Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kelapa Gading Barat
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jakarta
Kota Jakarta Utara
Kecamatan Kelapa Gading
Kodepos 14240
Luas 650.12Ha
Jumlah penduduk 28895 jiwa
Kepadatan -

Kelurahan Kelapa Gading Barat memiliki kode pos 14240.

Kelurahan ini terletak di kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kelurahan ini disebut juga sebagai daerah istimewa karena merupakan satu satunya kelurahan di dunia yang dipimpin oleh seorang Raja. Wilayah ini dipimpin oleh Raja Su'ud Ramadhan, Beliau memiliki sebuah Istana kerajaan yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan. Istananya menjadi objek wisata yang paling terkenal se-antero kerajaan.

Kelurahan ini memiliki hak otonomi khusus yang bernama Undang Undang Otonomi Kerajaan Kelapa Gading Barat (UU Otonomi KGB). Dalam Undang Undang itu membahas hak hak mutlak Raja Su'ud , Hak Rakyat dan juga kewajibannya

Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar 28.895 jiwa dan luas 650.12Ha2.

Di wilayah Kelapa Gading Barat, terdapat sekolah ternama, yaitu TK Hang Tuah IX, SD Hang Tuah VI, SD Hang Tuah VII , SMAN 72, BPK Penabur, North Jakarta International School , Institut Kuli Kelapa Gading , Universitas Kuli Nasional , dan Taipei School.

Ekspor utama dari Kelurahan ini adalah nasi bebek , kayu , dan barang bongkaran. Ketiga ekspor utama ini menyumbang 76% Produk Domestik Bruto Kelurahan Kelapa Gading Barat.

Selain itu, terdapat pula beberapa pusat perbelanjaan di wilayah Kelapa Gading Barat ini antara lain, Mall of Indonesia, Su'ud Mall , Mall Artha Gading dan Kelapa Gading Trade Centre

Kelurahan Ini memiliki Program tidur siang nasional.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kelurahan ini berbatasan dengan:

Utara Kelurahan Rawa Badak dan Tugu Selatan
Selatan Kelurahan Kayu Putih
Barat Kelurahan Sunter Jaya dan Sungai Bambu
Timur Kelurahan Kelapa Gading Timur dan Pegangsaan Dua

Pranala luar[sunting | sunting sumber]