Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Oktober 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Akun kedua

Apa kebijakan Wikipedia Indonesia bagi orang yang membuat akun baru karena lupa kata sandi akunnya yang lama (dan kemungkinan dulunya tidak memasukkan email sehingga tidak bisa diganti kata sandinya)? Saya melihat pengguna Pengguna:Tjamboek Berdoeri28 diblok dengan alasan (saya rasa) nama menyerupai Pengguna:Tjamboek berdoeri padahal ditulis di halaman profilnya bahwa dia lupa kata sandinya. Pertanyaan ini bersifat umum, artinya tidak spesifik kepada pengguna yang bersangkutan (misalkan suatu hari nanti saya mengalami hal yang serupa dan berniat membuat akun baru dengan nama Bennylin1). Saya lihat di WP:NAMA #1a tidak mengatur jika orangnya sama, #4 tidak menjelaskan bagaimana jika akun yang pertama tersebut sudah tidak diblokir lagi (ybs. pernah diblokir 3 hari tahun 2006, namun terakhir menyunting Agustus 2009), #5 juga tidak mengatur jika orangnya sama. Sementara itu Wikipedia:Pengguna siluman yang berkonotasi negatif juga tidak menjelaskan kemungkinan orang dapat lupa kata sandi akun yang pertama dan membuat akun yang kedua. Saya baru baca-baca pedoman di id.wiki, belum sempat membaca bahasa lainnya, dan ingin mendengar dulu pendapat yang lain. Apakah boleh membuat akun baru jika lupa kata sandi akun yang lama?
Bennylin
15:35, 1 Oktober 2009 (UTC) --
Bennylin
15:35, 1 Oktober 2009 (UTC)

Sudah cek di en? Junkcops (bicara ke saya|pekerjaan saya) 11:30, 30 Oktober 2009 (UTC)

Menurut saya nanti saja bila yang bersangkutan sendiri sudah menghubungi pengurus, baru komunitas membicarakannya. Bila perlu sampai voting persetujuan, sehingga ada preseden di Wikipedia Bahasa Indonesia untuk kasus serupa di masa depan. Salam, Naval Scene (bicara) 11:38, 30 Oktober 2009 (UTC)

Lindungi halaman ini

Buat pengurus bagaimana cara melindungi halaman? 114.59.101.32 03:58, 10 Oktober 2009 (UTC)

Tulis saja permohonannya di halaman diskusi halaman yang bersangkutan, atau hubungi salah satu pengurus. borgx(kirim pesan) 01:05, 12 Oktober 2009 (UTC)

Suntingan vandal

Saya rasa suntingan vandal yang berlangsung bukanlah yang pertama kali dan tidak akan berhenti sejalan dengan perkembangan WBI sendiri. Setelah artikel yang di-vandal tersebut dikembalikan ke versi sebelumnya, tentu pengguna yang melakukan suntingan vandal (maupun suntingan coba-coba) diberikan {{tag}} baik itu berupa {{test}} ataupun {{vandal}}. Ada beberapa pertanyaan yang sedikit mengganjal.

  • Adakah batasan (contoh: Berapa kali pengguna tersebut melakukan "vandal") supaya nanti-nya di blok ?
  • Adakah "guidelines" yang menjadi patokan jangka waktu pemblokiran yang diberikan kepada pengguna tersebut ?

mungkin jawaban dari pertanyaan saya ada di bagian tertentu yang saya belum temukan. Salam  Tjmoel   03:21, 18 Oktober 2009 (UTC)

Menurut pengalaman saya, kalau aksi vandalnya ada unsur kesengajaannya misalnya mengosongkan atau kata-kata tidak senonoh biasanya langsung saya blokir 3 hari atau 1 minggu, tapi itu kalau aksi tersebut dilakukan oleh pengguna anon dan terjadi dalam hitungan tidak sampai 1 jam yang lalu, kalau sudah lebih biasanya sudah sia-sia, bisa jadi penggunanya sudah tidak di lagi di Wikipedia. Tetapi kalau aksi vandalnya terselubung (ini lebih sulit dideteksi), biasanya aksinya harus lebih berat lagi karena dengan sengaja merusak dan dengan niat sebisa mungkin tidak terdeteksi. Tapi (lagi-lagi) menurut pengalaman, mengembalikan dan pemblokiran tidak terlalu efektif lagi karena aksi vandalisme semakin hari semakin kolosal. Lebih efektif jika memakai perlindungan. Kalau perlu setiap ada vandal, halamannya langsung dilindungi. Harus ada upaya yang lebih dari pihak pengembang jika ingin lebih memajukan Wikipedia. Memang prinsip dasar Wikipedia adalah "bisa disunting siapa saja" termasuk pengguna anonim, tapi itu cocoknya berlaku pada waktu Wikipedia sedang mulai berkembang, di mana jumlah artikel masih sedikit, tidak cocok lagi untuk keadaan sekarang. Sebagai catatan: prinsip ini saya anggap suatu ketidakkonsistenan, setahu saya pihak en.wikipedia sedang mencoba fitur extension Flagged Revisions, di mana prinsipnya adalah suntingan anonim tidak langsung di-post, melainkan harus menunggu review oleh grup-grup editor dan reviewer. Sedangkan pengguna anonim kan tidak bisa diset ke grup-grup pengguna. Ini kan sama saja dengan menonaktifkan anonim dari menyunting. Walaupun belum dilaksanakan, tetapi dengan adanya ide-ide dan usaha untuk mencobanya sama saja melanggar prinsip yang dibuat sendiri. Memang komplain ini lebih cocok ditujukan ke dewan pengurus yayasan Wikipedia. Bagaimana tanggung jawab Wikipedia terhadap waktu dan usaha yang sudah diberikan sejumlah penulis untuk memberikan artikel yang bagus. Apakah bisa dibuang begitu saja oleh aksi vandal dengan alasan menjunjung tinggi prinsip dasar Wikipedia? Entitas setinggi negara saja masih sering ubah suai (fine tuning) produk hukumnya, kenapa Wikipedia tidak bisa berubah? Jadi kembali lagi, prinsipnya dalam menghadapi vandalisme, tidak perlu terikat peraturan. borgx(kirim pesan) 11:14, 18 Oktober 2009 (UTC)

Halo kawan-kawan, saya hanya ingin mengingatkan kita semua, bahwa sudah bayak artikel yang menggunakan berkas berlisensi {{Penggunaan wajar}} lebih dari satu yang bertentangan dengan kebijakan Penggunaan berkas berlisensikan penggunaan wajar. kalo kita sudah tidak konsisten dengan kebijakan ini, maka kebijakan yang lain akan mengikuti (read between lines). Mari kita sama-sama menjaga pedoman-pedoman yang sama-sama kita sepakati.--•• Jagawana 22:24, 23 Oktober 2009 (UTC)

Apakah ini biasanya para pengguna baru? Meursault2004ngobrol 22:42, 23 Oktober 2009 (UTC)

Terjemahan mesin

Saya lihat, semakin banyak artikel yang dibuat di Wikipedia bahasa Indonesia dengan menggunakan penerjemah mesin. Mungkin karena sekarang Google Translate semakin memudahkan hal tersebut. Saya pribadi sama sekali tidak suka dengan hasil penerjemahan mesin ini karena malah membingungkan pembaca dan menjatuhkan kualitas WBI. Saya lebih senang artikel pendek yang diterjemahkan oleh manusia tapi enak dibaca.

Saat ini kita memiliki templat {{periksaterjemahan}} untuk artikel yang diterjemahkan dengan buruk seperti ini, tapi saya mengusulkan untuk membuat kebijakan untuk langsung menghapus hasil terjemahan mesin ini jika tidak tampak ada upaya untuk melakukan perbaikan secara manual dari pembuatnya. Penilaiannya mungkin subjektif, tapi seharusnya tidak terlalu sulit membedakan terjemahan mesin dan manusia. •• ivanlanin 12:21, 28 Oktober 2009 (UTC)

Kalau sumbernya jelas, mudah memeriksanya, misalkan dari Wikipedia bahasa lainnya. Mungkin perlu dibuat templat seperti {{subst:kembang}}. Mungkin Anda bisa memulai halaman kebijakan baru, nanti pasti dibantu yang lain2 :-) Meursault2004ngobrol 12:28, 28 Oktober 2009 (UTC)
Pak Pengurus, boleh saya tahu contoh artikel yang menggunakan terjemahan mesin? Saya khawatir gaya terjemahan saya tidak dapat dibedakan dari terjemahan mesin. Trims. Reindra (bicara) 13:19, 28 Oktober 2009 (UTC)
Pasti bisa dibedakan kok :) Contohnya lihat mulai paragraf kedua di artikel Zimbra. •• ivanlanin 17:26, 28 Oktober 2009 (UTC)
Satu lagi: Rencana Schlieffen sebelum diperbaiki. Tetapi kemudian langsung diperbaiki oleh pak Cenya95. Meursault2004ngobrol 18:19, 28 Oktober 2009 (UTC)