Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2011:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
Diskusi Terkini


Daftar isi

Arsip Desember 2011

Lambang Kesultanan Banten

Kepada yth. Wikipedia.org

didalam rubrik Kesultanan banten terdapat lambang kesultanan berwarna dasar kuning dengan sepasang pedang saling bertautan. Itu bukanlah Lambang Kesultanan Banten... Coba cari sumber yang benar dan sebenarnya... dan kepada Wikipedia.org agar lambang yang tertera tersebut dapat dihapus, hal itu menyesatkan sejarah asli kesultanan banten...from Lembaga Pengkajian Mandiri Nusantara. 141.0.9.62 30 November 2011 10.26 (UTC)

Yth. Bung Pengguna Anonim dari Lembaga Pengkajian Mandiri Nusantara, bendera (bukan lambang) tersebut disumbangkan oleh kontributor Prawiroatmodjo, yang menggambar ulang berdasarkan contoh gambar pada buku Nieuwe Tafel van al de Zee Vaarende Vlagge des Weerelts karya Cornelis Danckerts (c. 1700), dapat anda lihat di situs http://www.hubert-herald.nl/IndoBanten.htm. Bila anda menyatakan bahwa itu salah, dapatkah anda sampaikan alasannya dengan spesifik? Sepemahaman saya, terdapat beberapa bendera Kesultanan Banten yang digunakan pada masa pemerintahan sultan-sultan yang berbeda. Satu hal lagi, saya ingin sampaikan bahwa karena Wikipedia adalah ensiklopedia daring yang bebas, maka kontribusi anda sangat dihargai bila bisa memberikan perbaikan pada artikel tersebut, tentunya dengan rujukannya pula (tidak sekedar pendapat). Salam & tetap semangat, Naval Scene (bicara) 26 Desember 2011 00.30 (UTC)

Panglima Polem

Saya sedang merintis membuat atau menyempurnakan artikel mengenai tokoh-tokoh Aceh dan budaya Aceh. Saya mempunyai kesulitan untuk memulai artikel mengenai Panglima Polem.

Panglima Polem adalah nama jabatan untuk keluarga Panglima Polem, dimulai dari Teuku Panglima Polem I Bate Timoh, sampai Teuku Panglima Polem X Muhammad Ali.

Mereka adalah penguasa/Panglima Sagi XXII Mukim di Aceh Besar. Jabatan ini adalah jabatan resmi Mangkubumi untuk Kesultanan Aceh, dan diturunkan secara turun temurun.

Agar bisa memulai artikel mengenai Panglima Polem dan artikel terkait Sagi XXII Mukim, apa tidak sebaiknya kita memindahkan artikel Panglima Polem sekarang, ke artikel baru (saya usulkan) Teuku Panglima Polem IX Muhammad Daud. Karena Teuku Muhammad Daud adalah Panglima Polem yang terkenal dalam kisah Perang Aceh.

Nantinya dalam artikel Panglima Polem yang baru, akan dijelaskan bahwa Panglima Polem yang masuk dalam buku sejarah dan menjadi nama jalan adalah Teuku Panglima Polem IX Muhammad Daud.

Trims

Minopueblo (bicara) 1 Desember 2011 15.00 (UTC)

Tetapi judul artikel sebaiknya tidak mengandung gelar (kecuali kasus-kasus tertentu. Jadi saya usul judul artikelnya Panglima Polem IX Muhammad Daud, Panglima Polem beralih ke sana disertai penjelasan di bagian atas artikel (hatnote/catatan kepala), dan artikel tentang jabatan Panglima Polem beserta daftar Panglima Polem yang lain dimasukkan ke Panglima Polem (jabatan), atau Panglima Polem (disambiguasi). вёӣйүӀіп 22.06, 1 Desember 2011 (WIB)
Trims mas Benny, saya rasa ide anda keren ==> usul judul artikelnya Panglima Polem IX Muhammad Daud, Panglima Polem beralih ke sana disertai penjelasan di bagian atas artikel (hatnote/catatan kepala)<===. Untuk jabatan mungkin saya akan mencoba dengan Panglima Polem (gelar). Tapi, karena masih baru, saya butuh bantuan anda nantinya. Thanks berat :) Minopueblo (bicara) 2 Desember 2011 06.26 (UTC)

Fitur pengembali revisi

Halo, para Wikipediawan!

Apakah fitur pengembali revisi bisa diterapkan di Wikipedia Bahasa Indonesia? Fitur ini cukup efektif digunakan untuk memerangi aksi vandalisme, khususnya pada artikel-artikel yang belum berstatus terperiksa. Di Wikipedia Bahasa Inggris saat ini telah ada sekitar 4.363 pengguna yang memiliki perkakas ini. Bagaimana dengan Wikipedia Bahasa Indonesia? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 15 Desember 2011 01.50 (UTC)

Saya setuju sekali. Jika yang lain-lain mufakat setuju, hal ini bisa diusulkan ke bugzilla: вёӣйүӀіп 13.00, 15 Desember 2011 (WIB)

Sebenarnya saya sangat senang jika bisa diterapkan, tapi lebih baik jika fungsi ini dikhususkan bagi pengguna dengan status tertentu saja (usulan saya minimal editor) agar pengguna yang tidak berniat baik (baca: vandalis) tidak "sekali klik" bisa melakukan vandal dengan cara mengembalikan pembatalan revisi oleh pengguna lainnya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 15 Desember 2011 10.42 (UTC)

Sangat setuju jika fitur ini diterapkan. Karena saya juga agak kesulitan mengembalikan suntingan vandal yang menyunting berkali-kali di artikel yang belum berstatus terperiksa. ⋯ Anashir 15 Desember 2011 10.59 (UTC)
Saya sependapat dengan Albert, bahwa fitur ini hanya diberikan kepada pengguna tertentu saja, misalnya pengurus atau pengguna yang telah berstatus editor. Hal ini sesuai dengan user groups di meta, bahwa pengembali revisi statusnya beberapa tingkat di atas editor. Bagaimana pendapat rekan-rekan lainnya? Wagino 20100516 (bicara) 15 Desember 2011 12.07 (UTC)
OK, suaranya sekarang 4 setuju. (7 orang kalau menghitung diskusi sebelumnya. Silakan buat halaman pemungutan suaranya dan fitur yang sudah sejak lama dinanti-nantikan ini bisa dengan cepat diimplementasikan. вёӣйүӀіп 19.18, 15 Desember 2011 (WIB)

Permohonan pendapat bisa dimulai, tetapi saya setujunya bersyarat seperti yang telah saya kemukakan. Tetapi apakah permohonan pendapatnya untuk yang hanya editor atau dipertanyakan antara hanya editor atau untuk semua? Albertus Aditya (bicara) 15 Desember 2011 12.34 (UTC)

Menurut saya sebaiknya kita lanjutkan pembicaraan ini terlebih dahulu. Wagino 20100516 (bicara) 15 Desember 2011 12.41 (UTC)

Saya setuju dengan pendapat bung Albertus Aditya, lebih baik di perjelas antara editor atau untuk semua. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 17 Desember 2011 05.43 (UTC)

Saya lebih setuju pemberian fitur ini dapat diberikan kepada siapa saja bagi para pengguna yang telah memenuhi syarat minimal atau kriteria yang ditetapkan, sehingga pengguna yang tidak berstatus editor pun bisa mendapatkan fitur ini asalkan telah memenuhi syarat tersebut, begitu juga sebaliknya. Wagino 20100516 (bicara) 17 Desember 2011 06.07 (UTC)
Saya pribadi setuju saja jika fitur rollback ini akan diterapkan. Mengenai aturan siapa saja yang boleh mendapatkan, sebaiknya editor memang diberi fitur ini sekaligus karena pengguna yang sudah berstatus editor pasti sudah dipercaya oleh para pengurus untuk mendapatkannya. Ia tidak akan dapat status editor jika seorang pemvandal bukan? Nah, selain para editor, sebaiknya pengguna yang dapat dipercaya juga mendapatkan fitur ini. Sekian dan salam. RaymondSutanto (bicara) 17 Desember 2011 07.07 (UTC)
Selanjutnya di Pembicaraan Wikipedia:Rollbacker
-- Nampaknya seluruh pengguna yang mengikuti diskusi ini setuju dengan penerapan fitur pengembali revisi. Oleh sebab itu tinggal memastikan kesepakatan syarat minimal/ kriteria pengguna yang bisa mendapatkan user group ini. Setelah itu mungkin fitur ini dapat langsung kita ajukan penerapannya. Wagino 20100516 (bicara) 17 Desember 2011 11.06 (UTC)

Jadi bingung bacanya ada dua ruangan. lebih baik di Pembicaraan Wikipedia:Rollbacker saja Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 17 Desember 2011 11.17 (UTC)

Langsung pemungutan suara saja. Syarat minimal: editor. Reindra (bicara) 17 Desember 2011 12.53 (UTC)
SukaSuka Mendukung -- Namun dengan ketentuan bagi para editor harus mengajukan permintaan lagi untuk mendapatkan status pengembali revisi, tetapi bagi para pengguna biasa yang meminta status ini dan disetujui oleh pengurus maka otomatis mendapatkan 2 status sekaligus, yaitu pengembali revisi dan editor. Hal ini sesuai dengan user groups di meta, bahwa pengembali revisi statusnya beberapa tingkat di atas editor. Ini pendapat dari saya. Wagino 20100516 (bicara) 17 Desember 2011 13.10 (UTC)

Menurut saya fitur ini dapat membantu memberantas vandalisme, karena memudahkan pengguna aktif untuk melakukan pengembalian ke versi semula. Namun karena juga dapat disalahgunakan sebagaimana yang disebutlah Albertus Aditya, lebih baik memang dibatasi saja ke orang yang benar-benar membutuhkan fitur ini, yaitu para pengguna aktif yang memegang status editor. Salam. --BlackKnight (bicara) 17 Desember 2011 14.46 (UTC)

Pendapatnya sama seperti saya, hanya Editor (minimal), dan Editor yang meminta.  Sanko  bicara  18 Desember 2011 23.07 (UTC)
Saya setuju, menjaga WBI dari vandalisme merupakan tanggung jawab semua pihak sebenarnya, namun mengingat tidak semua pengguna memahami cara dan tanggung jawab yang terkait atas fungsionalitas tersebut, maka yang berhak melakukannya adalah pengurus atau setidaknya para editor sebagai pengguna yang telah mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pemeriksaan atas suntingan suntingan yang telah dilakukan oleh pengguna lainnya. Kemudian, sebaiknya fitur ini dijadikan sebagai fitur standar yang artinya tidak perlu kriteria-kriteria tambahan lagi karena toh pada dasarnya yang telah mendapat status sebagai pemeriksa sudah mendapatkan suatu bentuk kepercayaan dari para pengurus WBI, tetap sesuai prosedur namun tetap fleksibel tanpa harus ribet dengan aturan.  J.a.i.m (bicara) 21 Desember 2011 04.59 (UTC)

👍 Tatasport pengguna menyukai ini.

Nah, ini belum apa-apa saya sudah setuju ini. Karena saya rasa ini adalah cara efektif untuk memerangi vandalisme. Betul, bukan?! He, he.  tatasport  bicara  22 Desember 2011 06.44 (UTC)

UtR arrow.svg Wikipedia:Permohonan pendapat/Kriteria pengguna berfitur pengembali revisi. Mohon partisipasinya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 22 Desember 2011 15.25 (UTC)

Halaman pengguna

Bagaimana kalau halaman pengguna diseragamkan saja (penempatan bintang2 jasa dalam box yang seragam yang tidak bergabung dengan pembicaraan atau diwajibkan adanya box info untuk setiap pengguna dan lain-lain sebagainya) biar kelihatan rapi seperti tampilan Halaman Utama/Usulan 23 Oktober 2011 kayaknya keren abis tuh.. salam zQheert (bicara) 15 Desember 2011 02.45 (UTC)

Jika isi saja sulit seragam, bagaimana lagi caranya menyeragamkan halaman pengguna yang sudah masuk ranah pribadi masing-masing? Konsentrasi di isi Wikipedia saja.  Sanko  bicara  15 Desember 2011 10.11 (UTC)
Iya, itu sih terserah penggunanya masing-masing mau dibikin seperti apa halaman penggunanya. Asep Taufiq (bicara) 15 Desember 2011 10.34 (UTC)
Saya tidak setuju kalau halaman pengguna diseragamkan. Halaman portal saja tidak dapat diseragamkan apalagi halaman pengguna. Wikipedia adalah ensiklopedia bebas, jadi setiap pengguna bebas menentukan tampilan halaman penggunanya masing-masing. ⋯ Anashir 15 Desember 2011 10.38 (UTC)
Saya juga tidak setuju jika diseragamkan karena halaman pengguna adalah rumah pribadi masing-masing. Biarkanlah setiap pengguna berkreasi sesuai dengan kesukaannya, asalkan tidak melanggar aturan dalam berwiki. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 15 Desember 2011 12.10 (UTC)

kayaknya pembicaraan untuk usulan ini sudah bisa ditutup soalne gak ada satupun pengguna yg setuju ,, salam zQheert (bicara) 15 Desember 2011 17.09 (UTC)

Rintisan hotel

untuk Kategori:Hotel di Sulawesi Selatan ternyata yang tercatet disana baru 2 buah artikel hotel padahal khusus di Makassarnya saja jumlahnya mungkin ada seratusan.... teman2 ada gak yang berminat? salam.. zнéeят bicara 16 Desember 2011 01.39 (UTC)

Meskipun artikelnya sedikit, asalkan layak dan tepercaya ya tidak masalah. Artikel-artikel rintisan yang mau dibuat juga harus seperti itu. -- Adiputra बिचर -- 16 Desember 2011 02.03 (UTC)

Gambar pilihan

gimana kalau gambar pilihan di Halaman Utama sebelum di posting diadakan seleksi kecil2an dulu di tempat ini atau dimana gitu agar gambar pilihan tersebut benar2 menjadi "pilihan" beberapa orang,, demikian juga dengan artikel utama dsb.. salam zнéeят bicara 16 Desember 2011 17.57 (UTC)

Sudah ada, pemilihan gambar pilihan di sini dan artikel pilihan di sini. Asep Taufiq (bicara) 17 Desember 2011 03.07 (UTC)

wah,, sepertinya saya belum mempunyai hak untuk memilih.. salam zнéeят 17 Desember 2011 03.48 (UTC)

Hingga saat ini anda telah terdaftar di WBI lebih dari 9 bulan dan cukup aktif menyunting, tentunya sudah memiliki hak untuk memilih, silakan saja berkontribusi di sana. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 18 Desember 2011 15.04 (UTC)

terima kasih mas Wagino nanti sy akan coba2 berkontribusi.. salam zнéeят 18 Desember 2011 16.54 (UTC)

Perlindungan Artikel Pilihan

Apakah bisa halaman Artikel Pilihan seperti ini dilindungi? Karena dua kali sudah saya membatalkan suntingan yang merusak seluruh tampilan Halaman Utama. Coba lihat halaman history-nya. Sudah 3x dirusak oleh Pengguna:Kelompok tujuh.  Sanko  bicara  19 Desember 2011 08.16 (UTC)

Halo, untuk perlindungan secara konsiten mungkin agak sulit karena bagian itu bukan merupakan satu halaman tetap dan rutin berubah setiap minggunya. Mungkin perlindungan dapat diberikan kasus per kasus saja, artinya bila banyak divandal seperti artikel Paus ini, baru dilindungi. --BlackKnight (bicara) 21 Desember 2011 06.34 (UTC)
Mengapa mereka masih bisa menyunting pada 19 Desember? Padahal sejak 15 Desember ([1]) sudah kena "Halaman ini telah dilindungi dari penyuntingan karena disertakan di halaman berikut yang telah dilindungi dengan opsi "runtun": Halaman Utama/Perlindungan ". ·· KℇℵℭK 22 Desember 2011 12.36 (UTC)
Mungkin ketika itu belum tertampil di Halaman Utama? вёӣйүӀіп 21.39, 22 Desember 2011 (WIB)
Menurut Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal, Wikipedia:Artikel_Pilihan/35 2011 tampil di Halaman Utama pada 16-25 Desember 2011. ·· KℇℵℭK 22 Desember 2011 15.17 (UTC)

Pembebasan pemblokiran akun pengguna Aldo salumo

Kepada Yth.
Bapak-bapak Pengurus
Wikipedia bahasa Indonesia
di -

Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan pembicaraan saya dengan Aldo samulo di situs jejaring sosial, bahwa yang bersangkutan memohon agar akun miliknya dapat dibebaskan dari pemblokiran permanen.

Sehubungan dengan hal tersebut dan setalah membaca mekanisme pencabutan pemblokiran, saya mewaliki pengguna Aldo samulo, memohon kepada para pengurus di Wikipedia bahasa Indonesia untuk dapat mempertimbangkan usulan ini.

Adapun hal-hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan adalah:

  • Selama ini yang bersangkutan merupakan salah seorang pengguna yang berkontribusi sangat aktif, baik membuat rintisan artikel baru maupun dalam hal memerangi aksi vandalisme.
  • Alasan pemblokiran yang dituliskan pada saat melakukan tindakan tersebut adalah disebabkan yang bersangkutan telah mengundurkan diri, sementara tidak ada ketentuan yang mensyaratkan jika seorang pengguna mengundurkan diri, akun miliknya diblokir secara permanen.
  • Perlu kiranya Bapak-bapak Pemeriksa melakukan pengecekan terhadap akun milik Amelia samulo yang dinilai sebagai sockpuppet milik yang bersangkutan karena hingga saat ini kasus tersebut belum terungkap secara pasti.

Demikian hal ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak-Bapak pengurus diucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Wagino 20100516 (bicara) 25 Desember 2011 01.21 (UTC)

Halo Bung Wagino,
Pemeriksaan atas akun Amelia samulo, telah dilakukan [saya lupa tepat.nya kapan, dan seperti.nya pernah juga dibicarakan di warkop]. Akun ini memiliki IP yang sama dengan Aldo, hal ini dimungkinkan karena mereka tinggal di satu tempat dan [mungkin] menggunakan perangkat yang sama pula.
Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 25 Desember 2011 02.49 (UTC)
Menurut saya, tidaklah tepat akun Aldo diblokir walaupun telah mengundurkan diri dari WBI. Kℇℵ℟ℑK 25 Desember 2011 02.57 (UTC)
Pemblokiran Aldo telah di lepas. Salam, — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 25 Desember 2011 04.05 (UTC) 👍 zQheert pengguna menyukai ini.
Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Moel khususnya dan seluruh pengurus Wikipedia bahasa Indonesia atas pembebasan akun milik Aldo Samulo. Sekarang saya telah membuktikan bahwa para pengurus memang benar-benar bekerja meskipun mungkin tidak selalu tampil di perubahan terbaru. Cheers to all. Wagino 20100516 (bicara) 25 Desember 2011 16.19 (UTC)

Halaman Utama

Dikarenakan Halaman Utama serta templat-templatnya (kecuali Templat:Peristiwa terkini) telah dilindungi penuh, ada baiknya jika tombol "sunting" di semua bagian kecuali Peristiwa terkini dihapus karena tombol tersebut seakan-akan tidak berguna lagi sebab tidak dapat menyunting. Sementara tombol "sunting" yang ada di Halaman Utama/Perlindungan sebaiknya tidak dihapus supaya para pengurus dapat mengunjungi halaman tersebut untuk menyunting bagian-bagian Halaman Utama. Salam. Kℇℵ℟ℑK 29 Desember 2011 07.34 (UTC)

Ya, sebaiknya demikian, sama seperti Wikipedia-Wikipedia yang besar lainnya. вёӣйүӀіп 16.03, 29 Desember 2011 (WIB)
Per revisi ini perlindungan runtun telah dihilangkan. Salam. Albertus Aditya (bicara) 29 Desember 2011 08.04 (UTC)
Karena permintaan Kenrick, maka sekarang yang dilindungi adalah "mirror" halaman utama, supaya peristiwa terkini tidak terlindungi runtun. Selengkapnya saya uraikan di pembicaraan HU. Cuma tempo hari masih sempat kebobolan, entah apa sebabnya... вёӣйүӀіп 16.01, 29 Desember 2011 (WIB)
Saya sewaktu mengisi AP 36 2011 baru tahu alasannya: Halaman Utama/Perlindungan belum di-purge, sehingga perlindungan runtun tidak masuk ke AP 36 2011. Kℇℵ℟ℑK 29 Desember 2011 09.10 (UTC)
Oo.. begitu. Trims infonya. вёӣйүӀіп 20.36, 29 Desember 2011 (WIB)

Arsip November 2011

Permintaan -> Pertanyaan

Sebaiknya halaman Permintaan dihapus saja atau dipindahkan ke Pertanyaan (lihat en:Request}, karena halaman tersebut hanya membahas satu sisi dari 'permintaan' yang sesungguhnya. Hey Apple! 4 November 2011 10.27 (UTC)

Saya rasa perlu dipertahankan, karena yang dibahas adalah permintaan menurut sudut pandang ilmu ekonomi (lihat en:Demand (economics)). Sudah saya tambahkan kategori dan pranala antarwiki.  -iNu-  ►  10 November 2011 10.55 (UTC)

untuk donasi bagi wikipedia sebaiknya jangan cuma Paypal n CC saja, bagaimana kalau juga menggunakan LR ? trims... apalagi bisa lewat sms..


180.246.64.183 27 November 2011 01.25 (UTC)

Lambang Kesultanan Banten

Kepada yth. Wikipedia.org

didalam rubrik Kesultanan banten terdapat lambang kesultanan berwarna dasar kuning dengan sepasang pedang saling bertautan. Itu bukanlah Lambang Kesultanan Banten... Coba cari sumber yang benar dan sebenarnya... dan kepada Wikipedia.org agar lambang yang tertera tersebut dapat dihapus, hal itu menyesatkan sejarah asli kesultanan banten...from Lembaga Pengkajian Mandiri Nusantara.

141.0.9.62 30 November 2011 10.26 (UTC)

Arsip Oktober 2011

Info yg singkat dan jelas

Beri saya informasi tentang Wikkipedia ini secara rinci dan jelas mengenai gunanya, bagaimana caranya dan apakah bisa diakses oleh siapa saja ?

Endangpujiwahyuni (bicara) 00:42, 5 Oktober 2011 (UTC)

Tentang info yang singkat dan jelas, mungkin anda bisa memulainya dari sini, kemudian anda disarankan untuk berjalan-jalan dengan mengklik kata-kata yang berwarna biru pada halaman tersebut. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:40, 5 Oktober 2011 (UTC)

Artikel pilihan

Halo wikipediawan, diminta partisipasi.nya untuk ikut serta dalam mencalonkan Artikel Pilihan ; mengetahui bahwa artikel pilihan periode 29 2011 masih kosong. Terima kasih atas partisipasi dan/atau saran-saran.nya Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 8 Oktober 2011 08.04 (UTC)

Artikel pilihan untuk periode 29 sudah ada, hanya halamannya saja belum dibuat. Asep Taufiq (bicara) 8 Oktober 2011 10.12 (UTC)
Wah, AP 31, 32, 34 dan 36 terancam kosong! Padahal tahun 2010 setiap periode selalu ganti AP yang baru. ·· KℇℵℭK 8 Oktober 2011 14.53 (UTC)
Masih ada waktu kok. Asep Taufiq (bicara) 8 Oktober 2011 15.27 (UTC)
Yang ini juga diperhatiin dong. :p Redyka ngobrol 9 Oktober 2011 10.18 (UTC)

Artikel bagus

Halo wikipediawa[n|ti], saya baru saja "merapikan" sedikit halaman Wikipedia:Artikel bagus dengan menambahkan beberapa "kotak" yang disalin-sunting-tempel dari Wikipedia:Artikel pilihan. Hal ini [menurut pendapat saya] guna nantinya dapat membantu dalam menetapkan Wikipedia:Artikel pilihan. Bagaimana pendapat.nya ? mohon dibantu juga yah. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10 Oktober 2011 06.07 (UTC)

usul tentang penambahan halaman wikipedia

saya mempunyai usul untuk penambahan halaman pada halaman "youkai" atau "yokai". 182.3.181.230 15 Oktober 2011 12.17 (UTC)

Silakan cantumkan di halaman Permintaan Artikel. Kia 80 15 Oktober 2011 15.46 (UTC)

Usulan pembuatan artikel tentang Tips Kesehatan

Banyak saya tahu banyak sekali orang-orang di Indonesia di daerah terpencilnya banyak yang terkena penyakit maka itu saya ingin memberi usulan bagaimana kalau di Wikipedia ini di berikan artikel tentang tips menjaga kesehatan. Sekian Usulan saya terima kasih JasmineExaKamilia (bicara) 16 Oktober 2011 09.07 (UTC)

Usul yang bagus! Diharapkan anda bersedia juga untuk berkontribusi tentang hal ini, namun ada beberapa hal yang perlu diingat, bahwa Wikipedia bukanlah.... Salam. Wagino 20100516 (bicara) 19 Oktober 2011 09.58 (UTC)

Rancangan Halaman Utama

dipindahkan ke Wikipedia:Permohonan pendapat/Desain Halaman Utama baru/2
Sepertinya usulan penting seperti ini harus dijadikan proposal. ·· KℇℵℭK 26 Oktober 2011 14.57 (UTC)
Proposal biasanya untuk kebijakan. Permohonan pendapat saya rasa sudah cukup tepat. Dan, kalau bisa kurangi bahasa formal (mengingat, menimbang, mengusulkan, dll). Kita tidak tidak sedang membuat undang-undang :p вёӣйүӀіп 23.57, 26 Oktober 2011 (WIB)

Sehr unterstützend für diese Änderung. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 29 Oktober 2011 00.49 (UTC)

Temporary adminship

Istimewa:Tag

Salam, berhubung ekstensi Tag sudah terpasang di semua wiki, dan sudah beberapa waktu lamanya pengurus yang lain juga mengetahui hal tersebut namun belum ada yang mencobanya, saya minta izin komunitas untuk mencoba menyunting beberapa skrip yang akan membantu mencegah pembuatan halaman-halaman uji coba yang sangat umum (seperti vanitas, dll), sehingga dapat mengurangi kerja pengurus. Saya sudah menguji coba fitur ini di Wiktionary Indonesia dan hasilnya sejauh ini baik. Sebagai disclaimer, saat ini hak menyunting dimiliki oleh admin saja (di en ada hak khusus untuk EditFilter editor, tapi di id belum ada), jadi bila diizinkan, saya akan mengajukan diri sebagai admin temporer selama seminggu untuk menguji coba beberapa filter, setelah itu diharap dapat membuat admin yang lain tertarik untuk memanfaatkan fitur yang sangat bermanfaat ini. Salam. вёӣйүӀіп 23.20, 24 Oktober 2011 (WIB)

Fitur yang sangat membantu para pengurus dalam menyaring mana perubahan yang benar-benar vandalisme. ·· KℇℵℭK 25 Oktober 2011 14.20 (UTC)
Tapi sayang admin yang sekarang masih belum menggunakannya walaupun fitur ini sudah ada sekitar sebulan. Anda setuju jika ini dipakai di WBI? вёӣйүӀіп 21.54, 26 Oktober 2011 (WIB)
Setuju!!! ·· KℇℵℭK 30 Oktober 2011 07.56 (UTC)
Ada penjelasan yang lebih rinci mengenai fitur ini ga Ben?  -iNu-  ►  28 Oktober 2011 23.11 (UTC)
Coba baca-baca en:Wikipedia:Tags dan dokumentasinya (en:Wikipedia:Edit_filter) dan instruksinya (en:Wikipedia:Edit_filter/Instructions), lalu contoh kode-kodenya dilihat di en:Special:Tags. Masing-masing proyek pasti punya keunikan, jadi tag-tag tersebut harus diadaptasikan lagi, walaupun ada beberapa tag sederhana yang bisa langsung disalin-tempel. Beberapa suntingan umum (tes) yang dapat dicegah antara lain membuat artikel dengan nama sendiri, membuat artikel di halaman pembicaraan (karena WP:NOANON), dan lain-lain. Coba aja di Wikisource (dengan meniru en.wikisource), Anda kan punya aksesnya di sana (nanti saya bantu-bantu). Saya juga sudah coba-coba di Wiktionary (dengan meniru en.wikt). вёӣйүӀіп 17.50, 1 November 2011 (WIB)
Saya sudah melihat tag tersebut di Wikipedia Bahasa Inggris dan menurut penilaian saya cukup membantu. Sekalian saya melanjutkan usulan terdahulu mengenai penerapan fitur rollback Wikipedia Bahasa Indonesia (saya cari-cari arsip pembicaraannya belum ketemu, tetapi saya ingat waktu itu Mas Gombang ada juga membahas masalah tersebut) karena fitur ini sangat bermanfaat, khususnya untuk mengembalikan suntingan pada artikel yang belum divalidasi. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 29 Oktober 2011 00.31 (UTC)

Saya setuju dengan usulan pak benny, Jika kiranya sangat membantu pengurus sudah sebaiknya dilakukan. saya yakin dengan adanya fitur tersebut admin laik akan tertarik untuk menggunakannya. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 29 Oktober 2011 07.52 (UTC)

Saya sudah mengajukan permohonan di sini. вёӣйүӀіп 18.29, 1 November 2011 (WIB)
Ditolak tuh, ada 2 aktif Birokrat disini yang mestinya mengajukan.  Sanko  bicara  1 November 2011 23.25 (UTC)

Arsip September 2011

Judul halaman

Saya merasa Judul Bursa Valuta asing salah dan ingin mengubahnya dengan Pasar Valuta Asing. Kata "Bursa" harus selalu diartikan sebagai pasar dimana pihak-pihak yang bertransaksi tidak tahu siapa lawan transaksinya. Ini kelihatanya tidak bisa dilakukan.---- Jwsudomo (bicara) 02:16, 2 September 2011 (UTC)

OK OK Selesai.  Sanko  bicara  04:28, 2 September 2011 (UTC)
Oh, begitu ya. Setahu saya, arti Bursa sama dengan Pasar. Hanya itu. Mikhailov Kusserow (bicara) 09:06, 6 September 2011 (UTC)

Nama tempat

Berbeda dengan dunia luar, Wikipedia Indonesia memiliki ciri khas, yaitu mengutamakan segi birokratik atas segi alami untuk nama tempat. Satu contoh adalah Pulau Salibabu, sedangkan ada juga Kecamatan Salibabu, Kepulauan Talaud. Pulau ada jauh sebelum kecamatan dibentuk. Bukannya lebih logis mengutamakan pulau? Usulan saya adalah meleburkan kedua artikel ini dan pada umumnya, artikel yang menunjuk ke tempat yang sama tapi dari segi yang berbeda.

Lagipula, apa gunanya menambahkan "Kepulauan Talaud" kalau hanya ada satu tempat yang namanya "Salibabu"? Usulan saya adalah menyederhanakan nama tempat dengan menghapus keterangan yang tidak perlu dan juga bersifat birokratis, Humboldt (bicara) 09:21, 6 September 2011 (UTC)

Secara pribadi saya setuju, asalkan harus konsisten, artinya perlakuan tersebut diberlakukan untuk semua artikel dengan problem sejenis. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11:51, 6 September 2011 (UTC)
Saya baca pada artikel Pulau Salibabu: ...Salibabu adalah bagian dari Kecamatan Salibabu. Saya tidak tahu kondisi di lapangan, akan tetapi bila benar Pulau Salibabu hanyalah salah satu wilayah (bagian) dari Kecamatan Salibabu, hendaknya kedua artikel itu tetap dipisahkan karena merujuk pada wilayah yang berbeda luasannya. Salam, Wie146 (bicara) 01:12, 8 September 2011 (UTC)

Saya sepaham dengan Wie146 : bila kecamatan meliputi pulau lain di samping Salibabu, jelas kedua artikel harus dipertahankan, Humboldt (bicara) 12:31, 8 September 2011 (UTC)

Wikipediawan yang hilang

Saya inginnya sih WBI membuat Halaman tentang WBI-wan yang sudah lama tidak menyunting, seperti di Wikipedia Bahasa Inggris (WP:MISS) Dhio270599 09:55, 11 September 2011 (UTC)

Wikipedia:Daftar pengguna aktif yang absen. вёӣйүӀіп 17:44, 11 September 2011 (UTC)
Sepertinya data yang ada perlu pemutakhiran. Salam, Naval Scene (bicara) 04:10, 12 September 2011 (UTC)
Pernahkah ada WBIwan yang wafat? Dhio270599 03:45, 12 September 2011 (UTC)
Belum ada yang melaporkan. Halaman di Meta, dan di Wikipedia lain. Artikel menarik. вёӣйүӀіп 08:40, 12 September 2011 (UTC)

Penambahan Artikel Wikipedia

-->Dimohon untuk menambah judul atau isi Artikel Wikipedia Bahasa Indonesia

Terima Kasih


110.232.84.249 12:10, 15 September 2011 (UTC)

Maksudnya menambah judul atau isi artikel WBI? Bukan kah pengguna WBI mengembangkan artikel yang sudah ada atau artikel-artikel yang belum di buat. banyak Proyek yang sedang di kembangkan. Imanuel NS Uen (Pesan disini) 13:40, 15 September 2011 (UTC)

Arsip Agustus 2011

Spoken Wikipedia

Usul nih, bagaimana kalau diadakan ProyekWiki Wikipedia dalam bentuk audio (lihat en:Wikipedia:Spoken Wikipedia) ? Thanks -  Matema  talk  06:39, 3 Agustus 2011 (UTC)

Sudah ada: Wikipedia:ProyekWiki Wikipedia lisan. Asep Taufiq (bicara) 07:03, 3 Agustus 2011 (UTC)

Oke, thanks, haha saya kira belum ada --  Matema  talk  07:09, 3 Agustus 2011 (UTC)

Validasi

Upnyk (bicara) 11:03, 15 Agustus 2011 (UTC)

Suntingan bagian paling atas.

Untuk wiki ada usulan dari saya hal ini karena kita harus menyesuaikan dengan kecepatan upload dan download yang umumnya sangat pelan (lemot), maka tombol suntingan bagian paling atas hendaknya memuat juga bagian paling atas saja, jangan sampai semua bagian dibawahnya ikut dalam kotak suntingan karena berat jika koneksi lambat. Cukup sekian dan mohon dipertimbangkan. "" (bicara) 01:26, 16 Agustus 2011 (UTC)

Jika Anda menggunakan kulit MonoBook (bisa diganti di Istimewa:Preferensi bagian "tampilan"), maka suntingan untuk bagian paling atas bisa dilakukan. Ezagren (kirim pesan) 08:38, 16 Agustus 2011 (UTC)
Pakai kulit Vector juga bisa kok. Klik aja menu tambahan yang bersimbol "↑" yang muncul ketika pointer mouse berada di atas MediaWiki Vector skin action arrow.svg. ·· KℇℵℭK 15:42, 16 Agustus 2011 (UTC)

Terimakasih kepada Ezagren dan Kenrick95 atas petunjuk Anda...Saya merasa senang karena kesulitan sudah dapat Saya atasi dari petunjuk Anda. "" (bicara) 00:22, 22 Agustus 2011 (UTC)

Situs Warisan Dunia di Indonesia

Minta koreksi dan bantuan para pengguna WBI, untuk mengoreksi dan menyeleksi, mana yang masih diusulkan dan mana yang sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di Kategori:Situs_Warisan_Dunia_UNESCO_di_Indonesia. Ezagren (kirim pesan) 13:32, 16 Agustus 2011 (UTC)

Langsung lihat di situs UNESCO saja. ·· KℇℵℭK 15:43, 16 Agustus 2011 (UTC)
Nah, tu! Kurang apa, coba? Ezagren (kirim pesan) 15:58, 16 Agustus 2011 (UTC)

Arsip Juli 2011

Berikan proteksi untuk Templat:Berita

Saya mengusulkan agar halaman Templat:Berita diproteksi menyusul dilakukannya tindakan vandalisme sore ini di halaman tersebut.

Salam. —Saifulwebid (bicara) 10:07, 8 Juli 2011 (UTC)


Terima kasih atas informasinya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 12:53, 8 Juli 2011 (UTC)

Wikipedia Minang

Sudah dipindahkan ke Warkop Lain-lain. Ezagren (kirim pesan) 13:23, 9 Juli 2011 (UTC)

Pemindahan Influensa ke Influenza

Sebelumnya saya mencoba memindahkan halaman Influensa ke Influenza, karena istilah Influenza lah yang benar menurut KBBI. Namun ternyata halaman Influenza sudah ada yang berisi pengalihan menuju Influensa, sehingga saya tidak bisa melakukan pindah. Saya mencoba melakukan pemindahan manual ini dan ini, di mana kata Influensa dalam artikel tersebut sudah saya ubah menjadi Influenza. Namun sepertinya tidak benar, karena riwayat penyuntingan tidak ikut berpindah, dan Pengguna:Bennylin menyarankan saya untuk menghubungi pengurus. Jadi saya memutuskan untuk menuliskannya di sini saja, barangkali ada pengurus yang berniat membantu pemindahan dan pengalihan ini. :D William Surya Permana (bicara) 17:27, 13 Juli 2011 (UTC)


Pemindahan dilakukan oleh Mimihitam (bicaraAdminwpo.png Adminwpb.png. Albertus Aditya (bicara) 01:13, 14 Juli 2011 (UTC)

Sepertinya Kategori:Influensa juga perlu dipindah :D William Surya Permana (bicara) 14:39, 16 Juli 2011 (UTC)


. Terima kasih atas informasinya. Albertus Aditya (bicara) 22:57, 16 Juli 2011 (UTC)

apa bisa??????

apa bisa wikipedia menentukan pencarian berdasarkan isi dan judulnya saja???????? bukan karena ada kata2 yang dicari di dalam isi Isabela krisanti (bicara) 08:33, 27 Juli 2011 (UTC)

Anda menulis "...berdasarkan isi dan judulnya saja...", maksudnya pencarian di bagian judul saja, begitu? Kan memang standarnya begitu. Kalau boleh saya jelaskan sedikit, misalkan saya mencari kata poster. Jika sudah terdapat artikel poster, maka halaman ini akan langsung ditampilkan. Jika saya mencari kata wolf, karena tidak ada halaman wiki berbahasa Indonesia dengan judul tersebut, maka ditampilkan daftar halaman yang dalam bagian isinya mengandung kata wolf. Atau Anda dapat menggunakan Pencarian Lanjutan, meskipun opsi di sana juga sedikit rumit. Semoga jawaban saya ini dapat membantu. -- Uondre Bicara 12:29, 27 Juli 2011 (UTC)

kota LAMAku yang LAMA tak tersentuh.

Ekaweibawa (bicara) 07:04, 30 Juli 2011 (UTC) mohon dituliskan sejarah semarang,mulai dari jaman kerajaan majapahit hingga saat ini dan juga bila ada foto/gambar dokumentasinya,trimakasih.Ekaweibawa (bicara) 07:04, 30 Juli 2011 (UTC) --Ekaweibawa (bicara) 07:04, 30 Juli 2011 (UTC)

Silahkan lihat di halaman Kota Semarang. Oh, ya, kelihatannya anda pengguna baru ya? Cukup berikan tanda 4 tilda saja ( ~~~~ ), jangan banyak-banyak sehingga tanda tangan anda tidak muncul beberapa kali. RaymondSutanto (bicara) 07:19, 30 Juli 2011 (UTC)

Usul

Bagaimana kalau ingin mencari di Wikipedia tinggal mengetik kata kuncinya saja? Agar lebih mudah. Terimakasih.

Salam, Nisadfinazh (bicara) 08:53, 30 Juli 2011 (UTC)

Bisa Anda jelaskan lebih lanjut yang Anda maksud dengan kata kunci? Coba baca dahulu di Wikipedia:Pencarian. Tips: coba ketikkan suatu kata dan tunggu sebentar, maka wiki akan memberikan usulan judul (artikel yang sudah ada di wiki) dengan kata terkait. -- Uondre Bicara 16:11, 30 Juli 2011 (UTC)

ijin

Alo Wikiwan-Wikiwan cekalian, lama tak jumpa 1 bulan lamanya. Gini, saya mau minta ijin/permohonan untuk buat 1 halaman wikipedia berjudul "Wikipedia:Forum penggemar Revo Soekatno" yang digunakan untuk pertemuan/perkumpulan para RevoLovers di WBI ini. Yah, taulah kalian (bagi yang tau tentunya lah ) kalo kerjaannya forum buat ngapain. Disana bisa buat misal nyampain uneg-uneg or berbagi sesuatu (misal suatu penghargaan khusus bagi salah satu anggota). Ayolah, lagipula kegunaannya sama persis dengan halaman wiki ini : Wikipedia:Surat pernyataan permintaan penghapusan gambar-gambar penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW dimana mereka nge-club buat nyatain 1 hal dan diperbolehkan apalagi tidak pernah dihapus. Sekali lagi bolelah

Ayolah gan, sundul lah gan

--Erik 13:08, 30 Juli 2011 (UTC)

Judul halamannya jangan "forum", nanti dituntut dengan Wikipedia bukanlah forum. •• KℇℵℭK 15:51, 30 Juli 2011 (UTC)
Ya udah, judulnya diubah jadi "Wikipedia:Perkumpulan penggemar Revo Soekatno". Jadi, gimana Ken ? Boleh tidak dibuat ? --Erik 06:10, 31 Juli 2011 (UTC)

Kalau saya pribadi boleh-boleh saja baca: Setuju Setuju, tetapi perlu kiranya dicermati apakah hal ini sesuai dengan aturan yang ada di WBI. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 06:16, 31 Juli 2011 (UTC)

Arsip Juni 2011

Bls:nasib dongeng

Salam mas Adiputra dan mas Sanko

terima kasih atas saran dan masukan nya, dan mengenai menyunting ke warnet kayak y usulan bagus t, karena aku pulang kerja jam 4 sore, setelah istrahat mungkin masih ada waktu, (kayak nya) Terima kasih Rumit siregar (Pesan disini) 00:13, 1 Juni 2011 (UTC)

Anda juga bisa menulis konsepnya terlebih dahulu di komputer tanpa akses Internet, lalu baru diunggah pada saat mendapatkan koneksi (misalnya di warnet). Gombang (bicara) 00:18, 1 Juni 2011 (UTC)
Mudah-mudahan dongengnya masih bisa selamat, karena ada Pengurus yg cenderung menghapus saja tanpa mengarsipkannya dulu ke halaman Pengguna misalnya. Kalau artikel gak bermutu atau sekedar iklan sih maklum saja kalau dihapus langsung.  Sanko  bicara  00:36, 1 Juni 2011 (UTC)
No comment soal mutu, tapi Anda bisa minta ke pengurus untuk mengembalikan artikel yang sudah dihapus (untuk keperluan arsip). Setahu saya belum ada yang menolak. Gombang (bicara) 01:03, 1 Juni 2011 (UTC)
Bagaimana cara memintanya jika Pengurus yg menghapus tidak mau diajak komunikasi?  Sanko  bicara  06:20, 3 Juni 2011 (UTC)

Tanggapan tentang dongeng

Salam wiki. !

Sebelum nya saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memberikan suport dan petunjuk berkaitan artikel dongeng. Dan maaf agak telat menanggapi nya.(dan juga maaf tanggapan nya pada bagian baru, maklum lah)

Asal mula saya tertarik menulis artikel dongeng, karena saya melihat di wikipedia ada artikel sejenis, maka nya saya waktu itu berinisiatif untuk memperbanyak sekaligus membuat templet {{Dongeng}}, yang kemudian di sempurnakanan oleh pengguna lain.

Artikel sejenis yang saya maksud di antaranya Malin kundang, Bawang Putih Bawang Merah, Lutung Kasarung dan selengkap nya bisa dilihat di {{Dongeng}}, dan artikel tersebut pranalanya sudah berwarna biru.

Kembali ke artikel Dongeng yang saya buat, pada prinsipnya saya tidak keberatan di hapus atau di pindahkan, namun yang saya "sayangkan", ternyata pengguna di wikipedia ternyata masih banyak yang hanya bisa memberi tag rapikan, tag hapus dan koment sejenis, tapi "sedikit" yang mampu memperbaiki/mau memperbaiki, padahal mereka bisa. (karena setiap kita bisa menyatakan ini kurang rapi, berarti kita tahu bagaimana sebenar nya yang rapi itu, na lho kenapa tidak di rapikan saja..?, kan aneh).

Mengenai kenapa artikel saya kurang rapi dan hanya "Copas", sudah di utaran di atas masalah teknis yang saya hadapi.

Akan kah fenomena ini berlanjut..!! Akan kah pengguna wikipedia untuk kedepan nya masih tetap berprinsip cuma mengasi tag hapus, selanjut nya terserah kepada si pembuat artikel nya.

entah lah. . .

Rumit siregar (Pesan disini) 08:30, 1 Juni 2011 (UTC)

Keluhan Anda dapat saya mengerti. Saya juga pernah merasakan keluhan seperti Anda. Mungkin penggunanya sedang rajin memantau, tapi malas merapikan, sehingga cuma pasang tag {{rapikan}} saja. -- Adiputra बिचर -- 10:22, 2 Juni 2011 (UTC)

Arsip Artikel Bagus

Apakah ada rencana untuk membuat halaman arsip artikel bagus menjadi mirip seperti halaman pengarsipan artikel pilihan yg disusun berdasar waktu tertentu (tahun/bulan)? Soalnya kalau melihat halaman barusan, isinya sudah terlalu panjang sampai kebawah dan sedikit menyulitkan untuk menyuntingnya (harus dari atas lalu di geser sampai paling bawah). F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 15:35, 2 Juni 2011 (UTC)

Penggabungan Infobox

Saya lihat di Wikipedia bhs. Inggris kotak infobox aktor, model, dan tokoh sekarang digabungkan menjadi satu yaitu dengan memakai Templat:Infobox person, sekarang dengan melihat di WBI yang memiliki:

  1. Templat:Infobox actor
  2. Templat:Infobox artis indonesia
  3. Templat:Infobox Model

apakah tidak sebaiknya digabungkan juga menjadi satu melalui Templat:Infobox person seperti di Wikipedia bahasa Inggris? Salam... F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 16:16, 7 Juni 2011 (UTC)

Silakan dicoba di bak pasir templat. Yang perlu diperhatikan dalam penggabungan templat adalah semua parameter yang dipakai di ketiga templat tersebut harus ada di templat yang baru (dengan parameter alias), terlepas dari apa yang ada di en.wiki.
βέννγλιν 17:11, 7 Juni 2011 (UTC)

Saya juga mengalami masalah yang sama untuk artikel otomotif, yaitu adanya infobox dobel: Templat:Kotak info mobil dan Templat:Infobox Automobile. Saya mempunyai ide untuk melengkapi selengkap-lengkapnya di salah satu templat (tidak perlu bikin templat baru), kemudian menghapus templat lainnya. RaymondSutanto (bicara) 03:31, 15 Juni 2011 (UTC)

Memang sering terjadi, salah satu sebabnya adalah interwikinya tidak terhubung dengan baik dan nama templatnya berbeda. Oleh karena itu kalau menyalin templat dari wiki lain usahakan namanya disamakan dulu, kemudian kalau perlu baru dipindahkan/diindonesiakan. вёӣйүӀіп 04:23, 15 Juni 2011 (UTC)

A'a "c*****ers"

Assalamu 'alaikum warohmatulohi wabarokatu

Salam sejahtera, Tuhan menyertai

Kalian para Wikipediawan tau, bahwa pengguna:Albertus Aditya telah memunculkan kembali gambar Muhammad yang telah dihapus di artikel "Buhaira" (bukti) yang artinya telah menentang Wikipedia:Surat pernyataan permintaan penghapusan gambar-gambar penghinaan terhadap Nabi Muhammad saw. Bukankah itu sama saja dengan para Wikipediawan Barat yang mengunggah gambar Muhammad di Commons. Jika Anda tidak suka akan hal yang diperbuat oleh beliau mari kita sama-sama melakukan gerakan pencabutan status pengurusnya atau kalau bisa lakukan gerakan pemblokirannya.

Wassalam --Erik 01:56, 12 Juni 2011 (UTC)

Emangnya Wikipedia:Surat pernyataan permintaan penghapusan gambar-gambar penghinaan terhadap Nabi Muhammad saw. artinya seluruh komunitas Wikipedia bahasa Indonesia menyetujui untuk tidak menggunakan gambar Nabi Muhammad? Itu kan hanya surat untuk meminta supaya gambar Nabi Muhammad dihapus dari proyek Wikimedia. ·· KℇℵℑℭK 11:33, 12 Juni 2011 (UTC)

Saya pindahkan kesini saja. Mohon jika ingin berdiskusi dengan baik jangan menghapus jejak diskusi yang berbeda pendapat.  Sanko  bicara  11:43, 12 Juni 2011 (UTC)

Bagaimana dengan pembuat artikelnya yang memunculkan gambar itu pertama kali?  Sanko  bicara  02:40, 12 Juni 2011 (UTC)

Surat itu dalam pandangan saya tidak dan bukan merupakan suatu konsesus. Mohon diralat apabila saya salah, sehingga gambar yang ada dipertahankan apa adanya. Jika ada, maka seharusnya dibuat kebijakan resmi agar tidak ada perbedaan pendapat dan pandangan. Salam. Albertus Aditya (bicara) 03:05, 12 Juni 2011 (UTC)

Surat permintaan tersebut bukanlah suatu kebijakan di Wikipedia, jadi menurut saya yang dilakukan oleh Albertus tidaklah salah. Asep Taufiq (bicara) 03:35, 12 Juni 2011 (UTC)
Saya setuju kalau surat pernyataan itu bukanlah suatu konsensus jadi Albertus Aditya sama sekali tidak salah. Aldo samulo (bicara) 03:37, 12 Juni 2011 (UTC)
Saya sependapat dengan Albertus Aditya, Asep Taufiq, dan Aldo Samulo. -- Adiputra बिचर -- 05:28, 12 Juni 2011 (UTC)
Bagi saya pribadi perbuatan Bung Albert salah. Namun, di Wikipedia tidak ada kebijakannya, jadi apa boleh buat. Seharusnya Erik meminta baik-baik agar gambar tersebut jangan ditampilkan, jangan asal cabut status kepengurusannya. Redyka ngobrol 07:58, 12 Juni 2011 (UTC)
Saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak yang merasa saya berbuat salah. Tetapi saat saya mengambil keputusan untuk mengembalikan (yang hanya satu artikel dan satu tindakan), saya berpegangan pada dasar yang telah saya sampaikan di atas, terutama juga di Meta tidak juga mendapat persetujuan. Salam. Albertus Aditya (bicara) 13:02, 12 Juni 2011 (UTC)
Suratnya memang bukan resmi konsensus, kemudian apa yg dilakukan Erik dgn mengingatkan (walaupun terlalu berlebihan sampai ancaman mengadakan pencabutan pengurus) juga sudah baik. Sepertinya hanya salah paham saja ini. F1fans | Alonsista 03:11, 13 Juni 2011 (UTC)
Ya, tindakan Erik terlalu berlebihan. Masalah seperti ini sebaiknya diselesaikan baik-baik, bukannya langsung mengajukan usulan pencabutan status pengurus, apalagi sampai melakukan pemblokiran . Menurut saya itu bukan vandalisme, cuma perbedaan sudut pandang saja. -- Adiputra बिचर -- 03:41, 13 Juni 2011 (UTC)

Maap sebelumnya, saya jadi tergelitik untuk ikut nimbrung di topik pembicaraan ini. Namun bukan dari sudut pandang mengenai pencabutan pengurus, lebih ke masalah logika. Begini menurut logikanya, kalau semua hal di Wikipedia Bahasa Indonesia ini harus berdasarkan yang ada di Wikipedia English ataupun Meta, kenapa gak sekalian aja bahasanya di samakan/ditukar dengan bahasa Inggris?
Lain ladang lain belalang donk, mas. Sesuatu yang tidak dianggap tabu pada suatu tempat, belum tentu tempat lain menerimanya. Memang WBI bukan milik warga Indonesia saja, tapi milik dunia. Tapi pada kenyataannya warga Indonesia yang berkumpul disini (masa ngumpul di Wikipedia Belanda sich?) Jadi daripada menimbulkan polemik yang berkepanjangan... bla..bla..bla.. (rasanya bisa anda teruskan sendiri)  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   04:37, 13 Juni 2011 (UTC)

Pedoman penamaan tokoh

Kapan, nih, Wikipedia:Pedoman penamaan/Tokoh dijadikan pedoman? Ayo, dikembangkan! Ezagren (kirim pesan) 01:20, 15 Juni 2011 (UTC)

Kalau mandek karena isinya, dirombak saja juga tidak apa-apa. вёӣйүӀіп 04:40, 15 Juni 2011 (UTC)

Mohon ditinjau artikel Kanvas

Salam kenal kepada semua teman-teman wiki...!

Artikel Kanvas yang saya tulis dan dibatalkan oleh Aldo Samulo sebenarnya masih dapat diperbaiki, gaya penulisan saya mungkin tidak sesuai dengan wiki tapi dari materi yang saya tulis bisa dipakai untuk menambah artikel yang sudah ada, membatalkan lebih muda dari pada memperbaiki.

Kanvas untuk melukis, ini saya kira lebih kusus karena kanvas juga dipakai pada peralatan lain. Spanram sebenarnya lebih tepat karena kata-kata ini lebih dikenal dikalangan Tukang pigora yang biasanya mengerjakan membuat kayu bentangan dan membentang kain kanva juga banyak dikenal oleh pelukis...Spanram kabarnya dari bhs. Belanda berasal dari dua kata. Sebenarnya hobi saya tidak terlepas dari kanvas...dan mengenai kanvas saya tahu benar.

Kuda-kuda sebenarnya merupakan bentuk segitiga yang dipakai untuk menyangga atap rumah atau genteng, selain itu dikenal pula pada bela diri pada posisi kaki membentuk kuda-kuda pada saat melakukan jurus-jurus dan juga pada saat siap tempur

"" (bicara) 09:46, 21 Juni 2011 (UTC)

Itu sudah beberapa bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Februari 2011, kenapa baru protes sekarang saya saja hampir lupa pernah membatalkan suntingan disana. Aldo samulo (bicara) 09:49, 21 Juni 2011 (UTC)

Sejak saya tahu dibatalkan artikel itu saya ingin bicara bukan protes, harap dibedakan dengan protes kan saya mohon ditinjau, di wiki saya kira kan bukan tempat untuk unjuk gigi, tapi kan untuk kepentingan bersama.

Mengenai waktu saya pendatang baru masih harus tahu cara menggunakan menu dan fungsi diwiki, disamping itu dikarenakan kesibukan kerja, bukan hanya wiki. Saya baru tahu cara ngomong disini, ya kali ini jika kurang tepat kasih petunjuk.

"" (bicara) 13:52, 21 Juni 2011 (UTC)

Pohon kategori

Saya mengusulkan pohon kategori seperti ini:

  • Makhluk mitologis
    • Hewan mitologis
      • Anjing mitologis
      • Burung mitologis
    • Makhluk menurut mitologi
      • Makhluk dalam mitologi Hindu, Islam, Yunani, dsb
    • Makhluk dalam legenda
      • Raksasa
      • Naga
      • Siluman
      • dsb
    • Makhluk tak mati
    • Makhluk gaib
      • Malaikat
      • Setan
      • Hantu
      • dsb
  • Zat gaib
    • Dewa-Dewi
      • Dewa-Dewi menurut mitologi
      • Dewa-Dewi personifikasi
      • Dewa
      • Dewi
    • Makhluk gaib
    • Tuhan

Kategori "Makhluk mitologis" berakar pada mitologi, jadi kita menghapus kategori "Dewa, roh, dan makhluk mitologis." Untuk kategori Dewa-Dewi, saya tidak masukkan ke kategori "makhluk" (agar netral), mengingat bahwa sejumlah mitologi menyamakannya dengan Tuhan, sehingga makhluk adalah ciptaan Dewa/Tuhan.

Menurut rekan-rekan, apakah kategori "Zat gaib" itu sudah (terdengar) pas? Kira-kira, di kategori apa (sebaiknya) dimasukkan? -- Adiputra बिचर -- 02:16, 23 Juni 2011 (UTC)

Nduga vs Nduga Tengah

Ini mungkin mirip kasus Mali vs Republik Mali. Nama resmi Kabupaten Nduga adalah yang tanpa kata "tengah". Untuk menghindari ambigu antara http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Nduga dan http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Nduga_Tengah, sebaiknya yang menggunakan nama tidak resmi saya usulkan untuk dihapus. Terima kasih.. (bicara)

Artikel Kabupaten Nduga Tengah sudah saya hapus. Terima kasih atas koreksinya. wic2020bicara 05:40, 23 Juni 2011 (UTC)

Pohon kategori makhluk

Saya mengusulkan pohon kategori seperti ini:

    • Zat Maha ghaib (bukan makhluk)
      • Tuhan Maha Pencipta.
  • Makhluk mitologis
    • Dewa dan Dewi
      • Dewa-Dewi menurut mitologi
      • Dewa-Dewi personifikasi
      • Dewa
      • Dewi
    • Hewan mitologis
      • Anjing mitologis
      • Burung mitologis
    • Makhluk menurut mitologi
      • Makhluk dalam mitologi Hindu, Islam, Yunani, dsb
    • Makhluk dalam legenda
      • Raksasa
      • Naga
      • Siluman
      • dsb
    • Makhluk tak mati
    • Makhluk ghaib
      • Malaikat
      • Jin
      • Setan
    • makhluk astral
      • Roh
      • Hantu
      • dsb

Kategori "Makhluk mitologis" berakar pada mitologi, jadi kita menghapus kategori "Dewa, roh, dan makhluk mitologis." Untuk kategori Dewa-Dewi, saya tidak masukkan ke kategori "makhluk" (agar netral), mengingat bahwa sejumlah mitologi menyamakannya dengan Tuhan, sehingga makhluk adalah ciptaan Dewa/Tuhan.

Menurut rekan-rekan, apakah kategori "Zat gaib" itu sudah (terdengar) pas? Kira-kira, di kategori apa (sebaiknya) dimasukkan? -- Adiputra बिचर -- 02:16, 23 Juni 2011 (UTC)


  • Ide anda bagus sekali pohon kategori dan perlu juga perbaikan, saya tidak mengerti diatas ada kata makluk tak mati itu apa? Semua makhluk bernyawa akan mati.

Dewa sebaiknya dikelompokkan ke dalam makhluk karena mempunyai bentuk dan ada juga mitologi Dewa atau Dewi yang berasal dari Manusia yang mencapai kesempurnaan maka oleh Tuhan atas permintaan manusia itu sendiri dijadikan Dewa atau Dewi untuk membantu manusia didunia ini.

Tuhan itu tidak berwujud dan tidak dapat di gambarkan dengan ciptaannya Zat adalah tepat, ada yang mempercayai pada saat moral manusia sudah rusak atau dalam keadaan tertentu untuk memperbaiki kehidupan didunia ini, Tuhan akan mewujudkan diri jadi makhluk yaitu akan menjadi Manusia atau Dewa, dan dari itu ada yang menyebut Dewa sama dengan Tuhan.

Saya coba memperbaiki menurut teman-temam wiki bagaimana susunan diatas? "" (bicara) 02:42, 16 Agustus 2011 (UTC)

Arsip Mei 2011

Batasi Kebijakan pengguna Anonim

Salam wiki,

Usulan saya kali ini mungkin termasuk usulan berulang, yaitu "mengenai penghapusan Artikel".

Secara pribadi,Saya tidak keberatan jika Artikel saya yang berjudul "Email lokal vs Yahoo cs", di "hapus", Namun yang membuat saya kecewa adalah usulan penghapusan tersebut berasal dari "pengguna Anon" (saya tidak sempat catat IP nya), dan tanpa pikir panjang lagi, dalam tempo sepersekian menit, Artikel saya tersebut lansung di hapus oleh "seorang pengurus". (padahal untuk membuat artikel tersebut saya perlu waktu hampir 3 jam lebih,karena menyunting via hp, mana batre low lg, jaringan yg bermasah lah, pokok nya, memakan waktu dan fikiran lah)

Untuk kedepan nya saya punya usul agar "pengguna Anon" tidak di berikan hak untuk "menilai dan melebel" suatu Artikel, karena menurut pandangan saya,"SEBAIK NYA" pengguna Anon itu, (saya tidak perduli apakah dia seorang Admin,Sysop atau pengurus yang menyamar jadi anon), jangan ikut campur kebijakan di wiki, cukup hanya menyunting, menjelajah saja, jika merasa mampu dan sanggup berbuat untuk wiki plus berkontribusi silakan "mendaftar saja", jangan malu-malu atau membuat "kesal" pengguna lain.

Karena pada pandangan saya, seorang Anon itu, adalah orang yang termasuk "Kategori:BERANI Berbuat,tapi tidak BERANI BERTANGGUNG JAWAB", apalagi jika dia mencampuri urusan pengurus atau editor, terlebih lagi melebel sebuah artikel dengan temlat hapus.

Jika kebijakan anon tidak di batasi, maka ada kemungkinan " peralihan fungsi", untuk kedepan kayak nya yang mengatur dan menentukan "Penghapusan" bukan lagi pengurus akan tetapi pengguna Anon. Terima kasih.

Salam hormat, RUMIT.S PESAN DISINI 03:53, 6 Mei 2011 (UTC)

Jika usulan penghapusan itu memang beralasan saya rasa tidak ada salahnya asalkan diperiksa terlebih dahulu oleh pengurus. Aldo samulo (bicara) 03:58, 6 Mei 2011 (UTC)

Salam bung Aldo.

Apapun alasan nya, saya tetap keberatan jika pengguna Anonim di beri hak untun melebel suatu Artikel. Dan satu lagi, untuk artikel "Email lokal vs Yahoo cs, yang telah di hapus oleh salah seorang pengurus itu, saya yakin "Jika di berikan tenggang waktu" saya dapat memperbaiki nya agar jadi layak untuk di muat di wiki, (karena alasan penghapusan tidak layak kata nya).

Karena pada artikel tersebut sudah saya buat rujukan pranala nya, tinggal melengkapi kekurangan atau menambah kan hal-hal yang membuat artikel tersebut jadi sempurna.

Salam hormat, RUMIT.S PESAN DISINI 04:21, 6 Mei 2011 (UTC)

Untuk kelayakannya sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu kepada pengurus. Aldo samulo (bicara) 04:29, 6 Mei 2011 (UTC)

Dalam hal ini dua pendapat saya, pertama saya setuju pengguna anon tidak bisa memberikan tag penghapusan atau peringatan lain sejenis yang lebih ringan. Saya sudah berminggu-minggu "meronda" dan cukup jengkel dengan pengguna anon ini karena mengurangi waktu ronda saya dengan melihat suntingan anon yang mungkin saja Pengurus atau mantan Pengurus yang bertindak seperti "jaksa" sementara biasanya vandal dilakukan oleh anon sehingga perlu diawasi lebih, termasuk untuk artikel-artikel sederhana. Kalau dia login sebagai Pengurus kan tidak perlu kita periksa. kedua saya setuju penghapusan, namun setelah terjadi diskusi, bukan langsung dihapus. Ada beberapa penyunting baru yang saya ingatkan agar mengikuti aturan karena karyanya bisa dihapus. Beberapa bahkan saya coba rapikan agar artikelnya selamat, beberapa yang lain memang tidak tertolong lagi. Dua hal di atas menurut saya akan meningkatkan kualitas WBI, dibanding ada Pengurus yang menyamar atau anon berlagak Pengurus atau Pengurus yang main hapus dan tidak bisa berkomunikasi menggunakan fasilitas yang memang disediakan. Sanko  bicara  05:01, 6 Mei 2011 (UTC)

Bagi saya, pengguna anonim itu tidak masalah memberikan tag hapus (dan kawan-kawannya). Yang perlu adalah pengurus yang bisa memilah yang mana yang perlu dihapus segera atau melalui usulan penghapusan (diskusi), serta berani mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat. Toh, jika anon memberikan templat tersebut, tetap saja "keputusan terakhir" ada di pengurus, bukan di anon-nya. Jika Pak Rumit merasa artikel yang dibuat layak dan pantas untuk dipertahankan, bisa mengajukan di Wikipedia:Evaluasi penghapusan. Salam. Albertus Aditya 07:59, 6 Mei 2011 (UTC)

Terima kasih atas saran dan tanggapan rekan-rekan di wiki,berkaitan pengguna Anonim,tapi yah..... serah ajalah aku juga dah pusing di buat anonim tu,jadi terpulang lah. terima kasih

Rumit siregar Pesan disini 05:59, 9 Mei 2011 (UTC)

Wikipedia Bahasa Indonesia adalah Ensiklopedia Bebas, yang dapat disunting oleh siapapun. Hak Anon sendiri sudah dibatasi dengan tidak diperbolehkan membuat artikel baru. Banyak juga pengguna terdaftar yang memberikan {{hapus}} pada artikel-artikel yang masih dapat dikembangkan. Hal ini juga sudah seringkali di-"tegur". Bukan keputusan pengurus semata-mata yang main hapus artikel, tetapi ada pertimbangan-pertimbangan lain. Kalau memang keberatan artikel yang dibuat tersebut dihapus ; toh masih bisa di ajukan permohonan pengembalian / pembatalan penghapusan di sini. Saya pribadi melihat "sejarah" artikel tersebut dan memang setuju untuk dihapus karena ketidak-layakan dan lebih cenderung ke riset asli (tulisan blog). Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 18:46, 11 Mei 2011 (UTC)

Mali vs Republik Mali

Halo, para Wikipediawan!

Ada artikel Mali dan ada pula Republik Mali. Sepertinya isinya pun (hampir) sama. jika ditanya, saya memilih Mali dan Republik Mali dihapus saja. Penamaan ini sesuai dengan (hampir) seluruh nama-nama negara di dunia yang ada di WBI. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 01:36, 10 Mei 2011 (UTC)

Sudah saya alihkan saja yang di Republik Mali ke Mali, karena baru dibuat dan belum ada revisi lainnya. Tinggal kembangkan yang lebih tua, baru saya "birukan" sedikit  Sanko  bicara  02:07, 10 Mei 2011 (UTC)
Yup... terima kasih, Pak! Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:19, 10 Mei 2011 (UTC)

Nama ibu kota kabupaten

Saya melihat bahwa nama ibu kota kabupaten yang ternyata adalah kelurahan adalah tidak efisien (semisal Pangkalan Bun, Arut Selatan, Kotawaringin Barat). Maka dari itu, saya berpendapat bahwa ibu kota kabupaten yang merupakan kelurahan/desa, sebaiknya pakai satu nama saja. Ini tidak berlaku untuk ibu kota kabupaten yang berupa kecamatan karena judulnya masih efisien, tak sepanjang ibu kota kabupaten yang ternyata kelurahan/desa. --Ezagren ngorbol 15:32, 13 Mei 2011 (UTC)

Pangkalan Bun itu nama kelurahan? Baru tahu saya... usulnya gimana? Karena bisa merujuk ke kelurahan dan bisa disebut sebagai ibu kota kabupaten. Sepertinya di Jawa saya pernah menemukan ibu kota kabupaten yang dipindah juga, dari yang dulunya bergabung di satu penyebutan bersama kota(madya)nya lalu pindah keluar kota ke kecamatan (atau desa/kelurahan) lainnya.  Sanko  bicara  19:34, 13 Mei 2011 (UTC)
Hmm. Saya tidak setuju. Seharusnya setiap desa itu ya sama tata cara penamaannya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 01:56, 14 Mei 2011 (UTC)
Sependapat dengan Albertus Aditya. Untuk memelihara dan mengembangkan puluhan ribu artikel sejenis, konsistensi memang sangat diperlukan, baik penulisan judul maupun (jika bisa) topik-topik yang dibahas di dalamnya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:04, 14 Mei 2011 (UTC)
Ralat, Pangkalan Bun tak jadi kelurahan lagi. Hanya sebuah nama ibu kota kabupaten. Terus, bagaimana dengan tindakan ini, padahal aslinya artikel tersebut adalah kecamatan (bukan ibu kota kabupaten). Alasannya adalah "keterkenalannya". --Ezagren ngorbol 02:22, 14 Mei 2011 (UTC)
Sepertinya perlu dikembalikan ya. Soalnya, kita memberi namanya berdasarkan per wilayahnya, bukan karena statusnya sebagai ibu kota, kan? Salam. Albertus Aditya (bicara) 02:27, 14 Mei 2011 (UTC)
Ini sekasus dengan ibu kota Kabupaten Aceh Barat, yakni Meulaboh. Mungkin ada banyak kabupaten lainnya yang beribu kota tidak dalam satu kecamatan secara utuh, bisa lebih dari satu kecamatan, atau bisa juga hanya sebagai himpunan-bagian dari kecamatan tertentu. Adakah dasar hukum (UU/PP atau yang lainnya) yang menyatakan bahwa daerah definisi ibu kota harus beririsan dengan sebuah kecamatan tertentu (secara tunggal), atau sebuah desa/kelurahan tertentu (secara tunggal)? Bisa kita lihat bahwa Meulaboh bukanlah sebuah kecamatan, bukan pula sebuah mukim, bukan pula sebuah gampong. Melainkan Meulaboh adalah sebuah kawasan tertentu di dalam Kecamatan Johan Pahlawan, dan ada kawasan lain di dalam kecamatan itu yang bukan bagian dari kawasan Meulaboh. Kebetulan di kecamatan Johan Pahlawan sampai saat ini hanya terdapat satu mukim, meskipun pada kenyataannya dalam satu kecamatan dapat terdiri dari beberapa mukim. Meulaboh secara praktis dapat dikatakan sebagai kota, tetapi dia bukanlah kota otonom. Jadi, menurut saya untuk urusan ini bersifat kasuistik dan memerlukan riset tentunya. Bila ternyata ibu kota kabupaten memiliki daerah definisi yang unik dan tidak tepat sama dengan suatu kecamatan atau desa/kelurahan, ya apa salahnya kalau dibuat artikel terpisah. Bila tidak demikian, kita pergunakan saja fasilitas halaman pengalihan (nama pranala yang majemuk untuk satu halaman artikel yang tunggal). Reindra (bicara) 02:43, 14 Mei 2011 (UTC)

Halaman Sesi Tanya jawab untuk Pengurus

Salam wiki,
Saya punya usul, untuk calon pengurus yang telah lolos Verifikasi dan sedang menjalani proses tanya jawab, maka sebaik nya halaman tanya jawab nya mereka Agar di letak kan di halaman utama wikipedia, bisa diatas atau di bawah pengumuman pencalonan Dewan pengawas wikimedia, Atau Kelas menulis wikipedia itu.

Walau pun nanti sebagian pengguna belum tentu dapat memberikan hak suara (karena ketentuan yang berlaku), namun semua pengguna wiki dapat dengan mudah melihat, memantau atau mengikuti "sesi tanya jawab calon pengungurus" tersebut.

Hal ini otomatis akan dapat menambah ilmu dan wawasasan ber wikipedia.

Adapun ditampilkan di halaman depan yang saya maksud adalah Seperti ketika kita baru mulai membuka halaman wiki, diatas nya ada tampilan spt yang saya sebut kan diatas.

Untuk contoh nya tidak dapat saya buatkan, karena fasilitas ber wiki yang aku pergunakan tidak memadai, Namun aku yakin rekan-rekan sudah memahi apa yang aku maksud kan. Terima kasih.

Salam hormat,Rumit siregar Pesan disini 10:26, 17 Mei 2011 (UTC)

Pendapat saya tidak usah sampai di halaman utama, toh versi lain dari proyek Wikimedia (setahu saya, betulkan bila salah) tidak melakukan hal yang sama jika ada "acara" serupa. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10:33, 17 Mei 2011 (UTC)

Oh begitu ya cerita nya, tapi (menurut saya), sesi tanya jawab yang sekarang belum termasuk kategori sesi tanya jawab lah, karna sejauh yang saya lihat yang mengajukan pertanyaan nya "sesama calon pengurus saja".

Semacam ajang Debat calon pengurus, saja keliahatan nya.

Apakah memang demikian mekanisme nya, atau pengguna lain belum melihat halaman tersebut, entah lah. . .

Salam hormat,Rumit siregar Pesan disini 13:34, 17 Mei 2011 (UTC)

Belum saja. Terbuka kok bagi semua pengguna terdaftar. Kan juga ada waktu 2 pekan sebelum ditutup dan masuk ke pemilihan. Albertus Aditya (bicara) 13:50, 17 Mei 2011 (UTC)

Oke lah kalau begitu, semoga terlaksana dan bermanfaat bagi komunitas wiki Rumit siregar Pesan disini 00:29, 18 Mei 2011 (UTC)

Pemberhentian pengurus, birokrat dan pengawas

Seluruh bagian ini dipindahkan ke Wikipedia:Proposal kebijakan dan pedoman/Amandemen Juni 2011 terkait sedang berlangsungnya beberapa Pemungutan Suara yang sedang berlangsung, juga Amandemen yang hampir sama yang pernah diusulkan sebelumnya.  Sanko  bicara  05:06, 3 Juni 2011 (UTC)

Templat Persib Bandung

Saya pingin ngusulin dan nanya, sebenarnya templat Persib Bandung itu udah ada apa belum? bukan pemain tapi timnya. Kalo belum saya pingin ngusulin buat dibuat. thx. -- Yoshiharu10 Beri salam cikiciw 09:19, 29 Mei 2011 (UTC) Coba Anda membuat dulu kerangkanya, nanti kalau ada kesulitan bisa meminta bantuan yg sudah ahli. F1fans | Alonsista 17:40, 1 Juli 2011 (UTC)

Usulan penggantian templat mitologi Yunani

Saya usul agar templat {{Mitologi Yunani}} ini :

diganti dengan :

Bagaimana? Setuju?

 StefanusRA  |  ✉  11:04, 29 Mei 2011 (UTC)

Secara pribadi saya Setuju, tinggal menunggu teman-teman lainnya yang saya nilai lebih faham tentang hal ini. Namun sepertinya perulangan kata-kata Mitologi Yunani perlu dikurangi. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11:18, 29 Mei 2011 (UTC)

Saya setuju, dan tata letak harus diperbaiki. Tidak perlu perulangan kata mitologi Yunani. -- Adiputra बिचर -- 11:27, 29 Mei 2011 (UTC)

Sudah saya hilangkan kata mitologi Yunani nya, terima kasih.  StefanusRA  |  ✉  11:41, 29 Mei 2011 (UTC)
Secara umum, saya abstain, tapi pendapat saya:
  • Pranala ke artikel daftar makhluk dan tokoh perlu tetap ada
  • Masih ada artikel yang tidak termasuk dalam templat
  • Pada bagian pahlawan, ada inkonsistensi, ada yang namanya saja, ada yang beserta tambahan keterangan.

Asep Taufiq (bicara) 11:47, 29 Mei 2011 (UTC)

Terima kasih atas pendapatnya, artikel daftar sudah ditambahkan. Bisa tolong informasikan artikel yang belum termasuk dalam templat? Yang terpenting adalah persetujuan mengenai penggantian tempat tersebut. Mengenai kelengkapan isi templat ini tentunya dapat terus dikembangkan dan disunting oleh siapapun yang ingin memperbaikinya. Mengenai bagian pahlawan, yang memiliki keterangan tambahan saya mengacu kepada halaman Portal:Mitologi Yunani dan templat di en.wikipedia, ternyata setelah saya lihat di banyak nama-nama yang belum tercantum di portal, sehingga saya tambahkan di bawahnya. Setelah tercapai persetujuan, langkah selanjutnya kita tentukan tampilan bakunya bersama-sama, atau siapapun yang ingin mengembangkan templat ini, langsung sunting saja. Bukankah templat ini milik komunitas Wikipedia dan bukan milik saya pribadi, jadi silakan diedit dan dikoreksi. Salam -  StefanusRA  |  ✉  12:19, 29 Mei 2011 (UTC)
Tempat tersebut tidak meliputi artikel-artikel perang, suku, simbol, dan tokoh mitologi Yunani. Selain itu, templat tersebut juga tidak meliputi artikel-artikel yang terdapat dalam subkategori yang berada di bawah kategori:Makhluk dalam mitologi Yunani. Saya tidak begitu ahli dalam templat jadi saya kurang tahu cara memodifikasinya. Asep Taufiq (bicara) 12:39, 29 Mei 2011 (UTC)
Saya mengusulkan agar templatnya dipecah saja. Jika templatnya sebesar itu, seolah-olah memindahkan sebagian isi portal ke setiap artikel. Saya mengusulkan agar dipilah-pilah menjadi templat khusus tokoh (pahlawan & raja), makhluk, lokasi, dan dewa-dewi. -- Adiputra बिचर -- 13:24, 29 Mei 2011 (UTC)
Karena itulah saya abstain. Asep Taufiq (bicara) 13:50, 29 Mei 2011 (UTC)

Untuk tahap awal, kiranya perlu perbaikan dan klasifikasi templat, setelah itu kita koleksi daftar artikel yang sudah ada di WBI. Jika memungkinkan menambah daftar rencana artikel yang belum ada di WBI namun sudah ada di Wiki lain, khususnya di Wikiperida Bahasa Inggris. Perlu sedikit kerja ekstra sepertinya... Salam. Wagino 20100516 (bicara) 13:43, 29 Mei 2011 (UTC)

Tidak masalah jika hasil akhirnya nanti akan dipecah. seperti kata Wagino 20100516, yang penting diklasifikasikan dan diinventarisi dahulu. Bagaimana dengan yang satu ini?
Pertanyaan saya, seandainya usulan ini tidak mencapai konsensus, apakah templat {{Mitologi Yunani}} yang ada sekarang tetap akan dipakai? Salam -  StefanusRA  |  ✉  13:58, 29 Mei 2011 (UTC)

Saya lebih suka jika desainnya seperti templat Greek religion (ubah saja seperti templat tersebut). Templat di atas (yang besar itu) dipecah saja. Ngomong-ngomong, isinya kok semakin bertambah? lebih baik dipindahkan ke halaman portal saja kalau sebanyak itu. -- Adiputra बिचर -- 14:11, 29 Mei 2011 (UTC)

Memang rencananya templat tersebut akan dipecah sesuai dengan bagiannya masing-masing, saat ini Sdr. Sanko sedang melakukan inventarisasi artikel yang sesuai untuk templat-templat tersebut, sehingga isinya semakin banyak. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 14:15, 29 Mei 2011 (UTC)

Saya gak ikutan loh  Sanko  bicara  00:36, 30 Mei 2011 (UTC)
Alah Mak!!!, kok bisa Mas Sanko yang tertulis... Maksud saya Mas Stefanus, gitu! Mohon maaf atas kesalahan ini. -- Wagino 20100516 (bicara) 00:59, 30 Mei 2011 (UTC)
Hehehe gak apa-apa, diskusinya menarik, sayang saya kurang memahami mitologi Yunani, by the way, nama saya juga ada Stefanus di depan tapi hanya dipakai untuk keperluan terbatas. Lanjut diskusinya.  Sanko  bicara  03:26, 30 Mei 2011 (UTC)

Usul Mengenai Tampilan

Saya punya usul nih mengenai tampilan jika saya masuk log. Terus terang saya masih bingung sekali.mungkin ini karena tampilan yang menurut saya masih carut-marut dan membingungkan pengguna baru.saya harap usulan saya ditanggapi positif...terima kasih

Adith68 (bicara) 21:41, 29 Mei 2011 (UTC)

Bagian mana yang membingungkan dan carut-marut? Lantas usulannya apa? Kita bersama-sama akan coba menanggapi jika ada usulannya. Jadi silakan dijelaskan usulannya jangan disimpan sendiri jika punya usulan bagus untuk menghilangkan kebingunan Anda.  Sanko  bicara  00:34, 30 Mei 2011 (UTC)
Apa usulan Anda, Mas Adith? Tolong jelaskan dengan lebih rinci. -- Adiputra बिचर -- 09:11, 30 Mei 2011 (UTC)

Sehubungan topik ini saya juga merasa kesulitan dalam hal mengenai mau bicara sama pengguna lain tidak saya temukan...menu mana yang harus saya klik untuk bicara dengan pengguna dan pengurus, juga bagaimana cara memberi tanda tangan....dan membalas pembicaraan.

Usulan saya supaya kalau masuk akun diberi warna lain halamannya tidak itu-itu saja warnanya dan penampilan menu pembicaraan supaya jelas, misal lebih mudah ada kata --Bicara dengan Nama A-- juga misal ada artikel yang dihapus untuk tanya alasan --balik bicara--, bagi saya penampilan wiki seperti putar-putar lingkaran mana ujung dan pangkalnya kurang jelas. Tulisan saya ini juga karena saya tidak tahu harus saya tulis dimana...dan kolom ini yang menurut saya paling tepat.

Maaf yaaa kepada semua teman wiki dan pengurus, saya pendatang baru belum banyak tahu tentang wiki...yang saya tahu wiki merupakan tempat ilmu pengetahuan yang dalam misinya membuat artikel bersama. Disinilah saya suka karena masing-masing pengguna mengamalkan ilmu dan pengetahuan masing-masing sehingga tercipta artikel yang sempurna.

--Moch. Nachli--


Nasib Artikel kategori "Dongeng"

Komentar Komentar Selamat malam para wikipediawan/ti

Berkaitan dengan artikel berkategori "Dongeng" yang saya buat, dan kayak nya semua nya di beri label tag tidak "ensiklopedis dan, lebih cocok masuk wikibook", yang di tinjau oleh salah seorang pengguna itu, sebenar nya pada awal pembuatan nya, aku berencana setelah selesai penulisan aku mau "menyunting "dan "merapikannya", tapi ketika memasuki tahap mau merapikan, ada masalah teknis, ternyata untuk mengedit atau merapikan dua atau tiga kalimat aja aku menghabiskan waktu hampir 47 menit. karena dari awal bergabung dgn wiki, juga dalam pembuatan artikel sampai dengan pembuatan templat aku via handpone (karena keterbatasan fasilitas).

Begitu juga untuk membalas atau menanggapi {{hapus}}, yang di label pada artikel dongeng itu, tidak dapat aku lakukan, karena masalah diatas tadi, maka nya lewat forum ini aku sampaikan.

Berkaitan dgn masalah yang aku hadapi serta keterbatasan fasilitas yang aku miliki, maka selanjut nya aku "menyerahkan nasib" artikel dongeng kepada pengurus, peninjau, editor dan komunitas, mau di apakan artikel tersebut. Mau lansung di hapus setelah komentar ini di muat silakan saja, atau mau di pindahkan ke wikibook juga silahkan. Terima kasih

Rumit siregar (Pesan disini) 13:49, 31 Mei 2011 (UTC)

Pak Rumit, tulisan dongeng yang mendetail memang cocok ditulis di Wikibooks. Makanya lirik lagu dan resep masakan tidak dimuat di Wikipedia, karena sudah ada Wikibooks, saudaranya Wikipedia. Mengenai masalah fasilitas, kenapa Bapak tidak mencoba menyunting artikel di warnet saja? Saya dulu sering begitu kok. Pilih saja yang tarifnya tidak mahal, cukup 2500 atau 3000/jam. -- Adiputra बिचर -- 16:52, 31 Mei 2011 (UTC)
Sama seperti saran saya sebelumnya, coba sekali-kali bang Rumit menyunting di Warnet dibanding di ponsel. Setelah beberapa kali melakukan saya jamin bang Rumit akan menikmati kemudahannya. Dongeng tersebut bisa diselamatkan dan disempurnakan di Wikibooks.  Sanko  bicara  19:32, 31 Mei 2011 (UTC)

Sebenarnya artikel dongeng bisa saja dimasukkan di wikipedia, asalkan disusun sesuai dengan gaya bahasa dan pedoman wikipedia. Perlu ditambahkan keterangan-keterangan lain, misal, pengaruh dongeng tersebut terhadap budaya setempat, kritik/analisis terhadap cerita itu, pesan moral yang terkandung di dalamnya, dll. Jika formatnya seperti Putra Mahkota Amat Mude tentunya akan mendapat tag dari pengguna lain. Saya juga tambahkan tag {{copyvio}} karena isinya berupa salin-tempel dari website lain. Hati-hati, pemuatan artikel yang melanggar hak cipta bisa mendapat kurungan cantik dari pengurus. Saran saya, jika ingin membuat artikel, jangan langsung salin-tempel dari website lain. Lebih baik buat paragraf pembuka dahulu, kemudian dilengkapi isinya secara bertahap. Salam -  StefanusRA  |  ✉  04:24, 1 Juni 2011 (UTC)

Arsip April 2011

Perlindungan untuk artikel-artikel Cinta Fitri

Beberapa hari terakhir, aktivitas suntingan pengguna anonim terhadap artikel-artikel terkait sinetron Cinta Fitri sangat tinggi. Artikel jenis ini sebenarnya tidak terlalu saya pedulikan, namun saya cukup resah melihat perubahan yang dilakukan cukup mendasar karena mengubah alur cerita dan tanpa rujukan pula. Saya usulkan untuk memberikan semiperlindungan terhadap artikel-artikel tersebut sehingga hanya penyunting tepercaya yang dapat mengeditnya. Terima kasih. -- IvanLanin 11:56, 21 Maret 2011 (UTC)

Sudah meresahkan sejak setahun terakhir (umumnya untuk artikel acara televisi panjang). Sasarannya adalah stasiun TV dan acara televisi (kebanyakan di Indosiar). --Ezagren 이야기 12:10, 21 Maret 2011 (UTC)
Oh, baiklah :) Terima kasih atas informasinya. -- IvanLanin 12:21, 21 Maret 2011 (UTC)
Setuju juga. Saya lihat memang ada pengguna yang dapat dipercaya untuk melakukan pembetulan atas artikel tersebut. Saya sendiri bukan penggemar Cinta Fitri sehingga tidak bisa memeriksa artikel tersebut, tetapi menyerahkan kepada yang "ahli" adalah hal yang baik. Salam. Albertus Aditya (bicara) 12:58, 21 Maret 2011 (UTC)
Sudah masuk Wikipedia:Halaman yang paling sering disunting rupanya...
βέννγλιν 09:07, 1 April 2011 (UTC)

Erik usul

Halo, saya mo usul 3 usulan nih. Yang pertama kan karena udah ada proyek prediksi Wikipedia:Artikel ke-1.000.000 kok tak ada proyek Topik Artikel ke-1.000.000 (Seperti yang ada di wikipedia bahasa inggris ==> en:Wikipedia:Millionth topic pool) Yang kedua dan masih berhubungan dengan yang pertama juga dibikinin proyek prediksi "Nama pengguna yang bakalan bikin artikel ke-1.000.000". Yang terakhir nih tolong bikinin juga proyek prediksi "para wikipediawan (siapa aja atau yang aktif) yang kapan bisa jadi pengurus" Gimana ? --Erik 12:07, 21 Maret 2011 (UTC)

Setuju-setuju saja. Daud 10:26, 8 April 2011 (UTC)

Cara mengetahui ada pengguna baru yang mendaftar,dan mengetahui pengguna yg telah melakukan suntingan

Huff.. Ngopi dulu ah...!! Maklum aku lg pusing mikirin cara mengetahui kalu di wiki telah ada pengguna baru yg terdaftar.Jg skaligus lagi nyari cara gmana cara nya agar kita bs mengetahui apa aja yg telah di sunting di wiki oleh pengguna laen. Aku dah capek nyari nya gak ketemu2,entah dmana yg mau dklik atau kolom mana yg mau dkilik agar kejadian2 di wiki bs aku ketahui.(krn aku melakukan suntingan via HP) Yah.. Paling tidak dgn aku mengetahui ada pengguna yg bru terdaftar,aku kan bs ngucapin "selamat datang".Kali aja ntar aku di promosikan mendpt bintang wiki,sbg pengguna "Ter ramah". Kan lumayan jg tu,kah kah kah.. Rumit siregar (bicara) 06:23, 2 April 2011 (UTC)

Klik menu Perubahan terbaru disebelah kiri tiap2 halaman. utk mengetahui jejak aksi Anda, klik gambar bintang kecil yang ada diatas utnuk memantau perubahannya. Semua halaman perubahan yang anda Pantau akan muncul pada menu Pantauan Anda. Jika ingin mendapatkan pantauan otomatis ubah Preferensi Anda pada menu Preferensi>Pemantauan. eMpu (bicara) 06:45, 2 April 2011 (UTC)

Buat nya,Empu..!! Terima kasih bnyak atas saran dan petujuk nya,n skrg aku mau lansung praktek ne. Dan jgn lupa tolong di cek,apa kah sudh benar atw belum cara nya. (krn brusan aku mengucapkan selamat datang pada pendatang baru atas nama pengguna: Jesicca cristabel Mks Rumit siregar (bicara)

/*Berkaitan dgn templet user btm*/

Untk ezag dan empu,sesuai dgn usulan nya yg minta dterjemahkan user btm lwat halaman pembicaraan aku,tp aku gak tau cra membalas atau menanggapi nya lewat pembicaran maka nya aku tulis di sini aja,harap maklum

pangguna on martutur songon partutur ni halak asli mandailing

Rumit siregar 14:13, 5 April 2011 (UTC)

Rintisan Paroki-paroki Gereja Katolik di Indonesia serta kebijakan referensi artikel

Dengan dihapusnya 10 artikel rintisan Paroki-paroki Gereja Katolik khususnya di Keuskupan Agung Medan yang terjadi beberapa jam yang lalu. Bahkan 10 artikel tersebut belum berusia 24 jam, ada yang baru sejam langsung dihapus. Untuk sementara saya hentikan pembuatan artikel Paroki Gereja Katolik di Indonesia sampai ada kejelasan lebih lanjut dari para Admin/Pengurus apakah saya boleh menyelesaikan rintisan dari beberapa Paroki yang telah saya miliki data awalnya tersebut atau tidak boleh. Saya sementara juga menghentikan pencarian data-data melalui internet tapi tetap akan melakukan kontak dengan para pastor yang bisa saya kontak serta teman-teman yang bisa saya kontak melalui surel, milis, facebook atau blog untuk pengembangan artikel-artikel di Wikipedia. Karena dari penghapusan yang terjadi ternyata artikel rintisan dengan panjang 1000-3000 bita masih belum memenuhi syarat Wikipedia.

Sekaligus saya juga menanyakan jika data-data yang saya peroleh hanya berupa surel, atau hanya berupa dokumen dijital yang dikirimkan pada saya bisa dijadikan referensi atau sumber dari artikel yang akan saya buat? Karena ada data-data yang saya peroleh dari para pastor adalah berupa surel mengingat jarak yang tidak mungkin saya wawancara satu persatu di seluruh Indonesia, demikian juga tidak mungkin saya kunjungi satu persatu gereja di paroki, stasi yang menarik minat saya untuk saya foto dan unggah fotonya di Wikipedia (di Commons untuk foto-foto karya saya sendiri nantinya).

Mohon masukan dan pedapatnya dari para Pengurus yang terhormat. Salam, Sanko (bicara) 13:28, 18 April 2011 (UTC) (buat yang sedang menjalani masa Pekan Suci Paskah, selamat menjelang Paskah)

Nuvola apps edu languages.png Diskusi sedang berlangsung diWikipedia:Usulan penghapusan/Paroki Katolik

Aku mau tanya perbedaan antara wikipedia opera & Wikipedia

♣♥♦♠Saya tanya perbedaan antara Wikipedia opera & Wikipedia biasa?--Felix.montalfu (bicara) 14:32, 19 April 2011 (UTC)

Maksudnya Wikipedia yang tampil di Penjelajah web Mini Opera dengan yang tampil di komputer biasa ya? Kalau yang tampil di Opera adalah versi Wikipedia mobile atau versi yang disesuaikan dengan tampilan ponsel sedangkan yang di komputer biasa adalah tampilan Wikipedia yang penuh. Isinya sama saja, hanya untuk versi mobile kadang berbeda isinya karena ada penyuntingan yang masuk ke Perubahan tertunda belum ditampilkan di versi mobile. Sanko (bicara) 13:53, 21 April 2011 (UTC)

Tolong perbaiki Templat

Salam wiki ..!!

Mohon bantuan kepada pengguna dan pengurus,yang mengerti akan Templat kelurahan/desa di Riau.

Aku telah coba berkali-kali,dan juga sudah mengikuti cara yang disarankan oleh Pengguna:Wagino tapi kayak nya belum sempurna juga,entah aku yg salah mengerti atau aku yg gak paham2. jadi mohon di perbaiki aja,dari pada nanti aku coba terus malah makin merusak templat jadi nya. Mks. Salam hormat saya, Rumit siregar (bicara) 11:38, 20 April 2011 (UTC)

Halamannya apa pak?
βέννγλιν 13:41, 20 April 2011 (UTC)

Sepertinya ini yang saya amati kemarin:

Ini juga tampaknya:

Kalau saya sih menyarankan belajar menyunting artikel yang ringan dulu, tidak ke templat atau Kategori dulu, saya pribadi perlu ratusan suntingan artikel sebelum memahami dan mencoba menyunting templat dan kategori. Kalau saya amati bang Rumit baru aktif di Pembicaraan belum aktif di Artikel sudah terjun dari awal ke Templat. Untuk masalah Bahasa dan ejaan tampaknya juga perlu dipandu oleh pengguna yang sangat paham Bahasa Indonesia agar pengguna baru yang diberi salam bang Rumit tidak ikut-ikutan salah ejaannya. Sanko (bicara) 21:50, 20 April 2011 (UTC)

Templat yang mau di perbaiki

Untuk pak Bennylin.
Templat yang mau di perbaiki itu adalah: Templat kelurahan/desa di Dumai Barat, yang isi nya Sbb:

dan juga: Untuk Templat kelurahan di Dumai timur, yaitu:

Salam hormat saya, Rumit siregar (bicara) 00:59, 21 April 2011 (UTC)

Portal: Indonesia

Yuk sama-sama mencarikan artikel2 yg memenuhi syarat untuk potal ini: Portal:Indonesia/Artikel Pilihan, setiap hari ada lebih dari 200 kunjungan ke portal ini. Sanko (bicara) 04:01, 24 April 2011 (UTC)

Kalau mau dibuat seperti Portal:Rumania, isinya random.  Mimihitam  04:11, 24 April 2011 (UTC)
Kalau baca aturannya sih tidak bisa random, nanti yang keluar artikel rintisan desa Sanko (bicara) 05:21, 24 April 2011 (UTC)

Bukan itu maksud saya. Coba lihat Portal:Rumania, di situ artikel pilihan yang muncul random dari daftar artikel pilihan (lihat Portal:Rumania/Artikel pilihan). Salam.  Mimihitam  07:40, 24 April 2011 (UTC)

Bisa juga dibuat random, tapi perlu diperkaya lagi jumlah artikelnya agar yang muncul tidak itu itu saja terus. Mestinya sih Portal Indonesia kaya artikel yang tidak habis kalau digilir 52 artikel per tahun. Saya sudah usul beberapa tapi ada yang belum di"biru"kan semua. Perlu tambahan agak banyak lagi untuk bisa digilir tampil. Untuk gambar saya sudah nyumbang beberapa pilihan foto, kalau bisa sih jangan punya saya saja. Sanko (bicara) 08:30, 24 April 2011 (UTC)
Saya setuju dijadikan random saja. Stok 52 artikel untuk satu tahun di-random dalam 1 portal yg menampilkan artikel pilihan berbeda-beda setiap di-refresh. -- Adiputra बिचर -- 07:46, 25 April 2011 (UTC)
, kayaknya bagus juga kalo random, biar nggak membosankan, toh yang liat wikipedia kan bukan cuma wikipediawan dan wikipediawati, tapi juga masyarakat banyak, agar menarikkan jangan cuma itu-itu aja artikel yang ditampilkan. setidaknya begitulah pendapat saya. :) Icons-flag-ps.png Rie MOGerz sms 02:33, 3 Mei 2011 (UTC)

Hayo siapa mau ngerjain? Dulu siapa yg ngurus sebaiknya sharing juga disini, saya sdh berusaha ngisi foto/gambar tinggal artikel yg belum.  Sanko  bicara  07:25, 3 Mei 2011 (UTC)

Arsip Maret 2011

Ulang Tahun Wikipedia bahasa Indonesia di Jakarta


Usulan Penggabungan Templat

Saya mengusulkan agar templat per kecamatan digabungkan menjadi per kabupaten/kota menggunakan templat {{Navbox}}. Jadi, contohnya seperti ini (Contoh fiktif, hanya untuk sekadar memberikan contoh)

Bagaimana? Setuju ?

Salam, Albertus Aditya (bicara) 05:36, 9 Desember 2010 (UTC)

Kalau jumlah kelurahan dan/atau desa per satu kabupaten dan/atau kota-nya sedikit mungkin bisa. Tetapi kalau jumlah kelurahan dan/atau desa per satu kabupaten dan/atau kota-nya banyak, sepertinya jadi besar templat.nya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 08:51, 9 Desember 2010 (UTC)
Menurut saya tidak masalah apakah mempengaruhi templatnya besar atau kecil, yang lebih penting jumlah halaman tidak terlalu banyak padahal bisa digabung.. Albertus Aditya (bicara) 08:54, 9 Desember 2010 (UTC)
Coba dibuatkan contoh dari satu kabupaten dengan jumlah kecamatan berikut dengan desa/kelurahan-nya .. yang jumlah-nya rata-rata (bukan yang terkecil). Karena lebih mudah "memutuskan" bila ada perbandingan-nya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 15:13, 9 Desember 2010 (UTC)

Sudah ada contohnya (inilah pula yang mengilhami):

Salam, Albertus Aditya (bicara) 08:32, 11 Desember 2010 (UTC)

Saya Setuju dengan usulan ini.  -iNu-  ►  08:34, 11 Desember 2010 (UTC)
Saya Tidak setuju karena jika dalam satu kabupaten ada lebih dari 200 desa dan kelurahan, templatnya akan sangat panjang dan membosankan bagi pembaca. Contohnya di Kabupaten Aceh Besar, jumlah desa dan kelurahan disana sangat banyak. Wagino 20100516 (bicara) 09:07, 11 Desember 2010 (UTC)
Tidak masalah saya rasa. Walau agak banyak tetapi digabungkan tetap tidak masalah. Memang agak besar, tetapi demi efisiensi juga. Salam, Albertus Aditya (bicara) 03:01, 12 Desember 2010 (UTC)
Setuju. Tapi judul harus "Kelurahan dan Kecamatan di XXX", daripada "Kelurahan di kecamatan-kecamatan di XXX" (kenapa kata kecamatannya diulang?). Yang pertama lebih enak didengar. -- Adiputra बिचर -- 09:55, 12 Desember 2010 (UTC)
OOT tapi coba bandingkan tampilannya dengan:

·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:05, 12 Desember 2010 (UTC)

Sudah rapi, enak dibaca dan dilihat. -- Adiputra बिचर -- 10:13, 12 Desember 2010 (UTC)
Kalau yang di contoh yang saya berikan, itu yang sudah ada. Mungkin bisa diubah juga seperti yang saya tuliskan pertama kali ataupun yang Kenrick contohkan. Salam, Albertus Aditya (bicara) 11:58, 12 Desember 2010 (UTC)
Berikut Bahan pertimbangan tambahan :
  • Saya mengambil contoh yang dengan jumlah desa (dan setingkat) yang sedikit lebih banyak dari contoh di atas sehingga tampilan-nya nanti (tergantung jumlah desa/kelurahan/gampong/kampung) akan seperti ini :
Pertimbangan lain, yang (menurut saya) layak untuk diperhitungkan:
Kategori Jumlah artikel
Kabupaten di Indonesia 414
Kota di Indonesia 109
Kecamatan di Indonesia 209
Distrik di Indonesia 3
  • Dari data yang berhasil saya himpun, terdapat 2.427 templat yang telah tersedia.
Bila templat baru disetujui, maka templat yang telah tersedia akan digabungkan ke dalam 579 templat yang sudah ada (Kabupaten dan/atau Kota).
  • Templat baru juga akan mempengaruhi 6.475 halaman artikel Kecamatan dan/atau Distrik - dan/atau yang setingkat
  • Templat baru juga akan mempengaruhi halaman artikel Desa (dan/atau kelurahan - dan/atau yang setingkat) yang berjumlah ± 31.000
Dengan data-data tersebut di atas ; mungkin pertimbangan untuk melebur templat desa/kelurahan dan/atau gampong dan/atau kampung ke dalam templat Kabupaten dapat kembali dipertimbangkan dengan seksama terlebih karena jumlah-nya yang sangat besar dan (mungkin) tidak dapat dikerjakan oleh "Bot". Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 07:23, 13 Desember 2010 (UTC)
Saya rasa masih tidak masalah. Mengenai pemindahan, bot saya akan saya "kerjakan" juga bila ini disetujui. Bagaimana dengan tanggapan pengguna lain ? Albertus Aditya (bicara) 09:23, 13 Desember 2010 (UTC)
Yang dimaksud dengan Bot saya akan "kerjakan" juga bila ini disetujui : apa mengenai penggabungan templat kecamatan ke dalam templat kabupaten ? atau hanya mengganti nama templat di artikel "desa" ?
Yang saya khawatirkan adalah penggabungan templat kecamatan ke dalam templat kabupaten. Bukan penggantian nama. Mungkin dapat sedikit memperjelas "pekerjaan" bot secara singkat saja ? Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:15, 13 Desember 2010 (UTC)
Untuk melebur 2427 templat menjadi 579 templat (tidak mungkin dikerjakan bot) saya pikir adalah hal yang mungkin dikerjakan jika dikerjakan pelan-pelan. Perhitungan:
  • 1 pengguna setiap harinya melebur beberapa templat jadi 1 templat -> 579 hari selesai (2 tahun)
  • Kalau ada 10 pengguna, berarti setiap harinya ada beratus-ratus templat yang dileburkan jadi 10 templat -> 57,9 hari selesai (2 bulan)
Mengenai pengurangan templat dari artikel, bot dapat mengerjakannya (apalagi jika setiap templat yang telah diproses diberi kategori khusus) Demikian pendapat dari saya. Terima kasih. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:17, 13 Desember 2010 (UTC)
Tambahan: Saya pikir ada baiknya untuk menghimbau kepada pengguna WBI yang rajin membuat artikel/templat kelurahan/desa supaya pembuatan artikel maupun templat kelurahan/desa di WBI dihentikan untuk sementara waktu. ·· Kℇℵ℟ℑℭK
Tambahan 2: Menurut saya tampilan templat yang telah dileburkan jadi panjang sih oke-oke saja. (Kota Medan saja punya 21 kecamatan, setiap kecamatan punya kira-kira 10 kelurahan; bayangkan saja, ga usah dipraktekkan ) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:25, 13 Desember 2010 (UTC)
Seperti yang saya kemuka-kan terdahulu, bukan mengenai penggantian jenis templat yang digunakan oleh artikel kecamatan dan/atau artikel desa/kelurahan (dan se-tingkat-nya), tetapi mengenai peleburan templat desa/kelurahan (dan/atau setingkatnya) ke dalam templat kabupaten (dan/atau setingkatnya). Peleburan ini memerlukan konsistensi dan ketekunan supaya nanti-nya tidak menjadi setengah-setengah karena sampai ke titik jenuh (10 templat per hari selama 2 bulan). Komitmen yang tidak mudah, dan seperti yang diketahui pula ; peleburan-nya tidak mudah (tidak hanya copy-paste ; karena penulisan desa di templat tidak [[Nama Desa, Nama Kecamatan, Nama Kabupaten]] ; melainkan |d1 = Nama Desa. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:13, 13 Desember 2010 (UTC)
Usul yang saya berikan, membuat templat baru dengan berdasar pada templat Navbox, hanya saja formatnya nanti seperti templat desa yang sekarang (saya pikir Kenrick dan Tjmoel mengerti maksud saya). Mengenai peleburan, mungkin membuat jenuh beberapa orang, tetapi saya akan terus berusaha, demi perbaikan dan peningkatan kualitas Wikipedia. Hal ini juga membuat pembuatan artikel desa terstuktur. Saran dari Kenrick yang telah disampaikan di atas cukup baik untuk diimplementasikan. Salam, Albertus Aditya (bicara) 16:17, 13 Desember 2010 (UTC)
Symbol support vote.svg  Untuk tidak menunda-nunda, mungkin proses lebih lanjut dapat di tempuh. Pengguna yang aktif dalam diskusi ini dapat memberikan suara, dan pengguna yang aktif dalam pembuatan artikel desa/kelurahan dapat diundang untuk memberikan suara. Supaya keputusan dapat diambil kurang dari seminggu (7 hari) sehingga tidak diskusi ini tidak "terbengkalai" sampai kepada akhirnya di "abaikan". Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:35, 13 Desember 2010 (UTC)
Kalau saya Setuju. Kenrick dan pengguna lainnya ? Albertus Aditya (bicara) 01:25, 14 Desember 2010 (UTC)
Setuju Aldo samulo (bicara) 01:41, 14 Desember 2010 (UTC)
Setuju karena sepertinya semua yang memberikan suara, pilihannya seperti ini, jadi saya harus mengikuti konsensus yang ada, namun harapan saya penggabungan templat tersebut dapat diselesaikan seluruhnya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 10:54, 14 Desember 2010 (UTC)
Masa tidak tahu pendapat saya mengenai ini tentang komentar saya sebelumnya... Tentu saja saya Setuju Setuju terhadap hal ini. Tapi sepertinya parameter di Templat:Navbox hanya bisa sampai 20 grup (sementara mungkin banyak daerah yang memiliki >20 kecamatan; Contoh: Kota Medan: 21 kecamatan) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:01, 14 Desember 2010 (UTC)
@Wagino - tidak ada keharusan mengikuti. Kalau tidak setuju, dapat mengatakan dan/atau menyampaikan ketidak-setujuan-nya. Hasil akhir dari jajak pendapat mungkin sesuai mungkin juga tidak sesuai, tetapi paling tidak suara-pendapat anda didengar. Toh ini untuk kepentingan bersama, dan harap diingat bahwa tidak ada kepemilikan.
@Kenrick - mungkin nanti kalau keputusan-nya [[[Berkas:Symbol support vote.svg|15px|link=Berkas:Symbol support vote.svg| ]]  ] jumlah group dapat ditambahkan di {{navbox}}. ?
Bagaimana dengan penamaan templat ? apakah akan tetap mempertahankan nama templat berdasarkan kabupaten ? (sebagai templat peleburan ?) Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 12:17, 14 Desember 2010 (UTC)

Bag. II

Owwww..... Peleburan??? Saya tak bisa membayangkan jika itu diterapkan di Kabupaten Nunukan yang salah satu kecamatannya, desa-nya bejibun. Nanti seperti {{Komune Oise}} jadinya. Saya tunggu hasil finalnya saja dari diskusi ini. Saya jadi memburinjing melihat diskusi di atas. --Ezagren 이야기 13:02, 14 Desember 2010 (UTC)

Itu berarti saudaranya {{Komune Oise}}... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:32, 14 Desember 2010 (UTC)
Tidak masalah. Albertus Aditya (bicara) 13:35, 14 Desember 2010 (UTC)
Kalo saya sih jawabannya: setuju dan tidak setuju. Saya setuju desa/kelurahan digabungkan dalam 1 templat, asalkan berada dalam kota. Kalo kabupaten tapi templatnya mau gitu ya saya enggak mau, soalnya entar banyak banget. Kalo kota kan cenderungnya lebih sedikit. --Evremonde (bicara) 12:19, 15 Desember 2010 (UTC)
Suka βέννγλιν menyukai ini.
Kelanjutannya???? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:41, 17 Desember 2010 (UTC)
Tidak Jelas ... seperti biasa Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:26, 19 Desember 2010 (UTC)
Karena sudah lama tidak hangat dibicarakan, maka dianggap selesai saja. *tok* *tok* *tok* (suara palu hakim)
Sekarang ktia tentukan tanggal berapa harus mulai bekerja. Akhir Januari (setelah imlek) ? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:22, 20 Desember 2010 (UTC)

Bag. III

Tanggal berapa kita mulai mengerjakan hal yang telah dibicarakan di atas? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:29, 5 Januari 2011 (UTC)

Saya rasa tidak bisa dilanjutkan, terkendala dengan adanya fakta bahwa ada yang >20 kecamatan di satu kabupaten/kota. Albertus Aditya (bicara) 14:31, 5 Januari 2011 (UTC)

Saya setuju dengan peleburan desa/kelurahan dalam 1 templat, mengingat jumlah kecamatan 6.149+ berarti kita harus memelihara 6.149 templat, sementara perubahan isinya cukup dinamis (pemekaran kecamatan, perubahan nama desa/kelurahan & kecamatan). Dengan "hanya" memiliki 575 templat, menurut pendapat saya pemeliharaannya akan lebih mudah. Untuk mempersingkat waktu peleburan templat, kan bisa dikonvert dari daftar desa/kelurahan (sumber Kemendagri/BPS). Ini contoh usulan templat dari saya (diambil dari sini). Saya mengusulkan penambahan "ibu kota", karena banyak kabupaten (terutama di luar jawa) yang memiliki nama ibu kota kabupaten berbeda dengan nama kecamatan yang ada. wic2020bicara 17:03, 5 Januari 2011 (UTC)

Templat:Bak pasir templat/Peleburan

Saya usul supaya dimulai dulu dari kota-kota. Selain wilayahnya relatif lebih kecil dari kabupaten (maka jumlah kecamatan/kelurahannya juga lebih kecil), juga dapat membantu Wikipedia:ProyekWiki kota di Indonesia. Contohnya {{Surakarta}}
βέννγλιν 09:39, 10 Januari 2011 (UTC)
Suka ·· Kℇℵ℟ℑℭK menyukai ini.

Jadi sekarang bagaimana keadaannya? ·· KℇℵℑℭK 15:11, 23 Februari 2011 (UTC)

Setelah saya pikir ulang, hasilnya tidak bagus seperti yang saya pikirkan di awal. Adanya berbagai fakta yang muncul selama diskusi membuat saya berpikir bahwa hal ini terlalu dipaksakan untuk wilayah yang memang terdiri atas banyak kecamatan dan kelurahan, berbeda dengan di Jakarta (yang contohnya saya berikan di atas). Salam. Albertus Aditya (bicara) 04:45, 5 Maret 2011 (UTC)

Pemecahan kategori Kategori:Pemeran Indonesia

Sudah terselesaikan. Albertus Aditya (bicara) 09:57, 6 Maret 2011 (UTC)

Wikipedia basa Ugi

Hai, bisakah anda semua ke bug: dan membantu mencipta pelbagai artikel baru.Bersatu (bicara) 06:15, 26 Februari 2011 (UTC)

Harap anda semua bisa membantu memajukan Wikipedia basa Ugi.Bersatu (bicara) 10:58, 27 Maret 2011 (UTC)
Bagi penutur bahasa Bugis, silakan berpartisipasi. -- Adiputra बिचर -- 11:26, 27 Maret 2011 (UTC)

Rintisan artikel desa/kelurahan di Indonesia

usulan untuk pengguna wiki lama dan pengurus wiki

Saya punya usul untuk pengurus dan pengguna wiki yang sudah lama agar ketika melihat pengguna baru mencoba membuat artikel baru, jgn lansung dihapus, atau diusulkan dihapus karena menurut saya dari ribuan pengurus dan pengguna serta ribuan artikel yang ada di wikipedia ,gak mungkin satu pun gak bisa yang di cocok kan atau disempurnakan agar jadi contoh penulisan dan pembuatan artikel bagi pengguna baru tersebut. Seperti yang pernah dilakukan Pengguna Kenrick, pada artikel saya yang berjudul Daftar nama hewan pemakan daging, dia bisa kok mengubah dan melengkapi artikel tersebut jadi artikel yang layak dan bagus, dengan judulu Daftar genus karnivora padahal banyak usulan dari pengguna dan pengurus lain untuk menghpus halaman tersebut, karena tidak layak, tidak memenuhi kategori ceritanya. padahal bisa kok di perbaiki. jadi usul saya bagi pengguna lama dan terutama pengurus tolong kresatif lah, jangan cuma krreatif untk mengusulkan dihapus. Terima kasih. Rumit siregar 15:04, 28 Maret 2011 (UTC)

Suka ·· KℇℵℑℭK menyukai ini.
Suka Ezagren 이야기 menyukai ini.
Terima kasih atas hal yang disampaikan, Pak Rumit. Adalah hal yang berharga dan kiranya dapat menjadi perhatian bagi saya dan kita sekalian komunitas, terutama bagi para pengguna yang gemar memantau perubahan terbaru juga para pengurus. Mohon maaf juga jika terasa ada "gangguan" selama berkontribusi. Salam. Albertus Aditya (bicara) 16:10, 28 Maret 2011 (UTC)
Suka suka ini. Sanko (bicara) 10:45, 30 Maret 2011 (UTC)
Pada prinsipnya, saya setuju untuk tidak langsung menghapus semua artikel baru. Dengan tidak bermaksud untuk membela diri, sedikit banyak saya pikir hal itu sudah dilakukan oleh para pengurus. Masalahnya, setiap hari bukan hanya satu atau dua artikel baru yang masuk ke WPID, tapi puluhan. Kadang memang sangat jelas mana yang bisa dihapus dan mana yang tidak. Kesulitan muncul saat artikel baru tersebut berada di pertengahan: mau dipertahankan, tapi bukan merupakan artikel ensiklopedia atau kelayakannya diragukan; mau dihapus, sayang. Yang mungkin perlu dipahami adalah bahwa penghapusan dilakukan tidak semata karena tidak mau memberi kesempatan, melainkan karena kami sangat peduli dengan kualitas Wikipedia. Mungkin sama halnya dengan para pengguna lain yang memberi tag {{hapus}}. Bedanya adalah kami punya kemampuan untuk melaksanakan penghapusan tersebut.
Saya pikir diskusi penghapusan memang harus digalakkan agar komunitas dapat lebih bersuara dalam hal ini dan tidak seolah-olah semua penghapusan diputuskan sepihak oleh pengurus. -- IvanLanin 15:00, 30 Maret 2011 (UTC)

Tolong dibuatkan templet kotak pengguna

Mohon bantuan bagi pengguna dan pengurus, tolong buat kan teplat kotak pengguna :bisa berbahasa batak mandailing {{pengguna bahasa batak mandailing}} yang bunyi pernyataan nya sbb :"pangguna on malo marbahasa mandailing" terima kasih atas bantuan nya Rumit siregar (bicara) 16:00, 29 Maret 2011 (UTC)

{{User btm-0}}

{{User btm-1}}

{{User btm-2}} Ada beberapa tingkatan mohon diterjemahkan kembali:

  • Pengguna ini adalah penutur ibu bahasa bataka mandailing
  • Pengguna ini Tidak bisa berbahasa batak mandailing utk kode {{User btm-0}}
  • Pengguna ini bisa dasar bahasa batak mandailing utk kode {{User btm-1}}
  • Pengguna ini bisa berbahasa batak mandailing tingkat menengah utk kode {{User btm-2}}
  • Pengguna ini bisa berbahasa batak mandailing tingkat mahir utk kode {{User btm-3}}

eMpu (bicara) 16:54, 29 Maret 2011 (UTC)

buat Empu............... Terima kasih atas partisipasi dan bantuan nya,horas wiki............

jaya lah wiki,mks


Suka

Rumit siregar (bicara) 14:50, 30 Maret 2011 (UTC)

Tolong diterjemahkan permintaan Empu itu, pak Rumit. --Ezagren 이야기 15:02, 30 Maret 2011 (UTC)


Waduh maaf bg Ezag..., aku malah gak ngerti apa yang abg maksud mau diterjemahkan itu,karena disitu keterangan kelihatan nya sudah lengkap kok.(karena ketika aku membalas tanggapan Ezagren ini,udah diterjemahkan kok). Namun saya jg akan melengkapi nya ,mungkin yang di maksud minta diterjemahkan itu sepesrti ini kali ya :

seharus nya berbunyi :pangguna on "Namaloan" marbahasa batak mandailing .(tingkat mahir)

Namun untuk sementara,kayak nya templat tersebut,masih berwarna merah.aku gak paham kenapa dan utk user btm-3,malah kayak nya gak gak jadi,atau gak ada.

mks


Rumit siregar (bicara) 17:06, 31 Maret 2011 (UTC)

Templat peta jalur untuk Transjakarta

Setelah menyunting banyak MRT Singapura kok belum nemu ya sistim pemetaan jalur seperti itu di Indonesia? Coba lihat di bagian bawah dari infobox Jalur Utara Selatan (MRT Singapura), Jalur Timur Barat (MRT Singapura), Jalur Timur Laut (MRT Singapura), dan Jalur Lingkar (MRT Singapura). Seandainya info Transjakarta cukup lengkap dan dibuat seperti itu tentunya menarik juga buat kunjungan ke Wikipedia Indonesia. Sanko (bicara) 05:33, 30 Maret 2011 (UTC)

Semoga ada yang berminat untuk membuatnya. Aldo samulo (bicara) 05:45, 30 Maret 2011 (UTC)

Arsip Februari 2011

Templat desa

Saya mohon kiranya batasan 79 desa pada templat desa dapat ditambahkan karena untuk ada kecamatan yang memiliki hingga 86 desa, sehingga tidak semuanya dapat dimasukkan ke dalam 1 templat, misalnya di Kecamatan Dolok. Atau ada cara lain yang saya tidak tahu.

Mohon perhatian dan penjelasannya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11:38, 5 Februari 2011 (UTC)

Sebanyak itukah? Apa tak salah (Dolok ada 86 desa)? Coba cek-cek di internet, siapa tahu kecamatan di PLU bertambah. Saya kira kecamatan dengan desa terbanyak masih dipegang Lumbis. --Ezagren 이야기 12:44, 5 Februari 2011 (UTC)
Kode baru sudah saya buatkan. Tolong kepada pengurus agar segera melakukan perubahan ini. Terima kasih. Salam,  -iNu-  ►  23:47, 11 Februari 2011 (UTC)
Sudah di-commit oleh pengurus. [2]
βέννγλιν 15:32, 20 Februari 2011 (UTC)

usulan

saya punya usulan... bagaima biar tulisannya agar mudah dibaca Abdurrahman munif (bicara) 08:45, 6 Februari 2011 (UTC)

Sudah mudah dibaca kok. -- Adiputra बिचर -- 10:06, 6 Februari 2011 (UTC)
Kalau mau lebih mudah dibaca, ya diperbesar saja. ·· 恭喜发财 · 紅包拿來 14:17, 6 Februari 2011 (UTC)
Di Firefox, gunakan [Ctrl]+[+]
βέννγλιν 07:02, 12 Februari 2011 (UTC)

Lengkap

Assalamualaikum wbr.Untuk Wikipedia,ada usulan.Seharusnya Wikipedia bahasa Indonesia harus lengkap.Kenapa Wikipedia bahasa Inggris lebih lengkap?Sudah itu saja.Maaf kalau da yang menyinggung perasaan Titania Andrea (bicara) 12:01, 20 Februari 2011 (UTC)

Itu tergantung keaktifan para pengguna Wikipedia. -- Adiputra बिचर -- 12:12, 20 Februari 2011 (UTC)
Silakan baca Wikipedia:Daftar pertanyaan yang sangat sering diajukan#Mengapa artikel "X" tidak ada? dan Wikipedia:Daftar pertanyaan yang sangat sering diajukan#Mengapa artikel ini tidak lengkap ?
βέννγλιν 15:36, 20 Februari 2011 (UTC)

Arsip Januari 2011

Scrollbar

Usul agar catatan kaki dan referensi diberikan scrollbar (batang gulungan [?]). Supaya tampak rapi, dan dengan panjang yang ditentukan, khususnya bagi artikel yang catatan kakinya panjang. Panjang yang ditentukan, mungkin sekitar 500 atau 750px. -- Adiputra बिचर -- 06:09, 25 Desember 2010 (UTC)

Buat sendiri kan bisa pake:
<div class="reflist4" style="height: XXXpx; overflow: auto; padding: 3px noprint" >
{{reflist}}</div>

Athrion  06:43, 26 Desember 2010 (UTC)

Maksud saya, dibuat templatnya, lalu terapkan pada seluruh catatan kaki. Jadi bisa diatur dari pusat. -- Adiputra बिचर -- 08:03, 26 Desember 2010 (UTC)

Kalau ini, saya setuju. Alasannya, bisa menghemat tempat yang digunakan untuk referensi, mengingat referensi untuk sebuah artikel kadangkala banyak. Akan tetapi, kalau artikel tersebut referensinya sedikit, ini tidak usah dipakai juga bisa. Kalau artikelnya banyak, lebih baik batang gulungannya dipakai. Bagaimana?  tatasport  silahkan berbicara 11:08, 28 Desember 2010 (UTC)
Perlu dipikirkan juga bagaimana dampaknya untuk versi cetaknya (mis: http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Halaman_Utama&printable=yes). Kalau di versi cetak tidak tertampil, maka tidak baik. Waktu pertama kali menggunakan div itu memang sempat terpikir harus mencari cara supaya kalau versi cetak tetap tertampil seluruh referensinya sewaktu dicetak, tapi hingga sekarang belum ketemu juga caranya. Di en.wiki pakai div itu dilarang dengan alasan yang sama.
βέννγλιν 15:27, 28 Desember 2010 (UTC)
Kalau begitu bagaimana kalau memakai templat sembunyikan? Sejujurnya, saya belum pernah mencobanya. -- Adiputra बिचर -- 16:50, 28 Desember 2010 (UTC)
Kalau menggunakan templat {{sembunyikan mulai}} nanti waktu klik referensinya tidak jalan. Misalnya[1]
βέννγλιν 03:39, 6 Januari 2011 (UTC)
en:WP:ASL - Avoid Scrolling List

Dulu Templat:Reflist2 yang memiliki tambahan scroll bar dihapus oleh Pengguna:Mimihitam karena alasan ini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:28, 6 Januari 2011 (UTC)

Diskusi selesai.
Kesimpulan: usul ditolak karena masalah teknis. -- Adiputra बिचर -- 15:19, 6 Januari 2011 (UTC)

Terima kasih kenrick, baru saja saya mau menanggapi, ternyata sudah disampaikan aspirasinya :)  Mimihitam  23:24, 22 Januari 2011 (UTC)

Hal yang belum terungkap di Wikipedia

Yth, Pengurus Wikipedia
Saya belum pernah lihat hal baru yaitu
  • Pranala Peta
  • Timeline Bergambar, dan
  • Mozaik Berkas Gambar
Terima Kasih.

Muhammad95 (bicara) 06:13, 6 Januari 2011 (UTC)

Ini pertanyaan atau pemberitahuan ya? Setahu saya ketiga-tiganya bisa dilakukan.
βέννγλιν 15:30, 20 Februari 2011 (UTC)

Ide

Aku punya ide buat semua pengguna wikipedia giman kalo wikipedia bikin forum yang lebih asyik lagi buat kita bahas kaya bikin chatting2 gitu jadi kita bisa langsung bahas dan diskusikan isu2,peristiwa,pokoknya isu2 nasional yang lagi panas2nya sesama para pengguna wikipedia aku harap bisa di pertimbangkan usulan aku ini terima kasih"" 15:29, 8 Januari 2011 (UTC)

Semacam Facebook gitu?
βέννγλιν 15:32, 8 Januari 2011 (UTC)

Usul

penerjemahan halaman: http://wikimania2011.wikimedia.org/wiki/Scholarships karena tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia Sardo Samuel Erick Limbong (bicara) 12:48, 16 Januari 2011 (UTC)

Selesai! FarrasLa Poste 18:01, 26 Januari 2011 (UTC)
Suka
βέννγλιν menyukai ini.