Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Juni 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Hiddencat

Yang pertama, saya ingin mengusulkan agar kategori-kategori di bawah Pemeliharaan Wikipedia diberi {{hiddencat}} supaya tidak tampak di artikelnya. Kemudian yang kedua yang masih senada adalah kategori-kategori di bawah Artikel bagus (yang notabene tidak aktif lagi) juga diberi kucing-tersembunyi itu. Alasan usulan di atas adalah karena sifatnya teknis/pemeliharaan, dan tidak ensiklopedis, sehingga kadang membingungkan antara kategori beneran dan kategori-kategori teknis. Klo tidak salah di en.wiki kategori2 itu ditaruh di halaman pembicaraan, tapi mungkin saya salah. Lagipula bagi yang bekerja di balik layar, pilihan menampilkan kategori tersembunyi bisa diaktifkan/non-aktifkan lewat Preferensi#Lain-lain. 08:24, 22 Mei 2009 (UTC) Hubungi:
Bennylin
 ∧ ∧
(,,°Д°)
Baru sebatas usulan kok sudah dilaksanakan? Tidak setuju. borgx(kirim pesan) 00:13, 23 Mei 2009 (UTC)
Bagi Anda pengguna-pengguna biasa, apakah kategori-kategori itu dirasa mengganggu? Hubungi:
Bennylin
06:19, 24 Mei 2009 (UTC)
 ∧ ∧
(,,°Д°)
Kategori-kategori ini memang sedikit mengganggu.felik (bicara) 07:27, 20 Juli 2009 (UTC)

oren lavie what????

kemarin/tempo hari gw terjemahin artikel tentang oren lavi dari
http://en.wikipedia.org/wiki/Oren_Lavie
eh tapi belum sampe sehari uda di hapus ni artikel
alasannya sih yang diomongin kurang terkenal
yang gw bingung si
jadi Oren Lavie yang mejeng di wikipedia en kurang terkenal gitu?
jadi Oren Lavie seorang penyanyi yang menelurkan sebuah album dan sebuah seinggle untuk soundtrack Narnia 2 kurang terkenal gitu?
atau admin ga pernah nonton Narnia 2? salah satu film paling terkenal dan masuk box office
padahal di id.wikipedia juga ada artikel tentang narnia!
sungguh terlalu
saran gw si tolong kalau bisa artikel gw tentang oren lavie kemarin diidupin lagi
Oren Lavie gw terjemahin ke id.wikipedia.org agar semua orang bisa mengerti tentang di dengan lebih mudah
dan gak harus buka http://en.wikipedia.org/wiki/Oren_Lavie untuk mengetahui sedikit histori Oren Lavie
admin oh admin

– komentar tanpa tanda tangan oleh Ex lumber (bk) pada 13:34, 28 Mei 2009 (UTC).

Artikel Oren Lavie tidak pernah dibuat. Di log penghapusan juga tidak ada. borgx(kirim pesan) 14:26, 29 Mei 2009 (UTC)

Mungkin Anda melihat pratayang (preview) dan mengira artikel tersebut telah tersimpan, padahal belum. --BlackKnight(kirim pesan) 14:58, 29 Mei 2009 (UTC)

Saya telah mengembalikan artikel Oren lavie (ternyata ada perbedaan huruf kapital sehingga tidak terdeteksi di log penghapusan). Artikel ini membutuhkan perbaikan referensi. Terima kasih. REX (bicara) 04:22, 12 Juni 2009 (UTC)

sejarah khubilai khan

menjadi tanya kenapa sejarah kubilai khan invasi ke Iraq kok tidak dimasukkan padahal invasi khubilai khan ke Iraq salah satunya adalah pembakaran pustaka terbesar di Irag oleh khubilai khan bisa menghancurkan masa depan Iraq pada waktu itu yaitu masa khilaya Harun Al Rasyid zaman ke emasan khilayafay Islam. pembakaran pustaka itu adalah strategi khubilai khan menghancurkan pustaka merupakan penghancuran secara pelan tanpa perang yaitu melalui kebodohan warganya.begitu juga zaman sekarang banyak terjadi pembodohan suatu negara untuk kepentingannya.sayangngnya warga negaranya tahu itu tetapi bersedia dibodohi karena mendapat keuntungan dari itu.apakah indonesia begitu juga? maybe.

– komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh 125.162.70.35 (bicara) 05:02, 30 Mei 2009 (UTC).

Silakan menambahkan sejarah tersebut beserta dengan referensinya yang valid. Terima kasih :) REX (bicara) 04:24, 12 Juni 2009 (UTC)

Pengetahuan tentang aksara di nusantara

Agar aksara di nusantara (aksara Jawa, Bali, Sunda, Batak, dll) tidak punah (tidak digunakan lagi, tidak diketahui lagi cara penulisannya), saya mengusulkan agar dibuat artikel mengenai aksara yang dimaksud, membahas tentang pengucapan, cara penulisan, sejarah, dan hubungan kekerabatan dengan aksara lain. Bila Anda setuju, saya akan mulai dengan aksara Bali, karena Bali adalah kampung halaman saya. Bila Anda berminat dengan aksara Jawa, dan ingin membuat artikel tentang aksara Jawa, mari kita bekerja sama, karena saya melihat adanya hubungan kekerabatan antara aksara Bali dengan Aksara Jawa. Jadi, saya berharap artikel tentang aksara Bali dan aksara Jawa saling melengkapi.

Demikian usul dari saya.

-- Adiputra बिचर -- 06:02, 31 Mei 2009 (UTC)

Aksara Nusantara kan sudah ada artikel2nya? Kalau belum lengkap silakan dilengkapi. Klalu soal cara penulisan dan pngucapan, jgn di wikipedia tp wikibooks aja krn sdh spt manual. Kembangraps (bicara) 17:10, 5 Juni 2009 (UTC)

Kalau setiap aksara diberi artikel sendiri, bagaimana? Yang isinya cukup banyak, dibuat artikelnya. Yang isinya sedikit, cukup digabung dgn yang banyak. Demikian usul dari saya.

-- Adiputra बिचर -- 06:23, 7 Juni 2009 (UTC)

Memang harusnya begitu. Tapi mengenai cara penulisan dan pengucapan yang mendetail, di wikibooks saja. Kembangraps (bicara) 13:51, 19 Agustus 2009 (UTC)

Topik Tahukah Anda

Saya sangat menggemari topik Tahukah Anda yang terdapat di halaman muka. Namun satu hal yang bikin saya geli, kenapa hampir di setiap pembaruannya, selalu saja ada konten tentang CATUR ?????? Bosan saya melihatnya. Tiap hari kok CATUR melulu yang dibahas. Terima kasih. 118.137.1.146 18:52, 5 Juni 2009 (UTC)hendra

Anda tampaknya belum mengerti cara kerja Wikipedia. Wikipedia dapat disunting siapa saja. Jadi kalau Anda tidak suka dengan catur tinggal disunting saja. borgx(kirim pesan) 02:10, 6 Juni 2009 (UTC)

hukum

dimana bisa saya dapatkan info "wiki hukum" --Teuke Nambikwara (bicara) 05:34, 6 Juni 2009 (UTC)

Mungkin dapat dilihat di bagian ini. Salam, Naval Scene (bicara) 07:14, 3 Agustus 2009 (UTC)

tidung

wikipedia adalah salah satu rujukan saya dalam mencari hal-hal baru yang belum saya ketahui, namun artikel tidung mengganggu saya,

sejarah adalah kenyataan dan cerminan masa lalu yang akan dibawa terus oleh pewarisnya ke masa yang akan datang.

sejarah merupakan cerita yang dapat dibuktikan melalui catatan-catatan atau bukti arkeologi. sepengetahuan saya baik melalui buku kerajaan-kerajaan nusantara, atau catatan-catatan dari kerajaan belanda, atau sejarah kerajaan bulungan, tidak pernah diceritakan adanya kerajaan tidung di tarakan, sejak beroperasinya perusahaan minyak belanda di pulau Tarakan pada tahun 1700 tidak pernah tercatat tulisan mengenai kerajaan tidung ini, dan bagi hasil minyaknya di serahkan ke Kerajaan Bulungan sejak jaman sultan Kasimuddin. memang pernah tercatat tulisan mengenai tanah tidung oleh petualang belanda tapi hal tersebut merujuk kepada kerajaan yang di pimpin oleh raja pandita di malinau (Kabupaten Malinau) yang kemudian disebut tana tidung.

mohon pengurus mempertimbangkan hal ini karena tulisan ilmiah yang tidak faktual akan menjadi fiksi ilmiah, tulisan tersebut (kerajaan tidung di pulau tarakan, yang ada di wikipedia ini) lebih kepada lagenda dan bukan sejarah dan akan menyesatkan pembaca berikutnya, apalagi tulisan tersebut tidak mengacu kepada catatan sejarah apapun.

sejarah harus tetap diluruskan seperti apa dia tercatat.

terima kasih

Shafly (bicara) 22:17, 11 Juni 2009 (UTC)

Anda dapat membantu kami memperbaiki artikel-artikel di Wikipedia dengan memberikan referensi-referensi yang diperlukan. Pengurus tidak melakukan intervensi terhadap isi Wikipedia, sejauh terdapat kelayakan dan referensi yang cukup memadai. REX (bicara) 04:05, 12 Juni 2009 (UTC)

tidak pernah ada kerajaan tidung di Tarakan

topik ini tidak dapat disunting atau ditambah mengingat karajaan yang dimaksud memang tidak pernah ada, jadi informasi yang ditulis dalam topik ini menyesatkan.

seperti diketahui, karena letaknya yang sangat strategis dan sumberdaya alam yang melimpah, pulau tarakan telah terkenal sejak dulu, pemerintah Belanda telah mengeksploitasi minyak di pulau ini sejak tahun 1700-an yang bagi hasilnya diserahkan kepada kerajaan Bulungan (sebagai kerajaan yang mmenguasai wilayah ini) karena pertimbangan strategis maka setiap pendatang yang akan memasuki kerajaan bulungan pasti singgah dulu ke pulau tarakan yang terletak di muara sungai bulungan, ahirnya disebut pulau tarakan (pulau tempat makan/istirahat). dari catatan/cerita pedagang arab yang kemudian bermukim di kesultanan bulungan tidak pernah tertulis kerajaan tidung di tarakan, demikian juga keluarga bangsawan bugis yang merantau ke kesultanan bulungan yang kemudian menikah dan menjadi kerabat kerajaan bulungan (tahun 1700-1800 an), mereka singgah dan istirahan di pulau tarakan sebelum melanjutkan perjalanan ke kesultanan bulungan, juga tidak terdapat cerita/catatan yang menyatakan di pulau tarakan terdapat kerajaan tidung. sebagai dasar sejarah, kerajaan-kerajaan nusantara dicatat dengan baik oleh orang-orang belanda, pun tidak pernah mencatatkan namanya kerajaan tidung. demikian juga catatan dari kerajaan bulungan atau kerajaan gunung tabur sebagai kerajaan terdekat dengan pulau tarakan, tidak pernah terjalin hubungan dengan kerajaan tidung dipulau tarakan, karena memang kerajaan tersebut tidak pernah ada. untuk referensi mengenai kerajaan tradisional di indonesia dapat merujuk ke indonesian traditional polities.

terima kasih atas atensinya,

Nb. semoga wikipedia tetap bisa menjaga kebenaran dan ke-ilmiah-an informasi yang dipublikasikannya.

Shafly (bicara) 06:14, 12 Juni 2009 (UTC)

Terimakasih atas infonya... Traidunio (bicara) 05:28, 2 Agustus 2009 (UTC)

Penghapusan Templat Sepak Bola {{...f}}

Saya mengusulkan untuk menghapus templat sepak bola yang berjudul {{kode_tiga_huruf_negaraf}} (contoh : {{INAf}}  : hasil Templat:INAf).

Alasannya sudah ada {{fb}} dan {{fb-rt}} ataupun walau lebih ribet sedikit : {{negara|___}} {{timnas|___}} dan {{timnas|___}} {{negara|____}}.

Lagi pula pemakaian templat seperti itu sudah jarang dipakai di wiki lain. Namun, masih ada di WBI yang menggunakan templat {{___f}}, jadi kalau disetujui maka harus diubah dulu ke format yang tetap menjaga kualitas artikel. Terima kasih. Albertus Aditya (bicara) 14:45, 20 Juni 2009 (UTC)

Gabungkan dengan templat yang tanpa _f saja (misalnya {{INAf}} dengan {{INA}}) 03:04, 21 Juni 2009 (UTC) Hubungi:
Bennylin
 ∧ ∧
(,,°Д°)

Pengurus

Bagaimana ya mau jadi pengurus baru? Triwikanto (bicara) 07:26, 30 Juni 2009 (UTC)

Anggap aja sebagai ujian awal. Ketentuannya sudah ada di Wikipedia, tinggal dicari. Kalau menemukan ketentuannya saja blm bisa, bagaimana bisa menjadi calon pengurus. borgx(kirim pesan) 07:57, 30 Juni 2009 (UTC)