Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Juli 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



bisakah pengurus wikipedia menegakkan aturannya sendiri???

sebagai eksiklopedia terbesar di Indonesia saya heran dengan komitmen pengurus wikipedia dalam menegakkan aturannya sendiri. sejak terahir kali saya mengajukan masalah yang berkaitan dengan artikel kerajaan tidung (tanggal 11 juni '09 dengan judul: Tidung dan tgl 12 juni '09 dengan judul Tidak pernah ada kerajaan Tidung di Tarakan) tidak ada perubahan apapun terhadap tulisan tersebut. padahal topik tersebut menyesatkan, penuh kebohongan dan tidak memiliki referensi apapun! apakah budidaya kebodohan ini akan tetap dipertahankan? mungkin pengurus lupa dengan ATURAN KUNCI yang ditetapkan maka saya akan mengingatkannya kembali:

Aturan kunci Penting: Wikipedia:Pancapilar Anda tidak harus sudah membaca seluruh kebijakan Wikipedia sebelum berkontribusi. Namun demikian, ada kunci-kunci utama yang penting yang harus Anda ikuti: 1. Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia 2. Hormati pengguna lain 3. Jangan melanggar hak cipta 4. Jauhi prasangka 5. Hanya untuk informasi yang dapat diverifikasi. Artikel-artikel Wikipedia harus berdasarkan sumber-sumber publikasi yang tepercaya, dan sumber-sumber ini harus dituliskan sehingga penyunting lainnya dapat memeriksa artikel-artikel tersebut. (Lihat Wikipedia:Pemastian dan Wikipedia:Bukan riset asli.

Tingkat ketepercayaan sumber Berdasarkan sifat publikasi yang dimiliki oleh sumber yang diterbitkan, ketepercayaan suatu sumber untuk dijadikan rujukan artikel bisa diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Daftar referensi yang bisa dipercaya 1. Jurnal ilmiah yang sudah dipublikasikan 2. Karya Tugas Akhir; Skripsi, Disertasi, Thesis yang sudah diuji oleh ahli 3. Karangan ilmiah yang sudah diuji oleh ahli 4. Buku yang diterbitkan oleh penerbit tepercaya dan disunting oleh editor 5. Buku yang diterbitkan oleh penerbit yang kurang tepercaya tetapi sudah disunting editor 6. Tulisan biasa dengan referensi jelas 7. Majalah Ilmu pengetahuan/Sains 8. Tabloid Ilmu pengetahuan/Sains 9. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber non internet 2. Daftar referensi yang tidak disarankan untuk digunakan 1. Buku yang diterbitkan oleh penerbit yang kurang tepercaya dan tidak disunting editor 2. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber internet 3. Artikel yang ditulis dan dicetak dengan referensi dari internet 3. Daftar referensi yang sebaiknya tidak digunakan 1. Koran (Khusus untuk bahasan tentang biografi seseorang dan catatan peristiwa) 2. Majalah 3. Sampul kaset 4. Daftar referensi yang perlu dihindari 1. Majalah yang membahas isu populer 2. Koran (Khusus untuk bahasan selain biografi seseorang dan catatan peristiwa) 3. Koran Kriminal 4. Tabloid Gossip 5. Artikel lain di wikipedia 6. Artikel lain dari ensiklopedia bebas dengan sistem mirip wikipedia (bebas disunting siapa saja) Telitilah dengan hati-hati termasuk kategori manakah sumber yang akan anda pakai. Jika kebenaran dan motif sumber tersebut diragukan kenetralannya, lebih baik tinggalkan. Artikel yang miskin informasi jauh lebih baik daripada artikel berat sebelah.

untuk diketahui saya adalah salah satu keturunan dari raja-raja Bulungan sehingga tulisan tersebut sangat mengganggu kami, kecuali tulisan tersebut mengandung kebenaran maka itu namanya sejarah, namun tulisan/artikel tersebut tidak berdasar dan penuh kebohongan maka itulah namanya penyesatan.

terima kasih atas atensinya

Shafly (bicara) 00:51, 1 Juli 2009 (UTC)

Kalau yang saya lihat, Anda cuma menghapus sebagian isi artikel Kerajaan Tidung ([1] dan [2]) tanpa ada informasi tambahan seperti alasan kenapa dihapus. Perlu Anda ketahui pengurus itu bukan bank data berjalan yang serba tahu segalanya. Anda seharusnya bisa menulis argumen Anda di halaman pembicaraan artikel tsb bukan tanpa ba bi bu cuma main hapus isi artikel langsung marah-marah di sini. (Sepertinya saya juga pernah melihat aksi seperti ini sebelumnya.) borgx(kirim pesan) 01:27, 1 Juli 2009 (UTC)
Jika anda memang salah satu keturunan RAJA tsb seharusnya anda tidak mengomel2 saja pada para pengurus anda kan bisa menambahkan sendiri jika anda memliki referensi yang pasti lihat Wikipedia:Pemastian dan tentunya tidak Vanitas mengingat perkataan anda adalah seorang keturunan raja. Athrion  07:23, 15 Agustus 2009 (UTC)

Kenapa Halaman PT. Sada Ekartama Selalu dihapus

saya minta alasan kenapa halaman http://id.wikipedia.org/wiki/PT._Sada_Ekartama selalu dihapus oleh user lain dengan alasan tidak ensiklopedis? lalu kenapa halaman perusahaan lain bisa ditampilkan disini? Stefanus Galih Unantyo 11:09, 1 Juli 2009 (UTC)

Baca: Wikipedia:Kelayakan artikel/Organisasi dan perusahaan. borgx(kirim pesan) 14:23, 1 Juli 2009 (UTC)

Alih bahasa terhadap judul artikel asing di Wikipedia

saya usul untuk adanya alih bahasa terhadap judul artikel asing, seperti Asian Games dan Asian Youth Games, karena untuk menunjukan kosa kata bahasa indonesia yang sangat kaya, sehingga terdapat padanan kata yang tepat untuk judul-judul artikel asing. Ditambah lagi ini merupakan Wikipedia Berbahasa Indonesia. Terima Kasih Maqi (bicara) 16:27, 9 Juli 2009 (UTC)

Setahu saya kalau memang belum ada padanannya, maka Wikipedia Indonesia tidak membuat padanannya sendiri. Jadi harus ada publikasi tepercaya yang menggunakan istilah yang diindonesiakan itu lebih dulu. Nama perusahaan, nama organisasi, dan nama-nama non bahasa Indonesia lainnya juga bukan merupakan tugas Wikipedia Indonesia untuk mengindonesiakannya. 08:54, 22 Juli 2009 (UTC) Hubungi:
Bennylin
 ∧ ∧
(,,°Д°)

kalau saya sih, boleh-boleh saja. Kita yang mulai tidak apa-apa kok--Beeyan (bicara) 02:50, 2 Agustus 2009 (UTC)