Abderos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam mitologi Yunani, Abderos (Bahasa Yunani: Ἄβδηρος) adalah seorang pahlawan, yang menurut beberapa pendapat dianggap sebagai putra Hermes dan Eponim dari Abdera, Thrace.

Beberapa sumber mengatakan ia adalah anak dari dewa Hermes. Tetapi menurut sumber lain, ia adalah anak dari Thromius dari Lokrian. ada juga yang menyatakan ia adalah anak dari teman Herakles, Opian Menoetius, yang berarti Abderos adalah saudara Patroklus.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Untuk menyelesaikan tugas kedelapannya, Herakles mengajak Abderos dan beberapa pemuda lain untuk membantunya menangkap empat kuda liar milik Diomedes raja Trakia. Herakles berhasil melumpuhkan para pengurus kuda dan menggiring kuda-kuda Diomedes itu ke laut dan mempercayakan mereka dalam perawatan Abderos. Sementara Herakles pergi, kuda-kuda itu melahap Abderos. Sebagai balasannya, Herakles memberi makan kuda-kuda itu dengan daging tuan mereka, Diomedes. Herakles kemudian mendirikan kota Abdera di dekat makam Abderos tempat agones (ἀγῶνες), olahraga atletik yang terdiri dari tinju dan gulat, diadakan untuk mengenang Abderos (tetapi balapan kereta perang dilarang, karena berkaitan dengan pembunuhnya).

Dalam beberapa tradisi lain, alih-alih menolong Herakles dalam tugas kedelapannya, Abderos (atau Abdertis) adalah seorang pelayan Diomedes, dan dibunuh oleh Herakles bersama-sama dengan majikannya dan empat ekor kuda itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]