Portal:Rumania/Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan


Rumania/Artikel pilihan
Bukares (bahasa Rumania: București diucapkan [bukuˈreʃtʲ] ( simak), Inggris: Bucharest) adalah ibu kota dan pusat industri, budaya dan finansial Rumania. Kota ini terletak di tepi sungai Dâmboviţa. Kota București pertama kali disebut dalam sebuah dokumen tahun 1459. Sejak saat itu, kota ini mengalami berbagai perubahan. Bukares menjadi ibu kota Rumania pada tahun 1862 dan menjadi pusat media massa, budaya dan seni Rumania. Arsitektur Bukares merupakan gabungan dari gaya historis, komunis dan modern. Pada periode antar dua perang dunia, arsitektur kota ini membuat Bukares dijuluki sebagai "Paris Kecil di Timur" (Micul Paris). Meskipun banyak bangunan yang mengalami kerusakan akibat perang, gempa bumi dan program sistematisasi Nicolae Ceaușescu, banyak bangunan bersejarah yang hingga kini masih bertahan. (Selengkapnya...)



Rumania/Artikel pilihan
Bahasa Rumania atau Limba Română, merupakan anak cabang paling timur bahasa-bahasa Roman dan satu-satunya cabang bahasa Latin yang dikelilingi oleh bahasa-bahasa Slavia dan Hongaria. Bahasa ini dituturkan oleh lebih kurang 30 juta orang yang tersebar di Rumania, Moldova, Ukraina, Hongaria, Bulgaria hingga Serbia. Bahasa-bahasa Rumania ini terbagi atas beberapa cabang, yakni Rumania baku (wilayah Rumania dan Moldova, Istro-Rumania (dituturkan di semenanjung Istria, Kroasia), Macedo-Rumania (dituturkan di kawasan Makedonia dan Arumania (dituturkan di kawasan utara Yunani). (Selengkapnya...)



Rumania/Artikel pilihan
Iaşi (pengucapan bahasa Rumania: [ˈjaʃʲ]) adalah kota dan munisipalitas yang terletak di Provinsi Iasi, Rumania. Sebagai salah satu kota terbesar di Rumania, Iaşi merupakan pusat sosial, ekonomi, budaya dan akademik Moldavia. Kota ini pertama kali disebutkan pada tahun 1408 dalam sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Pangeran Alexandru cel Bun. Iaşi pernah menjadi ibukota Kepangeranan Moldavia dari 1564 hingga 1859, Principatele Unite antara 1859 hingga 1862, dan Rumania antara tahun 1916 hingga 1918. Di Iaşi terdapat Universitas Iaşi, perguruan tinggi tertua di Rumania yang didirikan oleh Alexandru Ioan Cuza pada tahun 1860. (Selengkapnya)