Wikipedia:Validasi artikel/Status pengguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Redaktor Wikipedia 600px.png
Validasi artikel Revisi terperiksa Revisi layak Pengurus Status pengguna
Tanya jawab Konfigurasi Permohonan: peninjauan (arsip)  · hak editor (arsip)

Kelompok pengguna dalam implementasi ekstensi FlaggedRevs bertambah dua yaitu kelompok Editor dan Peninjau. Kedua kelompok ini adalah para pengguna yang bertanggung jawab untuk memeriksa perubahan terbaru dan kemudian memeriksa serta menandai revisi-revisi sebagai revisi yang stabil.

Editor

Gtk-redo-ltr.svg WP:EDITOR
Kotak tinjauan untuk Editor, terdapat pada setiap halaman

Editor adalah para pengguna yang bertugas memeriksa suntingan dan memastikan bahwa kriteria dasar revisi terperiksa telah terpenuhi. Bila kriteria telah dipenuhi, maka Editor dapat menandai revisi tersebut sebagai revisi terperiksa.

Seorang Editor dapat membatalkan penandaan revisi terperiksa oleh Editor lainnya atas dasar yang kuat bahwa kriteria tidak terpenuhi. Hal ini harus dilakukan dalam suasana yang tenang dan dengan common sense.

Peninjau

Gtk-redo-ltr.svg WP:Peninjau
Kotak tinjauan untuk Peninjau, terdapat pada setiap halaman

Peninjau (Inggris: Reviewer) adalah para pengguna yang bertugas memeriksa suntingan dan memiliki fungsi yang mirip dengan Editor, hanya saja para Peninjau dapat menandai suatu revisi sebagai revisi yang layak.

Peninjau dapat membatalkan penandaan revisi oleh Editor dan Peninjau lainnya bilamana kriteria dianggap tidak terpenuhi. Hal ini harus dilakukan dalam suasana yang tenang dan dengan common sense.

Status pengguna

Status Editor

Pengurus dapat memberikan status Editor kepada seorang Pengguna yang dianggap mampu untuk melakukan tugas patroli, dan juga dapat mencabut status tersebut. Pemberian maupun pencabutan status dapat dilakukan secara otomatis maupun atas permintaan pengguna terdaftar. Walaupun pengurus dapat memberikan dan mencabut dengan bebas, ada beberapa kriteria minimal yang harus terpenuhi oleh pengguna yang akan diberikan status Editor:

Status editor juga dapat diberikan secara khusus kepada staf Wikimedia, steward, dan pengguna-pengguna khusus lainnya yang membutuhkan, setelah terlebih dahulu disetujui oleh para pengurus WBI, baik atas permintaan sendiri, maupun atas usulan pengguna WBI.

Statistik
  • Lama bergabung: 60 hari pada waktu status diberikan atau saat permohonan diajukan
  • Jumlah suntingan: 150 suntingan selama 3 bulan terakhir
  • Jumlah ruang nama: 5 ruang nama yang pernah disunting selama 3 bulan terakhir
  • Surel: harus diset valid dan sudah dikonfirmasi, serta memperbolehkan pengguna lain mengirimkan surel dengan mengaktifkan fitur itu di halaman preferensinya.
  • Halaman pengguna: harus memiliki halaman pengguna minimal sebesar 100 bita (dapat diperiksa di versi terdahulu)
  • Blokir: tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir atas alasan vandalisme
Bagian dari tampilan alat penghitung kontribusi, YAEC

Pengurus dapat memeriksa kontribusi sesuai dengan kriteria di atas dengan menggunakan alat dari Toolserver: Yet Another Edit Counter (YAEC)

Suntingan
  • Memiliki riwayat menangani suntingan-suntingan vandalisme (mengembalikan suntingan vandal, dll.)
Kemampuan berbahasa Indonesia (dinilai oleh pengurus)
  • Memiliki keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia yang benar secara baik, dapat melalui kontribusinya di Wikipedia maupun situs-situs lain (harap lampirkan)

Pemberian hak editor dapat dilakukan secepatnya dan selambat-lambatnya satu (1) bulan, untuk mempersilakan para Editor atau Pengurus mengajukan keberatan atau komentar persetujuan terhadap kandidat baru. Bagi pengguna yang belum memenuhi syarat pengangkatan, pengguna tersebut dapat mengajukan kembali selama dua pekan setelah keputusan, dengan syarat, syarat untuk menjadi editor terpenuhi. Untuk laporan yang belum disetujui, dapat diarsipkan dua pekan setelah keputusannya.


Pengurus dapat mencabut status Editor jika pengguna yang bersangkutan:

  • dengan sengaja menandai artikel yang tervandalisme sebagai revisi terperiksa
  • menyalahi atau melanggar kebijakan mengenai validasi artikel
  • mengganggu peninjauan yang sah oleh Editor atau Peninjau lainnya
  • ketidakaktifan selama 3 bulan (kurang dari 50 kontribusi pada ruang nama utama ditambah ruang nama proyek)
  • atas permintaan pengguna sendiri

Saat ini ada 142 editor.

Status Peninjau

Birokrat dapat memberikan dan mencabut status Peninjau bagi seorang Pengguna. Pemberian maupun pencabutan status dapat dilakukan secara otomatis maupun atas permintaan pengguna tersebut ataupun pengguna lainnya yang terdaftar. Pengurus secara otomatis diberikan status Peninjau. Kriteria minimal yang harus terpenuhi oleh pengguna yang akan diberikan status Peninjau adalah:

  • Memenuhi kriteria minimal Editor dan Pengembali revisi.

Pengurus juga harus memastikan bahwa calon Peninjau telah minimal:

Status sebagai Peninjau harus disetujui secara mayoritas, lebih dari 50% suara setuju dari jumlah suara setuju dan tidak setuju, dalam sebuah pemungutan suara yang khusus diadakan untuk itu dalam waktu minimal 7 hari dan maksimal 14 hari, dengan minimal pemberi suara 3 pengguna. Pengguna yang dapat memberikan suara untuk tujuan ini adalah kelompok Editor, Peninjau, Pengurus, dan Birokrat.

Pencabutan status Peninjau dapat dilakukan oleh Birokrat secara otomatis:

  • bila yang bersangkutan dengan sengaja menandai artikel yang tervandalisme atau tidak sesuai dengan kebijakan konten Wikipedia Bahasa Indonesia sebagai revisi terperiksa/versi stabil atau jelas-jelas melanggar kebijakan mengenai validasi artikel.
  • bila yang bersangkutan tidak aktif selama 3 bulan (kurang dari 50 kontribusi pada ruang nama utama ditambah ruang nama proyek)
  • atas permintaan pengguna sendiri

Saat ini ada 7 peninjau aktif.

Birokrat juga dapat mencabut status Peninjau atas persetujuan komunitas Pengguna dengan persyaratan yang sama ketika Birokrat memberikan status Peninjau di atas.

Status Pengembali revisi

Persyaratan:

Hanya pengguna berstatus editor dapat meminta hak rollback pada halaman khusus. Hanya pengguna berstatus editor yang terkonfirmasi yang dapat diberi hak rollback. Pengurus dapat memberikan hak rollback pada pengguna berstatus editor yang memenuhi syarat tanpa diminta, dengan memberikan alasan di tempat yang sesuai, misalnya di halaman pembicaraan pengguna.

Pencabutan status Pengembali revisi dapat dilakukan oleh pengurus secara otomatis bila hak atas rollback disalahgunakan.

Bot

Suntingan bot otomatis akan ditandai sebagai suntingan terperiksa.

Lihat pula