Suku Lapith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran antara suku Lapith dan para kentaur.

Dalam mitologi Yunani, Suku Lapith (bahasa Yunani Kuno: Λαπίθαι) adalah kelompok etnis yang tinggal di daerah Thessalia, di lembah Peneios[1] dan di gunung Pelion. Mereka termasuk dalam suku Aiolia. Seperti halnya suku Mirmidon dan suku-suku lainnya di Thessalia, suku Lapith berasal dari masa pra-Hellen.

Suku Lapith mengirim empat puluh kapal dalam Perang Troya, dengan Polipoites (putra Pirithos dan Leonteos) sebagai komandannya.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Lapithos dan Kentauros adalah putra dewa Apollo dan nimfa Stilbe, putri dewa sungai Peneios. Lapithos tumbuh menjadi prajurit yang gagah perkasa, namun Kentauros adalah orang yang cacat dan lebih sering menghabiskan waktu bersama kuda-kuda betina. Kentauros berhubungan seksual dengan kuda-kuda betina itu dan akhirnya terlahirlah ras kentaur, makhluk setengah kuda setengah manusia. Sementara Lapithos menjadi leluhur suku Lapith.[2][3] Keturunan Lapithos yang terkenal antara lain Iksion, Pirithos, Kaineus, da Koronos, serta peramal Idmon dan Mopsos.

Kentauromakhia[sunting | sunting sumber]

Pirithos, raja Lapith, menikah dengan Hippodameia. Dalam pesta pernikahannya, para kentaur diundang karena mereka masih termasuk saudara suku Lapith. Namun di sana mereka disuguhi dengan miuman anggur sehingga sifat liarnya keluar. Ketika Hipodameia muncul, kentaur Eurition berusaha meculiknya, dan tindakannya ini diikuti oleh para kentaur lainnya. Akibatny pecahlah pertempuran antara para kentaur dengan suku Lapith. Konflik tersebut dinamai Kentauromakhia (Perang Kentaur). Pada akhirnya ras kentaur mengalami kekalahan dan pergi dari Thessalia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Suku Lapith membuat rumah di sekitar sungai Peneios" (Diodoros Sikolos, 4.69.2).
  2. ^ Homeros, Iliad 12.128
  3. ^ Diodoros Sikolos 4. 69; 5. 61.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]