Jalan Slamet Riyadi (Surakarta)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalan Brigadir Jenderal Slamet Riyadi
Jalan Slamet Riyadi
Penanda Jalan Slamet Riyadi dengan aksara Jawa
Nama lokal ꦫꦠꦤ꧀​ꦧꦿꦶꦒ꧀ꦗꦺꦤ꧀​ꦱ꧀ꦭꦩꦼꦠ꧀ꦫꦶꦪꦢꦶ  (Jawa)
Tipe Jalan protokol
Panjang 12 km (7 mi)
Lebar 30 m (98 ft)
Lokasi Kota Surakarta, Indonesia
Dari Gapura Batas Kota Kleco
Persimpangan
besar
4
Menuju Simpang Gladak

Jalan Brigadir Jenderal Slamet Riyadi (Jawa: ꦫꦠꦤ꧀​ꦧꦿꦶꦒ꧀ꦗꦺꦤ꧀​ꦱ꧀ꦭꦩꦼꦠ꧀ꦫꦶꦪꦢꦶ, translit. Ratan Brigjen Slamet Riyadi[a]) adalah salah satu jalan raya utama di Kota Solo. Pernah dinobatkan sebagai jalan terpanjang se-Asia Tenggara, jalan ini memanjang ke timur mulai dari Tugu Purwosari hingga Bundaran Gladag. Dahulu sebelum berbenah seperti sekarang ini, jalan tersebut bukanlah sesuatu yang menarik. Pada zaman penjajahan Belanda jalan ini bernama Jalan purwosari atau Poerwasariweg.

Jalan Slamet Riyadi kini menjelma menjadi sebuah nama jalan yang sangat aktif di Kota Solo, bahkan mungkin di seluruh Indonesia. Banyak kegiatan dan event diadakan disini, menjadikan Jalan Slamet Riyadi pantas disebut sebagai sarana umum yang manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pusat bisnis kota Solo terletak di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Beberapa bank, hotel, pusat perbelanjaan, restoran internasional, hingga tujuan wisata dan hiburan terletak di sepanjang jalan protokol ini. Pada hari minggu pagi, jalanan Slamet Riyadi khusus ditutup untuk kendaraan bermotor (Solo Car Free Day) sebagai bagian dari tekad pemda untuk mengurangi polusi. Uniknya, Jalan Raya ini berdampingan dengan jalur kereta Purwosari Wonogiri.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Di Surakarta, jalan dalam bahasa Jawa disebut ratan, sedangkan di Yogyakarta disebut dalan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]