Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Juni 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian



WikiTube

Saya barusan membaca presentasi dari Paul Williams (Skenmy), yang salah satu misinya adalah Meningkatkan penggunaan Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya sebagai sumber yang dapat dipastikan dan dapat dipercaya (misalnya untuk akademia). Saya jadi ingat Youtube yang juga sering digunakan untuk bahan pembelajaran bagi banyak siswa atau bahkan mahasiswa di seluruh negara. Seandainya saja para Dewan Wikipedia memprakarsai WikiTube, hehe...... karena bagi saya sebuah clip lebih banyak bercerita daripada hanya tulisan.Semoga....Praken 08:37, 18 Juni 2008 (UTC)

Menurut saya tulisan tetap penting. Video memang bisa jadi medium yang mengasyikkan saat membaca jadi membosankan dan membuat jenuh. Alasannya, informasi dalam tulisan lebih jelas dan terstruktur. Tidak heran, tulisan selalu jadi bentuk referensi dalam dunia ilmiah.--za (bicara) 15:46, 21 Juli 2008 (UTC)

Stdbot

Templat-templat {{sdbot}}, {{anon}}, {{sd}} saya rasa perlu dimutakhirkan (seperti di en.wiki) sehingga tidak tampak seperti pesan otomatis yang kurang pribadi gitu baik dari segi bahasanya maupun dari tampilannya (dikotaki). Tujuan pesan ini kan supaya orang yang baru gabung bisa mengecek pranala-pranala yang diberikan, tapi saya rasa kalau orang baru melihat pesan tersebut dan merasa/curiga bahwa itu cuma "templat" saja yang dihasilkan secara otomatis, mereka akan mengacuhkannya. Buktinya banyak orang-orang baru yang saya rasa tidak pernah membuka halaman "kebijakan dan pedoman" (contohnya menaruh profil mereka di halaman wikipedia/bukan halaman pengguna sendiri, dll). Beda jika pesan tersebut gaya bahasanya lebih lugas (yang sekarang kaku), seakan-akan seorang admin bener-bener ngetik satu-persatu pesan tersebut, maka kemungkinannya dibaca lebih besar, dan dengan demikian akhirnya menghemat waktu pemeliharaan halaman-halaman id.wiki. Bagaimana? (-_-)V bennylin 404 08:23, 8 Mei 2008 (UTC)

Setuju setuju harus ada seseorang admin yang diberi status bot biar suntingannya tidak terlihat di rc Fjr ab (NgobrolNgamenLAMPU MERAH!) 08:39, 8 Mei 2008 (UTC)
Komentar: Gak nyambung deh kayaknya --Andri.h 10:01, 8 Mei 2008 (UTC)
Ini hubungannya apa dengan di atas? borgx(kirim pesan) 08:41, 8 Mei 2008 (UTC)
otomatis di sini maksudnya dari bot gitu? {{anon}} dan {{sd}} tidak datang dari bot kok. borgx(kirim pesan) 00:03, 9 Mei 2008 (UTC)
Memang tidak datang dari bot, tetapi terlihat seperti dikirim oleh bot. --BlackKnight(kirim pesan) 02:29, 18 Juni 2008 (UTC)

Ato ttd bot nya aja yang kasih nama pemilik nya.... 07:18, 9 Mei 2008 (UTC)

Sekarang udah lebih baik, berkat REX. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 23:48, 1 Juli 2008 (UTC)

Featured articles

Hi there,
pages linked at Wikipedia:Artikel_pilihan are featured articles, right? Are there two templates for marking featured articles then? Most articles like Islam seem to include Templat:Featured article, but Mao Zedong and others do use Templat:Artikel bagus utama! Could you explain the intention of both templates, please. It's for a correct PyWikipediaBot script featured.py! --- Best regards, Melancholie 12:34, 12 Juni 2008 (UTC)

Hmm, and what's the difference between Wikipedia:Artikel Bagus Biasa and Wikipedia:Artikel bagus? --Melancholie 12:44, 12 Juni 2008 (UTC)

Hi Mel, hold up on the article bagus part, it is not a community decision yet, right now it is an personal preference of one of our user in marking things as "good" or "bagus" - not the community. I will pass on the first question to our sysop who is more competent technically. Serenity

There is a slight confusion regarding "featured articles" (artikel pilihan) and "good articles" (artikel bagus) - especially with the use of the similar star icons for those two categories. Artikel Pilihan is "Featured Articles" so you would be correct to link it with that script I think. As for Wikipedia:Artikel Bagus Biasa (very rough translation = "Average Good Article") and Wikipedia:Artikel bagus, I've asked the creator of those two categories to answer this question here... (happens to be same person). Hayabusa future (\0-0/) 05:56, 13 Juni 2008 (UTC)
Dulu ABB (bagus biasa) = Sekarang AB, Dulu ABU (bagus utama) = Sekarang AP? (-_-)V bennylin 404 Bahasa standar selamanya adalah bahasa tulisan. STA 06:06, 13 Juni 2008 (UTC)
Sistem ABU dan ABB sudah dimusnahkan dari WBI, yang ada sekarang adalah AB (artikel bagus) • Mimihitam  • 08:27, 13 Juni 2008 (UTC)
Maybe it's because there's two systems: the old system (where Artikel Bagus Biasa = Good articles and Artikel Bagus Utama = Featured articles) and the new one (Artikel Bagus = Good articles, and Artikel Pilihan = Featured articles). (-_-)V bennylin 404 Bahasa standar selamanya adalah bahasa tulisan. STA 08:06, 13 Juni 2008 (UTC)

It's the old unused system. In English Wikipedia, there is a Wikipedia:Good Article. In the old one, good article is split into 2, "average good article" (Wikipedia:Artikel Bagus Biasa) and good article (i dont know much about the difference, its not me who created this). • Mimihitam  • 08:17, 13 Juni 2008 (UTC)

Artikel Bagus Biasa (Average Good Articles) and Artikel Bagus Utama (Main Good Articles) are the old system, c. 2005–2007. These two should have been obsolete and merged into just Artikel Bagus (Good Articles). All these are different from Artikel Pilihan (Featured Articles). Some featured articles had Templat:Artikel bagus utama on them, this was a mistake and has been fixed – Templat:Artikel bagus utama is no longer transcluded from anywhere and is soon to be deleted. dragunovadiscuss 17:30, 18 Juni 2008 (UTC)

Thank you very much for this information! The script featured.py has been changed to that, thanks... But by the way: Is there a good reason why you do not translate the name "Featured article" of the template into your language? --- Best regards, Melancholie 18:52, 18 Juni 2008 (UTC)
There is no particular reason. It's just something we have yet to do. dragunovadiscuss 02:49, 19 Juni 2008 (UTC)

Dibutuhkan: Artikel Pilihan

Sudah dua kali Halaman Utama id.wiki tidak memiliki Artikel Pilihan. Hal ini mungkin disebabkan karena proses pemilihan kalah cepat dengan pergiliran AP di Halaman Utama. Saya mau usulkan jalan keluarnya:

  1. Pilih Artikel Pilihan lama untuk mengisi kekosongan, atau
  2. Entah bagaimana ajak semakin banyak wikipediawan untuk membuat artikel yang bagus (semacam insentif :P), atau
  3. Gunakan mantan Artikel Bagus untuk dijadikan Artikel Pilihan, atau
  4. Jangan terlalu tinggi standarnya, karena toh memang id.wiki belum banyak artikel bagus, jadi jangan gunakan standar tinggi, misalnya standar en.wiki, untuk memilih AP.

Bagaimana? NB: sistem Artikel Bagus sebaiknya dihapus saja. (-_-)V bennylin 404 Bahasa standar selamanya adalah bahasa tulisan. STA 01:49, 18 Juni 2008 (UTC)

Yah, 2 dari yang Anda sebutkan di atas sebelumnya saya lakukan, tapi sekarang saya sudah tidak mau menyentuh artikel bagus dan artikel pilihan lagi. Kalo artikel bagus gak usah dihapus. • Mimihitam  • 02:33, 18 Juni 2008 (UTC)

Sepertinya hal ini terjadi karena mekanisme pemilihan featured article tidak berjalan, bukan karena artikel bagusnya hanya sedikit.--BlackKnight(kirim pesan) 02:41, 18 Juni 2008 (UTC)

Yup • Mimihitam  • 03:23, 18 Juni 2008 (UTC)
Jadi menurutmu kita sebenarnya punya artikel berkualitas yang lebih banyak dari yang sekarang diusulkan? ke mana saja mereka? kok saya pesimis ya. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 05:03, 18 Juni 2008 (UTC)
Jika memang sedang kosong, maka saya rasa lebih baik kalau kita menggunakan artikel pilihan yang lama (asal isinya masih rapi akurat dll). Namanya saja Artikel Pilihan, berarti hanya artikel yang sudah memenuhi syarat saja yang ditampilkan. Bisa saja dulu sewaktu artikel tsb ditampilkan di Halaman Utama ada orang yang belum sempat membacanya, jadi bukan masalah memakai pilihan lama. Hayabusa future (\0-0/) 12:07, 18 Juni 2008 (UTC)

Well, gw udah ga mau ngusulin AP lagi, jadi, kalo kosong silakan pake yang lama  Mimihitam  • 12:09, 18 Juni 2008 (UTC)