Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip (Apr-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Artikel Satu Bumi dan UGM jangan digabung

Maaf sebelumnya, karena saya masih awam di wiki. Kepada Mas/Mbak pengurus, artikel satu bumi diusulkan agar digabungkan dengan artikel UGM. Namun menurut saya, itu dua buah artikel yang sangat berbeda. Meskipun dalam lingkup yang sama yaitu UGM namun keduanya adalah dua profil yang berbeda. Yang satu melingkupi yang lain. Satu bumi adalah bagian kecil dari UGM. Jadi sepertinya tidak bagus untuk digabungkan jadi satu di artikel UGM.

Trims. Broto 08:12, 5 April 2007 (UTC)

Alasan penggabungan bukan hanya karena artikelnya dalam lingkup yang sama, tapi dalam hal ini artikel yang minta digabung (satu bumi) tidak memiliki kelayakan yang cukup sebagai satu artikel yang berdiri sendiri sehingga harus digabung ke artikel lainnya yang lebih utama (UGM). borgx(kirim pesan) 08:15, 5 April 2007 (UTC)

Untuk kasus yang mirip, Keluarga Mahasiswa ITB juga digabungkan ke artikel Institut Teknologi Bandung. JFYI. Salam --N/A(bicara) 10:28, 6 April 2007 (UTC)

Usul daftar pengguna baru

Saya mau mengusulkan Wikipedia:Daftar pengguna menurut latar belakang pendidikan sekalian untuk melengkapi data statistik Wikipediawan bahasa Indonesia. Jadi isinya adalah misalnya seperti di bawah ini:

S1 teknik kimia

  • Pengguna A - Universitas ABC
  • Pengguna B - Universitas DEF
  • Pengguna E - Universitas MNO (semester 4)

S1 teknik sipil

  • Pengguna C - Universitas XYZ
  • Pengguna D - Universitas ABC

dst.. dst.. Catatan:

  • Apabila memiliki gelar lebih dari S1, tuliskan saja gelar tertinggi. Mis: pengguna A S1 dan S2 dalam teknik kimia, tuliskan saja gelar S2-nya.
  • Apabila gelar yang dimiliki lebih dar S1 tetapi bidangnya berlainan, dapat ditulis semua gelarnya.
  • Apabila masih dalam proses (blm lulus), tuliskan mis: (semester 4)

Tujuannya:

  • Menunjukkan bahwa penyunting Wikipedia bahasa Indonesia adalah kaum intelektual sehingga keakuratan/realibilitasnya tidak perlu diragukan.
  • Mendapatkan statistik latar belakang pendidikan Wikipediawan bahasa Indonesia.

Demikian, kalau disetujui akan segera dibuatkan halamannya agar dapat segera diisi. borgx(kirim pesan) 01:07, 20 Maret 2007 (UTC)

Iya jadi untuk menanggapi kontroversi Essjay juga. Ngakunya professor, eeh nyatanya DO pengangguran ... Kita tinggal nunggu fotonya anjingnya Stephensuleeman :-) Meursault2004ngobrol 08:20, 20 Maret 2007 (UTC)

Lalu para "pakar" yang otodidak mendapat tempat ga? Mungkin pengalaman mereka belum dilembagakan, jadi g ada uni-nya :). Para pengarang buku, guru bela diri, tabib, orang yg banyak baca, ..., dll. Jgn membatasi sehingga orang2 "bersekolah" aja yg bisa atau layak mengedit. Just usul! N/A(bicara) 16:29, 20 Maret 2007 (UTC)

Hmm, susah juga ya ukurannya. Habis utk yg kayak beginian kita belum punya lembaga yg bikin standar (organisasi profesi). Menurut gw, tetap aja didaftar yang punya gelar akademik. Ini jadi semacam "guarantee". Hanya saja, jangan dipakai sebagai patokan, bhw yg bersangkutan kemudian jadi satu-satunya ahli. Semua, termasuk yg ngga punya latar belakang akademik, tetap didorong untuk menyumbang (atmosfer di wikipedia sampai sekarang masih baik kok, ngga ada debat yg sampai menjatuhkan seseorang). Namun, bagi mereka yg memang punya gelar pendidikan formal malah harus memiliki "lower bound" tersendiri dalam penulisan artikel (termasuk buat gw sendiri). Jalan terus aja Mas borgx. Kembangraps 17:37, 20 Maret 2007 (UTC)

Soal "pakar" yang otodidak so pasti boleh diikutsertakan. Bukankah kita punya cukup banyak orang yang seperti itu dan tidak punya gelar akademis? Contohnya, Goenawan Mohamad (d.o. dari Fak. Psikologi UI) dan Soedjatmoko (d.o. dari Ika Daigaku). Kalau tidak salah Mochtar Lubis dan Sutan Syahrir juga termasuk. Saya pikir justru mereka itu (kalau Mas Goen mau ikutan nyumbang nulis) jauh lebih bermutu dari kebanyakan orang yang bergelar, bukan hanya di Indonesia tapi bahkan juga di seluruh dunia. Tapi berkaitan dengan "gelar", yang saya prihatinkan justru banyaknya "gelar-gelaran" yang dipergunakan banyak tokoh di masyarakat kita. Saya mau usul, kalau kebetulan profil seseorang dimuat dengan gelarnya, sedapat mungkin sekolah yang memberikan gelar itu dicantumkan, supaya dapat dikonfirmasikan keabsahan gelarnya.Stephensuleeman 06:28, 21 Maret 2007 (UTC)

Usulan saya sebenarnya adalah mengenai halaman khusus daftar pengguna menurut latar belakang pendidikan, jadi tidak membahas mengenai artikel biografi apalagi kelayakannya. Rencana saya adalah untuk kelengkapan statistik pengguna saja (saya sudah jelaskan panjang lebar di atas sebenarnya). Saya juga tidak merencanakan atau menulis bahwa halaman ini akan dipakai untuk membatasi orang2 bersekolah saja yang bisa atau layak menyunting. Mohon maaf apabila Bahasa Indonesia saya salah sehingga tulisan saya tidak dimengerti!! borgx(kirim pesan) 06:42, 21 Maret 2007 (UTC)

Untuk konfirmasinya gimana? Apa kita langsung percaya apa yang dicantumkan orang? Atau ada tim penyelidik yang melakukan background check secara thorough? dragunovadiscuss 06:49, 21 Maret 2007 (UTC)

Saya dukung silakan diteruskan mas borgx. Cuman dibuatin juga daftar lulusan SLTA dung (abis saya cuma lulusan SMK Elektronika yang terdampar bekerja jadi mekanik alat berat)--J Subhi diskusiku 07:27, 21 Maret 2007 (UTC)

Maaf Borgx, jadi melebar karena saya nanggapinnya ke mana-mana. Tapi aturan ini, sebagaimana data-data dalam kotak pengguna, g wajib kan? Hanya bagi yg mau aja kan?

Kemudian seperti kata Stephensuleeman, walau bergelar, harus juga mencantumkan (jadi rumit) dari sekolah mana dan tahun berapa, biar bisa dicross-check (klo ada yg butuh), jadi tragedi Essjay g terulang. Seperti diulas Meursault2004 di atas.

Borgx, lanjut terus. Saya dukung. Btw, tapi suatu saat g jadi akan seperti ini kan di halaman utama:

Wikipedia Indonesia,
x pengguna,
y% di antaranya adalah pengurus,
z% di antara pengguna adalah orang-orang yang ahli di bidangnya.

Terima kasih --N/A(bicara) 07:47, 21 Maret 2007 (UTC)

  • menggerutu kutu. Sekarang ini juga tidak ada yang seperti ini kan?
Wikipedia Indonesia, 
x pengguna, 
y% di antaranya menyunting di atas 1000
z% di antara pengguna yang merintis 1000 atau lebih artikel 

Sepertinya masih mendapat pertentangan, kalau begitu lebih baik dibatalkan saja. borgx(kirim pesan) 08:17, 21 Maret 2007 (UTC)

Kenapa jadi rumit yah? It is a simple request. Mulai aja halamannya lah Borgx, yang ngga setuju ngga bakalan nulis -- yang setuju bakal put in. Serenity 08:40, 21 Maret 2007 (UTC)

Borgx, jangan gitu dong. Gw dukung kok usulnya. :D. Tuh udah gw coret komen2 gw di atas, :) (But I like yours "menggerutu kutu", I keep it for my story..)--N/A(bicara) 10:32, 21 Maret 2007 (UTC)
Iya mulai aja borgx tidak usah dibatalkan. Jalan terus. Saya setuju dengan ide transparansi ini. Meursault2004ngobrol 10:23, 21 Maret 2007 (UTC)
Borgx, saya setuju dengan usulan Anda. Silakan dirintis saja. (Seperti biasa, minimal dua Pengurus sudah setuju, sudah bisa dijalankan) \(^-^)/ ~Rex••pesan•• 16:07, 21 Maret 2007 (UTC)
Lho, kan sudah 4 pengurus (saya kan implisit sudah termasuk dari komentar di atas, ditambah Borgx sendiri).Stephensuleeman 17:47, 21 Maret 2007 (UTC)
Hehe, kan saya tulis juga minimal :) (IMHO, pengusul ngga boleh masuk hitungan dong ^^) ~Rex••pesan•• 18:09, 21 Maret 2007 (UTC)
Setuju. Tapi mungkin bahasanya bukan dengan kata "pendidikan" atau "gelar", karena kesannya merendahkan orang yang ga punya. Gimana kalau "jenjang studi"? Bagus juga kalau dijelasin almamaternya supaya akurat. Sekalian yang SMU juga? Hariadhi - Ngobrol 18:54, 24 Maret 2007 (UTC)
Coba lihat: Wikipedia:Daftar pengguna menurut jenjang studi (sorry borgx gw dahuluin. Hariadhi - Ngobrol 20:09, 24 Maret 2007 (UTC)
Mengenai Pakar Otodidak, kan sudah ada daftar ini Wikipedia:Daftar pengguna menurut bidang ilmu dan ketertarikan. Saya rasa jika anda memiliki minat di luar gelar akademis anda, bisa ditaruh di sana. Chaerani 03:56, 5 April 2007 (UTC)

Wikiversity dan Wikinews

1). Wikiversity itu apa? Wikiversity dan Wikinews kalau bisa harus ada versi Bahasa Indonesia-nya donk! Biar seluruh masyarakat Indonesia bisa memanfaatkannya. Pokoknya,semua bagian dari WIKIPEDIA harus ada Bahasa Indonesia-nya. 2). Tolong tampilkan artikel tentang Angin Puting Beliung donk! – komentar tanpa tanda tangan oleh 87.79.3.248 (bk) pada 09:43, 4 April 2007 (UTC).

Artikel yang kurang sopan dan tidak senonoh

Saya lihat di ms: artikel yang tidak cocok untuk anak-anak dan remaja diberi tag khusus. Tag yang dirancang oleh Yosri ini bisa dilihat di sini. Saya sedang pikir2 apa hal seperti ini perlu diberlakukan di id:. Bagaimana pendapat teman2 sekalian? Meursault2004ngobrol 09:19, 20 April 2007 (UTC)

Boleh-boleh saja sih. Saya lihat halaman2 yang menggunakan tag tsb di ms.wiki diberi spasi banyak biar isinya harus discroll baru bisa dibaca. Menurut saya, cara tersebut membuat jelek halaman ybs. Lagipula, bukankah ada penyangkalan: Wikipedia mengandung berbagai gambar yang mungkin membuat beberapa pembaca keberatan. Contohnya, beberapa artikel mengandung gambaran kekerasan atau anatomi manusia. borgx(kirim pesan) 09:26, 20 April 2007 (UTC)

Bisa juga begitu dan gambar2 ditaruh agak di bawah. Tidak usah diberi spasi. Sebab semakin banyak pengguna id: adalah anak-anak atau remaja. Maksud saya untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Jangan sampai id: mendapatkan publikasi negatif hanya karena beberapa artikel saja. Meursault2004ngobrol 09:30, 20 April 2007 (UTC)

Gambar ditaruh di bawah bisa berlaku jika isi artikel itu panjang, kalau cuma 2 kalimat dan gambar yah gak bisa :) Atau bisa juga kita terapkan, jika artikel-artikel kategori ini isinya pendek, tidak boleh taruh gambar sama sekali.

borgx(kirim pesan) 09:40, 20 April 2007 (UTC)

Oh iya bagus. Daripada dihapus sama sekali. Nanti ribut-ribut lagi :-) Meursault2004ngobrol 09:42, 20 April 2007 (UTC)

Untuk beginian gw tetap ga setuju pelarangan gambar. Soalnya senonoh atau ga itu subjektif. Bagi gw sendiri kalau sudah masuk ensiklopedia dan diedit berame-rame berarti unsur tidak senonohnya udah hilang, berganti jadi unsur pengetahuan.
Gw lebih setuju kalau pake cara penghadangan. Misalnya halaman yang mungkin dianggap ga senonoh dipindahin ke http://id.wikipedia.org/wiki/namaartikel\Restriksi . Sementara halaman yang asli diganti jadi box di atas dengan sedikit modifikasi, misal:

.

Fair enough? kita tetap bisa menyajikan informasi lengkap tanpa takut ngelanggar susila (+ga perlu ngerusak tampilan). Hariadhi - Ngobrol 16:03, 22 April 2007 (UTC)

Walaupun pembicaraan tentang ini dulu keputusannya lebih "liberal" (dan gw ngga tau kenapa kok dibahas lagi, arsipnya mana?), tp gw manut ajalah. Sebagai ensiklopedi terbuka, wajar saja menampilkan gambar2 tanpa busana. Selera yang jadi pertimbangan. Tp usul Hariadhi bagus kok. Beberapa situs porno pun juga membuat halaman "hadangan" juga, untuk mengingatkan pengakses akan risiko membuka halaman dg "explicit content". Kembangraps 08:58, 23 April 2007 (UTC) (ketahuan deh gw, pernah buka2 situs "begituan").

Ya dulu pertimbangannya lain. Tapi sekarang saya melihat banyak anak-anak muda dan terus terang saya tidak mau kelak Wikipedia disalahkan karena dianggap terlalu "liberal" dan bahkan hal-hal lain. Sebab jangan lupa sebagian besar pengguna id: adalah orang Indonesia yang merupakan bangsa timur. Saya belum lama lihat di ms: dan menurut saya cukup bagus solusinya. Solusi Hariadhi cukup bagus, tetapi menjadi membuat 'diskriminasi' jenis artikel karena ruang namanya berubah. Nanti ditegur sama Yayasan Wikimedia lagi ... Lebih bagus kalau mungkin solusi Hariadhi bisa dikombinasikan dengan sebuah script Java atau apa yang menutup artikel lalu baru berlanjut setelah sang pengguna mengeklik tombol "Ya" begitu. Meursault2004ngobrol 09:09, 23 April 2007 (UTC)

Mmm, kenapa tidak dibuat seperti bbrp templat2 yg bisa dibuka/disembunyikan saja (dengan mengklik tombol "Tampilkan")? Jadi defaultnya foto/gambarnyanya ditutup dan ditambah sedikit "warning"lah. Hayabusa future (\0-0/) 11:02, 23 April 2007 (UTC)
http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:What_Wikipedia_is_not#Wikipedia_is_not_censored. Jadi masalah adat ketimuran gw pikir bukan masalah besar. Tapi soal batasan umur gw setuju aja. Jadi pakai tag aja? Coba tanya Ivan deh, kali aja dia bisa. Hariadhi - Ngobrol 16:21, 23 April 2007 (UTC)
Iya deh pakai tag sudah bagus. Sebenarnya yang aku maksud bukan artikel2 biologi mengenai anatomi manusia tetapi misalkan ini. Meursault2004ngobrol 16:43, 23 April 2007 (UTC)
Sejujurnya gw ga masalah lho sama artikel begituan hehehhe :D Hariadhi - Ngobrol 19:00, 23 April 2007 (UTC)

Menurut gue pakai tirai "roll over" kayak tag kebijakan sekolah bagus banget, tutapi, memang bisa diterapkan untuk artikel? Sebenarnya juga baik loh kalau bisa diterapkan untuk spoiler. Serenity 01:55, 24 April 2007 (UTC)

Hm, saya stuju dengan Borgx... Bukankah ada Penyangkalan dari Wiki bahwa memang ada beberapa artikel atau konten yang mungkin tidak cocok utk anak-anak. Saya rasa, beberapa artikel Perilaku Seksual nggak perlu diberi gambar deh... -.-!  Andreas (張俊豪)  |  Kotak pesan  12:39, 26 April 2007 (UTC)

Penambahan Kategori dalam 'Makanan menurut Negara'

Saya mengusulkan Penambahan Kategori dalam 'Makanan menurut Negara':

  • Makanan India
  • Makanan Timur Tengah
  • Makanan Amerika Selatan
  • Makanan Jerman
  • Makanan Afrika

Ridwanong 04:11, 26 April 2007 (UTC)

usul

saya pernah bertugas lama di pedalaman kabupaten sintang dan sekarang juga menjadi kabuipaten melawi di kalimantan barat. Saya ingin menyumbangkan pengetahuan saya. bagaimana caranya? – komentar tanpa tanda tangan oleh Ekosugiri (bk) pada 13:58, 28 April 2007 (UTC).