Wikipedia:Wikidata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wikidata adalah sebuah proyek Wikimedia yang bertujuan menciptakan pangkalan data terbuka dan dapat disunting siapa saja. Pada Februari 2013 , proyek Wikidata sedang dalam tahap pemindahan pranala wiki antarbahasa (interwiki) dari setiap artikel ke satu pangkalan data khusus supaya pengelolaannya lebih mudah.

Wikipedia bahasa Indonesia sudah menerapkan sistem penyimpanan pranala antarbahasa di Wikidata. Misalnya, pranala antarbahasa yang muncul di sisi kiri artikel Rusia berasal dari halaman Q159.

Wikidata kelak akan mampu menampung data antarbahasa dari jenis informasi yang lain, seperti kotak info.

Daftar isi

Pranala antarbahasa (Tahap 1)[sunting | sunting sumber]

Wikidata, tahap 1: Pranala ke semua bahasa dari satu titik pusat
Sistem lama: Pranala antarbahasa antara semua bahasa

Kolom 'Bahasa lain' pada setiap halaman Wikipedia yang memiliki entri di Wikidata diisi oleh pranala bahasa (interwiki) yang tersimpan di sana. Pranala interwiki tradisional yang ditulis dalam teks wiki masih diakui dan dapat mengubah informasi untuk bahasa tersebut (jika ada) di Wikidata.

Jika artikel tersebut terhubung dari Wikidata, semua pranala yang ada di sana akan ditampilkan di artikel, termasuk pula pranala yang ditulis dalam teks wiki. Andai terjadi konflik atau perbedaan tujuan antara pranala lokal dan pranala Wikipedia, pranala lokallah yang akan ditampilkan; pranala Wikidata untuk semua bahasa lain tetap ada.

Jika artikel tersebut belum terhubung dari Wikidata, pranala apapun yang ditulis dalam teks wiki akan ditampilkan di artikel seperti biasa. Kadang ada item Wikidata yang mengacu ke artikel tersebut, tetapi artikel Wikipedianya belum tersambung ke sana. Seiring perawatan rutin yang dijalani Wikidata, masalah semacam itu akan segera diperbaiki.

Mengelola pranala antarbahasa dengan Wikidata[sunting | sunting sumber]

Daftar penyunting Wikidata yang juga aktif di Wikipedia bahasa Indonesia. Mereka mungkin bisa membantu Anda menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Wikidata.

Tanda (AWD) menandakan bahwa si penyunting adalah pengurus Wikidata, dan tanda (AWD/WP) menandakan bahwa mereka juga pengurus Wikipedia bahasa Indonesia. Tentunya, pengurus bukanlah segala-galanya. Ini hanya referensi andai saja Anda mengalami masalah yang membutuhkan peralatan pengurus saat menyelesaikan suatu konflik interwiki (misalnya, menghapus item yang sudah digabungkan ke item lain).

Klik di sini untuk menambahkan (atau menghapus) nama Anda

Artikel baru[sunting | sunting sumber]

  • Pertanyaan-1. Saya baru saja merintis artikel berjudul XID; saya tahu di Wikipedia Jerman|Perancis|Swahili sudah ada artikel bertopik serupa dengan judul XSW. Bagaimana cara membuat pranala Interwikinya?
    Buka XSW, ini artinya anda harus ke halaman tersebut di wiki Jerman, Prancis atau Swahili. Di sebelah kiri, ada daftar pranala interwiki yang disertai "Edit link" dengan lambang pulpen. Klik pulpennya dan Anda akan dibawa ke halaman Wikidata (item) untuk XSW. Lihat bagian bawah item, klik "add", masukkan kode bahasanya (id untuk bahasa Indonesia) dan nama artikel yang Anda rintis (XID). Klik "save". Selesai.
    Jika pulpennya tidak muncul, langsung buka Wikidata.
    Di panel utama (sebelah kiri jika Anda memakai kulit Vector), cari "Item by title".
    Klik "Item by title".
    Pada halaman ini, masukkan kode bahasa (misal: de untuk bahasa Jerman) dan nama halaman di Wikipedia tersebut (XSW). Klik Search.
    Jika item sudah ada, lihat bagian bawah item, klik "add", masukkan kode bahasanya (id untuk bahasa Indonesia) dan nama artikel yang Anda rintis (XID). Klik "save". Selesai.
    Jika item tidak ada, buat baru dengan mengeklik "create the item", masukkan namanya (XID) dan (kalau bisa) deskripsi tentang item tersebut. Kemudian masukkan pranala antarbahasanya seperti yang dijelaskan di atas.
    Jika Anda ingin rajin menambahkan pranala antarbahasa, Anda boleh mengaktifkan gadget (perkakas) "slurpInterwiki" yang tersedia di gadget Wikidata Anda. Setelah gadget-nya aktif dan Anda sedang berada di halaman item, klik "Import interwiki" di menu sebelah kiri.
    Setidaknya cara lama dalam menambahkan interwiki (langsung dimasukkan ke halaman Wikipedia) masih akan berfungsi untuk sementara, tetapi kemungkinan besar malah semakin sedikit bot yang memeriksa artikel baru dan waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan interwiki ke artikel lain akan semakin lama. [rujukan?]

Artikel sudah dipindahkan[sunting | sunting sumber]

  • Pertanyaan-2. Saya baru saja memindahkan artikel YID ke DIY, dan semua pranala interwikinya hilang. Apa yang harus saya lakukan?.
    Buka Wikidata dan cari item untuk YID seperti yang dijelaskan di "Pertanyaan-1".
    Di halaman item, cari pranala interwiki bahasa Indonesia, klik sunting, ubah YID menjadi DIY, lalu simpan.
    Perlu diingat bahwa butuh beberapa menit sebelum halaman Wikipedia menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Proses ini bisa dilewati dengan menghapus singgahan halaman.

Pranala interwiki salah[sunting | sunting sumber]

Pranala sunting pada halaman Wikidata berwarna abu-abu (kulit Vector).
  • Pertanyaan-3. Saya baru mengetahui bahwa artikel ZID terhubung ke artikel yang salah berjudul XSW di Wikipedia Jerman|Perancis|Swahili. Bagaimana cara memperbaikinya?
    Pada bagian pranala interwiki di artikel ZID, klik pulpen "Edit link" di bawah pranala interwiki. Halaman item Wikidata untuk ZID akan terbuka.
    Di bagian "List of pages linked to this item" di Wikidata, temukan entri Swahili untuk XSW.
    Klik tombol "edit" di samping entri dan klik "remove".
    Ulangi tahap tadi pada entri-entri lain yang memiliki kesalahan.
    Jika lambang pulpen tidak muncul di Wikipedia bahasa Indonesia, item tersebut belum ditambahkan ke Wikidata. Lakukan penyelesaian "Pertanyaan-1" di atas.

Lebih dari satu keluarga interwiki[sunting | sunting sumber]

  • Pertanyaan-4. Saya baru mengetahui bahwa artikel id:YID, de:YDE dan fr:YFR saling terhubung dan cs:YCS dan hu:YHU saling terhubung. Sebenarnya kelima artikel tersebut topiknya sama. Bagaimana cara menemukan dan menggabungkan entri mereka di Wikidata?
    Anda dapat menemukan entri mereka dengan cara "Pertanyaan-1" di atas – dalam hal ini, Anda bisa mencoba d:Special:ItemByTitle/id/YID dan d:Special:ItemByTitle/cs/YCS; jika dua-duanya tidak berfungsi, cari semua judul Wikipedia lainnya. Kadang mungkin saja suatu item dibuat untuk satu judul, namun bukan artikel yang terhubung dengannya.
    Jika Anda menemukan dua item, hapus semua pranala dari salah satunya (biasanya yang memiliki nomor Q lebih tinggi, tetapi boleh saja memakai item satunya lagi jika jumlah artikel yang terhubung lebih banyak), tambahkan ke item satunya lagi, dan usulkan penghapusan item yang sekarang kosong.
    Jika Anda menemukan satu item, tambahkan saja pranala ke artikel yang relevan.
    Jika Anda tidak menemukan item apapun, buat item untuk kelima artikel tersebut seperti yang dijelaskan di Q1 di atas.

Memindahkan pranala interwiki baru[sunting | sunting sumber]

  • Pertanyaan-5. Seseorang menambahkan pranala interwiki Swahili di artikel yang sudah memiliki entri Wikidatanya sendiri, padahal pranalanya sudah lama dihapus bot. Apa yang harus saya lakukan?
    Periksa jika artikel Swahili memang ada dan topiknya sama;
    Jika ada, anggaplah hal ini sebagai permintaan menambahkan pranala Swahili ke Wikidata. Lakukan penyelesaian Q1.
    Jika tidak ada, hapus pranalanya.

Konflik tetap[sunting | sunting sumber]

  • Q6 Saya sudah mencoba semuanya, tetapi tetap mengalami konflik dengan wiki lain.
    Langsung buka Pembicaraan Wikipedia:Wikidata dan ceritakan masalahnya. Mereka akan menyelesaikannya secepat mungkin, atau teruskan ke d:WD:IWC jika masalah ini butuh perhatian Wikipedia lain.
    Jika Anda perlu bantuan untuk masalah lain, jangan sungkan menghubungi pengguna dalam kotak di atas, atau kunjungi #wikimedia-wikidata sambungkan.

Migrasi pranala antarbahasa[sunting | sunting sumber]

Pranala antarbahasa lokal di halaman Wikipedia sudah bisa dihapus jika daftar lokal dan daftar Wikidatanya sama. Ingat bahwa penghapusan pranala antarbahasa tanpa ringkasan bisa disalahartikan sebagai vandalisme. Supaya suntingan Anda tidak dikembalikan, buatlah ringkasan suntingan ketika menghapus pranala lokal. Kalau perlu, sertakan pranala ke halaman ini.

Umumnya, lebih baik menghapus pranala interwiki setelah artikel Wikipedianya tertaut dengan Wikidata. (Anda bisa menyebut halaman tersebut "tertaut" dengan Wikidata melalui keberadaan teks "Edit links" di bawah 'Bahasa lain'.) Hal ini dikarenakan pranala interwiki apapun yang tertinggal akan selalu menggantikan informasi terbaru yang tersimpan di Wikidata. Ukuran halaman juga berkurang setelah daftar interwiki dihapus. Akan tetapi, Anda tidak boleh menghapus pranala jika Anda belum yakin interwikinya sudah diekspor ke Wikidata. Tugas ini sekarang dilakukan oleh bot (Addbot), jadi Anda tidak perlu melakukan sendiri.

Migrasi pranala otomatis[sunting | sunting sumber]

Operator bot yang memakai kerangka kerja pywiki harus memutakhirkan botnya minimal ke pyrev:11073. Operator bot yang botnya menyunting interwiki menggunakan kerangka kerja atau metode lain harus menonaktifkan botnya sampai kodenya diperbaiki demi menghindari perubahan interwiki.

Migrasi pranala semi-otomatis[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah metode yang dapat dipakai untuk mengganti pranala dengan cara yang lebih otomatis. Kemungkinan Anda membuat kesalahan saat mentransfer pranala justru berkurang.

  • Anda mungkin ingin menambahkan kode JavaScript berikut ke halaman common.js Anda, sehingga saat menyunting sebuah halaman, Anda bisa mengeklik tombol "remove interwikis". Tombol ini akan menghapus semua pranala antarbahasa yang sudah diekspor ke Wikidata. Ingat, yang sudah diekpor sebelumnya. Tidak berlaku bagi yang belum memiliki label di Wikidata:
    mw.loader.load('//www.wikidata.org/w/index.php?title=User:Yair_rand/checksitelinks.js&action=raw&ctype=text/javascript');
    
Untuk memakai Checksitelinks (setelah dipasang), klik tombol untuk menyunting artikel, kemudian buka menu turunan. (Pada kulit MonoBook, tab ini ada di atas halaman, di sebelah kanan "unwatch".)
Tampilan antarmuka slurpInterwiki. Tombol untuk mengaktifkannya, "Import interwiki", dapat ditemukan di sudut kiri bawah layar bersama beberapa tombol gadget lainnya.
  • slurpInterwiki adalah gadget Wikidata yang dapat dipakai untuk mengambil pranala baru dari artikel secara semi-otomatis. Lihat panel gadget Wikidata.

Migrasi pranala manual[sunting | sunting sumber]

Metode berikut adalah cara paling dasar dalam menyunting suatu pranala antarbahasa:

  1. Buka item Wikidata. Ada dua metode manual untuk melakukannya:
    • Klik pranala "edit links" abu-abu di bawah kotak "Bahasa lain"
    • Buka d:Special:ItemByTitle dan cari halamam Anda
  2. Bandingkan pranala di sana dengan yang ada di artikel
  3. Sunting pranala di Wikidata. Kali ini langsung saja; setiap pranala wiki antarbahasa memiliki tombol [sunting] di sampingnya. Klik tombol itu dan sejumlah kotak isian akan muncul:
    • Kotak pertama adalah kode bahasa
    • Kotak kedua adalah pranala bahasa
    • Pranala [edit] sudah berubah menjadi tiga opsi: simpan, hapus, dan batal.
      • Simpan dipakai setelah Anda selesai mengubah informasi di entri tersebut
      • Hapus berfungsi menghapus entri tersebut dari pangkalan data
      • Batal berfungsi membatalkan interaksi dengan antarmuka
  4. Tambahkan pranala hilang apapun di Wikidata jika perlu. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat bagian bawah daftar pranala wiki antarbahasa dan mengeklik "add link". Formulir yang muncul kebanyakan sama seperti yang ada di mode penyuntingan normal.
  5. Setelah semua pranala sudah benar, tinjau versi artikel di Wikipedia yang pranala antarbahasanya sudah dihapus, dan bandingkan dengan artikel versi terkini. Periksa jika ada perbedaan antara kedua teks. Jika tidak ada, pranala bisa dihapus. Jika ada, jangan hapus pranala yang berbeda atau baiknya kembali sunting Wikidata dan hapus pranalanya dari artikel.

Jika Anda menemukan konflik interwiki (terutama ketika Anda mendapatkan pesan eror bahwa pranala yang Anda tambahkan sudah dipakai di item lain), Anda bisa mengangkat masalah ini di Pembicaraan Wikipedia:Wikidata atau d:Wikidata:Interwiki conflicts, meskipun Anda merasa bisa menyelesaikannya sendiri.

Jika Anad bingung dalam menjalankan proses transfer pranala ke Wikidata, jangan sungkan membicarakannya di d:Wikidata:Project Chat atau minta saran melalui IRC di saluran #wikimedia-wikidata sambungkan.

Informasi terkait[sunting | sunting sumber]

Indikator status artikel[sunting | sunting sumber]

Artikel Bagus dan Artikel Pilihan di Wikipedia lain ditandai oleh bintang di samping pranala bahasa. Bintang ini muncul karena ada templat. Karena Wikidata tidak menyimpan informasi ini, templat-templat ini tidak perlu dihapus. Pranala bahasanya yang dihapus.

Penghapusan pranala Wikidata[sunting | sunting sumber]

Sebuah artikel bisa tidak memiliki pranala Wikidata sama sekali jika Anda memakai kata ajaib {{noexternallanglinks}}. Kata ajaib ini juga membantu penghapusan bahasa-bahasa tertentu, misalnya {{noexternallanglinks:es|fr|it}} untuk menghapus pranala bahasa Spanyol, Perancis, dan Italia.

Cakupan pranala bahasa Wikidata[sunting | sunting sumber]

Komunitas Wikidata setuju bahwa semua ruang nama proyek Wkipedia selain "Pengguna" dapat disimpan di Wikidata. Ini berarti pranala interwiki untuk kategori, templat, dan halaman kebijakan Wikipedia juga dapat disimpan di Wikidata dan dihapus di Wikipedia lokal jika disetujui kedua komunitas. Untuk contoh item Wikidata yang merujuk pada ruang nama Wikipedia, lihat Q4167836 yang merujuk pada Wikipedia:Kategori.

Pranala antarbahasa dalam kalimat[sunting | sunting sumber]

Pranala antarbahasa dalam kalimat (dengan format [[:<language>:<article>]]) akan terus berfungsi sebagaimana biasanya dan belum diubah oleh Wikidata. Misalnya, Anda bisa menautkan halaman informasi ini dalam bahasa Jerman tanpa memengaruhi pranala antarbahasanya baik di sini atau Wikidata. (Pastinya jangan lupakan titik dua!)

Perubahan terbaru[sunting | sunting sumber]

Perubahan di Wikidata yang berkaitan dengan artikel di Wikipedia ini akan muncul di Perubahan Terbaru jika opsinya diaktifkan oleh pengguna. Lihat Special:Preferences#mw-prefsection-rc.

Kotak info (Fase 2)[sunting | sunting sumber]

Wikidata bertujuan mengoleksi informasi dalam berbagai bahasa yang dapat digunakan kembali di Wikipedia, terutama di kotak info. Pilihan untuk memakai informasi ini sepenuhnya berada di tangan komunitas Wikipedia sendiri—perubahan selanjutnya pada perangkat lunak wiki hanyalah opsi untuk mengambil informasi dari Wikidata jika diinginkan. (Misalnya, beberapa teks wiki mungkin memerlukan nomor atom suatu elemen kimia atau jumlah penduduk suatu negara.) Wikidata akan membantu menambahkan rujukan/referensi untuk semua data tersebut. Fase proyek Wikidata ini tergolong besar dan ketika sebagian di antaranya sedang dikerjakan di Wikidata, sebagian lainnya masih dikembangkan. Sejauh ini belum ada Wikipedia yang memakai data ini.

Nantinya, artikel dapat menggabungkan fakta dari halaman Wikidata bersangkutan menggunakan sintaks {{#property:}} (baca lebih lanjut di meta:Wikidata/Notes/Inclusion syntax). Transklusi semacam itu harus ditambahkan dalam kalimat ke artikel secara per halaman atau per templat, secara manual atau bot, dan tidak boleh dipasang secara otomatis ke artikel sebagaimana pranala interwiki Fase 1.

Daftar properti: wikidata:Wikidata:List of properties

Daftar (Fase 3)[sunting | sunting sumber]

FAQ[sunting | sunting sumber]

Bagian ini dapat menjawab beberapa pertanyaan umum yang muncul dalam diskusi tentang pengembangan Wikidata di Wikipedia.

Umum[sunting | sunting sumber]

Mengapa halaman di Wikidata mempunyai nama seperti Q123?[sunting | sunting sumber]

Wikidata adalah sbuah proyek multibahasa. Kami tidak ingin memberikan cara pengidentifikasi dalam bahasa tertentu karena akan terlihat bahasa tersebut lebih diutamakan daripada bahasa lainnya. Oleh karena itu halaman dalam Wikidata akan mendapatkan nomor khusus. Nomor ini merupakan pengidentifikasi unik mereka. Namun, setiap halaman memiliki label dalam semua bahasa yang memungkinkan, dan biasanya hanya judul dari halaman Wikipedia yang sesuai. Mereka digunakan pada Wikidata untuk memudahkan pencarian dan melakukan operasi yang lebih rumit.

Bagaimana cara mengetahui vandalisme di Wikidata bersangkutan dengan artikel saya?[sunting | sunting sumber]

Setiap perubahan di Wikidata yang berhubungan dengan artikel yang anda awasi di Wikipedia bahasa anda seharusnya muncul di daftar pantauan aanda. Jika anda melihat sesuatu yang tidak beres, silahkan pergi ke Wikidata dan mengkoreksinya.

Fase 1[sunting | sunting sumber]

Wikidata telah diluncurkan di Wikipedia kami. Bisakah saya mulai menghapus pranala bahasa dari berbagai artikel?[sunting | sunting sumber]

Di panel kiri di setia artikel, dibawah daftar pranala bahasa, anda dapat melihat sebuah pranala yang dapat di klik untuk mengunjungi Wikidata. Dalam hal ini, anda dapat menghapus pranala bahasa dari sebuah artikel. Tetapi, jangan menghapus templat yang menunjukkan artikel bagus dan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lainnya. Masalah tentang apakah pemindahan tersebut diterima atau tidak, itu tergantung kepada komunitas proyek anda.

Mohon diingat bahwa beberapa bot pertama-tama akan memasukkan ulang pranala bahasa yang dihapus. Masalah ini akan selesai dengan sendirinya seiring dengan diperbaruinya bot tersebut. Jika ini terjadi, anda mungkin mau mengirimkan pesan kepada operator bot tersebut, untuk mengingatkannya agar memperbarui bot miliknya.

Jika pranala bahasa tetap berada dalam sebuah artikel, mereka menimpa info dari Wikidata.

Bagaimana dengan keadaan pranala yang rumit? Apakah ada cara bagi saya untuk menanggulangi hal tersebut?[sunting | sunting sumber]

Masih memungkinkan untuk menggunakan pranala bahasa dalam teks wiki seperti sebelumnya. Jadi anda bisa tetap menggunakan cara lama untuk kasus seperti ini.

Saya telah membuat sebuah halaman baru. Perlukah saya menambah pranala bahasanya pula?[sunting | sunting sumber]

Ada banyak bot dari seluruh dunia yang akan menambahakan pranala ke Wikidata. Ada solusi yang jauh lebih baik, yakni anda dapat langsung pergi ke Wikidata, cari kata kunci yang bersangkutan (misalnya, menggunakan pilihan "item berdasarkan wiki" ("item by sitelink") dan mencari artikel di salah satu bahasa yang sebelumnya telah ada), dan secara manual menambah artikel anda buat ke dalam daftar di Wikidata.

Bagaimana cara agar saya dapat menyembunyikan pranala dari Wikidata di beberapa halaman tertentu?[sunting | sunting sumber]

Untuk menyembunyikan pranala dari Wikidata, tuliskan kata ajaib {{noexternallanglinks}}. Jika digunakan sendiri, semua pranala di halaman tersebut akan dihapus. Kata ajaib ini juga bisa digunakan untuk menghapus pranala bahasa tertentu jika digunakan bersama dengan parameter. Contohnya, {{noexternallanglinks:fr|id}} akan menghapus pranala bahasa Perancis dan Indonesia.

Fase 2[sunting | sunting sumber]

Apakah dengan menggunakan Wikidata berarti Wikipedia dalam bahasa saya akan dipenuhi oleh stub tentang setiap desa di seluruh dunia?[sunting | sunting sumber]

Tidak. Wikidata menyediakan fasilitas untuk membuat halaman secara mudah dengan konten repetitif, seperti populasi, area dan kepadatan penduduk, tapi hal itu tergantung dengan komunitas anda untuk memutuskan bagaimana cara menggunakan fasilitas tersebut di Wikipedia bahasa anda. Halaman-halaman tentang desa masih perlu dikembangkan. Lagipula, Wikidata tidak mempunyai rencana untuk melakukannya secara otomatis.

Apa yang terjadi pada kotak info yang telah ada?[sunting | sunting sumber]

Mereka akan tetap berfungsi seperti sedia kala. Untuk memanfaatkan Wikidata, seseorang perlu mengubah templat dan beradaptasi dengannya.

Bagaimana cara kami untuk berbagi pendapat pada topik yang kontroversial di Wikipedia yang berbeda?[sunting | sunting sumber]

Anda tidak perlu melakukannya. Wikidata dapat menampung berbagai macam klaim dan rujukan untuk membantu mereka. Setiap orang dalam komunitas Wikipedia dapat memutuskan hal apa yang mereka sukai di Wikipedia. Pada kasus yang buruk, anda dapat menjaga hal tertentu secara lokal seperti yang terjadi saat ini.

Bagamimana cara agar kami dapat memasukkan data dari Wikidata di kotak info?[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua cara. Dalam kebanyakan hal, anda akan dapat menggunakan sintaks inklusi yang dijelaskan disini. Untuk hal yang lebih kompleks anda dapat menggunakan Lua.

Fase 3[sunting | sunting sumber]

Apakah dengan menggunakan Wikidata berarti kami harus membuat daftar artikel? Hal tersebut tidak lakukan dalam Wikipedia bahasa kami[sunting | sunting sumber]

Tidak. Wikidata hanya menyediakan fitur untuk membuat daftar artikel secara mudah dan otomatis. Anda tidak diharuskan untuk menggunakannya. Anda bisa menggunakan fitur Wikidata lainnya, seperti penyimpanan sentral pranala interbahasa, tanpa menggunakan opsi pembuatan daftar otomatis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]