Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/2020

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2020:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2021
2022
2023
Diskusi Terkini


Arsip November 2020

Pemilihan pengurus 2021

Tidak terasa beberapa bulan lagi pemilihan pengurus Wikipedia bahasa Indonesia akan diselenggarakan. Pemilihan pengurus kali ini akan dilangsungkan pada awal tahun 2021. Ada yang ingin bertanya? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 November 2020 13.00 (UTC)[balas]

Arsip Oktober 2020

Mengalihkan "Wikipedia:Bak pasir" menuju "Halaman Pengguna/Bak pasir"

Saya ingin mengusulkan untuk membuat tautan "Bak Pasir" diubah dari halaman "Wikipedia:Bak pasir" menuju "Halaman Pengguna/Bak_pasir" (atau membuat tautan baru dibawahnya). Hal ini dikarenakan halaman Bak pasir itu sendiri bersifat universal dan semua dapat melihat isi bak pasir seseorang apabila pengguna halaman Wikipedia:Bak pasir sebelumnya belum menghapus dan / atau memindahkan ke bak pasir halaman penggunanya. Apakah itu memungkinkan? Terima kasih.

Farhan Syafiq Fadhillah Bicara 10 Oktober 2020 12.04 (UTC)[balas]

Alihkan artikel Muhammad ke Nabi Muhammad SAW

Halo, yang baca :v

Saya ingin mengusulkan tentang artikel Nabi Muhammad SAW yang hanya diberi judul Muhammad dan tidak diberi kata ṣallā -llāhu ʿalayhi wa-sallām. Saya mengusulkan mengalihkan artikel tentang Nabi Muhammad SAW karena

seperti itu

Thx yang baca

Fahri bicara📬 16 Oktober 2020 pukul 20:08 WIB

Menurut buku Tatang Sutarma... eehhh.... maksudnya menurut pedoman gaya artikel bertopik Islam.
Semoga membantu. (´・ω・`). – komentar tanpa tanda tangan oleh 182.1.85.31 (bk).
Tidak perlu – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 17 Oktober 2020 01.48 (UTC)[balas]
Saya mendukung asas kenetralan Wikipedia, dan sebaiknya Wikipedia ini tidak menyediakan privilege ke suatu golongan saja. Jika kurang berkenan, silakan coba merintis Wikia tersendiri khusus topik yang dimuliakan.
Saya dukung WBI senantiasa netral tanpa privilege. -- Adiputra बिचर -- 17 Oktober 2020 02.50 (UTC)[balas]
Saya setuju dengan pendapat M. Adiputra karena wikipedia harus netral karena ituh merupakan salah satu asasnya dan tidak membandingkan satu sama lain (artinya semua adil). ♣️Ďīśtörïñg♣️ᮍᮧᮘᮁᮧᮜ᮪? 17 Oktober 2020 04.30 (UTC)[balas]
Tidak perlu. Tidak ada unsur ketidaksopanan di judul Muhammad. --N Joyer (pesan) 17 Oktober 2020 04.39 (UTC)[balas]
Tidak perlu. Setiap artikel di Wikipedia harus netral. Ini Wikipedia, bukan wiki tentang Islam. Blue Sonic [ ꦉꦩ꧀ꦧꦸꦒ꧀ ] 18 Oktober 2020 15.04 (UTC)[balas]


Arsip Juli 2020

Penamaan ulang "pengguna siluman"

Silakan berpartisipasi di diskusi Penamaan ulang "pengguna siluman". ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 1 Juli 2020 08.03 (WIB)

Usul menggabungkan halaman Badak kalimantan dan Badak sumatra timur

Kedua halaman tersebut membahas mengenai satu spesies hewan yang sama, yaitu D. s. harrissoni. Saya mengusulkan untuk menggabungkan dua halaman tersebut menjadi satu. Ekirahardian (bicara) 20 Juli 2020 22.44 (UTC)[balas]

Proposal: menyebarkan fitur Pertumbuhan di wiki Anda

[Versi bahasa Indonesia, menggunakan mesin terjemahan]

Saya Trizek (WMF). Saya bekerja sebagai spesialis hubungan masyarakat untuk Wikimedia Foundation, dan khususnya dengan Tim pertumbuhan (Growth team).

Wiki Anda sangat aktif dalam menyambut dan membantu pendatang baru di wiki Anda: misalnya, Anda memiliki tempat di mana mereka dapat mengajukan pertanyaan tentang pengeditan.

Tujuan tim Pertumbuhan adalah untuk menciptakan alat yang akan membantu pendatang baru. Tujuan kami adalah membantu pendatang baru saat mereka mengedit untuk pertama kalinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan retensi editor baru.

Ini adalah beranda pendatang baru (ditampilkan menggunakan bahasa Ceko)

Kami memiliki menciptakan beberapa alat untuk membantu mereka, dan juga untuk membantu anggota masyarakat yang membantu mereka:

  • Tugas pendatang baru (Newcomer tasks): umpan saran tugas yang membantu pendatang baru belajar mengedit. Pendatang baru telah melakukan pengeditan yang produktif melalui umpan ini!
  • Beranda pendatang baru (Newcomer homepage): halaman khusus yang menampung "tugas-tugas pendatang baru" dan merupakan tempat yang baik bagi pemula untuk memulai.
  • panel Bantuan (Help panel): platform untuk menyediakan sumber daya bagi pendatang baru saat mereka sedang mengedit. Jika mereka melakukan tugas yang disarankan, mereka dipandu langkah demi langkah.

Alat-alat ini sudah tersedia pada beberapa wiki.

Kami berencana untuk menggunakan alat-alat ini di bahasa Wikipedia, sehingga Anda dapat menawarkan lebih banyak opsi bagi pendatang baru untuk mulai mengedit.

Bagaimana menurut anda? Saya mencari orang-orang yang dapat membantu mengerjakan terjemahan dan juga untuk memeriksa konfigurasi dan terjemahan.

Kalau Anda terbiasa dengan Phabricator, saya membuat tugas di sana https://phabricator.wikimedia.org/T259024 dengan semua informasi yang saya miliki tentang wiki Anda, dan semua yang saya lewatkan. Silakan melihatnya, dan ubah apa yang perlu diubah.

Saya menantikan balasan Anda, berharap kolaborasi yang hebat. Beri tahu saya jika Anda memiliki pertanyaan tentang proyek ini! Tentu saja, silakan pindahkan atau bagikan pesan ini jika perlu.

Trizek (WMF) (bicara) 28 Juli 2020 14.28 (UTC)[balas]

I used a translation engine for the text above. Here is the same text in English.

Proposal : deploying the Growth features on your wiki

I'm Trizek (WMF). I work as a community relations specialist for the Wikimedia Foundation, and in particular with the Growth team.

Your wiki is very active in welcoming and helping newcomers on your wiki: for instance, you have a place where they can ask questions about editing.

The Growth team's goal is to create tools that would help newcomers. Our goal is to help newcomers when they edit for the first time. The objective is to increase the retention of new editors.

This is the newcomer homepage (displayed using Czech language)

We have created several tools to help them, and also to help community members who help them :

  • Newcomer tasks: a feed of task suggestions that help newcomers learn to edit. Newcomers have been making productive edits through this feed!
  • Newcomer homepage: a special page that hosts the "newcomer tasks" and is a good place for a newcomer to get started.
  • Help panel: a platform to provide resources to newcomers while they are editing. If they do suggested tasks, they are step-by-step guided.

These tools are already available on some wikis.

We plan to deploy these tools on Indonesian Wikipedia, so that you could offer more options for newcomers to start editing.

What do you think? I'm looking for people who could help working on translations and also to check on the configuration and translations.

It you are familiar with Phabricator, I created a task there https://phabricator.wikimedia.org/T259024 with all information I have about your wiki, and everything I miss. Please have a look at it, and change what needs to be changed.

I'm looking forward your reply, hoping for a great collaboration. Let me know if you have any question about this project! Of course, please move or share this message if needed.

Trizek (WMF) (bicara) 28 Juli 2020 14.28 (UTC)[balas]

Hello Trizek (WMF), regarding the tools, can we try it first? So we know how it works on Wikipedia. @RaymondSutanto

Lylla08 (bicara) 19 Agustus 2020 06.36 (UTC)[balas]

Hello @Lylla08, and thank you for your message!
Of course you can. :) Please visit test.wikipedia.org.
In your preferences on this wiki, you can activate the Homepage. When done, please visit your personal homepage.
Also in your preferences, you ca enable the Help panel. When done, you can visit any article where you will see a blue question mark at the bottom left of every article.
Let me know if you have questions! Trizek (WMF) (bicara) 24 Agustus 2020 14.41 (UTC)[balas]
Hey. Just tested it, and i can say that your software is really good! Would like to add language support and localized mentor choosing. (Also i didn't know that Wikipedia had a special site for testing). Astronom5109   31 Agustus 2020 08.09 (UTC)[balas]

Arsip Juni 2020

BUMN dan anaknya

Dengan makin banyaknya holding BUMN, seperti PTPN III, Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, Bio Farma, Pertamina, dsb, maka makin banyak pula BUMN yang kini hanya menjadi anak usaha BUMN (anggota holding).

Lalu untuk Templat:BUMN, apa yang perlu dicantumkan hanya yang berstatus BUMN saja? Atau anggota holding juga perlu dicantumkan?

Jika anggota holding perlu dicantumkan, bagaimana dengan Elnusa atau Reska Multi Usaha yang sama-sama berstatus anak usaha? Walaupun memang bukan bekas BUMN sih

ardhan (bicara) 7 Juni 2020 12.14 (UTC)[balas]

Saya pikir cukup 115 BUMN saja seperti yang tercantum di bumn.go.id/halaman/situs. Salam. Medelam (bicara) 7 Juni 2020 14.31 (UTC)[balas]
Baiklah kalau begitu, saya juga berpikir demikian, karena kalau anak usaha dimasukin juga, pasti templatnya akan terlalu panjang. Mungkin kedepannya dapat dibikin templat untuk masing-masing holding ardhan (bicara) 7 Juni 2020 16.40 (UTC)[balas]
Kalau 'grup' nya cukup besar, memungkinkan saja, atau sekurang-kurangnya, ditulis di artikel per 'grup' itu. Salam. Medelam (bicara) 8 Juni 2020 01.11 (UTC)[balas]

Arsip Mei 2020

Artikel Terkait Kematian Tokoh

Barusan saya jalan-jalan di Wiki ini dan melihat ada artikel yang memisahkan antara artikel sosok utama dan artikel kematiannya yaitu:

dan

Menurut rekan-rekan apakah ini bisa dijadikan standar baru? Kemungkinan karena pembuatnya melihat artikel serupa dari Kematian Ayrton Senna dan Kematian Dale Earnhardt tapi menurut saya Senna/Earnhardt bisa dibuatkan artikel terkait kematiannya karena sosok mereka yang sangat besar/berpengaruh. Sementara untuk skema Hubert dan Munandar saya rasa keduanya belum termasuk dalam sosok yang sangat berpengaruh. Kalau menurut rekan-rekan bagaimana? Sekaligus saya coba minta saran juga dari @Mimihitam, Albertus Aditya, dan Glorious Engine: F1fans (bicara) 23 Mei 2020 16.45 (UTC)[balas]

Menurut pandangan saya, kalau artikelnya hanya kronologis seperti pada versi sekarang ini, mungkin digabung dahulu saja. Artikelnya bisa berdiri sendiri, jika memang sudah cukup lengkap, seperti dapat dilihat pada artikel kematian Senna, yang juga sangat relevan hingga F1 modern. Saran saya, artikelnya dilebur, ke artikel biografi ybs. dan juga ke artikel balap (GP) masing-masing. Salam. Albertus Aditya (bicara) 24 Mei 2020 00.18 (UTC)[balas]
Kalau artikel seperti Pembunuhan Lee Harvey Oswald dan Pembunuhan Ján Kuciak bagaimana? — S264 (bicara) 24 Mei 2020 01.36 (UTC)[balas]
Menurut saya, kejadian kematian seorang tokoh bisa dibuatkan artikel terpisah apabila ada diskusi/konflik tertentu menyangkut kematian tersebut. Seperti kematian Lady Diana, menurut saya perlu dibuatkan artikel khusus karena kejadiannya cukup menarik dan banyak orang yang terlibat juga. Tapi kalau tidak ada diskusi atau topik panjang seperti itu, lebih baik digabungkan saja ke profilnya. Knucklepuff (bicara) 10 Juni 2020 00.28 (UTC)[balas]

Nah ini saya memang masih merasa rancu untuk standar artikel terkait kematian tokoh. Yang Lee Harvey Oswald di Wikipedia Inggris untuk kematiannya langsung digabung ke artikel utama. Sementara untuk Jan Kuciak penulisannya di Wikipedia Inggris langsung ke inti yaitu pembunuhannya dan tidak dibuat sebagai artikel biografinya. Sementara di Wikipedia lainnya (Prancis, Jerman dan Italia) dibuat juga artikel biografinya. F1fans (bicara) 24 Mei 2020 04.01 (UTC)[balas]

Arsip April 2020

usulan donasi

selamat malam,saya ada usul tentang donasi,bagaimana kalau ada sistim donasi yang real, misalkan mengumpulkan donasi dari para relawan untuk membantu mereka yang membutuuhhkan, dengan cara: turun ke jalan, atau melalui pengurus wikipedia indonesia.--Novian dhoni178 (bicara) 10 April 2020 16.34 (UTC)[balas]

@Beeyan: flixwito ^(•‿•)^ 24 April 2020 04.08 (UTC)[balas]
@Novian dhoni178: bisa dielaborasi lagi idenya? --Beeyan (bicara) 24 April 2020 05.32 (UTC)[balas]

Usulan tentang templat spesies

Mohon bantuannya para pengurus untuk memperbaiki templat '''{{infobox spesies}}''' karena sepertinya tak enak dipandang. Dan apakah WBI bisa mempunyai templat otomatis seperti templat '''{{Speciesbox}}''' yang ada di Wikipedia B. Inggris? Mungkin kedengarannya bagus. Itu saja dari saya. Salam hangat dari saya. (っ◔◡◔)っ ♥ 𝕜𝕒𝕝𝕒𝕜𝕦𝕥𝕛𝕖𝕥 ♥ 14 April 2020 15.04 (UTC)[balas]

@Kalakutjet: Mungkin bisa disampaikan pada titik mana yang menurut Anda "tak enak dipandang"? Karena hal ini saya rasa bersifat subjektif. Memanggil juga pengguna yang mengurusi templat tersebut, @Bennylin, Aris riyanto, dan Hidayatsrf:, semoga bisa bergabung di diskusi ini. Salam. Albertus Aditya (bicara) 15 April 2020 01.25 (UTC)[balas]
@Albertus Aditya: Sebenarnya ini hanya usulan saja, tidak terlalu memberatkan kepada pengurus, karena ini hanya soal "enak dipandang". Karena menurut saya kalau templatnya berwarna lightgreen mungkin lebih bagus dan fontnya diperbesar lagi (sama seperti templat {{Taxobox}}). Templat {{Infobox spesies}} dan {{kotak info spesies}} pertelaannya agak kecil fontnya dan warna kuning cerahnya terlalu kontras, agak sukar dibaca dibanding {{Taxobox}}. Tapi kelemahan {{Taxobox}} adalah kita harus mengisi secara rinci spesies tersebut, tidak seperti di Wikipedia B. Inggris yang templat {{Speciesbox}}nya otomatis. Saya mohon maaf jikalau "memberatkan para pengurus", dan maafkan saya jika hal ini sudah pernah dibahas atau "ya templatnya emang begitu" juga karena saya masih "newbie" di WBI ini. Salam.--(っ◔◡◔)っ ♥ 𝕜𝕒𝕝𝕒𝕜𝕦𝕥𝕛𝕖𝕥 ♥ 15 April 2020 06.58 (UTC)[balas]
@Kalakutjet, Bennylin, Aris riyanto, dan Albertus Aditya: Saya sendiri sebenarnya juga kurang begitu sreg dengan penggunaan templat ini untuk mengganti automatic taxobox. Menurut saya sistem automated taxobox di Wikipedia bahasa Inggris jauh lebih bagus daripada sekadar mengambil butir dari Wikidata.
Kekurangan dari {{infobox spesies}} biasanya akan ada hierarki yang terpotong kalau ada banyak parent taxa dan menggunakan kueri Wikidata penuh--yang saat ini di implementasikan di WBI. Seperti di artikel Beruang vs en:Bear, beberapa tingkatan takson penting (kerajaan, filum, kelas) justru terpotong dan tidak ditampilkan. Selain itu, perlu penyesuaian parameter untuk artikel yang menggunakan automatic taxobox (padahal sebagian besar artikel di WBI diterjemahkan dari bahasa Inggris). Bahkan ada kemungkinan templat infobox spesies ini tidak bisa berjalan dengan baik di ContentTranslation.
Namun, yang jadi persoalan, pengunaan automated taxobox masih menghasilkan banyak galat modul di WBI. Selain itu, ada 60 ribu lebih templat taksonomi yang perlu dibuat dan ditambahkan setiap kali ada artikel spesies dengan takson yang belum tersedia templatnya (belum semua pengguna memahaminya). Karena itu {{infobox spesies}} bisa menjadi solusi sementara untuk mengganti automatic taxobox. Sebelum templat-templat automated taxobox dari enwiki diadaptasi dengan baik di WBI.
Mengenai usulan saudara Kalakutjet, tentang desain dan tampilanya yang cukup berbeda, itu karena templat tersebut diadaptasi dari Wikipedia bahasa katalan. Mungkin nanti bisa diubah dan disesuaikan lagi kalau diperlukan. ----Hidayatsrf (bicara) 15 April 2020 08.30 (UTC)[balas]
@Hidayatsrf: Terimakasih atas jawabannya, semoga WBI akan lebih baik lagi. Salam. --(っ◔◡◔)っ ♥ 𝕜𝕒𝕝𝕒𝕜𝕦𝕥𝕛𝕖𝕥 ♥ 15 April 2020 11.56 (UTC)[balas]

Usul modifikasi jadwal AP

Karena artikel Pengantar tentang virus baru lulus jadi AP setelah digotong royong, dan mungkin akan relevan dan menarik minat banyak orang di masa sekarang ini, aku usul agar mendapat jadwal spesial di waktu dekat. Aku usul untuk menggantikan jadwal Vesna Vulović (27 April 2020—3 Mei 2020), yang merupakan jadwal terdekat yang bukan slot tematik sehingga bisa ditunda dulu. Di en.wp ini pun juga terjadi, slot yang sudah dijadwalkan ditunda dulu dan digantikan artikel terkait virus sesuai konsensus di sana. Untuk penayangan di sini, kalau disetujui cuplikannya bisa kita rancang di sini:

Ilustrasi sebuah virion SARS-CoV-2, penyebab pandemi koronavirus 2019–2020.

Virus adalah agen infeksi berukuran sangat kecil (umumnya 20 hingga 300 nanometer) yang bereproduksi di dalam sel inang yang hidup. Virus sendiri tidak memiliki sel; virus memperbanyak diri dengan memaksa sel inangnya membuat salinan identik virus tersebut dengan cepat. Virus terdiri dari dua atau tiga bagian: semua memiliki materi genetik (dapat berupa DNA atau RNA, molekul panjang yang mengandung gen) serta mantel protein untuk melindungi gen, dan sebagian virus memiliki selubung berupa lemak yang melindungi dua bagian sebelumnya tetapi dapat dihancurkan oleh sabun. Virus menyebar dengan berbagai cara: ada yang melalui batuk dan bersin (seperti virus influenza), dari makanan atau minuman yang terkontaminasi (Rotavirus), serangga pengisap darah (dengue), dan hubungan seks (HIV). Lebih dari 4.800 spesies virus telah digolongkan oleh ilmuwan, dan banyak di antaranya menyebabkan penyakit pada hewan dan tumbuhan, termasuk penyakit-penyakit manusia yang umum, seperti pilek dan cacar air, serta berbagai epidemi serius maupun pandemi seperti AIDS, Ebola, influenza, SARS, dan COVID-19. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: KiblatMakedonia (kerajaan kuno)Injil orang Ebionit

(sumber). Mohon pendapatnya. HaEr48 (bicara) 16 April 2020 18.42 (UTC)[balas]

Silakan disunting di sini bung RianHS. HaEr48 (bicara) 17 April 2020 00.03 (UTC)[balas]
Terima kasih. — RianHS (bicara) 17 April 2020 01.18 (UTC)[balas]

 Selesai --Glorious Engine (bicara) 17 April 2020 06.28 (UTC)[balas]

Usulan pengubahan artikel rute jalan nasional

Menimbang peraturan Dirjen Perhubungan Darat mengubah sistem penomoran rute jalan nasional. Lihat di sini dengan lampiran tiap pulau sebagai berikut:

  • Pulau Sumatera di sini
  • Pulau Jawa di sini
  • Pulau Bali di sini
  • Pulau Kalimantan (belum diketahui)
  • Pulau Sulawesi (belum diketahui)

Maka perlu pengubahan untuk setiap artikel tentang jalan nasional dan penomoran rutenya. Pada hal ini di setiap pulau akan terdapat nomor rute yang sama semisal Jalan Nasional Rute 1.

Pilihan 1

Artikel dipisah dengan nama Jalan Nasional Rute 1 di Pulau Jawa dan di pulau lainnya sehingga Jalan Nasional Rute 1 menjadi artikel disambiguasi.

Pilihan 2

Artikel masih menjadi satu dengan rute di tiap pulau menjadi sub-sub bagiannya

Naufal Fuadi (bicara) 18 April 2020 13.46 (UTC)[balas]

Usulan perubahan templat Infobox spesies

Halo, rencananya saya akan merombak kelompok templat {{Infobox spesies}} dengan versi baru dari ca.wiki (cek disini). Di versi lama, data taksonomi dari Wikidata hanya ditampilkan begitu saja tanpa filter, memang bisa menampilkan banyak data, tapi banyak tingkatan takson utama terpotong. Di versi baru ini sudah menggunakan filter, jadi bisa diatur takson yang ditampilkan. Secara Baku akan menampilkan takson utama, tanpa (unranked), Upa-, Infra-, dsb., kecuali untuk tingkatan takson tertentu.

Perbaikan
  • Menampilkan divisi untuk kelompok selain Animalia
  • Bisa menampilkan takson sampai tingkat superkerajaan di artikel spesies
  • Image caption otomatis dari wikidata (dengan ikon pensil untuk menyunting terjemahan)
  • Uji coba mengimplementasikan {{taxobox colour2}} agar warna bisa diset otomatis sesuai regnum/kerajaan-nya (sudah saya coba juga di versi live templat ini --> cek Beruang (Animalia), Welwitschia (Plantae), Jamur bulan (fungi) dsb.); kekutu: di beberapa artikel yang tidak jelas takson nya akan menjadi warna baku.

Silakan jika jika ada pendapat, saran, atau perbaikan lain. Dalam beberapa waktu ke depan mungkin akan saya perbarui secara bertahap untuk menghindari galat. Terima kasih.

Sekaligus memanggil pengguna yang mengurusi/sering memakai dan menyunting templat/modul ini: @Bennylin, Aris riyanto, Albertus Aditya, S Rifqi, RianHS, Kalakutjet, Mimihitam, Glorious Engine, dan Kembangraps:, dll.

--Hidayatsrf (bicara) 19 April 2020 04.29 (UTC)[balas]

Terima kasih banyak sudah memperbaiki problem utamanya, tingkatan takson yang kadang hilang. Mungkin bisa sekalian didiskusikan di sini warna-warna apa saja yang hendak dipakai, misalnya untuk kingdom hewan kode warna xxxx, untuk tumbuhan warna yyyy. -- RianHS (bicara) 19 April 2020 04.46 (UTC)[balas]
Ini maksudnya, diambil dari {{taxobox colour2}}:
  • eukaryota, eukarya, excavata, excavates, protista, protists, amoebozoa, opisthokonta, choanozoa = rgb(245,215,255) = #F5D7FF
  • animalia, animal, hewan = rgb(235,235,210) = #EBEBD2
  • archaeplastida, plantae, plant, tumbuhan, viridiplantae = rgb(180,250,180) = #B4FAB4
  • fungi = rgb(145,250,250) = #91FAFA
  • sar, chromalveolata = rgb(200,250,80) = #C8FA50
  • bacteria, firmicutes, eubacteria = rgb(220,235,245) = #DCEBF5
  • archaea, nanoarchaeota, nanarchaeota, euryarchaeota, crenarchaeota, thaumarchaeota, korarchaeota = rgb(195,245,250) = #C3F5FA
  • incertae sedis, acritarcha = rgb(250,240,230) = #FAF0E6
  • virus, viroid, viroids = rgb(250,250,190) = #FAFABE
-- RianHS (bicara) 19 April 2020 05.06 (UTC)[balas]
@RianHS: warna tersebut sebenarnya sudah disesuaikan dengan warna otomatis yang dihasilkan templat {{taxobox}}. Jadi saya rasa tidak perlu diubah lagi. Oh iya, mengenai ikon Kupu-kupu perlukah dipertahankan seperti desain asli di ca.wiki? Karena saya lihat ikon tersebut membuat tampilan header atas jadi agak melebar di perangkat seluler. --Hidayatsrf (bicara) 19 April 2020 09.52 (UTC)[balas]
@Hidayatsrf: Mungkin lebih baik dihilangkan saja ikon kekupu tsb. Sepertinya jikalau dihilangkan akan lebih baik.--Kalakutjet (ngerahul) 19 April 2020 12.46 (UTC)[balas]
Bagaimana dengan pengaturan huruf miring (italic)? Di cawiki, pada regnum selain Animalia ditulis italic untuk semua takson, menurut saya jadi tidak rapi dan susah dibaca. Padahal di enwiki tetap dalam huruf normal semua selain genus dan spesies baik untuk Animalia maupun bukan (cek). --Hidayatsrf (bicara) 20 April 2020 03.12 (UTC)[balas]
Iya, lebih baik fonnya yang standar en.wiki. Dan karena fon yang miring itu ditambah lagi ukurannya yang kecil, agak sukar tuk membacanya--Kalakutjet (ngerahul) 20 April 2020 12.10 (UTC)[balas]
Nyimak – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 20 April 2020 13.44 (UTC)[balas]
Update: Tulisan miring masih dipertahankan saat ini, karena fungsinya bentrok dengan fungsi pengecekan keberadaan takson "Divisi" tumbuhan, jadi banyak yang harus diubah. Visual desain awal sudah di rombak dengan berbagai penambahan parameter (lihat Templat:Infobox spesies/doc). Contoh versi terkini bisa dilihat di artikel Embryophyta. NB: untuk tampilan gambar sekarang di set memilih untuk menampilkan gambar kolase lebih dulu (jika ada). --Hidayatsrf (bicara) 23 April 2020 08.38 (UTC)[balas]

Arsip Maret 2020

Informasi Covid-19 di Halaman Utama

Dilanjutkan dari pembicaraan di Grup Telegram WBI dan artikel thewikipedia.net, saya mengusulkan di Halaman Utama ditampilkan informasi terkini mengenai wabah penyakit COVID-19 ini, tidak hanya di Indonesia, tapi secara global, informasi, statistik, dan referensi terkait (situs pemerintah, dokumen terkait, dll.) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 15 Maret 2020 19.27 (WIB)

Tambahan: Di beberapa Wikipedia yang negaranya terdampak besar, mis. zhwiki, kowiki, fawiki, itwiki, enwiki per hari ini belum ada notifikasi serupa. Tapi di euwiki (bahasa Basque), sudah ada: eu:Template:COVID19. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 16 Maret 2020 00.58 (WIB)

Komentar
Setuju Setuju. Mudah-mudahan makin banyak kontributornya. — RianHS (bicara) 15 Maret 2020 13.28 (UTC)[balas]
Ide bagus, aku rasa penting sekali menyajikan. Kalau menurutku selain informasi umum juga perlu referensi yang praktis (bisa mendidik masyarakat langsung dan bisa diaksi), dan sebisa mungkin berbahasa Indonesia. Pendapatku bentuknya dalam banner saja, seperti ucapan selamat yang biasa muncul untuk hari Lebaran, Natal, dsb. Bisa dibuat agar lebih efektif/noticeable buat semua pengunjung, dan tidak perlu mengotak atik susunan HU. Mari kita brainstorm isinya dan linknya. Aku coba brainstorm apa-apa saja yang perlu dilink:
@HaEr48: Sebenarnya daku kurang sependapat kalau hanya dijadikan banner, karena terlalu banyak informasi yang tertera di ASN dan informasi tersebut bisa ditutup oleh pengguna (karena ada tombol tutup di atasnya). — Bonaditya (bicara) 15 Maret 2020 15.34 (UTC)[balas]
Kalau pengguna mau menutup, kenapa dilarang? Mungkin memang sudah tahu semua jadi tidak perlu lagi? Kelebihan lainnya, bukan cuma terlihat di halaman utama tetapi juga selagi browsing biasa. Mungkin orang yang datang dari googling topik terkait juga bisa melihatnya, kalau di HU kan cuma dilihat orang yang sengaja melihat HU. HaEr48 (bicara) 15 Maret 2020 15.42 (UTC)[balas]
@HaEr48: Memang itu kembali kepada pengguna yang mau menutup atau tidak, tetapi apa yang telah kita lakukan jadi terlihat useless (kalau mau versi halusnya adalah kurang bermanfaat). Daku sebenarnya juga kurang setuju kalau Halaman Utama dirombak secara besar-besaran untuk hal ini, tetapi setidaknya apa yang diusulkan di sini tetap berdampak bagi pengguna secara umum. — Bonaditya (bicara) 15 Maret 2020 15.46 (UTC)[balas]
Memang begitu seharusnya, dikembalikan pada pengguna. Tujuan kita kan memudahkan pengguna menemukan informasi, bukan memaksa. Kalau memang pengguna tidak tertarik (misal sudah pernah baca atau memang mau diapain juga tidak akan peduli), tidak ada gunanya juga kita paksa-paksakan. HaEr48 (bicara) 15 Maret 2020 15.50 (UTC)[balas]
@HaEr48: Hmm, baiklah. Namun, setidaknya informasi tersebut bisa dipastikan muncul pertama ketika ASN-nya tampil di pengguna. Selain itu, juga harus bisa merangkum jadi satu bagian (sehingga tak harus banyak ASN). Mungkin itu bisa membantu? — Bonaditya (bicara) 15 Maret 2020 15.59 (UTC)[balas]
Setuju SetujuBonaditya (bicara) 15 Maret 2020 15.30 (UTC)[balas]
Komentar Komentar Berikut kotaknya yang saya salin dari euwiki: {{COVID19}} ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 16 Maret 2020 01.05 (WIB)

Hai! Wikipedia tidak memberikan nasihat medis. Jika Anda tinggal di Indonesia dan bermasalah dengan koronavirus, hubungi:
Saluran siaga Covid-19 119 ext 9 atau 021-5210411 atau 081212123119

Untuk penyunting Wikipedia: Wikipedia:Panduan menyunting artikel koronavirus

Berikut halaman ujicobanya: Halaman Utama/TesSeluler ([1]). Ada yang punya nomor telepon darurat di Indonesia untuk koronavirus? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 16 Maret 2020 01.05 (WIB)
@Bennylin: Aku padatkan sedikit Templat:COVID19 agar bisa muat lebih banyak informasi. Apa memang perlu ditambahkan ke susunan halaman utama, ataukah muncul di WP:ASN lebih baik seperti saranku di atas? HaEr48 (bicara) 15 Maret 2020 18.37 (UTC)[balas]
@HaEr48: Mengapa tidak dua-duanya? Di ASN dan HU? Di ASN pendapatku adalah pemberitahuannya bergerak terus, dan orang mungkin pas tidak baca pemberitahuan tentang covid-19. Di HU, kemungkinan besar orang tidak mengunjungi, tapi tetap tidak bisa diabaikan menurut statistik ini. Dua-duanya = win. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin obrol 16 Maret 2020 01.50 (WIB)
WP:BOLD. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 16 Maret 2020 01.58 (WIB)
@Bennylin: Dari satu sisi memang win karena impresinya jadi naik, tetapi kan dari sisi lain banyak yang dikorbankan.
  • Bisa jadi pembaca jenuh karena isi HU itu-itu melulu
  • Bagian lain di HU, misalnya Artikel Pilihan, Hari ini dalam sejarah, dll. jadi dikorbankan akan tergeser kebawah. Padahal bagian-bagian itu cukup mengandalkan traffic dari HU agar tidak nganggur. Misal coba lihat ini, artikel bagus ini biasanya nganggur kecuali ketika muncul di HU. Kalau digeser semakin kebawah, maka akan semakin sedikit pembacanya. Padahal mungkin artikel korona pun tidak ditayangkan di atas tetap banyak pembaca. HaEr48 (bicara) 15 Maret 2020 19.03 (UTC)[balas]
@HaEr48: Posisinya tidak harus di atas sih. Bisa ditaruh di kanan. Kebetulan di tampilan hari ini tinggi kedua kolom jadi sama di versi PC. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 16 Maret 2020 02.10 (WIB)
Oo kalau begitu agak mendingan sih. Mungkin "Mari bergabung" bisa disembunyikan dulu sekalian, sepertinya bagian itu tidak terlalu digubris pengguna juga karena sudah jenuh. (kalau dilihat dari traffic pranalanya). HaEr48 (bicara) 15 Maret 2020 19.17 (UTC)[balas]
Atau di bawah, karena kalau di kanan tidak muncul di seluler. Saya setuju dengan {{Halaman Utama/Sambutan}} bisa disembunyikan dulu. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 16 Maret 2020 02.22 (WIB)

Saya punya dua pertanyaan: (1) Kalau ditaruh di banner ASN, apakah akan ditampilkan bergantian dengan banner yang lain? (2) Untuk pranala ke situs web pemda, di banner hanya ditampilkan web DKI Jakarta, bagaimana kalau pemda lain juga membuat situs web serupa, misalnya Pemda Jabar di sini? Tidak menutup kemungkinan situs web seperti ini akan dibuat oleh pemda2 lain, terutama yang populasinya tinggi dan kasusnya banyak. Trims. — RianHS (bicara) 15 Maret 2020 23.47 (UTC)[balas]

@RianHS: Benar, sekarang bergantian dengan banner lain. Tetapi aku akalin agar muncul lebih sering dibanding yang lain. Mengenai situs Pemda Jakarta, aku usulkan karena aku lihat lumayan rapi dan juga berisi informasi umum (bukan cuma spesifik Jakarta) misal penjelasan mengenai COVID-19, cara menular, cara melindungi diri, dsb. Di kemkes juga ada tapi agak muter-muter nyarinya. Kalau Jabar bagus juga bisa ditambahin. Kalau kebanyakan mungkin baru kita cari cara biar ringkas. HaEr48 (bicara) 16 Maret 2020 00.09 (UTC)[balas]
Bagaimana dengan pembaca WBI dari luar negeri? @RianHS: referensinya bisa ditambahkan ke Templat:COVID19/bakpasir. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 16 Maret 2020 15.11 (WIB)
@HaEr48. Saya membuat Portal:Penyakit koronavirus 2019 seadanya, adopsi dari portal di en.wp yang kolom-kolomnya tetap lurus ke bawah (tidak sampingan kanan-kiri) walaupun dilihat dari tampilan seluler. Jika info yang mau ditampilkan di banner ASN terlalu banyak, ditaruh di portal saja. -- RianHS (bicara) 17 Maret 2020 02.07 (UTC)[balas]

Mengenai ASN, daku sempat mencari informasi kalau Wikipedia bahasa Indonesia lebih banyak dikunjungi menggunakan mobile web dibandingkan dengan desktop (statistik: mobile web desktop). Setahu saya, ASN hanya bisa tampil melalui desktop. Menurut saya, penetrasi dari informasi yang ada di ASN akan kurang berdampak berdasarkan statistik yang saya berikan. Mungkin ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? (memanggil juga: HaEr48 dan Kenrick95) Salam. — Bonaditya (bicara) 16 Maret 2020 01.46 (UTC)[balas]

Hmm benar juga. Usul: mungkin di paling atas halaman utama bisa ditambahkan baris kecil sementara yang kalau diklik masuk ke Templat:COVID19? Mungkin bisa disembunyikan dari desktop karena sudah ada ASN. Aku rasa untuk mobile justru harus lebih hati-hati lagi, kalau makan tempat banyak, konten HU yang lain justru akan semakin terkubur. HaEr48 (bicara) 16 Maret 2020 01.51 (UTC)[balas]
Bona benar, pengguna seluler tidak melihat ASN. Tapi berapa jumlah pengguna seluler yang mengunjungi halaman utama versi seluler? Aku pikir jauh lebih kecil juga. Jadi pilihan 1 dan 3 (dan 5) di bawah terlihat oleh pengguna seluler yang mengunjungi HU, sedangkan pilihan 2 dan 4 tidak berefek bagi pengguna seluler. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin mufakat 16 Maret 2020 15.04 (WIB)

Sebenarnya ada opsi lain, namun harus dikonfigurasi dari meta-wiki, namanya meta:CentralNotice. Ini bakal muncul di semua halaman, baik desktop maupun seluler (aplikasi Wikipedia juga dapat memunculkan ini setahu saya). Sebagai contoh, di Wikipedia bahasa Indonesia, sedang terdapat banner untuk Wiki Cinta Budaya. Saya kira ini solusi yang lebih elegan dibandingkan didesak masuk ke ASN maupun Halaman Utama. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 16 Maret 2020 14.34 (UTC).[balas]

CentralNotice pun boleh juga kalau memang ada yang bisa menjalankan prosesnya. Aku sendiri juga kurang setuju dengan masuk HU, tetapi kalau memang begitu keputusan komunitas mungkin bisa meniru di en.wp yang kotaknya kecil sekali (tapi masih mudah terbaca) jadi tidak terlalu memakan tempat: en:Template:In the news/special-header. HaEr48 (bicara) 16 Maret 2020 22.55 (UTC)[balas]
Sudah saya tambahkan pilihan kelima untuk ditempatkan di kotak Peristiwa Terkini: [2], {{Peristiwa Terkini/COVID19}} ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 17 Maret 2020 09.39 (WIB)
PenyakitVirusKronologiMenurut lokasiVaksinKematianPortal
Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga Covid-19 Indonesia adalah 119 psw 9 / 021-5210411 / 081212123119
Yang memilih pilihan 1 atau 4 mungkin mau mempertimbangkan pilihan ke-5? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 17 Maret 2020 12.44 (WIB)S

Pilihan

Status:     Selesai

Catatan 17 Maret 2020 14.34 (UTC): Saat ini pilihan 1, 4, dan 5 masing-masing memiliki 5 pendukung. Saya akan buka pemungutan suara ini hingga seminggu ke depan (24 Maret 2020 14.34 (UTC)). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 17 Maret 2020 21.34 (WIB)

Karena tampaknya sudah pasti pilihan kelima, saya percepat tutupnya tanggal 22 Maret 2020 19.27 (WIB), 7 hari sejak awal diskusi, dan bukan 24, awal voting. Harap menjadi maklum. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 20 Maret 2020 22.07 (WIB)
Silakan pilih juga untuk sub-pilihan dari {{Peristiwa Terkini/khusus}} di bawah (saat ini ada 3 pilihan, dan bisa bertambah apabila perlu, tapi sebaiknya kita batasi 3 ini saja). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 20 Maret 2020 22.23 (WIB)
Versi 1
Pandemi koronavirus
  •  
Versi 2
Versi 3 Per usulan Albertus Aditya di atas
Pandemi koronavirus (seluruh duniaIndonesia)

Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Hotline COVID-19 Indonesia 119 ext 9 / 021-5210411 / 081212123119

Usulan Belasungkawa Wikipedia untuk tenaga medis korban koronavirus

Saya mengusulkan agar ada template khusus belasungkawa Wikipedia Indonesia untuk korban tenaga medis yang meninggal akibat koronavirus. Template ini bisa ditempel di artikel Pandemi koronavirus di Indonesia bagian sub judul korban tenaga medis.

Semoga dapat dipertimbangkan. CC RianHS, Albertus Aditya, HaEr48, Adrizky, dll

Efendi Dreya (bicara) 23 Maret 2020 14.16 (UTC)[balas]

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada siapapun yang tengah berjuang melawan wabah ini, namun setahu saya, kita belum pernah mengeluarkan templat ungkapan belasungkawa demikian, seperti misal pada terjadinya bencana alam. Perlu diingat pada akhirnya Wikipedia adalah ensiklopedia. Tidak masalah misalnya menaruh pada halaman portal atau bahkan pada artikel tentang daftar tenaga medis yang menjadi korban wabah ini seperti di Pandemi koronavirus di Indonesia#Korban tenaga medis, tetapi bukan dalam bentuk ungkapan tersebut. Ungkapan seperti itu mungkin lebih cocok disampaikan melalui media sosial, cc Bonaditya (bicara). Salam. Albertus Aditya (bicara) 23 Maret 2020 14.33 (UTC)[balas]
Sepakat dengan Mas Albert. Mungkin dapat ditaruh pada bagian tersendiri seperti korban pekerja darurat pada 9/11 ini. Muhraz (bicara) 23 Maret 2020 14.42 (UTC)[balas]

@Efendi Dreya sayangnya Wikipedia adalah ensiklopedia, jadi bukan tempatnya untuk mengucapkan belasungkawa atas kejadian naas apapun, tanpa mengurangi rasa hormat kepada para korbannya. Kalau mau membuat artikel daftar sih boleh-boleh saja, asalkan tetap deskriptif dan tidak menggunakan bahasa yang berbunga-bunga. Bisa juga dengan membuat profil dokternya kalau sudah memenuhi kriteria kelayakan. Contoh: Li Wenliang.  Mimihitam  23 Maret 2020 16.01 (UTC)[balas]

Setuju dengan bung Albertus Aditya dan Mimihitam. Ucapan seperti ini memang lebih cocok di media atau medsos ketimbang untuk ensiklopedia. HaEr48 (bicara) 23 Maret 2020 23.17 (UTC)[balas]

Arsip Januari 2020

Kejar Norwegia

Ga ada proyek "Kejar Norway" apa? Kita selisih tipis sama Wikipedia Norwegia loh. Kalau seandainya kita bisa kejar Norwegia dan Serbia, kita bisa kejar Katalunya dan Persia juga. Soalnya dua Wikipedia itu jumlahnya beda tipis. ⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 6 Januari 2020 10.41 (UTC)[balas]

@AnandaV: Sebaiknya kita mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Percuma punya halaman jutaan kalau isinya tak berbobot. Lagipula sepanjang tahun pasti ada WikiMaraton. flixwito ^(•‿•)^ 15 Januari 2020 09.45 (UTC)[balas]

@Veracious: Sepanjang tahun? Hmm, menarik. WikiMaraton tahun ini saya sarankan diberi judul "Kejar Norwegia" karena orang-orang Indonesia sifat nasionalisme nya tinggi, jadi bisa dimanfaatkan buat "main kejar-kejaran" sama Wikipedia bahasa lain. 😄

Mengenai masalah kualitas, jadi begini, di dalam marathon ini ada rules nya kan? Dalam rules itu bikin aturan agar kualitas nya terjamin. Dan satu lagi, kenapa Wikipedia bahasa lain bisa banyak padahal jumlah editor (dalam kata umum) nya sedikit? Itu karena mereka punya bot yang membuat lebih dari 1000 (perkiraan) artikel dalam sehari. Memang yang dibuat oleh bot itu artikel yang kurang berbobot, seperti isinya cuma terdiri dari beberapa bagian kecil, ga ada referensi atau yang lebih parah, cuma pengertian singkat. Tapi itu lebih baik ketimbang kita tidak memiliki nya untuk dimasukkan kedalam database dan membiarkan artikel-artikel kita penuh dengan tulisan merah. Artikel yang para bot itu salin juga berasal dari artikel Wikipedia lain (kebanyakan dari Wikipedia English) yang ga jauh beda bentuknya. Dan sebenarnya itu bukan hanya dilakukan oleh bot, user (brainware) juga seperti itu. Dalam hal ini, saya rasa kita perlu bikin proyek terpisah agar artikel-artikel itu (terutama artikel lama yang sifatnya penting) diperbaiki agar menjaga kualitas Wikipedia Bahasa Indonesia.

Berbicara lebih jauh, pernahkah para Wikipediawan berdiskusi mengenai akar dari masalah ini? Apa yang membuat orang-orang malas membuat artikel yang berbobot? Saya rasa itu perlu dibahas untuk menyelesaikan masalah ini. Kalau dibiarkan terus bakalan semakin hancur dan itu bakalan jadi "blunder" buat Wikipedia kedepannya. -⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 15 Januari 2020 12.25 (UTC)[balas]

@AnandaV: Nama kompetisinya agak ofensif ya 😅 , seakan menyalahkan negara lain. Kalau mau lebih nasionalisme, tema kompetisinya bisa diarahkan ke perintisan/pengembangan artikel bertopik Indonesia. Untuk bot, mereka tidak mengambil dari Wiki lain, bot hanya mengambil dari data situs web tertentu dan diolah jadi artikel sesuai templat yang ditentukan, walhasil artikelnya berantakan. Sudah ada berbagai proyek terpisah, tapi peminatnya sedikit atau sudah lama tak aktif.
Akar kemalasan? Karena capek-capek nulis di Wikipedia gak dapet duit; nama kita pun tidak tertulis (harus dicari di riwayat/history artikel, ribet); tulisan bisa disalin sesuka hati oleh blogger/youtuber (yang pastinya mereka dapet duit dari visit/view); dan lain-lain. flixwito ^(•‿•)^ 16 Januari 2020 04.50 (UTC)[balas]

@AnandaV: Saya sependapat dengan Bung Veracious, lebih baik mengutamakan mutu ketimbang kuantitas artikel. Kalau botnya mengambil data dan isi artikel dari Wikipedia bahasa Inggris, sudah bisa ditebak akan memakai terjemahan mesin entah menggunakan Google atau Yandex. Ini yang menjadi masalah. Mesin-mesin terjemahan ini tidak bisa mengenali konteks artikel dan seringkali kacau tata bahasanya. Ujung-ujungnya harus dibereskan secara manual, dan ini akan sangat menyita waktu dan tenaga para pengurus serta pengguna lainnya yang masih harus berpatroli atau mengembangkan artikelnya masing-masing. Bung Mimihitam juga sudah ratusan kali menyerukan masalah ini.

Perkara malas membuat artikel berbobot, saya rasa itu terjadi karena untuk membuat artikel yang berbobot seperti artikel-artikel bagus dan pilihan, learning curve-nya curam dan butuh jam terbang yang banyak. Apalagi kalau menulis artikelnya dari nol, bukan menerjemahkan dari Wikipedia lainnya. Dan tentu menulis artikel yang bagus akan menguras pikiran serta waktu, sedangkan para kontributor Wikipedia juga memiliki kesibukan di dunia nyata. Otomatis, pengguna yang masih pemula kebanyakan hanya melakukan suntingan-suntingan kecil saja. Di sisi lain, saya merasa kalau jumlah kontributor aktif di WBI masih sangat kurang jika tujuannya adalah mengembangkan artikel-artikel rintisan menjadi artikel yang lebih baik secara massal. Untungnya, kini acara pelatihan seperti WikiLatih sudah mulai digalakkan untuk menjaring kontributor-kontributor yang baru. Metal Zero-1 (bicara) 17 Januari 2020 10.35 (UTC)[balas]

Kosakata asli Bahasa Indonesia (Melayu)

Ketika saya iseng-iseng mencari hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, saya menemukan beberapa halaman yang membahas kosakata serapan seperti serapan dari Sansekerta, Belanda, Arab, Mandarin, Inggris, dan lain-lain. Tetapi saya tidak menemukan halaman yang membahas kosakata asli dari bahasa Indonesia (Melayu) itu sendiri. Ketika saya bandingkan dengan Wikipedia English, saya lihat Wikipedia Bahasa Inggris ada halaman yang membahas kosakata asli mereka.

Saya terpikir untuk membuat nya dengan format yang sama seperti artikel Wikipedia English karena saya rasa ini penting untuk mengetahui bagaimana kosakata asli leluhur kita, Austronesia. Tetapi saya kebinggungan mencari sumber nya. Ketika saya searching di Google, saya tidak ada menemukan satupun situs yang menjelaskan semua kosakata asli Bahasa Indonesia (orang Indonesia keknya kurang peduli sama bahasa 😒).

Apakah anda punya solusi? ⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 18 Januari 2020 18.13 (UTC)[balas]

Karena bahasa Indonesia adalah turunan dari bahasa Melayu, maka sebaiknya judulnya "Daftar kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu". -- Adiputra बिचर -- 19 Januari 2020 01.41 (UTC)[balas]
Kemungkinan bakal jadi riset asli, tapi saya setuju bila ingin dimulai. Mungkin bisa dimulai dari melihat-lihat Austronesian Comparative Dictionary. Saran saya judulnya "daftar kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Proto-Melayu". Gombang (bicara) 23 Januari 2020 12.40 (UTC)[balas]