Elektra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Elektra d Makam Agamemnon, Frederic Leighton, 1869

Dalam mitologi Yunani, Elektra (Bahasa Yunani: Ἠλέκτρα) adalah seorang putri di kerajaan Argos. Dia adalah anak Raja Agamemnon dan Ratu Klitemnestra, dan merupakan saudara kembar Iphigeneia dan Khrisothemis, juga saudara dari Orestes.

Ada juga seorang nimfa bernama Elektra yang berhubungan dengan Thaumas (anak Gaia) dan menjadi ibu dari dewi Iris.

Kisah Elektra[sunting | sunting sumber]

Pembunuhan Agamemnon[sunting | sunting sumber]

Elektra pergi dari Mikenai ketika ayahnya yang baru kembali dari Perang Troya, Raja Agamemnon, dibunuh oleh Aegisthus, (kekasih Klitemnestra), atau oleh Klitemnestra sendiri. Aigisthos dan Klitemnestra juga membunuh Kassandra, pendeta Troya yang menjadi rampasan perang milik Agamemnon. Delapan tahun kemudian Elektra kembali dari Athena bersama saudara laki-lakinya, Orestes.

Menurut Pindaros, Orestes diselamatkan pelayannya atau oleh Elektra, dan dibawa ke Gunung Parnassos, di mana Raja Strofios kemudian merawatnya. Ketika berusia dua puluh tahun, Orestes diperintahkan oleh Orakel Delfi untuk pulang dan membalaskan kematian ayahnya.

Pembunuhan Klitemnestra[sunting | sunting sumber]

Menurut Aiskhilos, Orestes dan Elektra melakukan ritual di depan makam Agamemnon. Kemudian mereka berdua merencanakan cara pembalasan dendamnya. Akhirnya Pilades dan Orestes (dengan dibantu Elektra) membunuh Aeigisthos dan Klitemnestra.

Sebelum mati, Klitemnestra mengutuk Orestes sehingga Erinyes (para Erinya) datang untuk menyiksa Orestes. Ia dikejar oleh Erinyes yang tugasnya adalah menghukum pembunuhan anggota keluarga. Namun Elektra tidak diburu oleh Erinyes. Orestes berlindung di kuil di Delphi. Ketika ia datang ke kuil itu, seorang pendeta menemukannya berlumuran darah dan para Erinya beterbangan di sekelilingnya. Setelah itu, mereka memandikannya dengan darah babi untuk menyucikan dirinya. Setelah dimurnikan, ia pergi ke kota Athena untuk mencari dewi Athena.

Athena menerima dia di Akropolis kota Athena dan mengadakan sidang atas kasus ini di depan dua belas hakim Attika. Erinyes meminta korban mereka sementara Orestes memohon pada Apollo. Keputusan para hakim terbagi dua. Dan akhirnya Orestes bisa bebas berkat keputusan Athena.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pilades dan Elektra jatuh cinta dan menikah. Pilades adalah putra Raja Strofios (yang telah merawat Orestes sementara ia bersembunyi dari ibunya dan kekasih ibunya), dan telah membantu Orestes dan Elektra membunuh Klitemnestra dan Aigisthos.

Menurut Euripides, Klitemnestra dan Aigisthos sebelumnya telah memberikan Elektra untuk dinikahi oleh seorang petani, mereka percaya bahwa anak-anak Elektra akan lebih kecil kemungkinannya untuk membalas dendam jika mereka bukan keturunan bangsawan, akan tetapi sang petani menghargai Elektra dan menolak untuk menikmati perkawinannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]