Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/November 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Republik Indonesia v. Indonesia

Ada pertanyaan dari -iNu-:

bagaimana menurut anda sebaiknya judul artikel kementerian (Kategori:Kementerian Indonesia), apakah menggunakan "Republik Indonesia" seperti nama resminya, atau cukup "Indonesia" saja agar konsisten dengan judul artikel Indonesia? Contohnya: Departemen Pertahanan Republik Indonesia atau Departemen Pertahanan Indonesia?

Saya juga ingin menambahkan artikel-artikel daftar menteri dengan pertanyaan yang sama. Apakah nama resminya menggunakan kata "Republik"? Jika demikian maka saya rasa jabatan resminya harus mencantumkan kata "Republik", sedangkan jika tidak, maka seyogyanya judul artikel tidak mengandung kata "Republik".
Bennylin
03:19, 1 November 2009 (UTC)

Nama resmi menteri2 tersebut sih menggunakan republik, sama dengan nama kementeriannya. Akan tetapi, apakah penamaan artikel di wiki harus seperti itu juga? Kalau menurut saya, untuk konsistensi, sebaiknya kita tetap gunakan "Indonesia" saja, dengan penjelasan nama resminya di paragraf pembuka (lihat artikel Presiden Indonesia).  -iNu-  ►  00:19, 2 November 2009 (UTC)

Wiki Bounty

Wikipediawan sekalian, telah dibuat suatu halaman proyek baru yang bernama (belum resmi) Wiki Bounty. Silakan berkunjung, bertanya kalau perlu, dan berpartisipasi (menambahkan, menyelesaikan, mengomentari, dll). Salam.
Bennylin
10:48, 3 November 2009 (UTC)

Tutorial Wikipedia

Q da uslan dikit nh... Demi peningkatan SDM pediawan, gmana klo d hlaman utama wikipedia d bri link untk mengunduh tutorial penggunaan Wikipedia (Dalam bentuk vidio..... Uda ada blum ya...?) agar pengguna yg bru atau yg kepengen tau gmana penggunaan Wikipedia yg baek, supaya mreka g asal buat artikel or nyunting.... Q kra itu ja dulu... Slam WBI.... MasrudinNgomong  12:47, 7 November 2009 (UTC)

Setuju,, tapi bagi pengguna yang kecepatan internetnya lambat akan susah menonton videonya... Kenrick xoquı 04:13, 31 Desember 2009 (UTC)

informasi tentang wiki

saya orang yang sangat minim pengetahuan tentang wikipedia, sebenarnya berita apa yang ada dalam wikipedia,sebenarnya saya penasaran dengan wikipedia, pernah dalam suatu kuis di salah satu stasiun tv swasta ada pertanyaan diantara wikipedia, facebook mana yang lebih banyak di buka orang di dunia ternyata wikipedia jawabannya, tp kenapa di indonesia sepertinya wikipedia belum terlalu banyak dikenal orang? lebih dikenal faceebook yang nota bene tidak memberi tambahan pengetahuan sama sekali, 8 november 2009 07:13, 8 November 2009 (UTC)Umul mutikah (bicara)

Wikipedia adalah ensiklopedi elektronik bebas disunting(diedit) oleh siapa saja yg tersedia dalam berbagai bhasa untk lebih jlasx bca artikel ini. Mslah situs yg pling banyak di kunjungi itu adalah sbb: 1. Google 2. Facebook 3. Yahoo 4. Youtube 5. Windows life 6. Wikipedia (Sumber Alexa atau alexa.com). Klo msalh org lbh ska facebook sh itu dri userx ndiri yang mlih mau yg mana bermanfaat ato g...... Slmat berslancar di WBI. ^+^  MasrudinNgomong  14:25, 8 November 2009 (UTC)

Foto dari www.foto-foto.com

Sehubungan dengan telah lamanya terbengkalai berkas dalam Kategori:Gambar dari www.foto-foto.com maka saya mengusulkan beberapa alternatif untuk ditindak lanjuti agar dikemudian hari tidak ada tuntutan hukum dari pemegang hakcipta gambar-gambar tersebut :

T&C

Berikut "terms & conditions" yang saya kopipas dari situsnya hari ini: (http://www.foto-foto.com/conditions_f.html)

Copyright and Conditions of Use

The express condition of entry to this website is that '''all visitors are authorised to use the images for research or study only'''. You are not authorised to use the images for business purposes, or for resale. '''If you accept these conditions you are welcome to download any of the images'''.

We have made every effort to trace copyright holders, but in some instances without success. To these we offer our apologies, trusting that they will accept the will for the deed. If anyone believes that his or her copyright has in any way been infringed, please contact us immediately.

We follow the advice of the Australian Copyright Council in believing that:

    * photographs taken before 1 May 1969 have copyright for 50 years from the date they were taken;
    * photographs taken after 1 May 1969 have copyright for 50 years from first publication;
    * artistic works have copyright for the life of the creator plus 50 years;
    * once copyright has expired it cannot be renewed by subsequent republication;
    * any photograph that simply reproduces a work of art that is out of copyright is unlikely to be protected by copyright separate from the original work of art.

Copyright laws changed in Australia on 1 January 2005. The main change appears to be that the 50 year rules mentioned above have increased to 70 years. However, where copyright expired prior to 1 January 2005, it cannot be re-established by this change in the law.
Images here are confined to:

    * those where copyright has expired;
    * those where permission to publish has been obtained from the copyright holder;
    * those where the copyright holder is unknown;
    * examples from publications of the Indonesian government;
    * fotos of David Armstrong.

Yang perlu dipertanyakan sebenarnya adalah alasan perubahan ini. Mengapa tidak diijinkan lagi? Lihat pula Wikipedia:Permintaan izin/foto-foto.com dan ini.

Jika dipertahankan apa implikasinya, jika dihapus apa implikasinya?
Bennylin
04:35, 9 November 2009 (UTC)

Mengapa tidak diijinkan lagi? Mungkin lebih baik tanya Mas IvanLanin deh. Dia bisa cerita. Meursault2004ngobrol 01:18, 11 November 2009 (UTC)

Hapus

Foto dihapus baik berkasnya maupun dari halaman artikelnya tanpa kecuali

  • Setuju (Mungkin di lain hari ada yang bisa menyumbang berkas baru dengan lisensi yang lebih jelas) --•• Jagawana 18:36, 8 November 2009 (UTC)
  • Setuju Ga usah cari masalah. Masih banyak sumber lain untuk foto. Hariadhi - Ngobrol 14:06, 11 November 2009 (UTC)

Ubah ke DU

Berkas di ubah jenis lisensinya menjadi {{DU}}

Ubah ke fairuse

Berkas di ubah jenis lisensinya menjadi {{fairuse}}

  • Setuju. Pada dasarnya saya berpendapat sebaiknya menghindari berkas berhak cipta (meskipun sudah diizinkan) ataupun berkas berlisensi yang tidak jelas (di ubah ke DU seakan2 melegitimasi yg tidak jelas). Demi keamanan Wikipedia dari tuntutan legal, sebaiknya pakai berkas Creative Commons atau GFDL saja (kita bisa lupa, apalagi di artikel yg lama). Bila ia berkas yatim, saya setuju langsung dihapus saja (daripada cari perkara). Naval Scene (bicara) 02:07, 11 November 2009 (UTC)
Lihat juga Pembicaraan Kategori:Gambar dari www.foto-foto.com

Silahkan komunitas menentukan pilihannya .

--•• Jagawana 18:36, 8 November 2009 (UTC)

Pengguna Siluman vs Warung Kopi

Lho, tapi kenapa harus di Warung Kopi ? Lalu kenapa pengguna silumannya Fadhil2007 tidak diapa-apakan ? Apa itu checkuser dan bukan checkuser ? Kenapa boleh mencalonkan diri sendiri menjadi pengurus ? Oh ya, satu lagi, apakah jika sudah menjadi pengurus halaman utamanya akan dapat disunting serta halaman-halaman yang lain yang dikunci ? Jika tidak, lalu bagaimana caranya agar dapat disunting dan bagaimana cara mengunci halaman pengguna kita agar terhindar dari anon seperti Meursault2004 punya halaman pribadi ? (Aduh, maaf ya saya bertanya terus, ini pertanyaanku yang terakhir deh buat hari ini (10 November 2009)) Erik Evrest (bicara) 10:35, 10 November 2009 (UTC)

Mengenai fungsi pemeriksa, silakan baca di sini. Bisa jika jadi pengurus. Silakan mengusulkan perubahan untuk halaman terkunci di halaman pembicaraan. Minta ke pengurus untuk menguncikan halaman pengguna. Tidak dikuncipun, halaman pengguna itu biasanya terhindar penyunting anonim. Jadi buat apa dikunci? Alfarq (bicara) 00:33, 11 November 2009 (UTC)

Perubahan Terbaru Lewat Twitter

Karena mIRC sudah ga terlalu zaman dan mengaksesnya sulit (harus download, connect, dan masuk room), bagaimana kalau perubahan terbaru diinformasikan lewat bot twitter? Keuntungannya:

  1. Proses pembangunan artikel bisa disaksikan oleh masyarakat umum.
  2. Saat ada krisis vandalisme seperti yang terjadi dengan artikel Deswita Maharani, kita bisa dengan cepat memberitahu bahwa artikel tersebut sudah diperbaiki dan diretweet oleh pengguna aktif yag memiliki akun twitter.
  3. Perubahan bisa ditonton lewat telepon seluler, asal punya java dan akses gprs.

Hariadhi - Ngobrol 00:31, 12 November 2009 (UTC)

Setuju. Silakan pengurus bikin, nanti saya follow. Nggak harus java, brew juga bisa. Saya malah tidak tahu mIRC itu apaan. xp Alfarq (bicara) 01:39, 12 November 2009 (UTC)

Pertanyaannya, apakah yang akan dikicaukan? Semua entri perubahan terbaru, atau hanya artikel baru saja? Termasuk suntingan vandalisme atau suntingan yang bagus saja? Bayangkan ada suatu artikel baru yang dibuat vandal yang langsung diwartakan ke seluruh dunia. Semua orang sempat melihatnya sebelum dihapus :) Menurut saya, ide ini bagus, tapi detail implementasinya harus dijabarkan dulu sebelum diterapkan. Jika perlu, buat dulu proyek pilotnya. •• ivanlanin 11:02, 14 November 2009 (UTC)

Twitter bukannya bisa diset protected tweet, van? Jadi cukup pengguna yang terdaftar aja yang dikasih izin untuk nonton kalau memang hal kaya gitu dikhawatirkan. :) Hariadhi - Ngobrol 15:09, 30 November 2009 (UTC)

Mungkin ada yang mau mengkombinasikan dua benda ini? http://meta.wikimedia.org/wiki/Help:Recent_changes#Web_feed dengan http://twitterfeed.com/ . Sebenarnya sih IRC tetap yang paling bagus, tapi sepertinya di Indonesia sudah dianggap kuno :) Gombang (bicara) 15:24, 3 Januari 2010 (UTC)


bagus sekali kalau dilakukan lewat twitter tapi hanya untuk artikel terbaru aja, ini demi menghindari update yang tidak begitu penting Juju Cikeusik Bicara

Artikel pilihan @ halaman utama

Atas usulan F1fans kepada saya via pesan, saya rasa lebih baik ditanyakan kepada komunitas apa pendapat dan tanggapannya untuk Melindungi Artikel pilihan selama artikel tersebut tampil di halaman utama untuk menghindari penyuntingan vandal yang dilakukan oleh anon. Bagaiman pendapat-nya ? Salam  Tjmoel   08:53, 15 November 2009 (UTC)

Sudah dilindungi saudara Bennylin ; untuk informasi lebih lanjut silakan lihat sini ;;;  Kenrick  Panggil 14:09, 17 November 2009 (UTC)

Hujan meteor

Baru2 ini tepat nya tanggal 17 november 2009 tengah malam terjadi hujan meteor yang berkisar selama 6 menit. Pristiwa itu tampak jelas di antara gumpalan awan yang menghalangi/menutup langit. Tetapi di tempat daerah yg cerah sangat jelas sekali hujan meteor itu melayang di udara sana. Bahkan ada yg mengabadikan pristiwa itu dengan mengambil gambarnya/videonya. Menurut pemerhati antariksa hujan meteor terjadi tiap tahun pada tanggal 17 november. Hujan itu akan terlihat selama 3 hari. Bagi yang ingin menyaksikan venomena alam itu tunggu saja setiap tanggal 17 november. Tank's

Overlapping Sejarah Nusantara dan Sejarah Indonesia

Sehubungan dengan saling tumpang-tindihnya artikel Sejarah Nusantara dan Sejarah Indonesia saya mengusulkan pemisahan yang lebih jelas (namun tidak strict) sebagai berikut:

Sejarah Nusantara
  • Sejarah alam (singkat, sebagai latar belakang)
  • Prasejarah Nusantara/Indonesia (karena belum ada "Indonesia", bahkan Pulau2 besar masih menyatu dg kontinen, jadi tidak perlu dibedakan Nusantara dari Indonesia. Nusantara, hanya untuk bagian ini, akan mencakup Asia Tenggara (daratan+maritim) plus menyinggung Oceania, Formosa, barangkali Jepang (Okinawa), serta sedikit Australia. --> dapat diperdalam pada artikel tersendiri.
  • Fajar sejarah (Protosejarah), pendek saja berisi laporan2 dari bangsa lain mengenai kepulauan kita dsk.
  • Periode pengaruh India, abad 1M hingga runtuhnya Majapahit (tetapi tidak menutup kemungkinan menembus hingga awal abad ke-20, ketika Bali takluk.
  • Periode pengaruh Islam, abad ke-12 hingga abad ke-19 (atau bahkan hingga sekarang)
  • Periode pengaruh Eropa, abad ke-16 sampai Traktat London (atau sampai ketika Nusantara mulai membentuk batas2 negara yang modern)
Sejarah Indonesia
  • Politik ekspansi Belanda di kepulauan Nusantara (abad ke-19 hingga awal abad ke-20)
  • Pergerakan kebangsaan Indonesia dan politik Hindia Belanda (akhir abad ke-19 hingga awal pendudukan Jepang)
  • Pendudukan Jepang (1942-1945)
  • Perjuangan mempertahankan Proklamasi (1945-1949/50)
  • Indonesia awal (1950-1959)
  • Era Demokrasi Terpimpin (1959-1967)
  • Orde Baru (1967-1998)
  • Reformasi (1998-sekarang)

Masing-masing bagian tentu saja dapat memiliki artikel tersendiri bila diperlukan. Barangkali dapat juga dibuat artikel "Sejarah alam Indonesia". Bagaimana? Kembangraps (bicara) 12:45, 27 November 2009 (UTC)

Harus didefinisikan secara jelas apa itu Nusantara dan apa itu Indonesia. Terutama untuk daerah-daerah tertentu yang rancu seperti Semenanjung Malaka, Timor Timur dan Papua (Barat). Meursault2004ngobrol 13:40, 27 November 2009 (UTC)

Ketiga daerah itu jelas secara geografis adalah Nusantara, bukan ? Nusantara tidak mengacu pada suatu paparan (shelf) atau lempeng tektonik tertentu scr eksklusif. Juga bukan definisi kultural, krn penghuni (asli, indigenous, sebelum era sejarah) Nusantara adalah jelas2 orang dari dua kelompok budaya-ras yang berbeda: Austromelanesoid dan Mongoloid Selatan. Nusantara semata2 adalah sebutan geografis bagi kepulauan di antara Indocina dan Australia. Maksud usulan saya adalah semata2 teknis (nonredundan) dan menghindari klaim politis atas garis sejarah tertentu. Sbg contoh, Sriwijaya adalah bagian dari klaim sejarah tiga negara (bahkan kelak mungkin empat). Dg menempatkannya pada Sejarah Nusantara, ia akan bebas dari klaim sepihak suatu negara. Tentu saja dalam Sejarah Indonesia tetap dpt disebutkan bagaimana keadaan sebelum masa kolonial, tetapi treatment panjangnya tetap di Sejarah Nusantara. Kembangraps (bicara) 14:02, 29 November 2009 (UTC)

Dari kacamata saya non-sejarawan, bagaimana kalau Nusantara itu adalah pra-kolonial (VOC maupun bangsa Barat pada umumnya), lalu setelah masa kolonial maka terpisah menjadi (paling tidak) lima negara yang berbeda, Sejarah Indonesia, Sejarah Malaysia, Sejarah Singapura, Sejarah Brunei, dan Sejarah Timor Leste. Identitas nasional (dan maka dari itu sejarahnya) kelima negara-negara modern tersebut (sedikit) banyak dipengaruhi oleh siapa yang menjajahnya. Kalau dari pengalaman saya menyunting artikel, mungkin sedikit banyak permasalahannya sama dengan tumpang tindihnya Sejarah gereja dan Sejarah Gereja Katolik.
Bennylin
14:41, 29 November 2009 (UTC)
Pertanyaan: apakah ada negara lain selain Indonesia yang menyebut sejarahnya merupakan kelangsungan dari sejarah "Nusantara"? Dengan kata lain apakah ada negara lain yang mengklaim "Nusantara" sebagai cikal bakal mereka? Rasanya kok cuma Indonesia ya (dan maka dari itu tidak perlu dibuat perbedaan)
Bennylin
14:44, 29 November 2009 (UTC)

Nusantara dlm "tesis" saya ini adalah wilayah yang mempengaruhi terbentuknya Indonesia (krn kita ambil dalam perspektif sejarah Indonesia). Nusantara tidak "hilang" ketika batas politis Indonesia (dan lain2nya) terbentuk, tetapi berkurang relevansinya. Masa VOC tetap era Nusantara di bawah tesis ini, krn VOC juga menguasai Malaka dan Tumasik, sementara Bengkulu dan Belitung di bawah EIC. Menjawab usul "tidak perlu dibedakan", apakah itu berarti artikel "Sejarah Nusantara" dilebur ke dalam "Sejarah Indonesia" ? Dengan senang hati, tetapi akan timbul keberatan: apakah "Indonesia" itu? Tanah-air, orang, atau yg lain? Literatur barat sering tampak "keberatan" dlm menyebut "Indonesia" utk masa sblm abad ke-20. Kembangraps (bicara) 10:43, 4 Desember 2009 (UTC)

Saya merasa cocok sekali dengan usulan dan argumentasi Bung Kembangraps. Urutan subjudulnya top abis. Setuju sekali kalau cakupan artikel Sejarah Nusantara acuannya geografis, sedangkan cakupan artikel Sejarah Indonesia acuannya entitas politik. Kalaupun masih dianggap rancu atau ada yang menolak pendapat tersebut, toh cukup disebut saja dalam 1-2 kalimat di dalam artikelnya. Setidaknya orang Malaysia (misalnya lihat ms:Nusantara) juga menganggap Nusantara sebagaimana penjelasan Bung Kembangraps. Salam, Naval Scene (bicara) 12:46, 4 Desember 2009 (UTC)
Terima kasih Bung Naval. Semangat saya adalah memang agar teks di Wikipedia Indonesia berterima untuk semua kalangan, termasuk dari Malaysia, Singapura, Brunei, Timor Leste, PNG, dan Thailand. Kembangraps (bicara) 13:31, 4 Desember 2009 (UTC)

Bagaimana dengan Islam di Nusantara yang saat ini diberi tag gabung ke Islam di Indonesia?
Bennylin
15:46, 5 Desember 2009 (UTC)

OOT: umumnya suatu artikel digabung kalau isinya kurang lebih sama, dan dipisah kalau sudah terlalu panjang atau ada yang berkeinginan mengembangkan dengan lebih mendetil perbedaan konteksnya (seperti pada kasus Sejarah Nusantara di atas). Naval Scene (bicara) 04:24, 7 Desember 2009 (UTC)

10 Pemimpin WBI

Boleh tidak jika di WBI ini saya usulkan ada halaman untuk mencatat 10 pengguna yang tahun ini sedang naik tahta atau terkenal di WBI ini yang disebut "10 Pemimpin WBI". Untuk hal yang lebih lanjut lihat saja kedua halaman ini ==> Pembicaraan Pengguna:Kenrick95#Penerus Wikipedia & Pembicaraan Pengguna:Erik Evrest#Re:Penerus Wikipedia. Erik Evrest (bicara) 21:44, 27 November 2009 (UTC)