Horai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam mitologi Yunani, Horai (bahasa Yunani: Ὧραι) adalah tiga dewi yang mengendalikan ketertiban kehidupan. Mereka adalah putri dari Zeus dan Themis, dan saudara tiri dari Moirai.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Eirene, salah satu Horai

Para Horai disebut di Illiad sebagai penjaga gerbang awan Zeus. Sedangkan menurut Hesiodos, Zeus menikahi Themis yang kemudian melahirkan Eunomia, Dike, dan Eirene, dewi-dewi hukum dan ketertiban yang menjaga stabilitas masyarakat. Mereka disembah terutama di kota Athena, Argos dan Olimpia. Dan dalam Himne Homeros, mereka adalah Thallo, Auxo, dan Karpo, dewi-dewi musim yang merepresentasikan musim semi, musim panas dan musim gugur. Mereka disembah di pedesaan terutama di kalangan petani di seluruh Yunani.

Dalam kelompok Horai pertama (Eunomia, Dike, dan Eirene), Dike adalah dewi keadilan dan moral. Dia berkuasa atas keadilan manusia sedangkan ibunya (Themis) berkuasa atas keadilan para dewa. Dike lahir sebagai seorang manusia dan Zeus menempatkan dia di bumi untuk menjaga umat manusia tetap adil. Dike dengan cepat menyadari bahwa hal ini mustahil dan akhirnya ditempatkan bersama dengan Zeus di Gunung Olimpus. Eunomia adalah dewi hukum dan perundang-undangan. Eirene, atau Irene adalah dewi kedamaian dan kekayaan, dan digambarkan dalam seni kuno sebagai wanita muda centik yang membawa kornukopia, tongkat kerajaan dan obor atau rhiton.

Dalam Erga Kai Hemerai karya Hesiodos, para Horai bersama para Kharis dan para Feitho memahkotai Pandora dengan karangan bunga. Begitu juga Afrodit yang pertama kali muncul dari laut, didandani dan diberi pakaian (yang dicelup dengan bunga musim semi) oleh para Horai.

Dalam kelompok kedua (Thallo, Auxo, dan Karpo), mereka dikatakan berasal dari Afrodit dan merupakan lambang dari kehidupan dan pertumbuhan. Thallo (Θαλλώ, secara harfiah berarti "orang yang membawa bunga-bunga") (atau Thalatte) adalah dewi musim semi, tunas dan bunga-bunga, dan pelindung para pemuda. Auxo (Αὐξώ, berarti penambah), bersama Hegemone dipuja di Athena sebagai para Kharis. Karpo (Καρπώ)), Carpho atau Xarpo adalah yang memberi makanan. Dia adalah pelayan Persefone, Afrodit dan Hera, dan sering dikaitkan dengan Dionisos, Apollo dan Pan.

Horai versi Argos[sunting | sunting sumber]

Di Argos, ada dua dan bukannya tiga Horai yang diakui, kemungkinan merepresentasikan musim panas dan musim dingin. Mereka adalah Damià (mungkin nama lain untuk Karpo) dan Auxesia. Menurut beberapa pendapat, Mereka adalah gadis Kreta yang disembah sebagai dewi setelah secara kejam dirajam sampai mati.

Kelompok Horai yang lain[sunting | sunting sumber]

Beberapa pendapat menyatakan adanya kelompok Horai ketiga. Mereka adalah Pherousa (dewi pertanian dan perkebunan), Euporie atau Euporia (dewi kelimpahan), dan Orthosie (dewi kemakmuran).

Dan Nonnus dalam Dionysiaca menyebutkan kumpulan empat Horae: Eiar, Theros, Kheimon dan Phthinoporon. Masing-masing adalah bahasa Yunani untuk musim semi, musim panas, musim dingin dan musim gugur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]