Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Maret 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian



Ulang Tahun Wikipedia bahasa Indonesia di Jakarta


Usulan Penggabungan Templat

Saya mengusulkan agar templat per kecamatan digabungkan menjadi per kabupaten/kota menggunakan templat {{Navbox}}. Jadi, contohnya seperti ini (Contoh fiktif, hanya untuk sekadar memberikan contoh)

Bagaimana? Setuju ?

Salam, Albertus Aditya (bicara) 05:36, 9 Desember 2010 (UTC)

Kalau jumlah kelurahan dan/atau desa per satu kabupaten dan/atau kota-nya sedikit mungkin bisa. Tetapi kalau jumlah kelurahan dan/atau desa per satu kabupaten dan/atau kota-nya banyak, sepertinya jadi besar templat.nya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 08:51, 9 Desember 2010 (UTC)
Menurut saya tidak masalah apakah mempengaruhi templatnya besar atau kecil, yang lebih penting jumlah halaman tidak terlalu banyak padahal bisa digabung.. Albertus Aditya (bicara) 08:54, 9 Desember 2010 (UTC)
Coba dibuatkan contoh dari satu kabupaten dengan jumlah kecamatan berikut dengan desa/kelurahan-nya .. yang jumlah-nya rata-rata (bukan yang terkecil). Karena lebih mudah "memutuskan" bila ada perbandingan-nya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 15:13, 9 Desember 2010 (UTC)

Sudah ada contohnya (inilah pula yang mengilhami):

Salam, Albertus Aditya (bicara) 08:32, 11 Desember 2010 (UTC)

Saya Setuju dengan usulan ini.  -iNu-  ►  08:34, 11 Desember 2010 (UTC)
Saya Tidak setuju karena jika dalam satu kabupaten ada lebih dari 200 desa dan kelurahan, templatnya akan sangat panjang dan membosankan bagi pembaca. Contohnya di Kabupaten Aceh Besar, jumlah desa dan kelurahan disana sangat banyak. Wagino 20100516 (bicara) 09:07, 11 Desember 2010 (UTC)
Tidak masalah saya rasa. Walau agak banyak tetapi digabungkan tetap tidak masalah. Memang agak besar, tetapi demi efisiensi juga. Salam, Albertus Aditya (bicara) 03:01, 12 Desember 2010 (UTC)
Setuju. Tapi judul harus "Kelurahan dan Kecamatan di XXX", daripada "Kelurahan di kecamatan-kecamatan di XXX" (kenapa kata kecamatannya diulang?). Yang pertama lebih enak didengar. -- Adiputra बिचर -- 09:55, 12 Desember 2010 (UTC)
OOT tapi coba bandingkan tampilannya dengan:

·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:05, 12 Desember 2010 (UTC)

Sudah rapi, enak dibaca dan dilihat. -- Adiputra बिचर -- 10:13, 12 Desember 2010 (UTC)
Kalau yang di contoh yang saya berikan, itu yang sudah ada. Mungkin bisa diubah juga seperti yang saya tuliskan pertama kali ataupun yang Kenrick contohkan. Salam, Albertus Aditya (bicara) 11:58, 12 Desember 2010 (UTC)
Berikut Bahan pertimbangan tambahan :
  • Saya mengambil contoh yang dengan jumlah desa (dan setingkat) yang sedikit lebih banyak dari contoh di atas sehingga tampilan-nya nanti (tergantung jumlah desa/kelurahan/gampong/kampung) akan seperti ini :
Pertimbangan lain, yang (menurut saya) layak untuk diperhitungkan:
Kategori Jumlah artikel
Kabupaten di Indonesia 414
Kota di Indonesia 110
Kecamatan di Indonesia 237
Distrik di Indonesia 3
  • Dari data yang berhasil saya himpun, terdapat 2.427 templat yang telah tersedia.
Bila templat baru disetujui, maka templat yang telah tersedia akan digabungkan ke dalam 579 templat yang sudah ada (Kabupaten dan/atau Kota).
  • Templat baru juga akan mempengaruhi 6.475 halaman artikel Kecamatan dan/atau Distrik - dan/atau yang setingkat
  • Templat baru juga akan mempengaruhi halaman artikel Desa (dan/atau kelurahan - dan/atau yang setingkat) yang berjumlah ± 31.000
Dengan data-data tersebut di atas ; mungkin pertimbangan untuk melebur templat desa/kelurahan dan/atau gampong dan/atau kampung ke dalam templat Kabupaten dapat kembali dipertimbangkan dengan seksama terlebih karena jumlah-nya yang sangat besar dan (mungkin) tidak dapat dikerjakan oleh "Bot". Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 07:23, 13 Desember 2010 (UTC)
Saya rasa masih tidak masalah. Mengenai pemindahan, bot saya akan saya "kerjakan" juga bila ini disetujui. Bagaimana dengan tanggapan pengguna lain ? Albertus Aditya (bicara) 09:23, 13 Desember 2010 (UTC)
Yang dimaksud dengan Bot saya akan "kerjakan" juga bila ini disetujui : apa mengenai penggabungan templat kecamatan ke dalam templat kabupaten ? atau hanya mengganti nama templat di artikel "desa" ?
Yang saya khawatirkan adalah penggabungan templat kecamatan ke dalam templat kabupaten. Bukan penggantian nama. Mungkin dapat sedikit memperjelas "pekerjaan" bot secara singkat saja ? Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:15, 13 Desember 2010 (UTC)
Untuk melebur 2427 templat menjadi 579 templat (tidak mungkin dikerjakan bot) saya pikir adalah hal yang mungkin dikerjakan jika dikerjakan pelan-pelan. Perhitungan:
  • 1 pengguna setiap harinya melebur beberapa templat jadi 1 templat -> 579 hari selesai (2 tahun)
  • Kalau ada 10 pengguna, berarti setiap harinya ada beratus-ratus templat yang dileburkan jadi 10 templat -> 57,9 hari selesai (2 bulan)
Mengenai pengurangan templat dari artikel, bot dapat mengerjakannya (apalagi jika setiap templat yang telah diproses diberi kategori khusus) Demikian pendapat dari saya. Terima kasih. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:17, 13 Desember 2010 (UTC)
Tambahan: Saya pikir ada baiknya untuk menghimbau kepada pengguna WBI yang rajin membuat artikel/templat kelurahan/desa supaya pembuatan artikel maupun templat kelurahan/desa di WBI dihentikan untuk sementara waktu. ·· Kℇℵ℟ℑℭK
Tambahan 2: Menurut saya tampilan templat yang telah dileburkan jadi panjang sih oke-oke saja. (Kota Medan saja punya 21 kecamatan, setiap kecamatan punya kira-kira 10 kelurahan; bayangkan saja, ga usah dipraktekkan ) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:25, 13 Desember 2010 (UTC)
Seperti yang saya kemuka-kan terdahulu, bukan mengenai penggantian jenis templat yang digunakan oleh artikel kecamatan dan/atau artikel desa/kelurahan (dan se-tingkat-nya), tetapi mengenai peleburan templat desa/kelurahan (dan/atau setingkatnya) ke dalam templat kabupaten (dan/atau setingkatnya). Peleburan ini memerlukan konsistensi dan ketekunan supaya nanti-nya tidak menjadi setengah-setengah karena sampai ke titik jenuh (10 templat per hari selama 2 bulan). Komitmen yang tidak mudah, dan seperti yang diketahui pula ; peleburan-nya tidak mudah (tidak hanya copy-paste ; karena penulisan desa di templat tidak [[Nama Desa, Nama Kecamatan, Nama Kabupaten]] ; melainkan |d1 = Nama Desa. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:13, 13 Desember 2010 (UTC)
Usul yang saya berikan, membuat templat baru dengan berdasar pada templat Navbox, hanya saja formatnya nanti seperti templat desa yang sekarang (saya pikir Kenrick dan Tjmoel mengerti maksud saya). Mengenai peleburan, mungkin membuat jenuh beberapa orang, tetapi saya akan terus berusaha, demi perbaikan dan peningkatan kualitas Wikipedia. Hal ini juga membuat pembuatan artikel desa terstuktur. Saran dari Kenrick yang telah disampaikan di atas cukup baik untuk diimplementasikan. Salam, Albertus Aditya (bicara) 16:17, 13 Desember 2010 (UTC)
Symbol support vote.svg  Untuk tidak menunda-nunda, mungkin proses lebih lanjut dapat di tempuh. Pengguna yang aktif dalam diskusi ini dapat memberikan suara, dan pengguna yang aktif dalam pembuatan artikel desa/kelurahan dapat diundang untuk memberikan suara. Supaya keputusan dapat diambil kurang dari seminggu (7 hari) sehingga tidak diskusi ini tidak "terbengkalai" sampai kepada akhirnya di "abaikan". Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:35, 13 Desember 2010 (UTC)
Kalau saya Setuju. Kenrick dan pengguna lainnya ? Albertus Aditya (bicara) 01:25, 14 Desember 2010 (UTC)
Setuju Aldo samulo (bicara) 01:41, 14 Desember 2010 (UTC)
Setuju karena sepertinya semua yang memberikan suara, pilihannya seperti ini, jadi saya harus mengikuti konsensus yang ada, namun harapan saya penggabungan templat tersebut dapat diselesaikan seluruhnya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 10:54, 14 Desember 2010 (UTC)
Masa tidak tahu pendapat saya mengenai ini tentang komentar saya sebelumnya... Tentu saja saya Setuju Setuju terhadap hal ini. Tapi sepertinya parameter di Templat:Navbox hanya bisa sampai 20 grup (sementara mungkin banyak daerah yang memiliki >20 kecamatan; Contoh: Kota Medan: 21 kecamatan) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:01, 14 Desember 2010 (UTC)
@Wagino - tidak ada keharusan mengikuti. Kalau tidak setuju, dapat mengatakan dan/atau menyampaikan ketidak-setujuan-nya. Hasil akhir dari jajak pendapat mungkin sesuai mungkin juga tidak sesuai, tetapi paling tidak suara-pendapat anda didengar. Toh ini untuk kepentingan bersama, dan harap diingat bahwa tidak ada kepemilikan.
@Kenrick - mungkin nanti kalau keputusan-nya [[[Berkas:Symbol support vote.svg|15px|link=Berkas:Symbol support vote.svg| ]]  ] jumlah group dapat ditambahkan di {{navbox}}. ?
Bagaimana dengan penamaan templat ? apakah akan tetap mempertahankan nama templat berdasarkan kabupaten ? (sebagai templat peleburan ?) Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 12:17, 14 Desember 2010 (UTC)

Bag. II

Owwww..... Peleburan??? Saya tak bisa membayangkan jika itu diterapkan di Kabupaten Nunukan yang salah satu kecamatannya, desa-nya bejibun. Nanti seperti {{Komune Oise}} jadinya. Saya tunggu hasil finalnya saja dari diskusi ini. Saya jadi memburinjing melihat diskusi di atas. --Ezagren 이야기 13:02, 14 Desember 2010 (UTC)

Itu berarti saudaranya {{Komune Oise}}... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:32, 14 Desember 2010 (UTC)
Tidak masalah. Albertus Aditya (bicara) 13:35, 14 Desember 2010 (UTC)
Kalo saya sih jawabannya: setuju dan tidak setuju. Saya setuju desa/kelurahan digabungkan dalam 1 templat, asalkan berada dalam kota. Kalo kabupaten tapi templatnya mau gitu ya saya enggak mau, soalnya entar banyak banget. Kalo kota kan cenderungnya lebih sedikit. --Evremonde (bicara) 12:19, 15 Desember 2010 (UTC)
Suka βέννγλιν menyukai ini.
Kelanjutannya???? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:41, 17 Desember 2010 (UTC)
Tidak Jelas ... seperti biasa Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:26, 19 Desember 2010 (UTC)
Karena sudah lama tidak hangat dibicarakan, maka dianggap selesai saja. *tok* *tok* *tok* (suara palu hakim)
Sekarang ktia tentukan tanggal berapa harus mulai bekerja. Akhir Januari (setelah imlek) ? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:22, 20 Desember 2010 (UTC)

Bag. III

Tanggal berapa kita mulai mengerjakan hal yang telah dibicarakan di atas? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:29, 5 Januari 2011 (UTC)

Saya rasa tidak bisa dilanjutkan, terkendala dengan adanya fakta bahwa ada yang >20 kecamatan di satu kabupaten/kota. Albertus Aditya (bicara) 14:31, 5 Januari 2011 (UTC)

Saya setuju dengan peleburan desa/kelurahan dalam 1 templat, mengingat jumlah kecamatan 6.149+ berarti kita harus memelihara 6.149 templat, sementara perubahan isinya cukup dinamis (pemekaran kecamatan, perubahan nama desa/kelurahan & kecamatan). Dengan "hanya" memiliki 575 templat, menurut pendapat saya pemeliharaannya akan lebih mudah. Untuk mempersingkat waktu peleburan templat, kan bisa dikonvert dari daftar desa/kelurahan (sumber Kemendagri/BPS). Ini contoh usulan templat dari saya (diambil dari sini). Saya mengusulkan penambahan "ibu kota", karena banyak kabupaten (terutama di luar jawa) yang memiliki nama ibu kota kabupaten berbeda dengan nama kecamatan yang ada. wic2020bicara 17:03, 5 Januari 2011 (UTC)

Templat:Bak pasir templat/Peleburan

Saya usul supaya dimulai dulu dari kota-kota. Selain wilayahnya relatif lebih kecil dari kabupaten (maka jumlah kecamatan/kelurahannya juga lebih kecil), juga dapat membantu Wikipedia:ProyekWiki kota di Indonesia. Contohnya {{Surakarta}}
βέννγλιν 09:39, 10 Januari 2011 (UTC)
Suka ·· Kℇℵ℟ℑℭK menyukai ini.

Jadi sekarang bagaimana keadaannya? ·· KℇℵℑℭK 15:11, 23 Februari 2011 (UTC)

Setelah saya pikir ulang, hasilnya tidak bagus seperti yang saya pikirkan di awal. Adanya berbagai fakta yang muncul selama diskusi membuat saya berpikir bahwa hal ini terlalu dipaksakan untuk wilayah yang memang terdiri atas banyak kecamatan dan kelurahan, berbeda dengan di Jakarta (yang contohnya saya berikan di atas). Salam. Albertus Aditya (bicara) 04:45, 5 Maret 2011 (UTC)

Pemecahan kategori Kategori:Pemeran Indonesia

Sudah terselesaikan. Albertus Aditya (bicara) 09:57, 6 Maret 2011 (UTC)

Wikipedia basa Ugi

Hai, bisakah anda semua ke bug: dan membantu mencipta pelbagai artikel baru.Bersatu (bicara) 06:15, 26 Februari 2011 (UTC)

Harap anda semua bisa membantu memajukan Wikipedia basa Ugi.Bersatu (bicara) 10:58, 27 Maret 2011 (UTC)
Bagi penutur bahasa Bugis, silakan berpartisipasi. -- Adiputra बिचर -- 11:26, 27 Maret 2011 (UTC)

Rintisan artikel desa/kelurahan di Indonesia

usulan untuk pengguna wiki lama dan pengurus wiki

Saya punya usul untuk pengurus dan pengguna wiki yang sudah lama agar ketika melihat pengguna baru mencoba membuat artikel baru, jgn lansung dihapus, atau diusulkan dihapus karena menurut saya dari ribuan pengurus dan pengguna serta ribuan artikel yang ada di wikipedia ,gak mungkin satu pun gak bisa yang di cocok kan atau disempurnakan agar jadi contoh penulisan dan pembuatan artikel bagi pengguna baru tersebut. Seperti yang pernah dilakukan Pengguna Kenrick, pada artikel saya yang berjudul Daftar nama hewan pemakan daging, dia bisa kok mengubah dan melengkapi artikel tersebut jadi artikel yang layak dan bagus, dengan judulu Daftar genus karnivora padahal banyak usulan dari pengguna dan pengurus lain untuk menghpus halaman tersebut, karena tidak layak, tidak memenuhi kategori ceritanya. padahal bisa kok di perbaiki. jadi usul saya bagi pengguna lama dan terutama pengurus tolong kresatif lah, jangan cuma krreatif untk mengusulkan dihapus. Terima kasih. Rumit siregar 15:04, 28 Maret 2011 (UTC)

Suka ·· KℇℵℑℭK menyukai ini.
Suka Ezagren 이야기 menyukai ini.
Terima kasih atas hal yang disampaikan, Pak Rumit. Adalah hal yang berharga dan kiranya dapat menjadi perhatian bagi saya dan kita sekalian komunitas, terutama bagi para pengguna yang gemar memantau perubahan terbaru juga para pengurus. Mohon maaf juga jika terasa ada "gangguan" selama berkontribusi. Salam. Albertus Aditya (bicara) 16:10, 28 Maret 2011 (UTC)
Suka suka ini. Sanko (bicara) 10:45, 30 Maret 2011 (UTC)
Pada prinsipnya, saya setuju untuk tidak langsung menghapus semua artikel baru. Dengan tidak bermaksud untuk membela diri, sedikit banyak saya pikir hal itu sudah dilakukan oleh para pengurus. Masalahnya, setiap hari bukan hanya satu atau dua artikel baru yang masuk ke WPID, tapi puluhan. Kadang memang sangat jelas mana yang bisa dihapus dan mana yang tidak. Kesulitan muncul saat artikel baru tersebut berada di pertengahan: mau dipertahankan, tapi bukan merupakan artikel ensiklopedia atau kelayakannya diragukan; mau dihapus, sayang. Yang mungkin perlu dipahami adalah bahwa penghapusan dilakukan tidak semata karena tidak mau memberi kesempatan, melainkan karena kami sangat peduli dengan kualitas Wikipedia. Mungkin sama halnya dengan para pengguna lain yang memberi tag {{hapus}}. Bedanya adalah kami punya kemampuan untuk melaksanakan penghapusan tersebut.
Saya pikir diskusi penghapusan memang harus digalakkan agar komunitas dapat lebih bersuara dalam hal ini dan tidak seolah-olah semua penghapusan diputuskan sepihak oleh pengurus. -- IvanLanin 15:00, 30 Maret 2011 (UTC)

Tolong dibuatkan templet kotak pengguna

Mohon bantuan bagi pengguna dan pengurus, tolong buat kan teplat kotak pengguna :bisa berbahasa batak mandailing {{pengguna bahasa batak mandailing}} yang bunyi pernyataan nya sbb :"pangguna on malo marbahasa mandailing" terima kasih atas bantuan nya Rumit siregar (bicara) 16:00, 29 Maret 2011 (UTC)

{{User btm-0}}

{{User btm-1}}

{{User btm-2}} Ada beberapa tingkatan mohon diterjemahkan kembali:

  • Pengguna ini adalah penutur ibu bahasa bataka mandailing
  • Pengguna ini Tidak bisa berbahasa batak mandailing utk kode {{User btm-0}}
  • Pengguna ini bisa dasar bahasa batak mandailing utk kode {{User btm-1}}
  • Pengguna ini bisa berbahasa batak mandailing tingkat menengah utk kode {{User btm-2}}
  • Pengguna ini bisa berbahasa batak mandailing tingkat mahir utk kode {{User btm-3}}

eMpu (bicara) 16:54, 29 Maret 2011 (UTC)

buat Empu............... Terima kasih atas partisipasi dan bantuan nya,horas wiki............

jaya lah wiki,mks


Suka

Rumit siregar (bicara) 14:50, 30 Maret 2011 (UTC)

Tolong diterjemahkan permintaan Empu itu, pak Rumit. --Ezagren 이야기 15:02, 30 Maret 2011 (UTC)


Waduh maaf bg Ezag..., aku malah gak ngerti apa yang abg maksud mau diterjemahkan itu,karena disitu keterangan kelihatan nya sudah lengkap kok.(karena ketika aku membalas tanggapan Ezagren ini,udah diterjemahkan kok). Namun saya jg akan melengkapi nya ,mungkin yang di maksud minta diterjemahkan itu sepesrti ini kali ya :

seharus nya berbunyi :pangguna on "Namaloan" marbahasa batak mandailing .(tingkat mahir)

Namun untuk sementara,kayak nya templat tersebut,masih berwarna merah.aku gak paham kenapa dan utk user btm-3,malah kayak nya gak gak jadi,atau gak ada.

mks


Rumit siregar (bicara) 17:06, 31 Maret 2011 (UTC)

Templat peta jalur untuk Transjakarta

Setelah menyunting banyak MRT Singapura kok belum nemu ya sistim pemetaan jalur seperti itu di Indonesia? Coba lihat di bagian bawah dari infobox Jalur Utara Selatan (MRT Singapura), Jalur Timur Barat (MRT Singapura), Jalur Timur Laut (MRT Singapura), dan Jalur Lingkar (MRT Singapura). Seandainya info Transjakarta cukup lengkap dan dibuat seperti itu tentunya menarik juga buat kunjungan ke Wikipedia Indonesia. Sanko (bicara) 05:33, 30 Maret 2011 (UTC)

Semoga ada yang berminat untuk membuatnya. Aldo samulo (bicara) 05:45, 30 Maret 2011 (UTC)