Wanayasa, Banjarnegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Wanayasa
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Banjarnegara
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Wanayasa adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terletak di bagian utara Kabupaten Banjarnegara atau sebelah barat kawasan Dataran Tinggi Dieng. Kecamatan Wanayasa berjarak kurang lebih 27 Km dari ibu kota kabupaten melalui Banjarmangu. Ibu kota kecamatan ini berada di Desa Wanayasa.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kabupaten Pekalongan
Selatan Kecamatan Pegentan
Barat Kecamatan Karangkobar dan Kecamatan Kalibening
Timur Kecamatan Batur, Kecamatan Pejawaran dan Kecamatan Pegentan

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Balun
  2. Bantar
  3. Dawuhan
  4. Jatilawang
  5. Karangtengah
  6. Kasimpar
  7. Kubang
  8. Legoksayem
  9. Pagergunung
  10. Pandansari
  11. Penanggungan
  12. Pesantren
  13. Susukan
  14. Suwidak
  15. Tempuran
  16. Wanaraja
  17. Wanayasa

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kecamatan Wanayasa bermata pencaharian sebagai petani. Berada pada ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut sehingga daerah sejuk ini sangat potensial untuk budidaya tanaman sayur. Mereka menanam sayuran, di antaranya kubis, kentang, tomat, cabai, wortel, dan beberapa tanaman sayur lainnya.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

  • Gunung Rogojembangan terlatak di perbatasan Desa Wanaraja dengan Desa Balun yang merupakan gunung tidak aktif yang juga menjadi perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.117 Mdpl.
  • Pemandian Air Panas Kalianget yang terletak di Desa Tempuran atau sekitar 500 meter Barat Kantor Kecamatan Wanayasa. Pemandian ini ramai dikunjungi warga sekitar di pagi dan sore hari. Sumber air panas ini memiliki kadar belerang yang rendah sehingga tidak berbau menyengat namun bisa digunakan untuk terapi penyakit kulit.
  • Curug Sipawon yang berada di Dusun Pagondangan Desa Wanaraja, sekitar 1 km arah Timur Kantor Kecamatan Wanayasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang bersih dan jernih.
  • Curug Tempuk Telu yang masih berada di Desa Wanaraja atau dibawah Curug Sipawon. Dinamakan Tempuk Telu karena air terjun ini memiliki tiga aliran yang jatuh pada satu sungai. Masing-masing dari Sungai Sipawon, Sungai Sikunang dan Sungai Gondang.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]