Orakel Delfi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Delphi di antara tempat-tempat pemujaan Yunani kuno yang lain.

Orakel Delfi (Yunani: Δελφοί — Delphoi; atau disebut Pythia) adalah sebuah orakel terkenal di Yunani yang dilindungi oleh dewa Apollo. Mereka terdiri dari imam-imam wanita yang bertugas di Kuil dewa Apollo di kota Delfi (atau Delphi), yang terletak di lereng Gunung Parnassus, di bawah mata air "Castalian Spring". Kota Delfi sendiri disebut-sebut oleh bangsa Yunani sebagai pusat dari tata surya.

Ramalan dari imam wanita Pythia dipercayai berasal dari dewa Apollo. "Orakel Delfi" mulai didirikan pada abad ke-8 SM,[1] meskipun sudah ada dalam bentuk tertentu pada zaman Mycenaean akhir,[2] dari tahun 1400 SM dan ditinggalkan, serta ada bukti bahwa pemuja Apollo mengambil alih kuil itu dari tempat pemujaan dewi Gaia sebelumnya.[3] Catatan terakhir adalah dari tahun 395 M oleh Kaisar Romawi Theodosius I, ketika ia memerintahkan kuil-kuil berhala untuk berhenti beroperasi.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Nama Delphoi dihubungkan dengan δελφ (delph=rongga) atau δελφός (delphus=rahim) dan mungkin merupakan penghormatan pada Gaia, Dewi Bumi. Apollo dikaitkan dengan lokasi ini dengan julukannya yang berbunyi Δελφίνιος (Delphinios = sang Delfi), salah satu dari rahim. Dikisahkan bahwa Apollo tiba pertama kali di Delfi dalam wujud seekor lumba-lumba dengan membawa pendeta Kreta di punggungnya.

Legenda lainnya menyatakan Apollo berjalan dari utara menuju Delfi dan singgah di Tempe, kota di Thesalonika untuk mengambil laurel, tumbuhan yang sakral baginya. Sebagai peringatan, pemenang Perlombaan Pithia menerima mahkota bunga laurel yang dipetik di Tempe.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morgan 1990, p. 148.
  2. ^ lihat diskusi dalam Deitrich, Bernard C. (1992), "Divine Madness and Conflict at Delphi" (Kernos 5) PDF at http://scholar.google.com/scholar?hl=en&q=Mycenaean+Delphi&btnG=&as_sdt=1%2C5&as_sdtp=
  3. ^ Fortenrose. J. (1959) "Python. A Study ofDelphic Myth and Its Origins, (Berkeley)