Dorami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dorami
Dorami.png
Gambar Dorami
PenciptaFujiko Fujio
Pengisi suaraJepang:
Keiko Yokozawa (1980 - Februari 2000, 2000 - Maret 2005)
Hekiru Shiina (Oktober 1992 - Maret 2005)
Yumiko Kobayashi (2000 - Maret 2005, September 2006 - sekarang)
Ryō Hirohashi (2003 - Maret 2005, September 2006 - sekarang)
Chiaki Fujimoto (September 2006 - sekarang)
Indonesia:
Tidak Diketahui (1990 - 2005)
Nur Fathiah Diaz (2005 - 2006, 2006 - 2008)
Nurul Ulfah (2006 - 2008)
Loecy Soesilo (2008 - sekarang)
Inggris:
Wendee Lee atau Alicyn Packard (Disney XD)

Dorami (Jepang:ド ラ ミ ど ら み Dorami) (lahir pada tanggal 2 Desember 2114) adalah adik perempuan Doraemon. Dia berwarna kuning, ekor bunga, bukan ekor rubah, dan memiliki pita merah besar, bukan telinga. Dia kebetulan sekitar 2 tahun lebih muda dari Doraemon. Anehnya, mereka adalah saudara kandung karena fakta bahwa mereka menggunakan jenis oli yang sama. Dia tinggal di Tokyo abad ke-22 bersama Sewashi. Dia kadang-kadang mengunjungi Nobita dengan mesin waktu ketika Doraemon sedang "tidak bertugas" atau untuk membantu Doraemon dengan sesuatu.

Dia suka Roti Melon dan takut kecoak, menurut film pendek 1989 Dora SOS (Tanda minta tolong) !!, meskipun ia tidak menunjukkan rasa takut kecoak di panel terakhir dari cerita manga Permen Menghargai. Dia juga terbukti menjadi robot yang lebih canggih daripada Doraemon (Dorami mampu menghasilkan 10.000 tenaga kuda, dibandingkan dengan Doraemon 129,3). Berbeda dari saudaranya yang tidak berfungsi, dia adalah siswa terpintar selama masa sekolahnya, dan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam menggunakan Gawai. Dia juga memiliki manga Sempalan sendiri. Seseorang yang dia sukai adalah Dora the Kid (Pada animasi The Doraemon).

Penampilan Sehari-Hari[sunting | sunting sumber]

Dorami berwarna kuning kobalt dan memiliki telinga yang menyerupai pita merah besar (meskipun 4 koma dari The Doraemon Special tampaknya menunjukkan bahwa pita itu hanya untuk hiasan) dan ekornya berbentuk seperti bunga. Dorami telah mengalami perubahan wajah besar sejak penampilannya, dan memiliki sedikit perubahan sejak saat itu (yaitu: ia memiliki hidung merah muda dan pipi merah muda di anime 2005). Tubuhnya mirip dengan Doraemon kecuali bahwa sakunya 4D memiliki garis-garis merah di atasnya dan matanya mirip dengan Shizuka tetapi memiliki bulu mata yang terlihat (tiga di setiap mata). Dia memiliki mata hitam dan sebagian besar wajah dan perutnya berwarna putih. Dia mengenakan kerah biru dengan lonceng emas, sangat mirip dengan Doraemon. Awalnya Dorami memiliki telinga pengganti untuk dipasang, tetapi meminta mereka untuk tidak memasang dan diganti dengan pita sebagai alternatif untuk menjaga Doraemon dari merasa terlalu sedih dengan kehilangan telinganya, sehingga dia tidak merasa sendirian tanpa telinga.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Dorami adalah robot yang bertanggung jawab, baik, dan masuk akal. Dia dalam banyak hal adalah kebalikan dari Doraemon, dengan kemungkinan bahwa dia telah merawat Nobita lebih baik darinya. Dorami memiliki ketidaksukaan terhadap kekotoran dan merupakan 'orang aneh yang rapi' dan memiliki rasa takut akan kecoak yang mirip dengan rasa takut Doraemon terhadap tikus dan diketahui merawat Nobita ketika Doraemon tidak ada di sana. Dia dapat digambarkan sebagai kucing robot yang manis, ramah dan imut. Namun, dia kadang-kadang bisa marah atau ketika diprovokasi sia-sia seperti dalam film Nobita Pertempuran Hebat Raja Putri Duyung, dia dikira ikan buntal oleh Haribo, dan ini membuatnya marah. Dia membantu orang kapan pun mereka dalam kesulitan dan ramah terhadap binatang yang lemah atau tidak berdaya dan sangat sopan, dan ibu Nobita pernah terpesona oleh sifat manisnya.

Hubungan dengan Doraemon[sunting | sunting sumber]

Karena fakta bahwa mereka menggunakan jenis oli yang sama, telinga Dorami terlepas. Ini membuat Doraemon sangat khawatir tentangnya. Tapi pencipta Dorami memberinya pita, Doraemon memujinya dan Dorami dengan senang hati memanggilnya Kakak. Dorami kadang-kadang kritis terhadap cara Doraemon memarahi dan membantu Nobita menjadi lebih baik dan sukses dalam hidup, merasa bahwa ia harus lebih tangguh dengan Nobita dengan memberikan ramuan persegi yang membuatnya lebih ketat, tetapi hanya berakhir dengan bumerang.

Hubungan dengan Nobita Nobi[sunting | sunting sumber]

Dia membantu Nobita dengan tidak adanya Doraemon dan mencoba menjadikannya orang yang lebih baik. Namun, tidak seperti Doraemon, Dorami jauh lebih membantu dan berbelas kasih kepada Nobita sampai menghiburnya. Ketika Dorami menggantikan Doraemon untuk sementara waktu, dia menyadari betapa Nobita yang menyedihkan tidak memiliki saudara lelakinya. Jadi dia memutuskan untuk membiarkan Doraemon kembali ke Nobita sementara dia kembali ke Sewashi pada abad ke-22.

Hubungan dengan Shizuka Minamoto[sunting | sunting sumber]

Dia siap membantu Shizuka seperti yang ditunjukkan dalam beberapa episode. Mereka memiliki hubungan dekat satu sama lain karena mereka perempuan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Doraemon Wiki Fandom [1]