Fairy Tail: 100 Years Quest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fairy Tail 100 Years Quest
Gambar sampul manga volume pertama
フェアリーテイル 100年クエスト
(Fearī Teiru Hyaku-nen Kuesuto)
Manga
PengarangHiro Mashima[a]
IlustratorAtsuo Ueda
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
Majalah
  • Magazine Pocket
DemografiShōnen
Terbit25 Juli 2018 – sekarang
Volume17 (Daftar volume)
 Portal anime dan manga

Fairy Tail 100 Years Quest (Jepang: フェアリーテイル 100年クエスト, Hepburn: Fearī Teiru Hyaku-nen Kuesuto) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang disupervisi oleh Hiro Mashima, dan diilustrasikan oleh Atsuo Ueda. Manga ini merupakan cerita spin-off dan sekuel untuk manga Fairy Tail karya Mashima, dan mengisahkan tentang Natsu Dragneel dan kelompoknya dari guild penyihir Fairy Tail dalam petualangan mereka untuk menyelesaikan misi seratus tahun. Manga ini dirilis pada aplikasi manga Magazine Pocket milik Kodansha pada bulan Juli 2018, dan telah dilisensi oleh Kodansha USA untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara. Hingga bulan April 2024, tujuh belas volume tankōbon telah diterbitkan di Jepang.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setahun setelah kekalahan Zeref dan Acnologia, Natsu Dragneel dan kelompoknya dari guild penyihir Fairy Tail – Lucy Heartfilia, Happy, Gray Fullbuster, Erza Scarlet, Wendy Marvell, dan Carla – berangkat menuju ke benua utara bernama Guiltina dalam "Misi 100 Tahun", sebuah misi yang tidak pernah diselesaikan sekali pun dalam waktu seratus tahun, serta misi yang sama yang pernah dijalani Gildarts Clive. Kelompok Natsu baru mengetahui bahwa misi mereka adalah menyegel Lima Dewa Naga, sekelompok naga dengan kekuatan besar yang mengancam untuk menyebabkan bencana di seluruh dunia jika dibiarkan tidak terkendali. Sementara itu, Fairy Tail merekrut anggota baru bernama Touka, yang identitasnya baru diketahui sebagai penyihir berusia seabad dengan alter ego jahat yang disebut Penyihir Putih. Demi merebut kekuatan para naga untuk memenuhi tujuannya, si Penyihir Putih pergi ke Guiltina dan menghadapi konflik melawan kelompok Natsu.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Touka (トウカ, Tōka) / Penyihir Putih (白魔道士, Shiro Madōshi)

Touka dan Penyihir Putih merupakan kepribadian alternatif dari seorang penyihir berumur seabad sekaligus pemimpin dari Liberius,[Jp. 1] sebuah kultus yang bertujuan untuk menghapus segala sesuatu yang ada dengan menggunakan sihir putih. Atas dasar inilah, dirinya dianggap sebagai versi lain dari Zeref, sang Penyihir Hitam, dan sama berbahayanya. Touka adalah seorang gadis baik hati yang bergabung dengan guild Fairy Tail setelah jatuh cinta terhadap Natsu Dragneel, yang menolongnya dari para bandit ketika dia sedang melakukan perjalanan untuk berlatih. Touka juga bersaing dengan Juvia Lockser yang menyukai Gray Fullbuster. Namun, tujuan asli Touka adalah untuk meminta bantuan Fairy Tail agar bisa melepaskan pengaruh Penyihir Putih—yang memiliki kemampuan untuk mencuri sihir milik orang lain—darinya. Kemampuan tersebut dapat digunakannya sendiri, dihapus, atau mengontrol pikiran orang lain.

Elefseria (エレフセリア, Erefuseria)

Elefseria adalah master pendiri Magia Dragon,[Jp. 2] Guild penyihir pertama di Earth-land, yang terletak di benua utara bernama Guiltina. Ia bertindak sebagai klien Fairy Tail untuk Misi 100 Tahun. Misi tersebut dibuat setelah dirinya gagal mengalahkan Lima Dewa Naga, bahkan setelah mempelajari sihir Dragon Slayer, yang membuat bisa berubah menjadi naga. Karenanya, dia tetap hidup selama 160 tahun sejak pertama kali menciptakan misi tersebut. Elefseria masih bisa berubah ke bentuk aslinya sebagai manusia menggunakan sihir.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah Fairy Tail tamat pada tanggal 26 Juli 2017, Hiro Mashima mengirimkan sebuah twit pada tanggal 5 April 2018 dan mengumumkan bahwa sekuel dari seri tersebut akan dibuat sebagai sebuah manga spin-off, meskipun dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai apakah dia yang akan menggambarnya.[2] Pada tanggal 27 Juni, Mashima mengumumkan bahwa manga tersebut untuk sementara dinamakan Fairy Tail Zokuhen (FAIRY TAIL続編, terj. har. "Sekuel Fairy Tail"),[3] yang dikonfirmasi pada tanggal 4 Juli untuk diilustrasikan oleh Atsuo Ueda menggunakan storyboard orisinal yang dibuat oleh Mashima.[1]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini dirilis dengan dua bab di aplikasi manga KodanshaMagazine Pocket—pada tanggal 25 Juli 2018 dengan judul Fairy Tail 100 Years Quest, sedangkan pada saat yang sama, bab pertama diterbitkan di edisi ke-34 dari Weekly Shōnen Magazine.[1][4] Pada tanggal 28 Agustus, Ueda mengirimkan twit bahwa bab terbaru akan dirilis setiap dua minggu mulai tanggal 5 September.[5] Manga ini akan diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Kodansha USA pada musim panas tahun 2019.[6][7]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis JepangISBN JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 9 November 2018[8]ISBN 978-4-06-513398-920 Agustus 2019[9]ISBN 978-1-63-236892-8
  1. "Saisho" no Girudo to "Saikyō" no Girudo (“最初”のギルドと“最強”のギルド)
  2. Metsuryū no Keifu (滅竜の系譜)
  3. Saigo no Kibō (最後の希望)
  4. Ameijingu Erumina (アメイジング・エルミナ)
  5. Goshinryū o "Fū"jiro (五神竜を“封”じろ)
  1. Messuru Yaiba (滅する刃)
  2. Ryū no Umi (竜の海)
  3. Shinryū no Yūutsu (神竜の憂鬱)
  4. Kuro ka Shiro ka (黒か白か)
Natsu Dragneel dan kelompoknya berangkat untuk memulai misi yang belum pernah diselesaikan dalam kurun waktu seratus tahun yang diberikan oleh Magia Dragon—guild penyihir pertama dan tertua sepanjang sejarah, yang berlokasi di benua bagian utara bernama Guiltina. Master dari guild tersebut, seorang pembantai naga yang dulunya seorang manusia bernama Elefseria, menginstruksikan kelompok mereka untuk menyegel beberapa makhluk fiktif yang dikenal dengan julukan Lima Dewa Naga, yang masing-masing dipercaya memiliki kekuatan yang menyaingi Acnologia. Kelompok ini kemudian berangkat menuju ke kota Ermina untuk mencari dewa naga air, Mercuphobia; dalam prosesnya, mereka bertemu trio pembantai naga dari guild Diabolos, yang berniat mendapatkan kekuatan besar Mercuphobia dengan cara melahapnya. Ketika dia muncul di tengah kedua guild untuk menghentikan pertarungan mereka, Mercuphobia dalam sosok manusia mengungkapkan bahwa seorang penyihir yang dijuluki Penyihir Putih telah mencuri sebagian besar sihirnya, dan kemudian meminta kelompok Natsu untuk membantunya pulih sebelum dia kehilangan kontrol atas sihirnya. Di lain pihak, Fairy Tail merekrut seorang wanita muda sekaligus pengagum Natsu bernama Touka, yang membuat Gajeel Redfox curiga setelah dia menyebut nama Briar, salah satu anggota Avatar. Di sisi lain, Jellal Fernandez memperingatkan guild penyihir lainnya untuk menghindari kontak dengan Touka, yang menurutnya merupakan sosok Penyihir Putih yang sebenarnya.
2 8 Maret 2019[10]ISBN 978-4-06-514119-919 November 2019[11]ISBN 978-1-63-236893-5
  1. Zanshin no Diaborosu (斬心の悪魔ディアボロス)
  2. Yaiba, Yoroi, Hai (刃、 鎧、 灰)
  3. Hoshi to Ikazuchi (星と雷)
  4. Mizu no Meguriawase (水の巡り合わせ)
  5. Ame to Kage (雨と陰)
  1. Shiroku Somaru (白く染まる)
  2. Hai to An'un (灰と暗雲)
  3. Suijinryū (水神竜)
  4. Kujū no Ketsudan (苦渋の決断)
Trio Diabolos memutuskan untuk menargetkan Penyihir Putih demi mendapatkan kekuatan Mercuphobia, mengalahkan kelompok Natsu dan melukai Mercuphobia. Lucy Heartfilia melarikan diri dengan perahu dan bertemu Brandish μ, yang—sama seperti Lucy—sedang mencari kunci Aquarius di Guiltina. Brandish membantu Fairy Tail dengan cara menenggelamkan kapal Diabolos di atas bukit, membantu teman-teman Lucy yang dipenjara melawan trio Diabolos, yang kemudian mundur setelah mengancam akan membalas dendam bersama seluruh guild Diabolos. Tidak lama setelah itu, Mercuphobia kehilangan kendali atas dirinya dan berubah menjadi naga, mengamuk tanpa pikir panjang di seantero Elmina. Kelompok Natsu dengan enggan berusaha membunuh Mercuphobia, tetapi kewalahan karena kekuatannya yang seperti dewa. Sementara itu, Jellal berhadapan dengan Touka dan memastikan identitasnya sebagai Penyihir Putih sekaligus pendiri Liberius, sebuah kultus sihir putih jahat yang berlawanan dengan cara Avatar—yang mencuri sihir orang lain, tetapi dia dilindungi oleh Laxus Dreyar. Ketika anggota Fairy Tail mulai mempertanyakan latar belakang Touka, Penyihir Putih mengambil alih tubuh Touka dan menyerang Jellal, namun ditekan oleh kepribadian asli Touka, yang kemudian ditangkap oleh Gajeel. Ketika Touka diinterogasi di aula guild Fairy Tail, Penyihir Putih kembali mengambil alih tubuhnya dan mencuri sihir semua orang di dalam guild.
3 9 Juli 2019[12]ISBN 978-4-06-515724-418 Februari 2020[13]ISBN 978-1-63-236947-5
  1. Shin'en yori (深淵より)
  2. Honō no Keifu (炎の系譜)
  3. Subete o Moyasu (全てを燃やす)
  4. Minna ga Inakya (みんながいなきゃ)
  5. Shukufuku no Minatomachi (祝福の港町)
  1. Kekka Ōrai (結果オーライ)
  2. Fairy Nail
  3. Reinhiru ni te (レインヒルにて)
  4. Mokushinryū Arudoron (木神竜アルドロン)
Natsu diselamatkan dari Mercuphobia oleh dewa naga api, Ignia, yang rupanya merupakan anak kandung Igneel. Dia tertarik untuk bertarung melawan Natsu, tetapi kecewa dengan kemampuannya. Ignia kemudian memberikan apinya untuk dimakan Natsu dan terbang pergi. Api milik Ignia memberikan Natsu kekuatan dewa naga api untuk sementara—dan membuatnya mampu mengalahkan Mercuphobia, tetapi pada saat yang sama Natsu hampir mengamuk sebelum ditenangkan oleh Lucy. Setelah kembali sadar, Mercuphobia kehilangan kekuatannya karena sudah dikalahkan, membuat misi Fairy Tail sedikit terpenuhi. Sebagai rasa terima kasih, Mercuphobia memberikan petunjuk pada kelompok Natsu untuk pergi ke ibu kota Guiltina yaitu Draseel, yang dibangun di atas tangan kanan Aldoron, dewa naga kayu raksasa. Dalam perjalanan ke sana, mereka bertemu guild selebriti yang para anggotanya secara kebetulan mirip dengan para penyihir Fairy Tail. Mereka juga kembali bertemu dengan Juvia Lockser, yang meloloskan diri dari Penyihir Putih dan memperingatkan bahayanya kepada mereka.
4 8 November 2019[14]ISBN 978-4-06-517305-319 Mei 2020 (digital)[15]
11 Agustus 2020 (2020-08-11) (cetak)[15][16]
ISBN 978-1-63-236948-2
  1. Shiro no Shihai (白の支配)
  2. Howaitoauto (白滅ホワイトアウト)
  3. Kenka Matsuri (ケンカ祭り)
  4. Taiji suru Yōsei-tachi (対峙する妖精たち)
  5. Sutā Doresu Mikkusu (星霊衣合成スタードレスミックス)
  1. Itami (痛み)
  2. Arata naru Shikaku-tachi (新たなる刺客たち)
  3. Reiryū no Reisu (霊龍のレイス)
  4. Konsen no Dorashīru (混戦のドラシール)
Saat sedang mengumpulkan informasi tentang Aldoron, kelompok Natsu dipancing ke dalam katedral dan menemukan rekan-rekan se-guild mereka bersama Jellal, yang otaknya telah dicuci oleh Penyihir Putih. Berupaya untuk mengendalikan Aldoron, Penyihir Putih mengirim para anggota Fairy Tail yang dicuci otaknya untuk menghancurkan lima bola yang berisi kekuatan Aldoron di seantero Drasil. Mereka berhasil menghancurkan bola yang berada pada tangan kanan Aldoron. Juvia yang dibebaskan Touka dari cuci otak, memperingatkan teman-temannya tentang rencana Penyihir Putih. Kelompok Natsu berpencar untuk melindungi bola-bola yang tersisa dan mengalahkan teman-teman mereka agar bisa dikembalikan ke dalam keadaan normal oleh Wendy Marvell. Namun, situasi menjadi rumit dengan kemunculan para anggota Diabolos yang juga berniat untuk menghancurkan bola-bola tersebut dan memakan Aldoron untuk diri mereka sendiri, dan turut bergabung ke dalam pertarungan melawan Fairy Tail dan pasukan Penyihir Putih. Salah satu di antara mereka adalah seorang Dragon Eater, seorang hantu bernama Wraith yang tidak mempan menghadapi serangan fisik. Ia berhasil mengalahkan Natsu dan mencuri jiwanya.
5 9 Maret 2020[17]ISBN 978-4-06-518450-927 Oktober 2020[18]ISBN 978-1-63-236984-0
  1. Bēta Hevun (β天国ベータヘヴン)
  2. Shinkuro-ritsu (シンクロ率)
  3. Mayuryū Mayumayu (繭竜マユマユ)
  4. Chi yori mo Koi (血よりも濃い)
  5. Hangeki no Kirifuda (反撃の切り札)
  1. Girudo no Tame nara (ギルドの為なら)
  2. Kanchigai (勘違い)
  3. Kurenai no Gekitō (紅の激闘)
  4. Kurenai no Ketchaku (紅の決着)
Menerima panduan dari roh Zeref Dragneel, Mavis Vermillion, dan Igneel, Natsu mengubah jiwanya menjadi proyeksi pemikiran dan mampu melawan balik Wraith. Wraith merasuki tubuh Makarov Dreyar untuk mengungguli Natsu, tetapi mengalah setelah mengenang ingatannya yang telah hilang sebagai teman Makarov di Fairy Tail, dan kembali ke alam baka. Saat bola kedua dihancurkan oleh Dragon Eater lain bernama Nebaru, Natsu dan Happy terbang menuju ke bola yang berada pada bagian punggung Aldoron dan bertemu dengan Touka. Touka menyatakan cintanya untuk Happy—mengungkapkan bahwa dirinya adalah seekor Exceed yang keliru mengira nama Happy sebagai Natsu—sebelum Penyihir Putih mengambil alih tubuhnya lagi. Di sisi lain, Lucy bersama Cana Alberona—yang rupanya sedang mabuk, alih-alih dicuci otak—berusaha untuk menyegel teman-teman mereka yang telah kalah ke dalam kartu milik Cana, sementara Erza Scarlet menangkap Jellal yang terobsesi dengan foreplay dan menghadapi Laxus dalam pertarungan yang berakhir imbang. Kejadian tersebut membuat Kiria si Dragon Eater berhasil menghancurkan bola ketiga.
6 9 Juni 2020[19]ISBN 978-4-06-519429-415 Desember 2020[20]ISBN 978-1-64-651039-9
  1. Shiro no Ishi (白の意志)
  2. Bōgyaku no Nenryū (暴虐の粘竜)
  3. Dai-go Sedai Doragon Fōsu (第五世代ドラゴンフォース)
  4. Saigo no Ōbu (最後のオーブ)
  5. Mokushinryū no Himitsu (木神竜の秘密)
  1. Todoroku Daichi (轟く大地)
  2. Dokushin no Kigi (読心の木々)
  3. Tōtoki Noroi (尊き呪い)
  4. Goddo Shīdo (ゴッドシード)
7 9 Oktober 2020[21]ISBN 978-4-06-521026-018 Mei 2021[22]ISBN 978-1-64-651152-5
  1. Shi no Unmei (死の運命)
  2. Tayoreru Nakama-tachi (頼れる仲間たち)
  3. Ikiru Chikara (生きる力)
  4. Kōri to Mizu (氷と水)
  5. Unmei no Haguruma (運命の歯車)
  1. Kyodaika (巨大化)
  2. Kengeki Shinshin (剣戟森森)
  3. Moyuru Ishi (燃ゆる意志)
  4. Doramīru no Utage (ドラミールの宴)
8 9 Februari 2021[23]ISBN 978-4-06-522350-528 September 2021[24]ISBN 978-1-64-651233-1
  1. Arudo no Yu (亜留土乃湯)
  2. Erentia (エレンティア)
  3. Edorasu ni te (エドラスにて)
  4. Akua Ēra (水の翼アクアエーラ)
  5. Gesshinryū Serēne (月神竜セレーネ)
  1. Te ()
  2. Supiria (スピリア)
  3. Reijutsu (霊術)
  4. Gekka Bijin (月下美神)
9 9 Juli 2021[25]ISBN 978-4-06-524017-521 Desember 2021[26]ISBN 978-1-64-651306-2
  1. Tsukiyo no Utage (月夜の宴)
  2. Yōkai "Nure Onna" (妖怪“濡れ女”)
  3. Mizu no Kioku (水の記憶)
  4. Sōko no Jin (双虎の陣)
  5. Hakumetsu no Sato (白滅の里)
  1. Hyakki Yakō (百鬼夜行)
  2. Gehō Ōmagatoki (外法・逢魔時)
  3. (スザク)
  4. Kensei (剣聖)
10 9 November 2021[27]ISBN 978-4-06-525984-912 Juli 2022[28]ISBN 978-1-64-651422-9
  1. Ribenji Matchi (リベンジマッチ)
  2. Fudō no Mimi (不動のミミ)
  3. Itetsuku no Mugen (凍てつく夢幻)
  4. Kōri no Kyojin (氷の巨人)
  5. Shin'en (深淵)
  1. Minikuki Sekai (醜き世界)
  2. Aruta Feisu (アルタ・フェイス)
  3. Erentia no Yoi (エレンティアの宵)
  4. Kikan (帰還)
11 9 Maret 2022[29]ISBN 978-4-06-527265-78 November 2022[30]ISBN 978-1-64-651573-8
  1. Watashi no Sekai (私の世界)
  2. Daimeikyū (大迷宮)
  3. Roku-tōme no Goshinryū (六頭目の五神竜)
  4. Batoru Danjon (バトルダンジョン)
  5. Purasshu Dōru (プラッシュドール)
  1. Ikazuchi to Taiki (雷と大気)
  2. Byakkoryū no Haku (白虎竜のハク)
  3. Enchanto Mahō (付加エンチャント魔法)
  4. Hiiro no Ikari (緋色の怒り)
12 8 Juli 2022[31]ISBN 978-4-06-528381-311 April 2023[32]ISBN 978-1-64-651693-3
  1. Manekazaru Kyaku (招かざる客)
  2. Honō no Shinzui (炎の神髄)
  3. Onna to Onna no Tatakai (女と女の戦い)
  4. Nakama no Kioku (仲間の記憶)
  5. Burū Dimenshon (青き次元ブルーディメンション)
  1. Hiiro (緋色)
  2. Honō to Tsuki (炎と月)
  3. Sōryū Gekitotsu (双竜激突)
  4. Daichi no Mezame (大地の目覚め)
13 9 November 2022[33]ISBN 978-4-06-529716-211 Juli 2023[34]ISBN 978-1-64-651890-6
  1. Ō no Tamashii (王の魂)
  2. Juon no Koe (呪怨の声)
  3. Daichi no Sakebi (大地の叫び)
  4. Shizukana Negai (静かな願い)
  5. Renkinjutsushi Girudo (錬金術士ギルド)
  1. Girudo no Tsunagari (ギルドの繋がり)
  2. Ryū no Kami ni Aisareta Otoko (竜の神に愛された男)
  3. Tetsu no Ribenji (鉄のリベンジ)
  4. Honō no Yaiba (炎の刃)
14 7 April 2023[35]ISBN 978-4-06-531285-810 Oktober 2023[36]ISBN 978-1-64-651891-3
  1. Hōkai suru Meikyū (崩壊する迷宮)
  2. Hadaka no Tsukiai (裸の付き合い)
  3. Girudo no Rekishi (ギルドの歴史)
  4. Futari no Negai (二人の願い)
  5. Shazai (謝罪)
  1. Tadaima (ただいま)
  2. Gohon Shōbu (五本勝負)
  3. Seibā Daishoin (セイバー大書院)
  4. Firan no Machi (フィランの街)
15 8 Agustus 2023[37]ISBN 978-4-06-532600-82 Januari 2024[38]ISBN 979-8-88-877035-1
  1. Tankōfu Girudo no Okite (炭鉱夫ギルドの掟)
  2. Kyōtō no Tora (共闘の虎)
  3. Gennai to Kōtetsu (ゲンナイとコウテツ)
  4. Renkin no Kemuri (錬金の煙)
  5. Shigunario Shimai (シグナリオ姉妹)
  1. Dorīmu Desu Wārudo (ドリームデスワールド)
  2. Goddo Zannen (ゴッド残念)
  3. Kanjō no Rensei (感情の錬成)
  4. Unzari (うんざり)
16 7 Desember 2023[39]ISBN 978-4-06-533891-910 September 2024[40]ISBN 979-8-88-877036-8
  1. Goddo Meiwaku (ゴッド迷惑)
  2. Atena no Kako (アテナの過去)
  3. Bierunesu Kōryaku Sakusen Kaishi (ビエルネス攻略作戦開始)
  4. Gōrudo Ōru no Kyōi (黄金の梟ゴールドオウルの脅威)
  5. Raibaru Bondo Rensei (敵絆ライバルボンド錬成)
  1. Abekobe Batoru (あべこべバトル)
  2. Sorezore no Mokuteki (それぞれの目的)
  3. Goddo Batoru (ゴッドバトル)
  4. Tsumi no Saki e (罪の先へ)
17 9 April 2024[41]ISBN 978-4-06-535160-4
  1. vs. Sekai (vs.世界)
  2. Heiwa e no Omoi (平和への想い)
  3. Iruha (イルハ)
  4. Ikazuchi no Kizuna (雷の絆)
  5. Wakare to Kaikō (別れと邂逅)
  1. Kinshinryū Bierunesu (金神竜ビエルネス)
  2. Omoi o Seotte (思いを背負って)
  3. Takusareta Mō Hitotsu no Omoi (託されたもう1つの思い)
  4. Ai no Kiseki (愛の奇跡)

Bab yang belum diterbitkan dalam format tankōbon[sunting | sunting sumber]

Bab-bab berikut ini masih belum diterbitkan dalam bentuk volume tankōbon. Semua bab berikut telah dimuat pada platform Magazine Pocket sejak bulan Maret 2024.

  1. Za Kobura (ザ・コブラ)
  2. Ichiya no Nayami (一夜の悩み)
  3. Buraian (ブライアン)
  4. Faia & Fureimu (ファイア&フレイム)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dikreditkan sebagai pembuat storyboard.[1]
Bahasa Jepang
  1. ^ 白魔術教団 (リベリアス) Riberiasu
  2. ^ 魔陣の竜 (マギア・ドラゴン) Magia Doragon

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Sherman, Jennifer (4 Juli 2018). "Atsuo Ueda Launches Fairy Tail Sequel Manga on July 25". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-18. Diakses tanggal 3 Agustus 2018. 
  2. ^ Hodgkins, Crystalyn (5 April 2018). "Hiro Mashima Launches New Manga on June 27, Also Plans Fairy Tail Sequel & Spinoff Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-21. Diakses tanggal 3 Agustus 2018. 
  3. ^ Sherman, Jennifer (27 Juni 2018). "Hiro Mashima Reveals Fairy Tail City Hero Spinoff Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 3 Agustus 2018. 
  4. ^ Ressler, Karen (25 Juli 2018). "Fairy Tail's Happy Spinoff Manga Launches". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 3 Agustus 2018. 
  5. ^ Ueda, Atsuo [@atsuwo521] (August 28, 2018). "今週より『FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST』は隔週更新になります。なので、次の更新は9月5日になりす。もともと隔週更新で開始予定でしたが、単行本をなるべく早く出すために6話までは毎週更新でした。という訳なので今後ともよろしくお願いします!" ["FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST" akan dirilis setiap dua minggu, dimulai dari minggu ini. Jadi bab terbaru akan rilis pada tanggal 5 September. Pada awalnya kami berencana untuk mulai merilis bab terbaru setiap dua minggu, tetapi agar buku komiknya tersedia sesegera mungkin, kami merilis 6 bab setiap minggu. Jadi saya mengharapkan dukungan terus-menerus dari Anda pada masa depan!] (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 29 Agustus 2018 – via Twitter. 
  6. ^ Sherman, Jennifer (13 Maret 2019). "Kodansha Comics, Vertical Add Bakemonogatari, Cells at Work! Code Black, Granblue Fantasy Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-11. Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  7. ^ "Fall 2019 New Licensing Announcements from Kodansha Comics + Vertical". Kodansha Comics. 11 Maret 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-07. Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  8. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (1)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 30 Oktober 2018. 
  9. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST Vol 1". RightStuf (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-27. Diakses tanggal 5 April 2019. 
  10. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (2)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 22 Februari 2019. 
  11. ^ "FAIRY TAIL: 100 Years Quest 2". Amazon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-12. Diakses tanggal 2019-08-28. 
  12. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (3)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 25 Juni 2019. 
  13. ^ "Fairy Tail 100 Year Quest Volume 3". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-08. Diakses tanggal 21 August 2019. 
  14. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (4)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 18 Oktober 2019. 
  15. ^ a b Sherman, Jennifer; Hodgkins, Crystalyn (4 April 2020). "Kodansha USA Delays Spring, Summer Print Manga Releases". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 5 2020. 
  16. ^ "Fairy Tail 100 Year Quest 4". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-08. Diakses tanggal 18 Oktober 2019. 
  17. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (5)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 21 Februari 2020. 
  18. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 5". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 27 Februari 2020. 
  19. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (6)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  20. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 6". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 23 Maret 2020. 
  21. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (7)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  22. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 7". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 9 Juli 2021. 
  23. ^ "FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (8)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 27 Desember 2020. 
  24. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 8". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 9 Juli 2021. 
  25. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (9). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 29 Mei 2021. 
  26. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 9". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 2 Oktober 2021. 
  27. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (10). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 2 Oktober 2021. 
  28. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 10". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 9 November 2021. 
  29. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (11). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 17 Februari 2022. 
  30. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 11". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-09. Diakses tanggal 9 November 2022. 
  31. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (12). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-08. Diakses tanggal 2 Juni 2022. 
  32. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 12". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 9 November 2022. 
  33. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (13). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-31. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  34. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 13". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 9 November 2022. 
  35. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (14). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-29. Diakses tanggal 28 Februari 2023. 
  36. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 14". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-26. Diakses tanggal 22 Mei 2023. 
  37. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (15). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-26. Diakses tanggal 28 Juni 2023. 
  38. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 15". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-28. Diakses tanggal 28 Juni 2023. 
  39. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (16). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-10-26. Diakses tanggal 29 Oktober 2023. 
  40. ^ "FAIRY TAIL: 100 Year Quest 16". Penguin Random House. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-12-07. Diakses tanggal 6 Desember 2023. 
  41. ^ FAIRY TAIL 100 YEARS QUEST (17). Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2024-03-05. Diakses tanggal 5 Maret 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]