyembuhkan luka mereka. Beritanya mengatakan kalau Mr. Satan lah yang menyelamatkan Bumi, jadi Krillin dan Oolong membuat lelucon tentang Mr. Satan mengenai bagaimana ia mendapatkan rasa hormat karena menyelamatkan dunia sementara mereka sedang di rumah sakit dan mengatakan hal-hal lain tentang dirinya. Film berakhir dengan Piccolo dan Vegeta yang ditunjukkan ada di atap dan terasingkan.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Film ini berlatar beberapa bulan setelah kekalahan Cell di Permainan Cell[1] (episode 191), di antara episode 194 setelah Future Trunks membunuh Cell di masa depan tetapi sebelum Goku dan Raja Kaio pergi ke Planet Grand Kaio. Alasan kenapa Future Trunks kembali disebutkan oleh Bulma yang mengatakan kalau dia kembali untuk menginformasikan mereka kalau dia telah mengalahkan para Android di masanya. Ini juga sesuai karena Future Trunks ditunjukkan akan kembali untuk melihat mereka tepat sebelum menghadapi Future Cell.

Musik[sunting | sunting sumber]

  • OP (Opening Theme)
  1. "CHA-LA HEAD-CHA-LA" (Chara Hetchara)
    • Lirik: Yukinoju Mori, Musik: Chiho Kiyoka, Aransemen: Kenji Yamamoto, Vokal: Hironobu Kageyama
  • ED (Ending Theme)
  1. 銀河を超えてライジング・ハイ (Ginga wo Koete Raijingu Hai Beyond Galaxies Rising High)
    • Lirik: Dai Satou, Musik: Chiho Kiyoka, Aransemen: Kenji Yamamoto, Vokal: Hironobu Kageyama

Partitur untuk versi bahasa Inggris dikomposisikan oleh Mark Menza, akan tetapi rilisan remasterednya berisi sebuah track audio alternatif berisi dialog Bahasa Inggris dan latar belakang musik Jepang.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Bojack Unbound pertama kali dirilis dalam bentuk VHS dan Laserdisc di Jepang. Pada 2006, Toei Animation merilis Bojack Unbound sebagai bagian dari Dragon Box DVD terakhir yang mencakup semua film Dragon Ball dan Dragon Ball Z[2].

FUNimation pun merilis lagi Bojack Unbound dalam VHS dan DVD pada 17 Agustus 2004 dalam bentuk uncut.

FUNimation kembali merilis ulang Super Android 13! dan Bojack Unbound dalam DVD dan Blu-ray pada 10 Februari 2009 sebagai bagian dari proyek "Double Feature" mereka[3].

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop Jepang pada 10 Juli 1993 dan meraup total ¥1.31 miliar (US $12.2 juta) dan menjadi peringkat 13 film dengan pendapat domestik tertinggi[4].

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah film terakhir untuk seiyu dari Master Roshi, Kohei Miyauchi yang meninggal 2 tahun kemudian.
  • Poster untuk film ini menunjukkan Goku yang sedang menggunakan Kamehameha, tetapi dia tidak menggunakannya pada keseluruhan film.
  • Selama bagian awal film, pada babak pertama turnamen, seseorang berdiri bisa dilihat mengenakan kaus yang bertuliskan "The Super Saiyan".
  • Cara yang Master Roshi gunakan untuk menyelidiki wanita di film ini merupakan parodi film Terminator. Teksnya juga dengan jelas bisa dilihat di kacamatanya.
  • Pada akhir ronde permulaan, ketika Piccolo menang, penyiar mengatakan kalau dia maju ke semifinal tetapi Piccolo malah masuk ke babak perempat final.
  • Film ini beserta dengan Super Android 13! berakhir dengan Piccolo dan Vegeta dalam pengasingan.
  • Di manga dan episode anime, Future Trunks terakhir terlihat dengan rambut pendek, tetapi memanjang lagi di filmnya. Mungkin saja kalau Future Trunks menghabiskan setahun atau lebih di masanya untuk membantu membangun kembali masyarakat dan kemudian kembali ke masa sekarang yang akan menjelaskan rambutnya jadi panjang.
  • Kogu dan Zangya tidak pernah disebut dengan namanya selama keseluruhan film.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]