Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Juni 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemilihan Pengurus 2011[sunting sumber]

Terkait dengan disetujui sistem pemilihan pengurus yang baru (terima kasih untuk yang telah memberikan pendapat/komentar), maka perlu ditentukan garis waktu (timeline) untuk tahun 2011 ini (untuk tahun selanjutnya ditentukan setelah pemilihan pengurus 2011 berakhir).

Maka, dengan melakukan perubahan sedikit lagi yang telah dibuat oleh Sanko, maka ini adalah usulan garis waktu dari saya, yaitu:

  • 9 Mei, pembukaan pendaftaran calon (sudah bisa dilakukan pendaftaran, pemeriksaan persyaratan para calon sudah mulai berlangsung di internal pengurus, hasil belum dipublikasi)
  • 15 Mei, penutupan pendaftaran calon. (disusul publikasi pada hari yang sama)
  • 16 Mei, pembukaan halaman calon. Bisa langsung tanya jawab di halaman masing2 calon.
  • 18 Mei, akhir konfirmasi dari calon.
  • 30 Mei, akhir masa tanya jawab ke calon.
  • 1 Juni, pemungutan suara dimulai.
  • 7 Juni, seminggu waktu minimal pemungutan suara jika kurang ditambah lagi maksimal 1 minggu (aturan lama)
  • 14 Juni, batas maksimal waktu 2 minggu untuk pemungutan suara (aturan lama).
  • 15 Juni, pengangkatan semua yang terpilih oleh birokrat (bersama-sama baik yang 1 minggu sama yang 2 minggu)

Jika tidak ada pertentangan, maka untuk pemilihan tahun ini akan menggunakan jadwal seperti yang di atas. Kritik/saran/komentar sangat diharapkan berhubung sistem ini masih sangat baru dan rawan kelemahan di berbagai titik.

Salam. Albertus Aditya 10:04, 6 Mei 2011 (UTC)

Setuju saja dengan jadwal di atas, saatnya menyiapkan bakal calon. Tinggal nanti mau dipasang dimana usulan nama-namanya.  Sanko  bicara  00:36, 7 Mei 2011 (UTC)
Nanti ada halaman khusus, akan di pasang di Sitenotice dan di Daftar diskusi. Salam. Albertus Aditya 04:12, 7 Mei 2011 (UTC)

Belum dimunculkan di Warung Kopi tapi sudah pada masukkan usulan ya  Sanko  bicara  06:26, 9 Mei 2011 (UTC)

Memasuki hari ke-3 Pemilihan Pengurus 2011, hampir pasti kita akan punya 2 Pengurus baru lagi, sementara 1 calon masih dekat persentase suara untuk terpilih.  Sanko  bicara  05:33, 3 Juni 2011 (UTC)
Tak terasa. Selamat buat 2 calon yang terpilih jadi Pengurus baru WBI. Setidaknya ada tambahan yang domisili di luar Jawa lagi.  Sanko  bicara  06:06, 14 Juni 2011 (UTC)

Mohon Klarifikasi terhadap pengguna Erik Evermtus[sunting sumber]

Selamat siang WBI, saya ingin minta klarifikasimengenai hal ini ? [1] terutama pada para pengurus WBI yang terhormat. saya rasa WBI merupaka tempat yang "menjunjung tinggi hak bebas berpendapat" kiranya para pengurus bisa menerangkan ini kepada khalayak  M4srUd¡n 16:47, Kamis, 23 Juni 2011 (WIT)

Itu kan pengguna silumannya Erik Evrest, kan? Tidak perlu dua atau lebih akun. Akun milik Kenrick hanya dipakai sangat terbatas (hanya jika ada waktu luang di sekolah), dan saya cukup mengerti karena penggunaannya adalah di laboratorium komputer sekolah yang mungkin dipakai untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, terutama karena teman ybs. (setahu saya) cukup canggih dalam hal-hal teknis komputer, jadi akun tersebut bagi saya tidak ada masalah. Nah, kalau Erik kenapa minta dilepas? Apalagi, Erik juga punya Erik E VestBot yang juga diblokir, karena namanya memang bermasalah (bukan bot, namanya bot). Albertus Aditya (bicara) 15:19, 23 Juni 2011 (UTC)
Sebelum saya komen, izinkan saya untuk berterima kasih pada Masrudin karena tak kepikiran saya untuk mendiskusikan hal ini disini. Begini, saya minta dilepas karena dari awal ya misi akunnya ya demikian (seperti SockPuppet-nya Kenrick95) Namun mungkin karena sang pemblokir yang belum tau ya langsung diblokir. Padahal saya tidak bahkan belum sama sekali membuat hal merugikan bagi orang lain dengan akun tersebut (seperti memvote akun utama yang sedang dalam pemilihan sysop) Dan tolong deh hal ini jangan disangkut-pautkan dengan akun saya yang lain yang namanya dilarang. Kae jenenge ora proporsional --Erik 09:49, 24 Juni 2011 (UTC)
Kenapa tidak proporsional? Saya rasa terlihat secara jelas, bahwa Anda tidak mengerti (1) Pengguna siluman dan (2) Kebijakan nama pengguna. Saya rasa, Pak Jagawana tahu mengapa ia harus memblokir, dan saya rasa keputusannya tepat. Apakah Anda cukup sering menyunting WBI dari komputer berbagi? Albertus Aditya (bicara) 10:01, 24 Juni 2011 (UTC)
Lha, tapi kok pengguna silumannya Kenrick95 tidak ? Dan perlu Anda ketahui juga dari pesan yang saya tujukan ke Masrudin sampe kemudian ditunjukan beliau disini tidak ada yang dibicarakan mengenai Erik E VestBot apalagi kebijakan nama pengguna. Yang dibicarain cuma Erik Evermtus. Yalah kalau si VestBot akun siluman terawal dari Evermtus hanya saja VestBot namanya dilarang. Tapi ya mohon jangan di"kembar-siam"kan. Lagipula dari dulu saya bilang kalo Erik Evermtus akun siluman kaya punyanya Kenrick. Kenrick pun demikian. Akun silumannya Kenrick pun ditugaskan untuk pengganti akun siluman di media umum. Saya pun demikian (cuma belum sempat ketulis) Ditambah akun silumannya berkontribut selayaknya pengguna lainnya, tidak menguntungkan akun utama seperti yang saya tulis sebelumnya. Sehingga cukup alasan kan untuk akun itu dilepas status blokirnya tanpa harus buat akun baru. --Erik 11:04, 24 Juni 2011 (UTC)
Ok. Dengan mengesampingkan (dahulu) yang masalah Erik E Vest Bot, saya rasa tidak ada keuntungan bagi Anda dengan memiliki 2 akun. Cukup satu akun saja. Albertus Aditya (bicara) 11:15, 24 Juni 2011 (UTC)
Sebagai sekadar perbandingan (tidak untuk didiskusikan lebih lanjut) para steward juga tidak mendukung, kan..   Albertus Aditya (bicara) 11:19, 24 Juni 2011 (UTC)
Sungguh, Anda itu layak disejajarkan dengan Kenrick95 dan Sanko. Membuat sesuatu menjadi tak layak didiskusikan dengan hanya 1 buah kalimat. Para steward itu tidak mendiskusikan tentang itu (meski saya cantumkan pesannya juga) Lalu jika 2 akun itu tidak penting gimana donk ? Diblokir ? Dihapus dari catatan daftar statistik pengguna ? Kenrick95 saja boleh dan Anda pun sudah mengakui kegunaannya serta menjelaskannya. Lalu bagaimana dengan MultiAkun ? Bukannya saya kapitalis ya, tapi kalo cuma buat rumit disini nggak usah ikutan diskusi. Biar para Wikiwan lain yang ikut. Itu ama aja dengan mengikutkan anak TK dalam Kejuaraan Sains Tingkat Profesor. Yalah, setidaknya Anda membuat agar ini tidak terlalu rumit dengan mengesampingkan masalah Erik E VestBot (walau Anda tulis "dahulu"/sementara) Cobalah mempermudah sesama Wikiwan daripada Wikipedia jadi terpecah belah menjadi 2 kubu. --Erik 12:38, 24 Juni 2011 (UTC)
Saya rela Pengguna:Kenrick95Sock diblokir (supaya Erik senang) sebab sudah kira-kira setahun tidak pernah masuk log dengan akun itu (lagipula kebanyakan di tempat umum sebisa mungkin saya tidak masuk log).   ·· KℇℵℭK 14:55, 24 Juni 2011 (UTC)
Apa maksud Anda mengaitkan saya disini?  Sanko  bicara  15:46, 24 Juni 2011 (UTC)
Saya rasa keputusan Pak Jagawana sudah tepat, dan saya juga bingung kenapa nama Pak Sanko dikaitkan ke sini. Albertus Aditya (bicara) 15:52, 24 Juni 2011 (UTC)

Ya memang Sanko ada hubungannya tapi hubungan kesamaan gaya pembicaraan A'A yang "membuat penting jadi tak penting" (bukti) bukan mengenai SockPuppet-nya. Emang 2 orang yang komen terakhir sebelum saya mau menjebak saya agar pembicaraan ini tak proporsional. Tapi sudahlah, tak perlu ditindak-lanjuti mengenai hal ini. Kaga penting. Poko'e Kembali ke ****top eh salah, maksud saya kembali ke laptop.

Mohon untuk lupakan sang pemblokirnya, Jagawana. Pertama, ia sudah tidak lagi jadi pengurus dan tidak berkontrib disini lagi jadi percuma karena kita kaya (maaf) omongin orang udah meninggal, tidak bisa diajak bicara, apalagi anggapan A'A tentang si Jagawana cuma perkiraan jadi itu ama aja ngasih hoax. Kedua, pemblokiran dilaksanakan pada tahun 2009, 2009 ama sekarang dah beda, kalo dianggap sama berarti Anda sama aja nyamain jaman sekarang ama jaman batu, yang pasti sudah ada revolusioner di Wikipedia ini (sama halnya dengan sistem Pemilihan GP pra 2010 sama sekarang)

Saya ambil alih ke tanggapannya si Anggara Kenrick (penempatan marga ala Eropa) Kelihatannya menarik. Tapi dari omongannya si Kenrick kelihatannya (maaf sekali lagi) berdusta deh. Pasalnya ia cuma ngomong "Saya rela Pengguna:Kenrick95Sock diblokir" tapi buktinya tidak pernah. Selain itu juga pernah digunakan serta dilayakan bagi para pengurus di WBI. Jadi punya saya ya bolelah --Erik 03:43, 26 Juni 2011 (UTC)

Saya memilih untuk tidak berkomentar lebih lanjut mengenai hal ini. Menurut saya, alasan-alasan yang diajukan oleh Erik tidak kuat untuk meminta blokirnya dibuka dan seperti yang saya utarakan di atas, menurut saya tindakan Jagawana tepat (karena saya tidak setuju adanya pengguna yang memiliki akun siluman dengan tujuan yang tidak jelas) dan para steward-pun demikian. Salam. Albertus Aditya (bicara) 11:30, 26 Juni 2011 (UTC)

Tambahan: Multiakun tidak selamanya pengguna siluman. ·· KℇℵℭK 11:47, 26 Juni 2011 (UTC)
Okelah, terserah. Tapi perlu saya ingatkan (walau ini hanya peringatan dari sorang manusia biasa) kalau alasan saya kuat dengan bukti 1 akun sockpuppet yang diperbolehkan beserta alasannya yang dicantumkan di halaman penggunannya (maksudnya alasan sama dengan yang tertulis) Baik, mungkin pembicaraan ini bakal selesai sampai disini dan semoga Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita semua. Amien --Erik 13:36, 26 Juni 2011 (UTC)