Templat:Kotak info tokoh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Templat:Infobox person)
Jump to navigation Jump to search
Kotak info tokoh
[lihat] [sunting] [versi terdahulu] [hapus singgahan] Ikon dokumentasi Dokumentasi templat

Tengku Muhammad Rusydi.DR

Tengku Muhammad Rusydi.DR atau yang sangat di kenal dengan Tengku Rusdi lahir di Mesir Bebesen, Takengon, Aceh, Indonesia pada tanggal 4 Januari 1994 silam.

Beliau lahir dari orang tua ayah yang bernama Darwin Rakam dan ibu yang bernama Rahmiyaty Abu Bakar Syama'un. Sebagai orang Aceh, pendidikan agama di keluarganya sangat baik, dan sebagai anak yang lahir dari darah Gayohttps://books.google.co.id/books?id=f3YGCgAAQBAJ&pg=PA80&lpg=PA80&dq=Suku+Gayo&source=bl&ots=gpWg1N5Nxw&sig=nEVgxn_ZUvxwM_WxMA8kujefnrk&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiD8ZPQkc_bAhXFVZQKHSh7A904FBDoATAAegQICRAB#v=onepage&q=Suku%20Gayo&f=false, jiwa pemikir dan pejuangnya sangat tinggi.

Tengku Rusdi merupakan anak terakhir, sehingga kakak laki-laki yang paling sukung, Zakirin DR sangat gigih memberikan contoh kepada Tengku Rusdi. Disamping itu jiwa sosialnya tidak terlepas dari cukupnya kasih sayang yang di berikan oleh kedua kakak perempuannya; Maqhfirah DR dan Maulida Fitry.DR. Inilah yang membentuk kepribadian Tengku Rusdi hingga menjadi sosok yang sangat dikenal dan segani banyak orang.

Meski hidup dan besar sebagai anak yang berada di wilayah konflik tidak membuat Tengku Rusdi kecil bermental rapuh. Sejak kecil tengku rusdi sudah menunjukkan potensinya sebagai sosok yang memiliki pemikiran dan tingkah laku yang berbeda daripada anak seusianya.

Hal tersebut membawa tengku rusdi muda menjadi ketua Osis di SMA nya di SMA 4 Takengon. Tidak hanya itu, kemampuan berfikirnya dan bergeraknya membuat sekolahnya yang dulu merupakan sekolah yang tidak favorit dan terkesan buangan menjadi sekolah yang lebih modern, favorit dan meraih banyak prestasi.

Kemampuannya mengelola semua potensi teman-temannya menjadikan semua teman-temannya memiliki keahlian dan andil dalam memajukan sekolahnya tersebut, meskipun dalam bidang akademik Tengku Rusdi muda bukanlah sosok yang pintar, namun kecerdasannya membawanya jauh melangkah.

Tertarik dalam dunia politik memawa tengku rusdi muda terjun dalam politik akademis dan praktis. Beliau sempat berkuliah di ilmu Politik Universitas Syiah Kuala. Kegemarannya dalam berpolitik akademis di dorong dengan kemampuannya berpolitik praktis hingga mampu membuat gerkan-gerakan sosial di masyarakat dan mahasiswa seperti komunitas, organisasi dan perkumpulan masyarakat dan mahasiswa dalam bidang politik, Hukum, sosial, budaya dan kemasyarakatan.

Sebagai aktivis, keilmuan Tengku Rusdi tidak di dapat di ruang kuliah saja, Tengku Rusdi aktif di berbagai kegiatan seperti; Sekolah Anti Korupsi Aceh, Sekolah Bahasa, Sekolah advokasi dan sekolah HAM. Semua ilmu yang di dapat di kuliah dan di luar kuliah menjadi bahan analisisnya dalam menyikapi fenomena sosial yang ada. Tidak terkecuali bila berbicara mengenai pendidikan.

Banyaknya kegiatan dan jadwal kuliah tidak membuat Tengku Rusdi muda lalai dalam bermsyarakat. Terbukti dengan selesainya kuliah dengan nilai yang memuaskan dN waktu yang singkat.


Keinginan tengku rusdi untuk lebih menguatkan kemampuannya membuatnya ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan lulus sebagai mahasiswa di Universitas Indonesia dengan jurusan politik Internasional atau Hubungan Internasional membuatnya tertarik pada dinamika politik Global.

Tengku Rusdi kemudian sangat tertarik dengan konflik, sebagai anak bekas konflik membentuk jiwa tengku rusdi untuk berperan aktif di berbagai forum dan komunikasi di negara-negara konflik yang notabenenya adalah negara muslim. Palestina merupakan konsennya, sebab sejak menginjakkan kaki di bangku ujian saat mengambil jurusan Politik Internasional atau Hubungan internasional tengku termotivasi ingin membantu anak-anak Palestina.

Saat ini meskipun lebih konsen pada Hubungan Internasional, basic tengku sebagai anak politik tidak mengurangi perannya dalam dunia politik lokal dan nasional. Tengku Rusdi aktif menulis pemikiran dan gagasannya di berbagai jurnal akademik, media cetak dan elektronik. Tengku juga sangat aktif Sebagai aktivis dalam mengadvokasi kepentingan orang banyak.

Sikapnya yang objektif membuat Tengku disegani dan sangat independen, tengku bisa masuk dalam berbagai poros politik dan kepentingan tanpa ada gesekan yang berarti sama sekali.

Selain berpolitik, tengku juh aktif dalam hukum khususnya hukum pengadaan nasional dan Internasional, tengku aktif di asosiasi dan institut pengadaan dengan jabatan yang sangat strategis yang sulit di dapat oleh orang seusianya.