Berkshire Hathaway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Berkshire Hathaway
Jenis Perusahaan terbuka (NYSE: BRKA, NYSE: BRKB)
Industri Asuransi properti dan jiwa, diversifikasi investasi
Didirikan 1839
Kantor pusat Omaha, Nebraska
Tokoh penting Warren Buffett, CEO & Chairman
Charlie Munger, Vice Chairman
Produk Konglomerat dengan fokus asuransi
Pendapatan $143.688 milyar (2011)
Laba bersih $10.254 milyar (2011)
Karyawan 180,000 (total dengan seluruh divisi)
Situs web BerkshireHathaway.com

Berkshire Hathaway (NYSE: BRKA, NYSE: BRKB) adalah perusahaan konglomerasi (holding company) yang bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat yang memiliki banyak perusahaan subsidiari. Bisnis inti dari Berkshire Hathaway adalah asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa, reinsuransi dan asuransi khusus yang tidak standar. Perusahaan ini memberikan tingkat pengembalian tahunan rata-rata yang fenomenal, yaitu 25%+ kepada pemilik saham selama 25 tahun terakhir, dengan jumlah kapital yang besar dan hutang yang sedikit. Seribu dollar Amerika yang diinvestasikan di Berkshire pada tahun 1957 berubah menjadi $ 51.356.000 pada akhir tahun 2003.

Perusahaan dikendalikan oleh Warren Buffett, salah satu investor yang paling banyak dibicarakan dan orang kedua terkaya di Amerika menurut majalah Forbes. Pada awalnya di Berkshire, Buffett berfokus pada investasi jangka-panjang dalam perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek, namun sekarang ini sudah beralih menjadi membeli perusahaan secara keseluruhan. Saat ini, Berkshire memiliki berbagai bisnis seperti perusahaan retail permen, penerbit koran, perusahaan retail peralatan rumah tangga, penjualan ensiklopedia, penjualan vacuum cleaner, pabrik dan distribusi seragam, retail perhiasan, dan lain-lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal perusahaan ini berawal dari Hathaway Manufacturing Company yang didirikan pada tahun 1888 oleh Horatio Hathaway, yaitu sebuah bisnis di bidang pengolahan kapas. Perusahaan ini sukses pada dekade pertama, tapi mengalamai kemunduran pada saat terjadinya penurunan dalam industry tekstil setelah Perang Dunia I. Pada waktu itu, perusahaan dijalankan oleh seseorang bernama Seabury Stanton, yang investasi dan usahanya memberikan hasil dengan membaiknya profitibilitas setelah Deperesi Besar yang terjadi pada tahun 1929.

Pada tahun 1950-an, Hathaway menyatu dengan Berkshire Fine Spinning Associates, sebuah perusahaan tekstil lain yang sudah beroperasi sejah awal abad ke-19. Pada saat itu, Berkshire Hathaway memiliki 15 pabrik dengan total karyawan mencapai 12.000 orang, pendapatan sebesar $120 juta dan bermarkas di New Bedford, Massachusetts. Namun sekitar 1 dekade berikutnya, 7 dari lokasi pabrik ditutup yang diikuti dengan PHK besar-besaran.

Pada tahun 1962, Warrent Buffett percaya bahwa nilai saham Berkshire Hathaway diperdagangkan di bawah nilai riil-nya dan mulai membeli saham tersebut. Setelah beberapa benturan kepentingan dengan keluarga Stanton, Buffett membeli cukup banyak saham untuk mengubah manajemen dan kemudian mengendalikan perusahaan.

Buffett tetap mempertahankan bisnis inti Berkshire Hathaway di industri tekstil, tetap pada tahun 1967 mulai melakukan ekspansi ke industri asuransi dan investasi lainnya. Perusahaan asuransi pertama yang dibeli oleh Berkshire adalah National Indemnity Company. Pada akhir 1970-an, Berkshire mengakuisisi Government Employees Insurance Company (GEICO). Pada tahun 1985, pabrik tekstil Berkshire resmi ditutup. Salah satu alasan dan pemikiran Buffett adalah karena insentif margin di dalam industri tekstil sudah sangat tipis dan tidak memungkinkan lagi untuk terus berusaha di bidang itu. Business process reengineering pun, sudah dianggap tidak mampu memberikan keuntungan, karena -menurut pendapat Buffett- semua perusahaan tekstil yang lain (yang berada di Amerika) akan melakukan hal yang sama. Untuk itu, Buffett menutup bidang usaha tekstil yang menjadi akar Berkshire, namun tetap mempertahankan nama Berkshire Hathaway dan menjadikannya perusahaan investasi (investment company). warren buffet memulai karier sebagai pengusaha di daerah amerika serikat bagian omaha nebraska.

Fakta-fakta tentang Berkshire Hathaway[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Oktober 2006, untuk pertama kalinya, saham seri A Berkshire Hathaway dijual di atas $100.000 (seratus ribu dollar Amerika) per lembarnya dan membuatnya menjadi saham dengan harga termahal di New York Stock Exchange.[1]

Situs Intrinsivaluator, melakukan kalkulasi dan mendapatkan 4 (empat) metrik valuasi untuk Berkshire; nilai likuidasi $83.162 untuk saham seri A ($2.772 saham seri B), nilai intrinsik optimistik $160.800 saham seri A (5.360 saham seri B). Semua perhitungan ini dilakukan berdasarkan kalkulasi pada tanggal 5 Maret 2006.

CEO Berkshire, Warren Buffett, yang dihormati atas keahliannya dalam berinvestasi dan pemahamam yang dalam atas spektrum usahanya dalam surat tahunan-nya dibaca dan dikutip secara luas. Untuk dapat membaca kutipannya dapat ditemui di Wikiquote - Warren Buffett.

Pada tahun 2005, Buffett memiliki 38% saham Berkshire Hathaway. Vice Chairman Berkshire Charlie Munger memiliki cukup banyak saham yang menjadikannya miliarder dan investor awal di Berkshire seperti David Gottesman dan Franklin Otis Booth, juga menjadi miliarder.

Berkshire Hathaway dikenal sebagai perusahaan tidak pernah melakukan pemecahan saham, yang menyebabkan harga sahamnya sangat tinggi. Hal ini juga menyebabkan sahamnya tidak likuid di pasar, sehingga tidak dimasukkan ke dalam indeks saham S&P500. Namun, Berkshire menciptakan saham Seri B, dengan kepemilikan 1/30 dari seri A dengan hak voting sebesar 1/200 dari seri A. Para pemegang saham kelas A dapat melakukan konversi sahamnya ke seri B, tapi tidak bisa sebaliknya.

Buffett cenderung menolak terbentuknya saham seri B, namun terpaksa melakukannya untuk mencegah dibuatnya unit trust, yang dapat diperjualbelikan dan akan tampak seperti 'saham Berkshire'. Sebagaimana Buffett menjelasknya pada surat tahunan yang disampaikannya pada tahun 1995 (sebagaimana asilnya dalam Bahasa Inggris):

"'The unit trusts that have recently surfaced fly in the face of these goals. They would be sold by brokers working for big commissions, would impose other burdensome costs on their shareholders, and would be marketed en masse to unsophisticated buyers, apt to be seduced by our past record and beguiled by the publicity Berkshire and I have received in recent years. The sure outcome: a multitude of investors destined to be disappointed.'"

Pertemuan tahunan Berkshire dilakukan di Qwest Center, di Omaha, Nebraska dan biasanya dihadiri oleh 20.000 orang. [1] Pertemuan-pertemuan ini, selalu diisi dengan humor dan senda gurau, yang biasanya dimulai dengan film yang dibuat oleh para pemegang saham Berkshire Hathaway. Film pada tahun 2004 menampilkan Arnold Schwarzenegger sebagai 'Warrenator' yang dikirim ke masa lampau untuk menghentikan Buffett dan Munger yang berusaha menyelamatkan dunia dari mega korporasi yang dibentuk oleh Microsoft-Starbucks-Wal-Mart. Schwarzenegger kemudian ditampilkan berargumentasi di gym dengan Buffett mengenai Usulan 13 Kalifornia (1978). [2] Film pada tahun 2006 menampilkan aktris Jamie Lee Curtis dan Nicollette Sheridan bersama dengan Charlie Munger, sebagai orang dalam Berkhsire.

Susunan Direksi[sunting | sunting sumber]

Susunan direksi Berkshire Hathaway pada saat ini adalah: Howard Graham Buffett, Warren Buffett, Malcolm Chace, Bill Gates, David Gottesman, Charlotte Guyman, Donald Keough, Charlie Munger, Thomas S. Murphy, Ronald Olson, and Walter Scott Jr.

Kondisi Finansial[sunting | sunting sumber]

Sumber: Berkas dari Stock Exchange Commission

  • Uang kontan ekuivalen per 30 September 2005: $41.1 miliar USD
  • Investasi ekuitas per 30 September 2005: $45.3 miliar USD
  • Jumlah total saham per 30 September 2005: $89.5 miliar USD
  • Pendapatan kotor untuk tahun 2005: $81.663 miliar USD
  • Pendapatan bersih untuk 2005: $8.528 miliar USD
  • Pajak pendapatan yang dibayar pada 2004: $3.6 miliar USD

Perusahaan yang tergabung dalam Berkshire Hathaway[sunting | sunting sumber]

Subsidiari sektor Finansial dan Asuransi[sunting | sunting sumber]

  • GEICO
  • General Re
  • Kansas Bankers Surety Company
  • National Indemnity Company
  • Wesco Financial Corporation
  • Applied Underwriters Inc.
  • Medical Protective

Subsidiari lain[sunting | sunting sumber]

  • Xtra Lease
  • Borsheim's Fine Jewelry
  • Dairy Queen
  • Fruit of the Loom
  • Nebraska Furniture Mart
  • Jordan's Furniture
  • The Pampered Chef
  • See's Candies
  • World Book
  • FlightSafety International
  • NetJets
  • Forest River
  • Business Wire
  • Russell Corporation
  • ISCAR Metalworking

Bidang Usaha Berkshire Hathaway[sunting | sunting sumber]

Sumber: Berkas pada Stock Exchange Committee

Bidang Usaha Asuransi dan Reasuransi[sunting | sunting sumber]

Aktivitas usaha asuransi dan reasuransi dilakukan oleh lebih dari 50 (domestik dan asing) perusahaan asuransi, namun aktivitas utamanya adalah di Amerika Serikat. Selain itu, sebagai hasil dari akuisisi General Re pada tahun 1998, bisnis asuransi Berkshire juga termasuk reasuransi jiwa, kecelakaan dan kesehatan, dan reasuransi properti dan casualty.

Perusahaan-perusahaan asuransi Berkshire memiliki kekuatan modal yang sangat tinggi. Kekuatan ini membedakan nya dengan kompetitor lainnya. Secara kolektif, keseluruhan nilai asuransi Berkshire di Amerika mencapai $48 miliar per 31 Desember 2006. Semua perusahaan subsidiari Berkshire mendapat peringkat AAA dari perusahaan Standard and Poor's, nilai tertinggi yang pernah diberikan oleh Standard and Poor's. Selain itu, juga mendapat peringkat A++ (superior) oleh A.M. Best sehubungan dengan kondisi finansial dan performansi operasi. Nilai AAA ini adalah haisl dari kecemerlangan Buffett dalam manajemen modal, orang dan bisnis.

  • GEICO — Berkshire mengakuisisi GEICO pada bulan Januari tahun 1996. GEICO bermarkas di Chevy Chase, Maryland dan memiliki perusahaan subsidiari seperti: Government Employees Insurance Company, GEIDCO General Insurance Company, GEICO Indemnity Company dan GEICO Casualty Company. Selama lima tahun terakhir, perusahaan-perusahaan ini sudah menawarkan jasa asuransi bagi pengendara mobil di 49 negara bagian dan Distrik Kolumbia. Subsidiari-subsidiari ini memasarkan polis asuransi melalui metode langsung, dimana calon pemegang polis bisa menghubungi langsung via telepon, surat atau Internet.
  • General Re — Berkshire mengakuisisi General Re pada bulan Desember tahun 1998. General Re memegang 91% kepemilikan dalam Cologne Re per 31 Desember 2004. Saat ini, subsidiari General Re melakukan jasa re-asuransi di 72 kota dan juga secara global di luar Amerika. Daerah utama operasi General Re adalah: Stamford, Connecticut dan Cologne, Germany. General Re adalah salah satu perusahaan re-asuransi terbesar di dunia berdasarkan nilai modal dan premi.

Bidang Usaha Non-Asuransi[sunting | sunting sumber]

Pakaian[sunting | sunting sumber]

  • Bidang usaha pakaian Berkshire meliputi pabrik dan distributor atas berbagai jenis garmen dan sepatu. Pabrik dan distribusi garmen meliputi Fruit of the Loom, Garanimals, Fechheimer dan Russel Corporation. Sedangkan bidang sepatu termasuk H.H. Brown Shoe Group, Acme Boots dan Justin Brands
  • Berkshire membeli Fruit of the Loom pada 29 April 2002 seharga $835 juta dalam bentuk kontan. Fruit of Loom, bermarkas di Bowling Green, Kentucky, adalah pabrikan yang terintegrasi secara vertikal untuk garmen dasar.
  • Berkshire membeli Russell Corporation pada 2 August 2 2006 seharga $600 juta atau $18.00 per lembar sahamnya.

Produk-produk Bangunan[sunting | sunting sumber]

  • Pada Agustus 2000, Berkshire memasuki bidang usaha berbasis produk-produk bangunan dengan membeli Acme Brick. Acme, bermarkas di Forth Worth, Texas, membuat dan mendistribusikan batu-bata (merk Acme Brick), blok beton (merk Featherlite) dan marmer (merk Texas Quarries).
  • Berkshire membeli Benjamin Moore & Co. pada Desember 2000. Benjamin Moore, bermarkas di Montvale, New Jersey, adalah pemimpin dalam penghasil dan penyalur berbagai produk insulasi coating, dengan pasar utamanya adalah Amerika dan Kanada.
  • Berkshire membeli Johns Manville pada Februari 2001. JM telah menyediakan produk-produk bangunan selama 150 tahun dan pemimpin dalam bidang industri insulasi fiber glass, pipa dan dukt untuk tembok, loteng dan lantai bagi bangunan perumahan dan perkantoran.
  • Berkshire membeli 90% saham kepemilikan di MiTek Inc. pada Juli 2001. Mitek bermarkas di Chesterfield, Missouri dan pemimpin dalam penyedia produk-produk konektor, perangkat lunak rekayasa dan mesin-mesin manufaktur bagi industri pembuat komponen bangunan.
  • Pada 7 Agustus 2003, Berkshire membeli Clayton Homes, Inc. Clayton, bermarkas di dekat Knoxville, Tennessee, adalah perusahaan perumahan yang terintegrasi secara vertikal. Pada akhir tahun 2004, Clayton mengoperasikan 32 pabrik manufaktur di 12 negara bagian. Produk-produk Clayton dipasarkan di 48 negara bagian melalui 1.540 jaringan peritel, 391 di antaranya adalah pusat penjualan yang dimiliki oleh perusahaan.

Jasa Penerbangan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 1996, Berkshire membeli FlightSafety International Inc. FSI bermarkas di LaGuardia Airport di Fluxhing, New York. Bidang usaha utama FSI adalah penyedia sarana pelatihan berteknologi tinggi bagi para operator pesawat. FlightSafety adalah pemimpin dunia dalam penyedia jasa pelatihan profesional penerbangan.
  • Berkshire membeli NetJets Inc. pada 1998. NJ adalah pemimpin dunia dalam penyedia jasa program kepemilikan pesawat terbang. Pada 1986, NJ menciptakan konsep kepemilikan pesawat terbang secara kolektif dan memperkenalkan konsep NetJets di Amerika dengan satu pesawat terbang. Pada tahun 2004, program kepemilikan ini sudah mencapai 15 pesawat terbag. Pada akhir 1996, NJ melakukan ekspansi program kepemilikan ini ke Eropa melalui perusahaan joint venture yang sekarang sudah 100% dimiliki oleh NJ. Program kepemilikan pesawat ini memungkinka pelangan memiliki sejumlah persen saham kepemilikan atas sebuah atau lebih pesawat terbang. Dengan melakukan hal ini, si pelanggan memiliki hak untuk menggunakan pesawat tersebut untuk waktu jam terbang per tahun yang telah ditentukan.
  • Berkshire membeli McLane Company, Inc. pada Mei 2003 dari Wal-Mart. McLace menyediakan jasa distribusi grosir dan logistik di 50 negara bagian dan negara Brazil kepada pelanggannya, yang berupa peritel diskon, convenience store, restoran saji cepat, apotek dan kompleks teater.

Bidang Usaha Ritel[sunting | sunting sumber]

  • Bidang usaha peralatan rumah tangga adalah: Nebraska Furniture Mart, R.C. Willey Home Furnishings, Star Furniture Company, and Jordan’s Furniture, Inc.
  • Berkshire membeli Shaw Industries, Inc. pada tahun 2001. Shaw, bermarkas di Dalton, Georgia, adalah penghasil karpet kedua terbesar di dunia berdasarkan pendapatan dan volume produksi. Shaw mendesain dan membuat lebih dari 3.000 jenis karpet dan lantai laminating untuk perumahan dan perkantoran menggunakan sekitar 30 brand dan merek dagang, dan beberapa menggunakan label privat.
  • CORT Business Services Corporation dibeli pada tahun 2001 dengan total kepemilikian Berkshire mencapai 80.1% dan adalah pemimpin penyedia penyewaan furnitur, aksesori dan layanan sejenis penyewaan furnitur lainnya.

Bidang Usaha Lain non-Asuransi[sunting | sunting sumber]

  • Scott Fetzer Companies — adalah sebuah grup perusahaan yang terdiri atas 21 bidang usaha manfakturing dan distribusi atas sejumlah besar produk-produk berbasis perumahan, industrial dan institusional. Dua produk yang paling signifikan adalah sistem pembersih rumah Kirby dan produk-produk Campbel Hasufeld. Scott Fetzer juga menghasilkan Ginsu Knives.
  • The Buffalo News adalah usaha penerbitan yang bermarkas di Buffalo, New York.
  • Berkshire membeli XTRA pada September 2001. XTRA bermarkas di St. Louis, Missouri, adalah pemimping dalam bidang usaha peminjaman perangkat transportasi. XTRA memiliki sekitar 105.000 armada kendaraan, dengan investasi bersih sekitar $1 miliar per 31 Desember 2004. Armada termasuk trailer penyimpan, trailer penarik muatan dan trailer kontainer.
  • See's Candies menghasilkan coklat dan produk konfeksionari lainnya dengan penekanan pada kualitas dan keunikan atas dua dapur besar yang dimilikinya di Kalifornia. Pendapatan See's sangat musiman dimana hampir 50% pendapatan tahunan nya berasal dari bulan November dan Desember.
  • Dairy Queen memiliki jaringan retail sekitar 6.000 buah, beroperasi dengan nama Dairy Queen, Orange Julis dan Karmelkorn yang menawarkan berbagai produk makanan berbasis susu, makanan siap saji, minuman buah, jagung kerondong dan makanan kudapan lainnya.
  • Pada tahun 2002, Berkshire membeli Albecca Inc., yang bermarkas di Norcross, Georgia dengan bidang usaha utamanya dilakukan menggunakan nama Larson-Juhl. Albecca mendesain, memproduksi dan mendistribusi berbagai produk pigura yang berkualitas tinggi.
  • Berkshire membeli CTB International Corp. pada tahun 2002. CTB bermarkas di Milford, Indiana, adalah desainer, penghasil dan memasarkan produk-produk berbasis biji-bijian juga memprodukasi pakan unggas, babi dan telur. Produk-produk ini dihasilkan di Amerika dan Eropa dan utamanya dijual melalui jaringan dealer dan distributor global, dengan puncak penjualan pada kuartal kedua dan ketiga.
  • Pada tahun 2002, Berkshire membeli The Pampered Chef, LTD, penghasil peralatan dapur yang berkualitas di Amerika. Produk-produknya diteliti dan diuji oleh TPC dan pabrikasi oleh pihak ketiga. Dari markasdi Addison, Illnois, TPC menggunakan jaringan atas 65.000 penjual perwakilan (sales representative) yang independen untuk menjual produk-produknya melalui demonstrasi yang dilakukan di rumah-rumah.
  • Berkshire baru-baru ini, memiliki 83.7% (80.5% bila dihitung berdasarkan metode dilusi) atas MidAmerican Energy Holdings Company. Pada saat membeli perusahaan ini, Berkshire hanya diperbolehkan memiliki 10% hak suara, tapi pembatasan ini berakhir saat Public Utility Holding Company Act 1935 direvisi pada tahun 2005.

Kepemilikan Saham Umum Lainnya[sunting | sunting sumber]

Berkshire memiliki saham umum (common stock) atas perusahaan-perusahaan ini, seperti yang dilaporkan ke SEC pada laporan tahunan terakhirnya annual report.

Perusahaan-perusahaan di mana Berkshire Memiliki "Keuntungan sebagai Pemilik"[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah sejumlah perusahaan dimana Berkshire Hathaway memiliki saham sejumlah 5% atau lebih sebagaimana dilaporkan kepada SEC pada laporan tahunan terakhirnya.

Urutan berdasarkan prosentase kepemilikan:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]