Tribun Jogja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tribun Jogja
Tipe Surat kabar harian
Format Lembar lebar
Pemilik Kompas Gramedia
Didirikan 11 April 2011
Pusat Yogyakarta
Situs web jogja.tribunnews.com

Tribun Jogja adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Kompas Gramedia. Kantor pusatnya terletak di kota Yogyakarta. Koran ini pertama kali terbit tahun 11 April 2011. belum genap setahun terbit. Harian Pagi Tribun Jogja menerima medali perak (silver) penghargaan sebagai surat kabar harian dengan tata wajah terbaik seregional Jawa, Februari 2012. Penghargaan diraih pada ajang prestisius Indonesia Print Media Awards (IPMA) & Indonesia Inhouse Magazine 2012, di Ballroom Hotel Novita, Jambi, Selasa (7/2/2012).

Prestasi pertama membahagiakan bagi Tribun Jogja, yang belum genap 10 bulan hadir di Provinsi DIY-Jateng. Untuk regional Jawa, Pikiran Rakyat memperoleh emas, sedangkan Harian Solopos menerima penghargaan perak.

Selain Tribun Jogja, ada Tribun Batam (perak), Tribun Pekanbaru (perak), Tribun Pontianak (perak), Tribun Kaltim (emas), Metro Banjar (emas), dan Tribun Timur (perak), serta Sriwijaya Post (perunggu), dan Bangka Pos (perunggu).

Ajang IPMA diselenggarakan setiap tahun oleh Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) yang beranggotakan ratusan penerbit media cetak se Indonesia. Kompetisi ini diikuti ratusan suratkabar baik harian, mingguan, tabloid dan majalah dari tingkat lokal hingga nasional.

Di Jambi, IPMA digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2012 yang puncaknya dilaksanakan Kamis, 9 Februari, yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

IPMA merupkan penghargaan khsus untuk perwajahan terbaik media cetak komersial di Indonesia, dan tahun ini memasuki periode ketiga penyelenggaraannya. Ajang pertama digelar di Jakarta pada 2010, tahun berikutnya di Bali, dan yang ketiga diselenggarakan di Kota Jambi.

Dewan Redaksi[sunting | sunting sumber]

Pemimpin Redaksi

Setya Krisna Sumargo

Manajer Produksi

Ibnu Taufik Juwariyanto

Manajer Liputan

Sulistiono

Redaktur

Junianto Setyadi - Baskoro Muncar - Agus Wahyu - Iwan Al Hasni - Joko Widiyarso - Iwan Apriyansyah - Hendy Kurniawan - Rina Eviana Dewi

Asisten Redaktur

Mona Kriesdinar - Ikrob Didik - M Fathoni - Obed Doni

Reporter

Gaya Lufityanti - Susilo Wahid Nugroho - Yudha Kristiawan - Riezky Andhika P - Victor Mahrizal - Rento Ari Nugroho - Dwi Nourma Handito - Singgih Wahyu - Hamim Thohari - M Resya Firmansyah - Rendika Ferri K - Jihad Akbar - Septiandri Mandariana - Azka Ramadhan - Kurniatul Hidayah

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[1]

  1. ^ Empty citation (bantuan)