Doraemon (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Doraemon
Tokoh Doraemon
JR ED79 Kaikyo at Aomori Station.jpg
Gambar Doraemon di depan dan samping kereta JR ED79 Kaikyo di Stasiun Aomori
Penampilan
perdana
Desember 1969
PenciptaFujiko Fujio
Pengisi suaraJepang:Kōsei Tomita (1973)
Masako Nozawa (1973, 1976)
Nobuyo Ōyama (1979–2005)[1]
Kazue Takahashi (1980, kuning)
Chisa Yokoyama (1995, kuning)
Wasabi Mizuta (2005–kini)[2]
Inggris:
Mona Marshall
Portrayed byJean Reno (2011–2012 TV commercials)
Biodata
KerabatSewashi (pemilik)
Nobita Nobi (sahabat)
Dorami (adik)
Mii-chan (pacar)

Doraemon (bahasa Jepang: ドラえもん) adalah karakter fiksi dalam serial manga dan anime Jepang dengan nama yang sama yang dibuat oleh Fujiko Fujio, nama pena dari tim penulisan Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko. Dia adalah seorang laki-laki robot kucing yang melakukan perjalanan kembali dalam waktu dari abad ke-22 untuk membantu seorang remaja laki-laki bernama Nobita. Sebuah "resmi" akta kelahiran untuk karakter memberinya kelahiran tanggal 5 april 2112. dan daftar kota tempat tinggal seperti Kawasaki, Kanagawa, kota di mana manga diciptakan.[3] Pada tahun 2008, Jepang Kementerian luar Negeri yang ditunjuk Doraemon di negara itu "anime duta besar". Julukannya adalah MS-903, Dora.

Penciptaan dan konsepsi[sunting | sunting sumber]

Doraemon awalnya dipahami oleh Hiroshi Fujimoto berikut rangkaian tiga peristiwa. Saat mencari ide untuk sebuah manga baru, dia berharap mesin ada yang akan datang dengan ide-ide untuk dia, dia tersandung putrinya mainan, dan mendengar kucing berkelahi di lingkungan nya.[4]

Nama "Doraemon" dapat diterjemahkan kira-kira menjadi "liar." Luar biasa, nama "Doraemon" (ドラえもん) ditulis dalam sebuah campuran dari dua Jepang script: Katakana (ドラ) dan Hiragana (えもん). "Dora" berasal dari "dora neko" (どら猫, stray cat), dan korupsi dari nora (liar).

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Doraemon[sunting | sunting sumber]

Doraemon dikirim kembali dalam waktu dengan seorang anak muda bernama Sewashi Nobi untuk memperbaiki kakek buyutnya, Nobita, sehingga keturunannya dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Di dalam kisah aslinya, Nobita tidak mengalami apa-apa kecuali kesengsaraan dan kemalangan, yang diwujudkan dalam bentuk nilai yang buruk dan intimidasi sepanjang hidupnya. Keadaan ini berujung pada jatuhnya bisnis masa depannya yang menyebabkan ia harus meninggalkan keluarganya, yang juga dilanda dengan masalah keuangan. Dalam rangka untuk mengubah sejarah keluarga Nobi, Sewashi awalnya ingin mengirim "super-robot" untuk melindungi Nobita, tetapi dengan uangnya yang sedikit, dia hanya mampu membeli robot tidak sempurna yang ditolak pabrik mainan: Robot kucing antropomorfik bernama Doraemon.

Doraemon diciptakan pada tanggal 3 September 2112 oleh Matsushiba Robot Factory (マツシバロボット工場).[5] Ia memiliki fourth-dimensional pocket (四次元ポケット), yang dari sanalah ia menghasilkan gadget, obat-obatan, dan alat-alat dari masa depan. Film tahun 1995 menunjukkan penampilan aslinya; ketika pertama kali diciptakan, Doraemon memiliki telinga dan dicat kuning, tapi dia berubah menjadi biru setelah menangis karena tikus yang makan telinganya.

Di media lain[sunting | sunting sumber]

Aktor Prancis , Jean Reno digambarkan Doraemon di beberapa televisi live-action iklan sepanjang 2011 dan 2012. Iklan ini dibuat oleh Toyota dan menggambarkan seri' karakter dua dekade setelah mereka "tumbuh." [6]

Doraemon muncul di Tokyo video showcase di 2016 upacara penutupan Olimpiade musim Panas dalam anime bentuk dengan sesama karakter anime Nobita, Shizuka, Gian, Suneo dan Jepang yang terkenal dengan karakter seperti Captain Tsubasa, Pac-man & Hello Kitty. Dia kemudian muncul di video di mana ia membantu perdana menteri Shinzō Abe (berpakaian seperti Mario) dengan menanam Warp Pipa dari Shibuya Crossing ke Stadion Maracana.[7][8]

Biografi fiksi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat seperti menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak kisah sedih yang ia lalui pada tahun pertama sejak kelahirannya. Sampai suatu ketika, keluarga tersebut mengirimkannya kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu pada waktu Nobita Nobi, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo.

Misi Doraemon adalah menolong Nobi Nobita yang merupakan kakek buyut dari Sewashi yang memiliki Doraemon. Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga. Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak, bermain karet, dan tidur siang. Faktor tersebut menjadi alasan mengapa Nobita gagal menjalani kehidupannya, dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk mengubah nasibnya menjadi seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi lebih baik.

Doraemon tiba pada tahun 1969 saat Tahun Baru Jepang bersama Sewashi, cicit Nobita. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita. Misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya.

Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu, bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang "tidak gagal", Dorami.

Diceritakan dalam manga dan anime, Doraemon dan Nobita saling bekerjasama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang mereka jalin.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dalam hal popularitas karakter telah dibandingkan dengan Walt Disney's Mickey Mouse,[9][10][11] dan karakter dianggap sebagai seorang tokoh ikonik di Jepang.[12] karakter telah menerima kritik di media Cina di mana mereka dianggap Doraemon untuk menjadi politik subversif karakter dan bahwa itu adalah sebuah alat dari Jepang "invasi budaya".[13][14] Dalam bukunya Japan Pop: Dalam Dunia Kebudayaan Populer Jepang, penulis Timothy J. Craig menulis bahwa karakter Doraemon "Meskipun Doraemon sendiri adalah sebuah produk berteknologi tinggi, ia memiliki sebuah kepribadian yang menawan menawan hati penonton muda. Ia adalah anggota penuh dari Nobita keluarga dan teman akrab untuk Nobita dan teman-temannya. Digambarkan dalam cara ini, Doraemon merupakan optimis melihat hubungan antara teknologi dan kemanusiaan."[15]

Menurut sarjana Anne Allison, Doraemon mungkin telah menjadi dasar untuk Pokémon, dengan alasan bahwa ada banyak persamaan antara dua ide, terutama yang Doraemon dan Pokemon yang kedua berpusat pada layanan plus friend hubungan. Dia mencatat bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa Doraemon terjadi di tempat yang nyata di Jepang dan membahas situasi kehidupan nyata, sedangkan Pokemon berlangsung di sebuah dunia fantasi dengan tidak ada hubungan dengan Jepang, yang membantu itu menjadi lebih relatable kepada orang-orang asing dan menjadi populer secara global.[16]

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Oricon pada tahun 2007 antara 1.000 orang, Doraemon berada di peringkat kedua terkuat karakter manga sepanjang masa, di belakang hanya Dragon Ball tokoh utama Son Goku.[butuh rujukan]

Pada tahun 2008 karakter Doraemon ditunjuk sebagai "duta besar anime" untuk membantu mempromosikan anime Jepang di seluruh dunia dan pada tahun 2013 Doraemon adalah dianggap sebagai karakter paling populer di kalangan anak-anak Jepang dalam sebuah survei yang diadakan oleh Video Research Ltd, posisi karakter yang telah diadakan dalam survei sejak juni 2009.[17][18] Pada The Wall Street Journal's Japan Real Time, Toko Sekiguchi menyebutnya "bisa dibilang yang paling dicintai karakter kartun di Jepang".[19] Google Jepang dimanfaatkan Doraemon di Google Doodle untuk 3 September 2009, dalam perayaan karakter ulang tahun ke-40.

Pada tahun 2012, Hong Kong merayakan ulang tahun Doraemon 100 tahun awal dengan serangkaian menampilkan karakter.[20]

Politisi Osamu Fujimura dikenal sebagai "Doraemon di Nagatacho" karena sosok dan kepribadian hangat.[21] pegulat Sumo Takamisugi dijuluki "Doraemon" karena kemiripannya dengan karakter.[22] ESP Guitars, telah membuat beberapa Doraemon yang berbentuk gitar.[23][24]

Selama 2014, Doraemon adalah fitur pada sampul semua 51 majalah yang diterbitkan oleh Shogakukan.[25]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Doraemon/Danganronpa Voice Actress Nobuyo Oyama Suffering From Dementia". Anime News Network. Diakses tanggal 13 May 2015. 
  2. ^ "Doraemon Voices Confirmed". Anime News Network. Diakses tanggal 13 May 2015. 
  3. ^ "Doraemon receives residency in Japan city". China Post. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  4. ^ Hui Min, Chew. "Why Doraemon is blue and 4 other things you might not have known about the cat robot". Straits Times. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  5. ^ "Google.co.jp's Homepage Celebrates Doraemon's Birthday". Anime News Network. Diakses tanggal 29 January 2015. 
  6. ^ "Movie Star Jean Reno Plays Doraemon in Live-Action Ads". Anime News Network. 17 November 2011. Diakses tanggal 29 January 2015. 
  7. ^ Palazzo, Chiara (August 22, 2016). "Shinzo Abe emerges from a green pipe disguised as Super Mario during Rio Closing Ceremony". The Daily Telegraph. Diakses tanggal August 22, 2016. 
  8. ^ Samuelson, Kate (August 22, 2016). "Shinzo Abe Dresses as Super Mario for Rio Closing Ceremony". TIME.com. Diakses tanggal August 22, 2016. 
  9. ^ Kagawa, Marcie. "Doraemon hitting U.S. airwaves this summer". Japan Times. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  10. ^ Bricken, Rob. "Japan's Most Beloved Anime Character, Doraemon, Is Coming To The U.S." io9. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  11. ^ Schodt, Frederik L. (2011). Dreamland Japan: Writings on Modern Manga. Stone Bridge Press. hlm. 361. ISBN 978-1-933330-95-2. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  12. ^ Ashcraft, Brian. "Iconic Anime Character Painted on Buddhist Temple". Kotaku. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  13. ^ McCurry, Justin. "Doraemon a character of subversion, claim Chinese media". The Star. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  14. ^ PIAO, VANESSA. "A Warning in China: Beware the 'Blue Fatty' Cat". New York Times. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  15. ^ Craig, Timothy J. (2000). Japan Pop: Inside the World of Japanese Popular Culture. Routledge. hlm. 296. ISBN 0-7656-0561-9. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  16. ^ Allison, Anne. Millennial Monsters, chap. 7: "Pokémon: Getting Monsters and Communicating Capitalism," 192-233.
  17. ^ Yamaguchi, Mari. "Doraemon appointed Japan's first ever cartoon ambassador". China Post. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  18. ^ "ANIME NEWS: Doraemon named the most popular character among children". Asahi Shimbum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 January 2015. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  19. ^ Toko Sekiguchi (March 26, 2013). "Godzilla Loses Top Spot to Kittybot Doraemon". Japan Real Time (The Wall Street Journal). Diakses tanggal May 28, 2015. 
  20. ^ West, David (August 13, 2012). "Hong Kong Celebrates Doraemon's 100th Birthday (Early!)". Neo. Diakses tanggal July 18, 2016. 
  21. ^ "Noda chooses 'Doraemon' as chief Cabinet secretary". Asahi Shimbun. September 2, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal January 29, 2015. 
  22. ^ Sharnoff, Lora (1993). Grand Sumo. Weatherhill. hlm. 216. ISBN 0-8348-0283-X. 
  23. ^ "ESP X Doraemon". ESP Guitars. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2013. 
  24. ^ "ESP X Doraemon". ESP Guitars. Diakses tanggal December 26, 2014. 
  25. ^ "Doraemon Takes Over Shogakukan Covers". Anime News Network. March 4, 2014. Diakses tanggal January 2, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]