Taman Banjarsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Taman Banjarsari [sunting | sunting sumber]

Monumen ini terletak di jalan monumen no.45, kelurahan Setabelan, kecamatan Banjarsari,kota Surakarta.Taman ini sangat dekat dengan pasar Legi.Kearah barat monumen ini sangat dekat dengan stasiun Balapan sedangkan kearah selatan dekat dengan kawasan Mangkunegaran.Kearah utara menuju terminal Tirtonadi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Monumen 45 merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Surakarta yaitu serangan umum surakarta. Monumen ini dibangun di taman Banjarsari tempat dimana serangan umum ini dimulai,serangan ini digagas oleh Letkol Slamet Riyadi dan rekannya Mayor Ahmadi yang akhirnya diangkat menjadi pahlawan nasional.

Monumen 45 Banjarsari dibangun pemerintah kota Surakarta pada tanggal 31 Oktober 1973 untuk mengenang perjuangan rakyat Surakarta pada peristiwa serangan umum empat hari di solo.Setelah tiga tahun pembangunan monumen ini diresmikan oleh Gubernur Jawa tengah Soepardjo Roestam pada tanggal 10 November 1976, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Bangunan [sunting | sunting sumber]

Tugu Monumen Banjarsari berbentuk atap rumah joglo dan memiliki ketinggian 17 meter melambangkan tanggal kemerdekaan Sedangkan di sisi selatan terdapat tiga patung yaitu prajurit,pemuda pejuang,dan wanita membawa bakul (tempat nasi) dan obat-obatan.Diatasnya terdapat simbol garuda pancasila,selain itu disisi-sisi tembok monumen ini terdapat relief-relief yang menceritakan perjuangan masyarakat kota Surakarta sejak perang kemerdekaan hingga orde baru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]