Wikipedia:Penggunaan berkas berlisensikan penggunaan wajar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi misi Wikipedia dalam menghasilkan dan mendistribusikan konten bebas yang bebas didistribusikan, dimodifikasi dan diaplikasikan oleh siapa saja. Idealnya Wikipedia tidak boleh memakai berkas yang tidak bebas. Akan tetapi untuk menghasilkan ensiklopedia yang bermutu, kita harus memperbolehkan beberapa berkas yang tidak bebas untuk dipakai sebagai pelengkap. Tetapi kebebasan untuk memakai berkas-berkas tidak bebas tersebut haruslah pula dibatasi. Beberapa proyek Wiki tidak memperbolehkan sama sekali pemakaian berkas tidak bebas, seperti Wikimedia Commons, de.wikipedia, pl.wikipedia, pt.wikipedia, da.wikipedia, no.wikipedia, en.wikisource, fr.wikisource, pt.wikisource, zh.wikisource, es.wikipedia, es.wiktionary dan ca.wikipedia. EN.wikipedia sebagai proyek Wikipedia terbesar sampai saat ini masih memperbolehkan penggunaan berkas tidak bebas dengan memakai tanda penggunaan wajar (fair use).

Pedoman[sunting sumber]

Selalu - gunakan berkas yang bebas dipakai jika tersedia. Penggunaan berkas yang bebas dipakai menghindarkan kita dari permasalahan hak cipta di kemudian hari.

Ketentuan[sunting sumber]

  1. Tanda "{{penggunaan wajar}}" haruslah diberikan kepada berkas yang tidak bebas. Berkas yang kenyataannya merupakan berkas bebas haruslah menggunakan tanda lisensi bebas yang sesuai.
  2. Berkas beresolusi tinggi tidak boleh menggunakan tanda "{{penggunaan wajar}}". Contoh, sebuah poster beresolusi tinggi hasil karya sebuah agensi dapatlah menjadi sumber mata pencaharian, dengan demikian penggunaan gambar tersebut di Wikipedia dapat menghalangi sumber mata pencaharian tersebut.
  3. Berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" haruslah:
    1. sudah dipublikasikan.
    2. dipakai di sedikitnya satu artikel.
    3. menggambarkan artikel yang bersangkutan dan tidak boleh menjadi berkas yang bersifat dekoratif saja.
    4. dipakai di ruang nama artikel saja. Dengan demikian berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" tidak boleh dipakai di ruang nama lainnya termasuk halaman pengguna dan templat.
  4. Pengguna lain berhak mengganti berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" di suatu artikel dengan berkas yang bebas dipakai kapan saja. Selanjutnya berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" tersebut dapat dihapus.
  5. Jumlah berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" yang dapat digunakan dalam satu halaman artikel paling banyak adalah satu.
  6. Aturan umum lainnya mengenai penggunaan gambar seperti keharusan mencantumkan sumber dan lain sebagainya mengikuti ketentuan penggunaan gambar secara umum.

Lihat pula[sunting sumber]