Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Februari 2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cheatsheet[sunting sumber]

Saya ada usul, bagaimana kalau WBI membuat halaman baru yang berguna untuk membantu pengguna baru untuk memahami kode wiki? Di Wikipedia bahasa Inggris, halaman ini disebut cheatsheet, namun saya tidak tahu judul yang tepat untuk halaman ini jika dibuat di WBI. Halaman ini memuat informasi paling dasar yang harus diketahui oleh pengguna pemula. Jadi, pengguna pemula dapat menulis artikel dengan benar. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Februari 2014 13.33 (UTC)

Ide yang baik sekali Mas Hanamanteo. Semoga segera terlaksana. Saya mau ikut usulkan nama artikelnya Bantuan:Ikhtisar_kode_perintah. ibensis (What’s the Story?) 1 Februari 2014 14.42 (UTC)
Tidak masalah sih. Tapi, cheatsheet ini 'kan sudah ada di atas kotak suntingan masing-masing, praktis dan selalu ada. Maka dari itu, yang terpenting adalah mengingatkan pengguna baru akan keberadaan cheatsheet itu. -- Adiputra बिचर -- 1 Februari 2014 15.18 (UTC)
Menurut saya tidak perlu. Semua sudah ada di halaman Bantuan. Tapi kalau ada yang mau buat tidak dilarang. Bozky(bicara) 1 Februari 2014 15.38 (UTC)
Sudah dibuat: Bantuan:Ikhtisar kode perintah (sesuai usulan ibensis ) FarrasLa Poste 1 Februari 2014 16.41 (UTC)
Nah, sekarang tinggal taruh di mana link Bantuan:Ikhtisar kode perintah agar terbaca oleh pengguna pemula. Mungkin di templat selamat datang? Hysocc, Let's talk 1 Februari 2014 16.45 (UTC)
Wah mantap. Dua untuk Farras. Keduluan deh... untung gak konflik penyuntingan. Bozky(bicara) 1 Februari 2014 16.44 (UTC)

Usul mengenai pengguna baru[sunting sumber]

Seperti yang sering terlihat di Perubahan terbaru, pengguna baru langsung membuat akun kedua dengan nama yang hampir sama sesaat setelah ia terdaftar. Kemarin di WikiCamp 9 Februari ketika saya mengajari pengguna baru, saya jadi mengetahui mengapa hal itu terjadi: pengguna tersebut tidak mengetahui bahwa ia sudah log in. Ia tidak melihat ke sisi kanan atas layar, atau melihatnya tapi tidak tahu apa maknanya.

Cuma usulan, mungkin dari hal tersebut ada yang perlu diubah sehingga pengguna tersebut tahu bahwa ia sudah log in. Namun sepertinya tidak perlu ditanggapi serius, karena pengguna baru yang langsung membuat akun kedua tersebut jumlahnya sangat sedikit. Hysocc, Let's talk 12 Februari 2014 10.49 (UTC)

Usul bagus. :) Hariadhi - Ngobrol 12 Februari 2014 12.02 (UTC)
Telah saya sembunyikan tombol "Bergabung menjadi kontributor" untuk yang telah masuk log. [1] ·· KℇℵℭK 12 Februari 2014 14.00 (UTC)
Kalau sempat, sekalian diganti titlenya dari Mari bergabung! menjadi Anda sudah bergabung.! ketika sudah login.  eMpu  bicara  12 Februari 2014 16.14 (UTC)
Suka Bozky(bicara) menyukai ini.
Terima kasih Mas Hysocc untuk idenya. :-) --Ricky Setiawan (bicara) 12 Februari 2014 15.55 (UTC)

Penggabungan Abjad Jawi dan Tulisan Jawi[sunting sumber]

Kedua artikel ini (Abjad Jawi dan Tulisan Jawi) memiliki maksud yang sama (rujukan interwiki bahasa Inggrisnya juga sama en:Jawi alphabet ). Sebaiknya isinya digabungkan dan salah satunya dijadikan sebagai halaman pengalihan.  eMpu  bicara  13 Februari 2014 01.13 (UTC)

Setuju dengan usul Mas Empu Bukankah Tulisan Jawi dan Huruf Jawi sudah dialihkan semua ke Abjad Jawi ? Salam, Bozky(bicara) 13 Februari 2014 01.46 (UTC)

Derajat kelarutan asam digabung ke Konstanta disosiasi asam[sunting sumber]

Saya melihat artikel Derajat kelarutan asam adalah bagian dari artikel Konstanta disosiasi asam. Artikel Konstanta disosiasi asam membahas lebih luas dan sudah mencakup Derajat kelarutan asam. Sehingga menurut saya sebaiknya digabungkan. Ditambah lagi, artikel Derajat kelarutan asam tidak memiliki referensi.

Satu alasan yang kuat untuk melakukan penggabungan yaitu overlapping, ketika sebagian besar isi salah satu artikel sudah/dapat dibahas di artikel lainnya yang terkait. Derajat kelarutan asam menurut saya hanyalah satu point kecil dari reaksi asam basa.

Tidak sama dengan artikel Bilangan Reynolds yang merupakan bagian dari banyak prinsip dalam mekanika fluida (di mana mekanika fluida itu luas sekali cakupannya) dan telah berada di banyak rumus, Derajat kelarutan asam tidak memiliki tempat lain untuk dibahas selain di Konstanta disosiasi asam.

Bagaimana saudara Kembangraps sebagai pemulai artikel Derajat kelarutan asam?

Hysocc, Let's talk 22 Februari 2014 17.31 (UTC)